Home / Jawa Tengah / 10 Tempat Wisata Alam di Kebumen yang Menarik untuk Dijelajahi!
wisata kebumen
reservasiku.com

10 Tempat Wisata Alam di Kebumen yang Menarik untuk Dijelajahi!

Tempat  wisata  alam  di  Kebumen mempunyai  hal  menarik  tersendiri  sehingga membuat  tempat-tempat  wisata  tersebut  sangat  menarik  untuk  di jelajahi.  Tentu  kita mengetahui  bahwa  Pulau  Jawa  tidak  pernah  kehabisan  tempat  wisata  yang  menarik untuk dikunjungi. Di  Pulau  Jawa,  kamu  bisa  menemukan  banyak  sekali  destinasi  wisata,  mulai  dari pantai,  gunung,  perkotaan  dan  lain  sebagainya.  Bagi  kamu  yangmemiliki  hobi travelling,  tentu  kamu  akan  mencari  serta  menulusuri  destinasi  wisata  yang  masih belum diketahui oleh banyak orang.

Nah, Kebumen menjadi salah satu ‘permata’ tersembunyi yang dapat kamu temukan di  Jawa  Tengah.  Terletak  di  sisi  selatan  Pulau Jawa,  tempat  wisata  yang  ada  di Kebumen  didominasi  oleh  pantai.  Tetapi,  kabupaten  yang  berjarak  kurang  lebih  10 kilometer  dari  Yogyakarta  ini  juga  mempunyai  daya  tarik  wisata  lainnya  yang  tak kalah menarik.

Akses untuk menuju ke Kebumen pun juga tidak terlalu sulit. Dari Jogja, kamu dapat menuju  Kebumen  dengan  waktu  tempuh  kurang  lebih  2-3  jam  dengan  melalui  Jalan Raya Water dan menuju Purworejo dan Kutoarjo. Selain itu, kamu juga bisa menaiki kereta  api  ‘Joglokerto’  dengan  jurusan  Purwokerto  atau  ‘Wijayakusuma’  dengan waktu tempuh kurang lebih satu setengah jam.

Nah,  tidak  perlu  berlama-lama  lagi.  Bagi  kamu  yang  tertarik  untuk  mengunjungi tempat  wisata  alam  yang  ada  di  Kebumen,  berikut  ini  beberapa  tempat  wisata  di Kebumen yang menarik untuk dikunjungi.

 

Bukit Hood
4.bp.blogspot.com

1. Bukit Hood

Rekomendasi tempat wisata pertama di Kebumen yang menarik untuk dijelajahi, yaitu Bukit  Hood.  Bukit  ini  terbuat  dari  batu  kapur  yang  membentuk  gundukan  sertamenjulang   tinggi   dan   pada   akhirnya   menyerupai   suatu   bukit.   Ketinggian   yang mencapi  1500  meter  diatas  permukaan  laut  ini  membuat  para  wisatwan  dapat  lebih bebas dan lepas untuk menikmati keindahan alam yang sangat menawan ini. Di  tempat  wisata  ini,  para  wisatawan  akan  disuguhkan  pemandangan  hijau  dari  atas bukit yang dilengkapi dengan awan birusebagai langitnya.

Tidak  hanya  dapat  melihat  pemandangan  pepohonan  atau  bukit  saja,  kamu  juga  bisa menyaksikan  pemandangan  laut  lepas  yang  sangat  cantik.  Pemandangan  perbukitan yang  ada  di  sepanjang  bibir  pantai  pun  juga  turut  serta  menjadi  pemandangan  yang memanjakan mata. Tempat  wisata  ini  juga  mempunyai  spot  foto  yang  sangat  menarik,  seperti  tempat yang  berbentuk  seperti  kupu=kupu.

Selain  itu,  kamu  juga  bisa  memilih  background dengan  hamparan  laut  serta  hijauhnya  pepohonan  yang  membuat  foto  kamu  terlihat semakin menarik.Alamat:   Jalan   Bukit   Hud,   Karangbolang,   Buayan,   Kabupaten   Kebumen,   Jawa Tengah.HTM: Rp 2.000 (anak-anak), Rp 4.000 (dewasa)Jam operasional: Setiap hari (24 jam)

Baca Juga :  9 Destinasi Wisata Favorit Semarang Jawa Tengah yang Lagi Hits dan Sayang Kalau Dilewatkan!

