Home / Jawa Tengah / 10 Tempat Wisata di Kudus dan Sekitarnya yang Paling Populer!
Wisata di Kudus
3.bp.blogspot.com

10 Tempat Wisata di Kudus dan Sekitarnya yang Paling Populer!

Tempat wisata di Kudus dan sekitarnyatentunya bisa menajadi pilihan untuk kamu kunjungi bersama keluarga tercinta atau rekan liburanmu lainnya. Kudus adalah salah satu kabupaten yang terdapat di Provinsi Jawa Tengah. Di Kabupaten Kudus ini, kamu bisa menemukan banyak tempat wisata yang unik dan juga menarik untuk dikunjungi.Kudus terletak di jalur pantai timur laut Jawa Tengah antara Kota Semarang dan Kota Surabaya. Kota ini memiliki jarak 51 kolometer jika dari timur Kota Semarang.

Dari masa lampau hingga saat ini, Kudus sangat kental dengan ajaran islamnya, bahkan terdapat 3 makam wali/sunan, yaitu Sunan Muria, Sunan Kudus danSunan Kedu. Nah,  bagi  kamu  yang  memiliki  rencana  untuk  mengunjungi  Kabupaten  Kudus,  berikut  ini beberapa rekomendasi tempat wisata di Kudus yang sayang sekali jika dilewatkan.

 

Desa Wisata Rahwatu Kudus
3.bp.blogspot.com

1. Desa Wisata Rahwatu Kudus

Rekomendasi  tempat  wisata  pertama  yang  dapat  kamu  kunjungi  di  Kudus,  yaitu  Desa  Wisata Rahwatu Kudus. Objek wisata Rahawatu ini berlokasi di lereng Gunung Muria dan tepatnya ada di Kecamatan Gebong Kudus. Desa  Wisata  Rahwatu  ini  terletak  pada  ketinggian  hingga  1672  mdpl  sehingga  objek  wisata  ini mempunyai udara yang sangat sejuk dan juga segar. Selain itu, di desa ini juga ada sungai yang jernih dan dapat digunakan untuk bermain air ataupun untuk mandi. Tidak hanya mempunyai pemandangan alam yang sangat menarik dan juga indah, di kawasan ini juga terdapat bangunan-bangunan pertapaan yang dapat kamu jelajah.

 

Kawasan Wisata Colo Kudus
4.bp.blogspot.com

2. Kawasan Wisata Colo Kudus

Wisata  Colo  Kudus  adalah  suatu  kawasan  tempat  wisata  alam  yang  ada  di  Kudus  dan  berjarak kurang lebih 18 kilometer dari pusat Kota Kudus ke arah utara. Lokasi tepatnya berada dikawasan Pegunungan Muria, Ds Colo, Kec. Dawe Kudus.

Sebenarnya,  wisata  alam  Colo  ini  hampir  sama  dengan  Wisata  Alam  Kopeng  yang  terdapat  di Magelang, yaitu mempunyai pemandangan khas pegunungan yang sangat indah. Selain itu, udara yang ada disini juga sangatsejuk dan menyegarkan ala pegunungan yang sulit di dapatkan di kota-kota besar.Tidak hanya itu, bagi kamu yang beragama muslim juga dapat melakukan ziaroh atau wisata religi makam  Sunan  Muria.

Lokasi  makam  Sunan  Muria  ini  terletak  di  puncak  pegunungan,  namun untuk sampai di lokasi tersebut dibutuhkan sedikit perjuangan. Tetapi, kamu tidak perlu khawatir karena  di  kawasan  tersebut  juga  ada  tukang  ojek  yagn  siap  untuk  mengantar  kamu  hingga  ke puncak jika kamu tidak ingin berjalan kaki.

 

Taman Oasis
1.bp.blogspot.com

3. Taman Oasis

Taman  Oasis  merupakan  tempat  untuk  nongkrong  di  Kudus  yang  wajib  untuk  kamu  kunjungi. Taman ini juga mnenjadi tempat favorit hangout bagi anak-anak muda dan juga keluarga di Kudus. Nah, tentunya tidak ada salahnya juga saat kamu berkunjung ke Kudus dan mengunjungi Taman Oasis yang dibangun oleh PT. Djarum yang hingga saat ini sudah menjadi salah satu dari tempat favorit bagi warga Kudus.

