Wednesday , April 1 2020
Home / Aceh / 10 Destinasi Wisata Sabang Terkeren yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Berlibur ke Kota Sabang
wisata sabang terkeren

10 Destinasi Wisata Sabang Terkeren yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Berlibur ke Kota Sabang

Sabang merupakan salah satu kota di provinsi Aceh yang letaknya berada paling barat di Indonesia. Tak hanya disebut sebagai kota paling barat di Indonesia, kota Sabang juga berbatasan langsung dengan Pulau Sumatera sehingga kota ini menjadi salah satu zona ekonomi bebas.  Keuntungan seperti ini lah yang menjadikan Sabang mempunyai potensi wisata yang mengagumkan. Ada beragam destinasi wisata sabang yang belum tentu bisa kamu temui  di daerah lain lho! Nah pada artikel kali ini kita akan mengupas lebih jauh mengenai destinasi wisata keren apa saja sih  yang ada di kota Sabang. Biar nggak lebih penasaran lagi, langsung saja simak ulasan berikut.

Pulau Weh
senpaku.blogspot.com
  1. Pulau Weh

Destinasi wisata Sabang pertama yang sayang untuk dilewatkan ialah Pulau Weh. Pulau Weh  merupakan  pulau terbesar yang ada di Sabang yang letaknya berada di bagian paling barat Indonesia. Tak heran jika pulau yang satu ini menjadi  wisata unggulan kota Sabang sebab keindahan alamnya begitu menajubkan. Nah jika tertarik untuk mengunjungi Pulau Weh, kamu bisa memilih perjalanan laut dengan menaiki kapal feri di pelabuhan Ulee Lheue.

 

Pulau Rubiah
trover.com
  1. Pulau Rubiah

Pulau Rubiah termasuk pulau terbesar di Sabang sebab luas totalnya mencapai 2600 hektar dengan keuinakan panorama bawah laut yang sangat cantik. Di bawah laut kamu akan menjumpai ikan-ikan kecil dan hamparan terumbu karang bewarna-warni. Ada beranekaragam jenis  ikan kecil yang tinggal di pulau ini, seperti ikan Kepe-kepe, ikan Bendera, ikan Mayor, ikan Botana Biru, ikan Kerapu, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, banyak wisatawan yang sengaja datang ke pulau ini untuk melakukan kegiatan air seperti diving dan snorkeling. Walaupun Pulau Rubiah termasuk pulau tak berpenghuni, kamu masih bisa menjumpai restoran dan rumah makan dengan menu seafood. Nah selain berwisata alam, di pulau ini kamu bisa sekalian berwisata sejarah yaitu mengunjungi makam pahlawan Cut Nyak Rubiah. Pulau Rubiah berlokasi di Kelurahan Iboih, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Aceh. Pulau Rubiah termasuk wisata gratis karena pengunjung tak perlu membayar tiket masuk.

Baca Juga :  Ini Dia Rekomendasi Wisata Kota Langsa Paling Menarik yang Wajib Kamu Kunjungi!

 

Pantai Iboih
limakaki.com
  1. Pantai Iboih

Pantai Iboih ialah destinasi wisata andalan dari Pulau Weh. Banyak wisatawan yang tertarik mengunjungi pantai ini untuk merasakan pengalaman berenang, snorkeling, dan diving di air laut kebiruan yang sangat jernih. Saking jernihnya, dasarnya saja bisa kita lihat langsung dari permukaan laut. Bagi kamu yang  tidak memiliki peralatan snorkeling dan diving ataupun lupa membawanya, jangan cemas karena di kawasan Pantai Iboih terdapat banyak tempat yang menyewakan peralatan untuk snorkeling dan diving.  Wisata Pantai Iboih juga memiliki peraturan yang dikhususkan untuk wisatawan wanita yaitu dilarang memakai pakaian bikini atau baju renang yang terbuka sebab mayoritas penduduk disini beragama Islam.  Nah kalau kamu tidak bisa  berenang, diving, ataupun snorkeling, kamu masih tetap bisa menikmati panorama alam Pantai Iboih kok! Caranya yaitu  mengelilngi pantai dengan menaiki perahu mesin. Berbicara soal fasilitas, fasilitas di pantai ini sudah terbilang lengkap, bahkan terdapat tempat penginapan bertipe homestay hingga cottage. Lokasi Pantai Iboih  tertletaj di Iboih, Sukakarya, kota Sabang, Aceh. Untuk hari operasonal, pantai ini tutup pada hari Kamis dan Jumat.