 

Gua Petruk
banghendri.files.wordpress.com

2. Gua Petruk

Gua  Petruk  menjadi  tempat  wisata  selanjutnya  yang  tak  kalah  menarik  untuk  kamu kunjungi.   Sebenarnya,   gua   ini   mempunyai   3   bagian   dimana   tiap   bagiannya mempunyai keindahan alamnya masing-masing.  Bagian   pertama,   yaitu   ada   di   lantai   satu.   Pada   bagian   ini,   kamu   hanya   akan menemukan  kelelawar  yang  berterbangan  serta  bau  yang  kurang  sedap  yang  berasal dari kotoran kelelawar tersebut.

Kemudian,  bagian  kedua  atau  lantai  kedua  yang  biasa  dikenal  dengan  sebutan  Gua Semar.  Bagian  yang  satu  ini  menyimpan  bebatuan  yang  sangat  indah  yang  akan membuat para wisatawan terpesona. Dan bagian  yang  terakhir  inilah  yang  disebut  dengan  Goa  Petruk  sebab  terdapat bebatuan panjang yang bentuknya seperti hidung Petruk. Namun, sayangnya, kolonial Belanda  yang  sedang  melakukan  peebangan  phosfat  pun  mengambil  hidung  petruk tersebut. Jadi, simbol dari hidung petruk tersebut sudah tidak ada.

Alamat:   Dukuh   Madayana,   Desa   Candirenggo,   Kecamatan   Ayah,   Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

HTM: Rp 4.000 (anak-anak dengan usia 5 tahun kebawah), Rp 7.500 (dewasa)

Jam operasional: Setiap hari (08.00 -18.00 WIB)

 

Pantai Surumanis
jogjainside.com

3. Pantai Surumanis

Pantai  Surumanis  juga  menjadi  salah  satu  tempat  wisata  selanjutnya  yang  sayang sekali  jika  dilewatkan.  Pemandangan  dari  pantai  sepanjang  600  meter  ini  memang sudah  tidak  perlu  diragukan  lagi.  Bahkan,  pengunjung  yang  pernah  datang  ke  wisata pantai ini pun mempunyai keindahan alam yang tidak kalah dengan pemandangan di Tanah Lot, Bali. Pantai ini terletak di perbukitan yang menyuguhkan pemandangan tebing-tebing hijau.

Dengan  suasana  yang  seperti  ini,  tentunya  akan  membuat  para  pengunjung  merasa rileks dan nyaman,Tempat wisata ini juga dilengkapi dengan beberapa wahana yang semakin menambah kenyamanan para pengunjung saat berkunjung ke tempat wisata ini, seperti jembatan setengah  lingkaran,  rumah  pohon,  goa  yang  berhadapan  langsung  dengan  laut  dan juga wahana burung elang.

Tidak hanya mempunyai pemandangan yang sangat indah, para pengunjung pun juga dapat menikmati kuliner khas tradisional Jawa Tengah, seperti pecel, mendoan hangat, lontong sayur dan minuman segar yang semakin menyempurnakan liburan kamu.

Alamat: Dusun Pasir, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia.

HTM: Rp 5.000/orang

Jam operasional: 24 jam

 

Brujul Adventure Park Kebumen
3.bp.blogspot.com

4. Brujul Adventure Park Kebumen

Bagi kamu yang menyukai tempat wisata yang memiliki suasana yang asri dan masih alami, maka kamudapat memasukkan Brujul Adventure Park dalam list daftar wisata yang wajib kamu kunjungi di Kebumen. Lokasi  tempat  wisata  ini masih  dipenuhi  dengan  pepohonan  dan  juga  bebatuan  yang membuat tempat wisata ini sangat cocok bagi kamu yang mempunyai jiwa petualang.

