panorama Klaten
ngadem.com

10 Destinasi Wisata di Klaten yang Populer Dan Sayang Kalau Dilewatkan!

Destinasi  wisata  di  klatendapat  menjadi  pilihan  bagi  kamu  yang  sedang  memiliki  rencana untuk  pergi  berlibur.  Klaten  sendiri  adalah  sebuah  kabupaten  yang  berada  di  Jawa  Tengah. Kabupaten  ini  mempunyai  sejuta  pesona dan  jugapanorama  alam  yang tentunya luar  biasa indah. Selain itu, Klaten juga mempunyai banyak tempat wisata yang menarik untuk dijelajahi, mulai dari situs bersejarah, situs budaya, air terjun yang memanjakan mata dan juga spot foto yang kekinian.

Jadi, bagi kamu yang ingin berlibur ke Klaten, kamu tidak perlu khawatir mengenai keindahan dari kabupaten ini. Selain itu, kabupaten ini juga memiliki banyak pilihan destinasi wisata yang dapat kamu kunjungi.Berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata di Klaten yang dapat kamu kunjungi.

 

Umbul Ponggok
3.bp.blogspot.com

1. Umbul Ponggok

Rekomendasi  tempat  wisata  pertama  yang  dapat  kamu  kunjungi  di  Klaten,  yaitu Umbul Ponggok. Tempat wisata yang satu ini memang menjadi tempat wisata yang unik dan berbeda yang sayang banget kalau dilewatkan. Di tempat wisata ini, para pengunjung bisa merasakan bagaimana sensasi berenang bersama ikan air tawar yang sangat cantik. Selain itu, tempat ini juga dapat kalian jadikan sebagai tempat untuk latihan diving.

Kamu juga bisa melakukan aktivitas berenang atau snorkeling di tempat ini. Umbul   Ponggok   juga   biasa   dijadikan   sebagai tempat   untuk   kegiatan   underwater photography. Lokasi wisata Umbul Ponggok berada di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah.

Untuk memasuki tempat wisata ini, para pengunjung harus mengeluarkan biaya tiket masuk Rp 15.000/orang pada hari biasa dan Rp 30.000/orang pada hari libur.Tempat wisata ini beroperasi mulai pukul 08.00 –16.00 WIB pada hari Senin –Jumat. Sedangkan, pada hari Sabtu dan Minggu, tempat ini beroperasi mulai pukul 07.00 –17.00 WIB.

Baca Juga :  Wisata Air Di Manado Yang Tak Kalah Dengan Bunaken

 

Rowo Jombor
gotripina.com

2. Rowo Jombor

Tempat wisata lainnya yang berada di Klaten dan sayang banget kalau dilewatkan adalah Rowo Jombor. Tempat wisata ini merupakan tempat wisata air yang juga mempunyai pemandangan yang sangat  indah. Salah  satu  daya  tarik  dari  tempat  wisata  yang  satu ini,  yaitu  adanya  warung  apung  dan  juga swalayan terbaru yang memiliki kelezatan di setiap menunya.

Sebenarnya, ada banyak warung yang dapat kamu temukan di tempat wisata ini. Tentu menjadi hal yang menyenangkan ketika menikmati masakan yang ada di warung sekitar Rowo Jombor sembari melihat sunrise ataupun sunset. Selain itu, kamu juga bisa melakukan aktivitas lainnya seperti memancing.

Tempat wisata ini berlokasi di Dukuh Jombor, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, kurang lebih 8  KM  ke  arah  tenggara  jika  dari  pusat Kota  Klaten,  Jawa  Tengah.  Untuk  memasuki  tempat wisata  ini,  para  pengunjung  harus  mengeluarkan  biaya  tiket  masuk  sebesar  Rp  5.000/orang. Tempat wisata ini beroperasi mulai pukul 09.00 –21.00 WIB.

 

Taman Lampion Klaten
i.pinimg.com

3. Taman Lampion Klaten

Sebenarnya, tempat wisata yang satu ini masih tergolong baru sehingga seluruh fasilitas yang ada di tempat wisata ini masih terjaga dengan sangat baik. Tempat wisata ini sangat cocok bagi kamu  yang  ingin  menikmati  pemandangan  malam  yang  indah  dan  juga  menyenangkan. Suasana  yang  ada  di  tempat wisata  ini  cocok  untuk  berkumpul  bersama  keluarga,  pasangan ataupun teman.

Di tempat wisata ini juga kamu akan menemukan banyak angkirangan yang memiliki berbagai macam  makanan  yang  ditawarkan  dengan  harga  terbaik.  Selain  itu,  tersedia  juga  tempat bermain untuk  anak-anak dimana  terdapat  beberapa  permainan,  seperti  ayunan  dan  jungkat-jungkit.