Taman Oasis ini berlokasi di Desa Gondangmanis, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus. Terdapat beberapa  pohon  yang  tumbuh  disekitar  taman  dan  juga  rerumputan  yang  tertata  dengan  cukup rapi.  Sehingga  membuat  tempat  ini  menjadi  tempat  yang  sangat  asik  untuk  kumpul-kumpul bersama sahabat.Alamat: Desa Gondangmanis, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Baca Juga :  9 Destinasi Wisata Favorit Semarang Jawa Tengah yang Lagi Hits dan Sayang Kalau Dilewatkan!

 

Puncak 29 Kudus
3.bp.blogspot.com

4. Puncak 29 Kudus

Puncak 29 Kudus menjadi semakin terkenal dikarenakan banyaknya pose foto yang ada di media social yang viral. Puncak 29 ini juga mempunyai nama lain, yaitu Puncak Saptorenggo atau Puncak Songolikur  yang  merupakan  puncak  tertinggi  yang  ada  di  Gunung  Muria  Jawa  Tengah  dengan ketinggiannya yang mencapai 1602 mdpl. Puncak 29 masuk ke dalam wilayah administratif Desa Rahwatu, Gebog Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.Ada dua rute pendakian yang dapat kamu tempuh untuk sampai di Puncak Songolikur, rute tersebut adalah:

a)Melalui  Pos  yang  ada  di  Desa  Tempur,  Keling,  Kabupaten  Jepara.  Wukir  Rahwatu merupakan sebuah gunung yang letaknya berdampingan dengan Gunung Muria.

b)Melalui Pos Pendakian yang ada di Dukuh Semliro Desa Rahwatu, Gebog Kabupaten Kudus.

 

Wisata Air Terjun Kalibanteng Kudus
2.bp.blogspot.com

5. Wisata Air Terjun Kalibanteng Kudus

Wisata Air Terjun Kalibanteng terletak di Desa Wisata Rahwatu, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus.  Air  terjun  yang  satu  ini  mempunyai  ketinggian  30  meter.  Yang  unik  dari  air  terjun  ini adalah airnya yang tidak langsung jatuh menuju ke bawah, melainkan melalui beberapa undakan yang seperti penampungan air yang dapat digunakan untuk berenang dengan kedalamannya 100 cm pada bagian atas, dan paga bagian bawah dengan kedalaman kurang lebih 50 cm. Jadi,

bagi para  pengunjung  yang  belum  bisa  berenang,  maka  tidak  perlu  khawatir  karena  dapat  memilih lokasi berenang.Bagi kamu yang tertarik untuk mengunjungi air terjun ini, kamu juga tidak perlu khawatir karena terdapat papan petunjuk arah hingga ke lokasi air terjun yang akan memudahkan para wisatawan. Kamu  juga  dapat  menggunakan  motor  untuk  sampai  didekat  lokasi  wisata  air  terjun  atau menitipkannya pada warga yang ada di sekitar. Untuk biaya masuknya, setiap orang akan dikenakan biaya Rp 2.500/orang.

 

Desa Wisata Wonosoco Kudus
perpus.jatengprov.go.id

6. Desa Wisata Wonosoco Kudus

Tempat wisata Desa Wonosoco merupakan tempat wisata yang berlokasi di Selatan Kota Kudus. Desa  ini  dapat  kamu  ditempuh  dengan  waktu  kurang  lebih  45  menit  jika  dari  pusat  Kota.  Desa yang  terletak  di  Kecamatan  Undaan  ini  mempunyai  keindahan  alam  yang  sangat  indah  berupa hamparan  sawah hijau  dan  juga  Pegunungan  Kars  Kendeng  yang  membentang  dari  Timur  ke Barat.

Terdapat banyak objek wisata yang bisa kamu temukan di desa ini, mulai dari wisata goa, petilasan dan juga sendang. Kegiatan budaya juga disuguhkan oleh masyarakat Wonosoco secararutin di setiap tahun.Kamu   perlu   mengeluarkan   biaya   Rp   3.000/orang   untuk   menikmati   pemandangan   khas pegunungan yang mampu memanjakan mata ini. Selain itu, kamu juga dapat menikmati keindahan alam  yang  berupa  Pegunungan  Kendeng,  Sendang  Dewot,  Persawahan Kacang  dan  juga  Hutan Jati.

