Home / Jawa Tengah / 10 Tempat Rekreasi di JeparaTerpopuler dan Hits yang Wajib Kamu Kunjungi!
Tempat Rekreasi di Jepara
assets-a1.kompasiana.com

10 Tempat Rekreasi di JeparaTerpopuler dan Hits yang Wajib Kamu Kunjungi!

Tempat rekreasi di Jeparadapat menjadi tujuan kamu serta keluarga atau rekan liburanmu untuk melepas penat dengan mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut. Tetapi, sebelum mengetahui tempat-tempat wisata apa saja yang ada di Jepara, ada baiknya kita berkenalan dengan kabupaten yang berada di Jawa Tengah ini. Kabupaten Jepara adalah salah satu kabupaten yang ada di Jawa Tengah dan berbatasan langsung dengan Laut Jawa di barat dan juga utara, Kabupaten Demak di selatan serta Kabupaten Pati dan juga  Kabupaten  Kudus  di  timur.

Selain  itu,  wilayah  dari  Kabupaten  Jepara  ini  juga  meliputi Kepulauan  Karimunjawa,  yang  ada  di  Laut  Jawa.    Sedangakan,  Ibukota  Kabupatennya  adalah jepara.Jepara mempunyai pantai yang sangat indah dan menarik untuk dikunjungi, dan yang sudah sangat terkenal, yaitu Taman Nasional Karimunjawa. Selain itu, ada banyak sekali tempat wisata di Jepara yang sayang sekali jika dilewatkan.Nah, tidak perlu berlama-lama lagi, berikut ini beberapa tempat wisata di Jepara yang dapat kamu kunjungi.

 

Pantai Kartini
eljohnnews.com

1. Pantai Kartini

Rekomendasi tempat  wisata  pertama  yang  dapat  kamu  kunjungi  di  Jepara, yaitu  Pantai  Kartini. Pantai yang satu ini mempunyai wahana andalan, yaitu Kura-Kura Ocean Park yang mana wahana ini merupakan akuarium raksasa yang membuat para pengunjungnya bisa melihat berbagai macam kura-kura  dan  juga  penyu.  Tidak  hanya  itu,  Kura-Kura  Ocean  Park  ini  juga  mempunyai  taman bermainserta wahana khusus bagi anak-anak yang terletak di lantai paling atas.

Untuk memasuki akuarium  raksasa  ini,  para  pengunjung  akan  dikenakan  biaya  tiket  masuk,  yaitu  sebesar  Rp 17.500/pengunjung. Sedangkan, di Pantai Kartini, para pengunjung bisa menyewa banana boat, perahu dan berbagai macam wahana air lainnya. Jadi, dengan mengunjungi tempat wisata ini, turis luar negeri ataupun wisatawan lokal dapat berwisata edukasi serta menikmati pemandangan dari matahari terbit dan terbenam.

Alamat: Desa Bulu, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Jam Operasional: 24 JamHTM: Rp 5.000

 

Pulau Panjang 1
3.bp.blogspot.com

2. Pulau Panjang

Pulau Panjang memiliki lokasi yang tidak begitu jauh dari Pantai Kartini dengan jarak kurang lebih 2,5  Km.  Pulau  ini  mempunyai  luas  kurang  lebih  19  Ha  saja. Keindahan  yang  ada  di  pulau  ini membuat para wisatawan merasa betah untuk berlama-lama di pulau ini.Selain itu, pulau ini juga mempunyai laut dangkal yang ada di sekelilingnya, dengan dasar terumbu karang dan juga hamparan pasir putih yang membuat pulau ini semakin terlihat cantik.

Ditambah lagi  dengan  kondisi  airnya  yang  cukup  jernih  dan  tidak  berarus,  sehingga  sangat  cocok  untuk melakukan kegiatan, seperti snorkeling, berenang ataupun kano.Bagi  kamu  yang  tertarik  untuk  mengunjungi  pulau  ini,  maka  kamu  perlu  mengeluarkan  biaya untuk  membayar  tiket  perahu  wisata  yang  akan  mengantarkan  kamu  ke  pulau  dengan  biaya  Rp 12.000 dari dermaga Pantai Kartini. Sedangkan, untuk memasuki Pulau Panjang, maka kamu harus mengeluarkan biaya tiket masuk, yaitu Rp 3.000/orang.

Baca Juga :  10 Tempat Wisata Alam di Kebumen yang Menarik untuk Dijelajahi!

 

Kepulauan Karimunjawa
static.limakaki.com

3. Kepulauan Karimunjawa

Kepulauan  Karimunjawa  menjadi  salah  satu  objek  wisata  di  Jepara  yagn  wajib  kamu  kunjungi karena memiliki keindahan alam yang sangat mempesona.Pengunjung  yang  mengunjungi  objek  wisata  ini  akan  dimanjakan  dengan  pemandangan  dari hamparan pasir putih serta air laut yang jernih dan berwarna hijau kebiruan serta kekayaan dengan total 99 jenis terumbu karangnya yang membuat pulau yang satu ini menjadi spot yang menarik untuk melakukan aktivitas, seperti diving, snorkeling dan berenang.