Wisata  Taman  Lampion  Klaten  berlokasi  di  Gang  Tidar,  Bareng  Lor, Kec. Klaten  Utara, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Untuk memasuki tempat wisata ini, para pengunjung hanya akan  dikenakan  biaya  parkir,  yaitu  Rp  2.000  untuk  kendaraan  roda  dua  dan Rp  5.000  untuk kendaraan roda empat.

 

Deles Indah
assets-a1.kompasiana.com

4. Deles Indah

Wisata  Deles  Indah  merupakan  tempat  wisata  yang  berlokasi  di  Desa  Sidorejo,  Kecamatan Kemalang,  Kabupaten  Klaten,  Jawa  Tengah. Tempat  wisata  yang  satu  ini  memiliki  pesona keindahan alam yang luar biasa indah dan sangat menarik untuk dikunjungi. Resor wisata Deles Indah ini juga mempunyai suasana khas seperti yang ada di daerah dataran tinggi  lainnya.

Dari  lokasi  ini,  para  pengunjung  dapat  melihat  pemandangan  Rawa  Jombor, Kota Klaten dan juga dua pabri gula yang terkenal di Klaten, yaitu Gondong Baru dan Ceper Baru. Tidak hanya itu, terdapat juga beberapa peninggalan sejarah serta tempat-tempat rekreasi bagi para wisatawan.

a)Sendang Kali Reno : merupakan sendang atau mata air yang memiliki warna air yang berwarna-warni.

b)Taman  Pring  Cendani  :  merupakan  hutan  bambu  dimana  didalamnya  terdapat  jalan setapak yang dapat digunakan untuk menuju ke puncak merapi.

c)Makam   Kyain   Mlayopati   :   suatu bangunan   yang   berbentuk   makam   yang   di sekelilingnya  terdapat  pelataran  sederhana  yang  dapat  digunakan  untuk  ziarah  atau nyepi oleh penduduk sekitar.

Tempat ini juga telah memiliki beberapa fasilitas yang dapat digunakan oleh para pengunjung, seperti kamar mandi atau MCK, area untuk parkir kendaraan, mushola, penginapan dan lain sebagainya.

 

Riverboarding Mata Air Cokro
wisatakaka.com

5. Riverboarding Mata Air Cokro

Tempat wisata yang satu ini merupakan tempat wisata yang dapat menjadi pilihan kamu untuk bersantai  bersama  keluarga  tercinta.  Tidak  hanya mempunyai  umbul  yang  sangat  jernih  dan sejuk, tempat wisata ini juga dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas dan wahana, seperti:

a)River Tubing : permainan susur sungai yang sangat menyenangkan.

b)Water slide : permainan seluncur air yang sangat menantang yang terdapat di area Waterboom.

c)Kolam Mandi Bola : fasilitas untuk bermain si buah hati.

d)Omac Miracle Garden : taman bunga spektakuler yang berada di area Cokro Tulung Klaten.

e)Snorkeling : para pengunjung bisa menikmati sensasi menyelam di air tawar alamiyang ada di OMAC.

f)Waterboom Cokro Tulung : dapat dikatakan sebagai kolam renang paling jernih dan hampir tidak menggunakan tambahan bahan kimia.

g)Outbound  Area  :  fasilitas  untuk  outbound  yang  sangat  seru  dan  berbagai  macam wahan lainnya.

Kemudian,  di  tempat  ini  juga  telah  tersedia  berbagai  macam  fasilitas,  seperti  kamar  mandi, tempat untuk beribadah dan lain sebagainya. Wisata  Obyek  Mata  Air  Cokro  berlokasi  di  Desa  Cokro,  Kecamatan  Tulung,  Kabupaten Klaten,  Jawa  Tengah.  Untuk  memasuki  tempat  wisata  ini,  para  pengunjung  akan  dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 10.500. Sedangkan, harga tiket Riverboarding Mata Air Cokro sebesar  Rp  40.000.  Harga-harga  tersebut  dapat  berubah  sewaktu-waktu  dan  sesuai  dengan kebijakan pengelola.

 

Umbul Manten
bookprimera.com

6. Umbul Manten

Umbul  Manten  merupakan  salah  satu  tempat  wisata  yang  sayang  jika  dilewatkan.  Umbul Manten adalah tempat wisata di Klaten yang mempunyai pemandian dengan sumber air yang berasal  dari alam.  Selain itu,  terdapat  3  tempat  yang  dapat  digunakan  untuk berenang,  yaitu kolam  utama, sebelah  timur  dan  juga  aliran  sungai.

Tempat  ini  juga  mempunyai  banyak pepohonan besar dan juga rindang sehingga suasana asri dan sejuk semakin terasa di tempat wisata ini. Kolam  utama  dari  tempat  wisata  ini  mempunyai  ukuran  yang  terbilang  cukup  kecil  dengan kedalaman  1.5  meter.  Air  yang  ada  di  kolam  utama  ini  tidak  dapat  keruh  karena  dasar  dari kolam  yang  satu  ini  merupakan  bebatuan.