Bahkan,  dengan  adanya  pepohonan  tersebut  semakin  menambah  suasana  sejuk  di tempat wisata ini.Tidak  hanya  menyuguhkan  wisata  alam  dengan  pemandangan  yang  sangat  indah, tempat  wisata  ini  juga  mempunyai  spot  wahana  yang  disukai  oleh  para  pengunjung, seperti  flying  fox,  rumah  pohon  dan  juga  hamok.  Selain  itu,  ada  juga  wahana  yang paling  menantang  dan  juga  paling  populer,  yaitu  flying  bike  atau  meluncur  di  tali dengan menggunakan sepeda.

Tempat  wisata  ini  juga  telah  dilengkapi  dengan  tempat  untuk  sholat  dan  juga  wc. Bahkan, ada beberapa warung dan juga tempat duduk yang ditata dengan sedemikian rupa.Mengenai  biaya  tiket  masuk,  masih  belum  ada  info  yang  pasti,  namun  disarankan untuk membawa uang Rp 100.000.Alamat:  Dusun  Klapasawit  Rt   01/Rw  02,  Desa  Peniron,  Kecamatan  Pejagoan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Baca Juga :  Curug Terindah Di Jawa Barat Yang Layak Dijadikan Destinasi Wisata Yang Recomended

 

Pantai Menganti
goodnewsfromindonesia.id

5. Pantai Menganti

Pantai Menganti mempunyai daya tarik tersendiri yang berbeda dengan pantai-pantai yang lainnya. Daya tarik yang disuguhkan oleh pantai ini tidak hanya dari keindahan penorama  pantainya  saja,  namun  juga  dengan  adanya  air  terjun  dan  juga  goa  yang merupakan bonus bagi wisatawan yang mengunjungi tempat wisata ini.

Panorama dari Pantai Menganti ini memang terlihat sangat menawan. Hal ini karena pantai ini dikelilingi dengan perbukitan kars,jadi siapapun akan dibuat kagum ketika berada  di  pantai  ini.  Bahkan,  dengan  keindahannya  itulah  pantai  ini  dijuluki  sebagai Hawaiinya Indonesia. Pantai  Menganti  mempunyai  pasir  berwarna  putih  bersih  yang  dikepung  oleh  tebing yang  tinggi  dan  juga  tersembunyi  dibalik  pegunungan  karet.

Dengan  keindahannya itulah yang membuat tebing tersebut diber nama Tebing Bidadari. Tidak hanya menambah keindahan dari Pantai Menganti, keberadaan dari tebing yang tinggi  dan  juga  gunung  kapur  ini  pun  membuat  ombak  di  Pantai Menganti  tidak terlalu besar walaupun Menganti merupakan bagian dari Pantai Laut Selatan.

Alamat: Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

HTM: Rp 10.000

Jam operasional: 07.00 -17.00 WIB

 

Bukit Langit
2.bp.blogspot.com

6. Bukit Langit

Bukit  Langit  merupakan  tempat  wisata  di  Kebumen  yang  mempunyai  pemandangan yang  sangat  mempesona  dimana  pemandangan  tersebut  dapat  kamu  nikmati  dari berbagai sudut. Dari  arah  utara,  kamu  bisa  menyaksikan  Karangganyam  yang  sangat  menakjubkan. Kemudian, di sebelah timur, kamu dapat menyaksikan keindahan dari Kota Kebumen seperti  puzzle  dari  kejauhan.

Sedangkan,  di  sebelah  barat,  kamu  bisa  menyaksikan Kota  Karang  Anyar  dan  semua  itu  akan menampilkan  hamparan  pemandangan  hijau yang memanjakan mata. Walaupun  Bukit  Langit  ini  tinggi,  namunpuncaknya  cenderung  datar  sehingga membuatnya  sangat  nyaman  untuk  dijadikan  sebagai  tempat  wisata.  Bukit  Langit mempunyai 3 puncak yang bisa dijadikan sebagai spot foto terbaik.

Pemandangan yang biasanya diincar oleh wisatawan yang mengunjungi tempat wisata ini,  yaitu  lautan  berupa  kabut  awan  yang  berwaran  putih.  Apabila  kamu  ingin menikmati kabut ini, maka datanglah lebih waktu atau sekalian saat sore hari. Kamu akan dibuat takjub dengan pesona alam yang bagaikan negeri di atas langit sehingga membuatnya sering disebut sebagai raja silangit.

Alamat:  Jalan  Karanganyar,  Giripurno,  Kecamatan  Pejagoan,  Kabupaten  Kebumen, Jawa Tengah

HTM: Rp 3.000/orang

Jam operasional: Setiap hari (07.00 -18.00 WIB)

 

Pantai Lampon
ksmtour.com

7.Pantai Lampon

Apabila kamu menyusuri Kota Kebumen, maka kamu bisa menemukan banyak pantai yang  mempunyai  pesona  yang  sangat  menakjbukan,  salah  satunya  adalah  Pantai Lampon. Ada  beberapa  keindahan  yang  ditawarkan  oleh  pantai  ini,  seperti  bukit,  pasir  putih yang halus, goa dan tanjung. Tidak hanya itu, pantai ini pun juga mempunyai banyak sekali spot yang bagus untuk dijadikan sebagai tempat pengambilan gambar atau foto yang keren loh.

Pantai  Lampon  ini  mempunyai  bentuk  yang  unik  yang  menyerupai  teluk  sempit  dan terletak di bagian selatan dari perbukitan. Pantai ini pun juga tidak seperti pantai yang ada pada umumnya, sebab garis pantainya pun hanya 100 meter. Air laut di pantai ini sangat indah dengan warna hijau kebiruan yang berpadu dengan pasir putih yang membuatnya mempunyai keindahan tersendiri.

Selain itu, dari Pantai Lampon  ini  para  pengunjung  juga  bisa  melihat  panorama  dari  Pantai  Pasir  yang terletak di sebelahnya serat bukit-bukit yang menjulang di area sekitarnya.

Alamat: Desa Pasir, Kec. Ayah, Puring, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

HTM: Rp 5.000/orang

Jam operasional: 24 jam

 

Pantai Gebyuran
pantainesia.com

8.Pantai Gebyuran

Pantai  Gebyuran  merupakan  wisata  pantai  yang  mana  di  lokasi  tersebut  tidak  hanya mempunyai wisata pantai saja, melainkan juga terdapat beberap objek wisata lainnya yang dapat kamu kunjungi dan nikmati ketika berada disana. Pemandangan  yang  sangat  indah  dan  juga  fotogenik  bisa  kamu  dapatkan  dengan mengunjungi wisata pantai yang satu ini, sehingga tempat ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai dunia fotografi.

Berikut  ini  beberapa  objek  wisata  yang  ada  di  Pantai  Gebyuran,  Kebumen,  Jawa Tengah:

a)Bermain pasir di Pantai Berkarang

Perlu diketahui bahwa wisata Pantai Gebyuran mempunyai pasir yang berwarna hitam kecoklatan yang lain tetapi tetap memunyai banyak batu berkarang. Dari lokasi pantai ini,  kamu  juga  bisa  menikmati  keindahan  pemandangan  dari  Pnatai  Tanjung  Karang Bata yang menjorok ke lautan.

b)Keasrian Goa Karst

Goa  yang  satu  ini  mempunyai  daya  tarik  tersendiri  pada  saat  kamu  mengunjungi wisata Pantai Gebyuran. Lokasinya yang masih asri pun juga turut serta menyumbang suasana yang asri dan juga nyaman di Pantai Gebyuran. Pada   saat   musim   penghujan,   kamu   bisa   menemukan   sela   stalaktit   yang   akan mengucurkan deras tetesan air yang berasal dari atas pegunungan.

c)Pemandangan Garis Pantai Selatan Kebumen

Tak   hanya   Tanjung   Karang   Bata,   wilayah   selatan   pantai   Gebyuran   pun   juga mempunyai  pemandangan  dari  karang-karang  dan  juga  tebing  dari  Tanjung  Karang Penganten yang turut serta berjuang riuh berlomba untuk memecah ombak besar.

Itulah tadi beberapa objek wisata yang dapat kamu nikamtidi Pantai Gebyuran, kamu pun  juga  dapat  menikmati  berbagai  macam  hal  lainnya  yang  ada  di  lokasi  wisata pantai ini, seperti pemandangan sunset yang sangat indah, berfoto dengan background tebing pesisir nan indah dan lain-lain.

Alamat: Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

HTM: Rp 5.000

Jam operasional: 08.00 -17.00 WIB

 

Pantai Suwuk
1.bp.blogspot.com

9.Pantai Suwuk

Wisata  Pantai  Suwuk  mempunyai  pasir  yang  berwarna  coklat  hingga  hitam  dan mempunyai  pinggiran  yang  sangat  panjang  dengan  udaranya  yang  sangat  sejuk  dan menyegarkan. Pada  bagian  bibir  Pantai  Suwuk  ini  merupakan  salah  satu  tempat  favorit  untuk bermain  bagi  anak-anak  yang  berkunjung  ke  pantai  ini.

Mereka  bisa  bermain  pasir ataupun melakukan kegiatan olahraga, seperti bermain bola dan juga volley. Bahkan, tak jarang juga ada pengunjung yang duduk di pinggi pantai sambil menikmati udara khas bahari. Di sekitar area wisata Pantai Suwuk ini juga terdapat bangkai pesawat Garuda Boeing 737,  dan  tentunya  ini  bukan  bangkai  asli,  namun  bagunan  yang  memang  sengaja dibangun untuk objek wisata agar semakin banyak wisatawan yang tertarik.

Di bangunan pesawat tersebut, biasanya juga diputar video 3 dimensi  yang  memiliki durasi  kurang  lebih  20  menit  yang  digemari  oleh  anak-anak.  Selain  itu,  dibawah bangunan  pesawat  ini  pun  juga  ada  sebuah  kolam  renang  ana-anak.  Bagaimana, menarik sekali, bukan?

Alamat: Desa Suwuk, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah

HTM: Rp 2.500 (anak-anak), Rp 4.500 (dewasa)

Jam operasional: 24 jam

Baca Juga :  Mengunjungi Tempat Bersejarah Museum Kereta Api Ambarawa, Semarang

 

Wisata Alam Jembangan
i0.wp.com

10. Wisata Alam Jembangan

Wisata  Alam  Jembangan mempunyai  pemandangan  berupa  telaga  hijau  yang  sangat indah  dan  dilengkapi  dengan  hutan  hijau  yang  mengelilinginya.  Kemudian,  pada bagian  ujung  telaga  Jembangan  digunakan  sebagai  bendungan  air,  yaitu  Bendungan Pejengkolan.Disana   juga   ada   kafe   Jembangan   View   yang   tentunya   instagrammable   karena mampunyai   pemandangan   yang   sangat   indah   dan   sangat   mengasyikkan   untuk mengambil foto di lokasi tersebut.

Yang  menjadi  ikon  dari  tempat  wisata  ini  adalah  restoran  apungnya  dan  juga jembatannya. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena di tempat wisata ini tersedia berbagai  macam  wahana  yang  dapat  menjadi  piliha,  seperti  sepeda  air,  kolam  untuk memancing,  Jembangan  Fantasy  Zoo  (kebun  binatang  Jembangan),  perahu  bebek, zona  outbound,  wahana  uji  nyali,  perahu  kora-kora  serta  wahana  main  anak,  seperti perosotan, ayunan, putaran dan lain-lain.

Alamat:   Desa   Jembangan,   Kecamatan   Poncoarno,   Kabupaten   Kebumen,   Jawa Tengah.

HTM: Rp 4.000/orang

Jam operasional: 07.30 -17.00 WIB

 

Itulah  tadi  beberapa  rekomendasi  tempat  wisata  di  Kebumen  yang  dapat  kamu kunjungi.  Kamu  bisa  mengunjungi  tempat-tempat  wisata  tersebut  bersama  keluarga atau rekan liburanmu lainnya. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur

Check Also

wisata gembong

5 Destinasi Wisata Terbaru di Gombong Kebumen yang Wajib Kamu Kunjungi!

Destinasi  wisata  terbaru  di  Gombong  Kebumen memang  menjadi  salah  satu  hal  yang menarik untuk di …