Kepulauan  Karimunjawa  mempunyai  kurng  lebih  4  sampai  5  jam  dengan  menggunakan  kapal motor cepat dari Jepara.Ada juga pulau-pulau kecil dengan total sebanyak 27 pulau yang letaknya berdekatan. Sedangkan, total semunya yang dihuni oleh masyarakat adalah 5 pulau dan 22 pulau lainnya adalah pulau yang tak berpenghuni.

 

Air Terjun Songgolangit
cdn.timesmedia.co.id

4. Air Terjun Songgolangit

Air Terjun Songgolangit merupakan air terjun yang mempunyai ketinggian kurang lebih 80 meter dengan lebar mencapai 2 meter. Yang unik dari air terjun ini adalah, di sekitar air terjun ini terdapat pemandangan kupu-kupu yang sangat indah.

Pemandangan yang ada di sekitar air terjun ini juga snagt indah dengan adanya kucuran air yang mengalir  dengan  deras  dan  disertai  dengan  adanya  tampilan  air  jernih dan  membentuk  kolam kehijauan yang menjadi tampilan alam yang sangat menakjubkan. Namun,  para  pengunjung  dilarang  untuk  berenang  di  area  sekitar  air  terjun  ataupun  bagian bawahnya  dan  disarankan  untuk  bermain  air  pada  bagian  pinggirnya  saja  ataupun  untuk mengambil foto.

Alamat:Dukuh  Nglencer,  Desa  Bucu,  Kecamatan  Kembang,  Kabupaten  Jepara,  Jawa Tengah.

Jam Operasional: 24 Jam

HTM: 1.500/orang (weekdays) dan Rp 2.000/orang (Weekend)

 

Pantai Bandengan
i.ytimg.com

5. Pantai Bandengan

Pantai  Bandengan  atau  juga  disebut  sebagai  Pantai  Tirta  Samudera  merupakan  alahsatu  objek wisata umum yang ada di Jepara.Pantai  ini  mempunyai  pasir  putih  yang  sangat  jernih  dan  dilengkapi  dengan  berbagai  macam fasilitas, seperti tenda untuk berteduh, fasilitas untuk pengunjung yang ingin berenang, perahu dan juga beberapa tempat makan.

Selain itu, di pantai ini juga para pengunjung dapat menyewa banana boat ataupun beberapa atraksi permainan  lainnya.  Untuk  menyewa  peralatan  tersebut,  para  pengunjung  akan  dikenakan  harga yang berbeda-beda.Kemudian,  terdapat  juga  tempat  menginap  dan juga  hotel  yang  dapat  disewa  oleh  para  turis ataupun wisatawan yang ingin bermalam.

Alamat: Desa Bandengan, Jepara

Jam Operasional: Setiap hari, mulai pukul 06.00 –18.00 WIB

HTM: Rp 2.000 –Rp 7.000/orang (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

Baca Juga :  Tempat Yang Sangat Recommended Untuk Bulan Madu Di Jogja

 

Benteng Portugis
pegipegi.com

6. Benteng Portugis

Di  Jepara,  kamu  juga  bisa  menemukan  tempat  wisata  bersejarah,  seperti  Benteng  Portugis. Keunikan dari wisata sejarah yang satu ini, yaitu lokasinya yang terletak persis di atas bukit batu namun  dekat  dengan  pinggiran  pantai.  Selain itu,  Benteng  Portugis  ini  juga  berhadapan  dengan Pulau Mandalika yang juga menjadi salah satu pulau tujuan untuk wisata lainnya.

Terdapat koleksi 2 meriam kuno dengan usianya  yang mencapai ratusan tahun dan peninggalan jaman kolonial Belanda. Pada bagian pinggir luar benteng, ada pantai yang memiliki nama yang sama, yaitu Pantai Benteng Portugis yang juga dapat dijadikan sebagai objek wisata ataupun untuk mengambil foto karena memiliki pemandangan yang indah.

Dengan adanya pemandangan hutan karet  disini juga  dapat  dijadikan  sebagai  salah  satu alasan  para  pengunjung  merasa  betah  untuk berlama-lama disini.Alamat:  Jl.  Benteng  Portugis –Tayu  Km.  48,  Desa  Banyumanis,  Kecamatan  Donorojo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Jam Operasional: 06.00 –18.00 WIB

HTM: Rp 3.000/orang (weekdays) dan Rp 5.000/orang (weekend)

 

Pulau Mandalika
goodnewsfromindonesia.id

7. Pulau Mandalika

Pulau Mandalika dapat kamu lihat dari Benteng Portugis. Walaupun pulau ini tidak terlalu luas, tetapi pemandangan yang ada di pulau ini mampu memanjakan mata dan menyegarkan pikiran. Pulau ini memiliki udara yang sangat segar dan tanpa polusi, pulau ini juga memiliki pasir putih yang  bersih.