 

The Peak View Waterboom Kudus
gengenmunafkianan.files.wordpress.com

7. The Peak View Waterboom Kudus

Di Kudus juga kamu bisa menemukan wahana liburan untuk keluarga yang sangat menarik untuk dikunjungi,  yaitu  The  Peak  View  Waterboom.  Tempat  wisata  yang  satu  ini  cukup  lengkap  dan memungkinkan  para pengunjungnya  untuk  berenang  di  berbagai  wahana  yang  permainan  air, melibas dirt track dengan ATV, flying fox dan juga outbound. Tidak hanya itu, kamu juga tidak perlu merasa khawatir ketika merasa lapar karena tempat wisata ini juga dilengkapi dengan restoran dan juga minimarket. Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi The Peak View Waterboon Kudus?

 

Situs Pati Ayam
sukanyasar.com

8. Situs Pati Ayam

Situs  Pati  Ayam  merupakan  tempat  wisata  di  Kudus  yang  mempunyai  suasana  yang  kental mengenai  sejarah.  Di  situs  ini,  para  pengunjung  dapat melihat  serta  mengenal  berbagai  macam fosil  yang  pernah  ditemukan  oleh  warga  sekitar.  Kawasan  Pati  Ayam  ditengarai  adalah  pusat peradaban  manusia  purba,  jadi  banyak  ditemukan  berbagai  macam  fosil,  seperti  gigi  geraham, gading gajah purba dan lain sebagainya.

Museum ini berlokasi di Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus. Di tempat ini, kamu dapat melihat fosil binatang purba yang memiliki ukuran raksasa. Selain itu, replika manusia purba pun juga bisa kamu temukan di museum ini. Letak Situs Pati Ayam juga masih ada di kawasan Gunung Muria.

Baca Juga :  Mengunjungi Serta Menikmati Kemegahan Candi Borobudur Yang Banyak Menarik Minat Para Wisatawan!

 

Air terjun Montel di Kudus
4.bp.blogspot.com

9. Air terjun Montel di Kudus

Air terjun ini terletak di sebelah utara makam wali Sunan Muria, lokasinya di Ds Kajar, Kec. Dawe Kudus. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 50 meter. Di tempat wisata ini, para pengunjung dapat menikmati kesegaran dari air terjun yang jatuh dari ketinggian. Selain itu, air disini juga dapat diminum, bersih dan juga segar tentunya.

Bagi  kamu  yang  ingin  mengunjungi  wisata  air  terjun  ini,  maka  kamu  tidak  perlu  khawatir mengenaifasilitas  yang tersedia di tempat wisata ini, tempat wisata ini telah memiliki berbagai macam  fasilitas,  seperti  tempat  parkir  yang  luas,  mushola,  kios  yang  menjual  berbagai  macam cindramata khas colo, warung makan dan lain sebagainya.Untuk memasuki wisata Air Terjun Montel ini, para pengunjung harus mengeluarkan biaya tiket masuk, yaitu Rp 5.000/orang.

 

Waterboom Mulia Kudus
1.bp.blogspot.com

10. Waterboom Mulia Kudus

Waterboom  Mulia  ini  juga  menjadi  salah  satu  objek  wisata  di  Kudus  yang  sayang  sekali  jika dilewatkan. Tempat wisata ini berlokasi di Jalan Kudus –Colo KM 12, Ds Lau Kec. Bae Kudus.Untuk menambahkan keseruan permainan di tempat wisata ini, pihak pengelola juga menyediakan berbagai macam wahan permainan, seperti ember tumpah, kolam arus dan lain sebagainya. Selain itu, wahana air di wisata ini juga mempunyai kolam pemancingan yang dapat digunakan bagi wisatawan yang memiliki hobi memancing dan juga terdapat permainan ATV.

 

Itulah tadi beberapa rekomendasi tempat wisata di Kudus yang menarik untuk dikunjungi. Kamu juga  bisa  mengunjungiberbagai  macam  tempat  wisata  menarik  lainnya  yang  sesuai  dengan keinginan kamu. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

Check Also

pesona lokal indonesia yang mendunia

3 Pesona Wisata Lokal Yang Mendunia Hingga Saat Ini

Jika ingin wisata Anda menyenangkan sebenarnya tak perlu harus ke luar negeri untuk mencari keindahan …