Kemudian,  terdapat  kolam  di  sisi  timur  dimana ketinggiannya  mencapai  sepinggang  orang  dewasa.  Yang  terakhir,  yaitu  aliran  sungai  yang cukup dangkal. Di aliran sungai ini para pengunjung dapat menikmati kesejukan dan kesegaran air dari sumber alami.

Wisata Umbul Manten berlokasi di Jalan Janti Boto, Boto,  Wunut, Kec. Tulung,  Kabupaten Klaten,  Jawa  Tengah.  Untuk  memasuki  tempat  wisata  ini,  para  pengunjung  akan  dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 6.000/orang dan akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 3.000. Tempat wisata ini beroperasi mulai pukul 06.00 –18.00 WIB.

Baca Juga :  Info lengkap tempat wisata Ranca Upas Ciwidey Bandung yang wajib dikunjungi!

 

Candi Sewu
i02.appmifile.com

7. Candi Sewu

Candi  Sewu  merupakan  candi  yang  paling instagrammable  di  Klaten  dan  bahkan  di  Jawa Tengah. Di tempat ini, terdapat berbagai macam aktivitas seru yang dapat kamu lakukan, mulai dari berfoto-foto hingga menikmati keindahan sunset.

Selain  itu,  apabila  kamu  mempunyai  sedikit  waktu  luang,  maka  kamu dapat  melakukan penjajahan di desa yang berada di sekitar candi untuk menemukan kearifan lokal. Candi  Sewu  berlokasi  di  Dukuh  Bener,  Desa  Bugisan,  Kecamatan  Prambanan,  Kabupaten Klaten,  Jawa  Tengah.  Untuk  memasuki  tempat  wisata  ini,  para  pengunjung  akan  dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 8.000/orang.

 

Taman Bunga Bono
phinemo.com

8. Taman Bunga Bono

Bagi kamu yang ingin mendapatkan latar yang sangat cantik untuk berfoto-foto, maka kamu dapat menjadikan Taman Bunga Bono sebagai pilihan yang menarik untuk dikunjungi. Tempat  ini  sebelumnya  merupakan  sawah  warga,  namun  dibuah  menjadi  taman  yang mempunyai  berbagai  macam  jenis  bunga  dengan  aneka  warna  yang  sangat  cantik.

Ketika sampai di tempat ini, kamu tinggal memilih poese yang sesuai dengan keinginan kamu.Taman Bunga Bono berlokasi di Gading Kulon, Area Sawah, Bono, Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Untuk memasuki tempat wisata ini, para pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya tiket masuk alias gratis.

 

Candi Plaosan 1
1.bp.blogspot.com

9. Candi Plaosan

Candi  Plaosan  merupakan  bukti  nyata  bahwa  kekuatan  cinta  dapat  menyatukan  perbedaan. Dengan  mengabaikan  perbedaan  yang  ada,  Rakai  Pikatan  membuktikan  rasa  cintanya  pada Pramodyawardani dengan membangun Candi Plaosan yang sangat indah ini.Candi  Plaosan  berlokasi  di  Jl.  Candi  Plaosan,  Plaosan  Lor,  Bugisan,  Kec.  Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Untuk memasuki tempat wisata ini, para pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000/orang.

 

Sendang Gemuling
3.bp.blogspot.com

10. Sendang Gemuling

Bagi   kamu   yang   tertarik   untuk   menjelajah   ke   pedalaman   Klaten,   maka   kamu   dapat mengunjungi Sendang Gemuling, air terjun kecil yang mempunyai pemandangan alam sekitar yang luar biasa indah. Namun, untuk sampai di lokasi tempat wisata ini, dibutuhan tenaga serta usaha karena lokasinya yang tersembunyai.

 

Tempat wisata ini berlokasi di Area Hutan, Sidorejo, Kemalang, Klaten, Jawa Tengah. Untuk memasuki tempat wisata ini, para pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk alisa gratis.Itulah  tadi  beberapa  rekomendasi  tempat  wisata  yang  menarik untuk  dikunjungi  di  Klaten. Kamu  juga  dapat  mengunjungi  berbagai  tempat  wisata  menarik  lainnya  di  Klaten  bersama keluraga, pasangan ataupun sahabat-sahabatmu. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

Check Also

Desa wisata Raja Ampat

Desa Wisata Di Kepulauan Raja Ampat yang Menambah Keeksotisan Alam Papua

Raja  Ampat  adalah  sebuah  pulau  yang  memiliki  keindahan  alam  bawah  lautnya,  dan  menjadi  tempat favorit  …