Di  pulau  ini  juga  terdapat  pantai,  jadi  bagi  kamu  yang  memiliki  hobi  memancing, kamu  bisa  menyalurkan  hobi  tersebut  disana.  Memancing  sambal  menikmati  angin  sepoi-sepoi tentunya menjadi aktivitas yang menyenangkan dan mampu memanjakan hati dan pikiran.

Alamat:  Jl.  Benteng  Portugis –Tayu  Km.  48,  Desa  Banyumanis,  Kecamatan  Donorojo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Jam Operasional: –

HTM: –

 

Air Terjun Jurang Nganten
1.bp.blogspot.com

8. Air Terjun Jurang Nganten

Air Terjun Jurang Nganten merupakan salah satu objek wisata alami yang masih belum dikelola masyarakat. Namun, air terjun ini mempunyai pemandangan yang sangat menarik. Hal ini karena debit airnya yang tidak begitu deras jika dibandingkan dengan air terjun lainnya, sehingga tempat wisata ini dapat digunakan untuk mandi ataupun bermain air.

Tetapi, untuk sampai di lokasi air terjun ini cukup sulit. Hal ini karena transportasi di tempat ini cukup sulit karena harus mendaki dan juga menanjak, mobil tidak bisa sampai di lokasi ini. Selain itu, pengunjung juga harus berhati-hati karena terdapat bebatuan licin yang ada di sekitar air terjun, karena belum ada pengawasan keamanan di tempat tersebut.

Alamat: Desa Tanjung, Pakis Aji

Jam Operasional: Setiap hari 24 jam

HTM: Gratis

 

Tiara Park Waterboom
upload.wikimedia.org

9. Tiara Park Waterboom

Jepara  tidak  hanya  memiliki  wisata  pantai  dengan  pemandangannya  yang  sangat  indah,  tetapi Jepara juga mempunyai tempat wisata air yang seru, terkenal dan juga menarik untuk dikunjungi, yaitu Tiara Park Waterboom,Di tempatwisata ini, para pengunjung dapat menemukan berbagai macam wahana khusus untuk anak-anak, seperti Water Playground, Seluncuran, Spray Ground dan lain sebagainya.

Selain itu, terdapat  juga  wahana  untuk  orang  dewasa,  seperti Lazy  River,  Kolam  Arus  dan  juga Outbound yang dapat memacu adrenalin.Tempat wisata yang satu ini adalah wisata regional namun memiliki fasilitas nasional yang cukup memadai.

Alamat: Jl. Kenari, Purwogondo, Kalinyamatan

Jam Operasional: Setiap hari pukul 07.30 –17.30 WIB

HTM: Rp 50.000 (Wahana wisata air, Flying Fox, Bioskop 3 Dimensi dan ATV) dan Rp 20.000 (Wahana wisata air)

 

Jepara Ocean Park
hargatiket.net

10. Jepara Ocean Park

Jepara Ocean Park merupakan waterpark terbesar sekaligus terlengkap yang ada di Jawa Tengah dan mengusung tema istana Rusia dan Mediterania.Tempat  wisata  yang  satu  ini  mempunyai  seluncuran  dengan  total  36  seluncuran  yang  tentunya menarik dan termasuk untuk pengunjung dewasa ataupun anak-anak.

Yang  membuat waterpark ini menjadi lebih terkenal, yaitu karena memiliki lokasi yang dekat dengan Patnai Mororejo. Tidak hanya mempunyai wisata air saja, Jepara Ocean Park juga menyediakan berbagai macam wahana lainnya, seperti Outbound, Go Kart, Golf Car, E-bike, Touring with Mini Train dan lain sebagainya.

Alamat: Pantai Mororejo, RT.4 / RW. 2, Mlonggo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah

Jam Operasional: 09.00 –17.00 WIB

HTM: Rp 60.000 (Senin –Kamis) dan Rp 75.000 (Jumat –Minggu)

 

Itulah tadi beberapa rekomendasi tempat wisata di Jepara yang menarik untuk dikunjungi. Kamu dapat mengunjungi tempat-tempat wisatalainnya yang ada di Jepara yang sesuai dengan keinginan kamu. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

 

Check Also

pesona lokal indonesia yang mendunia

3 Pesona Wisata Lokal Yang Mendunia Hingga Saat Ini

Jika ingin wisata Anda menyenangkan sebenarnya tak perlu harus ke luar negeri untuk mencari keindahan …