 

Pantai Sumur Tiga
jalanjalanyuk.com
  1. Pantai Sumur Tiga

Objek wisata Sabang terkeren selanjutnya ialah Pantai Sumur Tiga. Pantai cantik yang satu ini  disebut-sebut sebagai pantai yang memiliki garis pantai terpanjang di kota Sabang. Pasir pantai yang putih dan halus serta ombak pantai yang begitu tenang semakin menggambarkan kecantikan pantai. Di Pantai Sumur Tiga Sabang ini kamu bisa melakukan banyak hal yang menyenangkan.  Saat pagi hari, kamu bisa menikmati momen sunrise yang begitu memanjakan mata. Setelah itu bisa dilanjutkan lagi dengan berenang, bersantai sambil menikmati pemandangan alam, berjalan-jalan di tepi pantai, hingga menyantap kuliner lezat di Resto Sumur Tiga.

 

Pantai Anoi Itam
dolandolen.com
  1. Pantai Anoi Itam

Pantai Sabang lainnya yang nggak kalah keren dari pantai-pantai sebelumnya ialah Pantai Anoi Itam. Panorama cantik yang bisa kamu lihat dengan jelas disini ialah hamparan pasirnya bewarna hitam. Nah dikarenakan pasirnya yang bewarna hitam, pantai ini diberi nama anoi yang artinya pasir dan itam yang artinya hitam. Warna hitam pada pasir pantai itu sendiri karena akibat dar hasil letusan gunung berapi yang dulu pernah aktif di Pulau Weh. Mesikpun begitu, tak perlu cemas karena  pantai ini sudah aman untuk dikunjungi. Berbagai macam kegiatan seru bisa kamu nikmati disini, mulai dari sekedar bersantai di pinggir pantai sambil menikmati panorama pantai, berenang, menikmati sunset, hingga berfoto-foto. Untuk lokasi, Pantai Anoi Itam berlokasi di Desa Anoe Itam, Sukajaya, kota Sabang, Aceh.

 

Air Terjun Pria Laot
https://www.youtube.com/watch?v=aqBmpAz_cxI
  1. Air Terjun Pria Laot

Kota Sabang juga mempunya objek wisata air terjun yang nggak kalah cantik dari air terjun di daerah lain. Objek wisata air terjun ini bernama  Air Terjun Pria Laot. Lokasinya berada di Desa Pria Loat, Sabang, Aceh, tepatnya di bagian selatan Pulau Weh. Air Terjun Pria Loast ini menghadirkan panorama alam yang sangat indah sebab letaknya berada di tengah-tengah  hutan yang dikelilingi bukit-bukit hijau bebatuan. Berbeda dengan air terjun pada umumnya, kolam air terjun disini diisi dengan ikan-ikan kecil Garra Rufa(ikan bulan). Keberadaan ikan-ikan kecil disini justru mendatangkan manfaat bagi kesehatan tubuh lho! Ikan-ikan disini digunakan untuk terapi penyakit dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati yang terdapat di bagian telapak kaki. Caranya yaitu dengan mencelupkan kaki atau berendam di dalam kolam, dan tunggulah beberapa saat sampai ikan-ikan datang menghampirimu.

Baca Juga :  Sedang Berada Di Aceh? Yuk Mampir ke 7 Tempat Wisata di Aceh Utara yang Menyimpan Keindahan Luar Biasa

 

Danau Aneuk Laot
wowshack.com
  1. Danau Aneuk Laot

Danau merupakan salah satu wisata di Sabang yang sangat menarik untuk dikunjungi. Lokasinya berada di Kelurahan Aeuk Laot, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Aceh. Nama danau ini sendiri berasal dari kata “aneuk” yang artinya anak, dan “laot” yang artinya laut. Danau ini memiliki air yang jernih dan bersih sehingga masyarakat sekitar memanfaatkan air tersebut untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Danau Aneuk Laot memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Danau ini bahkan dikelilingi pepohonan hijau yang membuat suasana sejuk di sekitar danau. Dan tidak jauh dari lokasi danau, kamu bisa menyaksikan panorama sunset yang cantik lho!

 

Goa Sarang
http://mariaulfa203.blogspot.com/
  1. Goa Sarang

Kota Sabang Aceh juga dianugerahi keindahan alam seperti yang ada di Pulau  Raja Ampat. Goa ini terdapat di kawasan perbukitan hutan lindung. Uniknya, di sekitar perbukitan dan kaki tebing ada sekitar 7 buah goa yang berdiri di atas laut. Goa-goa tersebut juga dihuni ratusan sarang burung wallet lho! Tak hanya itu saja,  bahkan goa ini juga berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Maka dari itu, jangan sampai lupa untuk mengabadikan momen indah saat berada disini ya! Lokasi Gua Sarang berada di Paya, Sukajaya, Kota Sabang, Aceh. Untuk tiket masuk ke lokasi Goa Sarang ini, pengunjung harus membayar Rp5.000 jika ingin melihat panorama laut saja, dan Rp15.000 jika ingin masuk ke dalam goa.

 

Pemandian Air Panas Keuneukai
http://hijrahheiji.blogspot.com/
  1. Pemandian Air Panas Keuneukai

Tak kalah dari kota lainya, Sabang juga menghadirkan wisata pemandian sumber air panas yang bernama Keuneukai. Sumber air panas disini berasal  dari gunung Jaboi (sebuah gunung berapi yang masih aktif). Di pemandian air panas Keuneukai ini kamu bisa menyegarkan badan, meregangkan oto-otot yang lelah, dan merileksasikan pikiran. Kamu juga akan mendapatkan pengalaman berbeda berendam disini, sebab sambil berendam kamu akan disuguhkan panorama alam yang memukau. Lokasi Pemandian Air Panas Keuneukai ini terletak di Gampong Keuneukai, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Aceh.

 

Tugu 0 Km Indonesia
travelingyuk.com
  1. Tugu 0 Km Indonesia

Wisata Sabang yang masuk dalam daftar wisata terkeren di Sabang ialah Tugu 0 Km Indonesia. Berbeda dari tugu pada umumnya, tugu 0 km ini terletak di tengah-tengah hutan sehingga perjalanan menuju lokasi wisata butuh sedikit perjuangan. Jika dari Pelabuhan Ulee Lheu menuju Ujong Ba’u Sukakarya, perjalanan ditempuh kurang lebihh dengan jarak 20 km. Di lokasi wisata, banyak sekumpulan monyet-monyet yang hidup berdampingan dengan masyarakat sekitar. Tak perlu ketakutan sebab monyet-monyet disini sudah jinak. Tugu 0 km ini memiliki tinggi mencapai 43,6 meter diatas permukaan laut dengan empat pilar sebagai penyangganya. Nah berbicara soal fasilitas, Tugu 0 km kini sudah menyediakan fasilitas yang cukup memadai mulai dari toilet, toko oleh-oleu, area parkir, mushola, dan taman bermain. Lokasi Tugu 0 Km ini berada di Desa Ibioh Ujung ba’u, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Aceh.

Potensi alam yang ada di Sabang memang tak perlu diragukan lagi. Nah bagaimana? Apakah kamu tertarik dengan wisata Sabang seperti yang sudah kita bahas diatas? Jika tertarik, yuk agendakan waktu berliburmu nanti untuk berkunjung ke kota Sabang! Semoga bermafaat…

Check Also

Menikmati Keindahan Bukit Campuhan Ubud Bali Yang Tersembunyi

Menikmati Keindahan Bukit Campuhan Ubud Bali Yang Tersembunyi!

Beberapa wisatawan mungkin masih asing dengan objek wisata Bukit Campuhan ini. Bukit campuhan merupakan salah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *