Home / Jawa Tengah / 10Tempat wisata di Cilacap Jawa Tengah Terbaik dan Populer!
wisata Cilacap
sgp1.digitaloceanspaces.com

10Tempat wisata di Cilacap Jawa Tengah Terbaik dan Populer!

Destinasi  tempat  wisata  di  Cilacap  Jawa  Tengahmempunyai  keunikan  serta  daya  tarik tersendiri yang membuat para wisatawan tertarik untuk mengunjungi berbagai tempat wisata yang berada di Cilacap, Jawa Tengah. Cilacap  sendiri adalah  salah  satu  wilayah  kabupaten  yang  terdapat  di  Provinsi  Jawa  Tengah dan berbatasan langsung dengan Jawa Barat. Cilacap juga menjadi suatu kabupaten yang juga mempunyai   luasan   daerah   terbesar   yang   berada   di   Jawa   Tengah.

Selain   itu,   Pulau Nusakambangan pun juga termasuk ke dalam bagian wilayah dari Kabupaten Cilacap ini. Mungkin  masih  banyak  yang  tidak  menyangka  bahwa  di  Cilacap  mempunyai  banyak  sekali potensi  wisata  yang  dapat  kamu  kunjungi  bersama  keluarga  atau  rekan  liburanmu  lainnya ketika musim liburan tiba. Kabupaten Cilacap berada di bagian selatan Pulau Jawa sehingga memiliki banyak pesona alam yang luar biasa indah terutama pada wisata pantainya.

Tidak hanya memiliki destinasi wisata pantainya yang luar biasa indah, di Cilacap juga terdapat wisata sejarah peninggalan jajahan Belanda yang terjaga dengan sangat baik dan menarik untuk dikunjungi.Berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata di Cilacap yang menarik untuk dikunjungi.

 

Pantai Teluk Penyu
1.bp.blogspot.com

1. Pantai Teluk Penyu

Rekomendasi tempat wisata pertama yang dapat kamu kunjungi di Cilacap, yaitu Pantai Teluk Penyu. Cilacap memang mempunyai pantai-pantai yang sangat indah. Walaupun  pantai  ini  mempunyai  pasir  berwarna  coklat,  namun  panta  ini  tetap  mempunyai pemandangan  yang  sangat  menawan.  Oleh  sebab  itu,  banyak  para  wisatawan  yang  tertarik untuk  mengunjungi  pantai  ini. Bahkan,  dari  bibir  pantai  pun  para  wisatawan  dapat  melihat langsung Pulau Nusakambangan.

Mengenai  fasilitas  yang  terdapat  di  pantai  ini,  kamu  tidak  perlu  khawatir  karena  pantai  ini mempunyai fasilitas yang cukup lengkap, seperti toilet, gazebo, tempat ibadah, lapangan voli, kamar mandi, mercusuar, water sport dan lain sebagainya. Pantai  Teluk  Penyu  berlokasi  di  Kecamatan  Cilacap  Selatan,  Kabupaten  Cilacap.  Untuk memasuki tempat wisata ini, para pengunjung harus mengeluarkan biaya tiket masuk kurang lebih Rp 5.000/orang.

 

Wisata Hutan Payau Mangrove
2.bp.blogspot.com

2. Wisata Hutan Payau (Mangrove)

Tempat wisata selanjutnya yang juga tak kalah menarik untuk dikunjungi, yaitu Wisata Hutan Payau  (Mangrove).  Tempat  wisata  ini  mempunyai  daya  tarik  yang  berupa  pesona  dari keindahan alam yang mempesona dan mampu memanjakan para wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini. Kawasan hutan mangrove ini memiliki luas mencapai 10 hektar dan menjadi hutan pelindung untuk ekosistem di kawasan laguna Segara Anakan, danau air asin di pesisir pantai Cilacap.

Selain itu, kerapatan pohon mangrove yang ada di tempat ini juga cukup tinggi.Konon terdapat kurang lebih 15.000 jenis pohon yang berada di kawasan Hutan Payau, antara lain bakau kacangan, bakau bandul, tancang dan api-api. Wisata Hutan Payau berlokasi di Desa Beji Lor, Kelurahan Tritih Kulon, Kecamatan Cilacap Utara.  Untuk  memasuki  tempat  wisata  ini,  para  pengunjung  harus  mengeluarkan  biaya  tiket masuk dengan harga Rp 11.500 bagi dewasa dan anak-anak.

Baca Juga :  7 Tempat Selfie di Kudus yang Menjadi Kesukaan Generasi Milenial!

 

Benteng Pendhem Cilacap
rubrikwisata.com

3. Benteng Pendhem Cilacap

Objek  wisata  selanjutnya,  yaitu  Benteng  Pendhem  Cilacap  yang  menjadi  bangunan  bekas markas  pertahanan  tentara  Belanda  pada  zaman  dahulu.  Tempat  ini  dibangun  dengan  luas mencapai 6,5 hektar.Benteng  yang  satu  ini  adalah  salah  satu  benteng  peninggalan  Belanda  yang  berada  di  Jawa Tengah yang mana lokasinya berada di kawasan Pantai Teluk Penyu.

Di tempat ini, kamu dapat melihat  barak,  benteng  pengintai,  benteng  pertahanan,  gudang  senjata,  ruang  rapat,  gudang mesiu, ruang perwira, ruang peluru dan lain-lain.Tempat ini berlokasi di Jl. Benteng, Cilacap, Cilacap Sel. , Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Untuk memasuki tempat wisata ini, para pengunjung harus mengeluarkan biaya tiket masuk Rp 5.000/orang.

 

Gunung Selok
lh3.googleusercontent.com

4. Gunung Selok

Tempat wisata yang satu ini menjadi tempat wisata yang wajib untuk kamu kunjungi karena memiliki keindahan yang sangat luar biasa. Gunung yang satu ini mempunyai keindahan dari panorama alam yang sangat istimewa dan tentunya mampu memanjakan mata. Tempat wisata ini mempunyai spot Selfie Deck yang mempunyai view berupa hamparan laut selatan  serta  persawahan  yang  berada  di  bawahnya  serta  dikelilingi  oleh  pepohonan  rindang yang berada diatas bukit yang membuat suasana menjadi terasa lebih sejuk.

Di lokasi ini juga terdapat banyak hammcok terpasang yang adadi pepohonan yang dapat kamu gunakan untuk bersantai, bangku cinta.Tempat  wisata  ini  berlokasi  di  Karangbenda,  Adipala  ,  Kabupaten  Cilacap,  Jawa  Tengah. Untuk memasuki tempat wisata ini, para pengunjung harus mengeluarkan biaya tiket masuk Rp 5.000/orang.

 

Wisata Alam Waduk Kubangkangkung
kabarwanita.id

5. Wisata Alam Waduk Kubangkangkung

Yang  menarik  dari  tempat  wisata  yang  satu  ini  adalah  letaknya  yang  berada  di  perkebunan karet Kawunganten. Selain memiliki pemandangan wadung yang sangat indah, tempat ini juga mempunyai pemandangan kebun karet yang bisamenyejukkan mata. Selain itu, kamu juga bisa mengelilingi waduk ini dengan menggunakan berbagai fasilitas, seperti bebek air.

Bagaimana? Menarik, bukan? Di tempat wisata ini juga telah tersedia berbagai fasilitas, seperti terdapat warung-warung yang menjual  berbagai  macam  makanan  dan  minuman  yang  berada  di  sekitar  waduk,  MCK  yang aman dan juga bersih dan mushola beserta perlengkapannya.Tempat wisata ini berlokasi di Sokawera, Kubangkangkung, Kec. Kawunganten, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Untuk memasuki tempat wisata ini, para pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 2.000.

 

Pantai Widara Payung
ksmtour.com

6. Pantai Widara Payung

Pantai Widara Payung juga dapat menjadi salah satu pilihan tempat wisata menarik yang dapat kamu  kunjungi  ketika  berada  di  Cilacap.  Tempat  wisata ini  mempunyai  suasana  yang  sejuk dan juga asri, ditambah lagi dengan adanya banyak pohon kelapa yang berada di pinggirnya dan berbagai macam tanaman lainnya. Terdapat  beberapa  fasilitas  yang  bisa  kamu  temukan  di  pantai  ini,  seperti  tur  menggunakan perahu   ke   Pulau   Nusakambangan   yang   lokasinya   cukup   dekat.

Tidak   hanya   dapat menggunakan perahu, para wisatawan juga dapat menyewa andong untuk berkeliling di sekitar pantai. Kemudian, terdapat juga kolam renang yang berada di bagian timur,Pantai  ini  berlokasi  di Widarapayung,  Sidayu,  Binangun,  Kabupaten  Cilacap,  Jawa  Tengah. Untuk  sampai  di  lokasi  pantai  ini,  para  wisatawan  dapat  masuk  melalui  3  jalan.  Jalan  yang utama yaitu terdapat di Desa Widarapayung Wetan. Mengenai biaya tiket masuk, para wisatawan harus mengeluarkan biaya tiket masuk dengan kisaran harga Rp 3.000 sampai dengan Rp 5.000/orang.

 

Curug Cimandaway
reresepan.com

7. Curug Cimandaway

Tempat wisata ini merupakan tmepat wisata yang selalu ramai oleh kunjungan para wisatawan baik itu pada hari libur ataupun hari biasa. Tempat  wisata  ini  memiliki  pesona  alam  yang  sangat  indah  serta  suasana  alami  yang disekitarnya  terdapat  pohon-pohon  rindang  serta  area  persawahan  yang  membuat  tempat  ini memiliki  pemandangan  yang  luar  biasa  indah.  Selain  itu,  wisata  Curug  Cimandaway  ini mempunyai  5  tingkatan  dimana  ketinggian  dari  keseluruhannya  mencapai  100  meter  dan menjadi curug yang paling tinggi yang berada di Kabupaten Cilacap.

Keunikan dari curug ini adalah sumber airnya yang berasal dari Sungai Singaraja dan airnya jatuh ke Sungai Cikawalon yang terletak di bawahnya.Tempat wisata ini mempunyai beberapa fasilitas, seperti kamar mandi / MCK, warung makan, tempat istirahat, area parkir kendaraan dan lain-lain.Curug  Cimandaway  berlokasi  di  Serang,  Desa  Datar,  Kecamatan  Dayeuhluhur,  Kabupaten Cilacap,Jawa Tengah.

Baca Juga :  10 Tempat Wisata di Kudus dan Sekitarnya yang Paling Populer!

 

Benteng Karang Bolong
4.bp.blogspot.com

8. Benteng Karang Bolong

Wisata  Benteng  Karang  Bolong  adalah  benteng  peninggalan  jajahan  Belanda  yang  menjadi salah saatu destinasi wisata sejarah yang dapat kamu kunjungi di Cilacap karena mempunyai keunikan serta ke eksotisan yang berbeda. Benteng  ini  mempunyai  luas  kurang  lebih  6000  m2dan  memiliki  4  lantai.  Keunikan  dari benteng  ini  adalah  terdapat  dua  lantai  yang  berada  di  permukaan  tanah,  sedangkan  dua lantainya lagi berada dibawah permukaan tanah.

Selain itu, terdapat juga peninggalan meriam yang  dahulu  digunakan  untuk  pertahanan  musuh  yang  dari  arah laut.  Terdapat  juga  ruangan yang  digunakan  sebagai  tempat  untuk  penyimpanan  logistic,  ruang  prajurit,  tempat  senjata hingga ruang penyiksaan.Tempat  wisata  sejarah  ini  berlokasi  di  Pulau  Nusakambangan,  Kabupaten  Cilacap,  Jawa Tengah.

 

Pantai Permisan Cilacap
bonoaksa.files.wordpress.com

9. Pantai Permisan Cilacap

Pantai  yang  satu  ini  merupakan  salah  satu  pantai  yang  masih  sangat  alami  dan  juga  belum terlalu banyak terjamah oleh manusia. Pantai yang satu ini sangat cocok bagi wisatawan yang menyukaiaktivitas berselancar karena mempunyai ombak yang cukup menantang. Selain itu, pamdangan yang ada di pantai ini juga tak kalah menarik loh. Wisatawan yang berkunjung ke pantai ini tentunya akan merasa sangat senang dan juga betah untuk berlama-lama di tempat wisata ini sembari menikmati keindahan pulau-pulau kecil serta bebatuan karang yang berada di depan pantai.Wisata pantai ini berlokasi di Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

 

Pantai Karang Pandan
cdn4.uzone.id

10. Pantai Karang Pandan

Pantai  Karang  Pandan  adalah  pantai  yang  memiliki  pasir  putih  yang  terletak  di  Pulau Nusakambangan,  Kabupaten  Cilacap,  Jawa  Tengah.  Untuk  sampai  di  lokasi  ini,  kamu  akan menempuh jarak kurang lebih 5 km dari pusat kota Cilacap. Ketika  sampai  di  Pantai  Karang  Pandan,  para  wisatawan  akan  disuguhkan  dengan  hampara pasir putih yang laus serta birunya air laut yang seolah-olah menyapa kehadiran para wsatawan yang berkunjung ke pantai ini. Kamu dapat melakukan berbagai macam aktivitas seru di pantai ini, seperti berenang, bermain pasir ataupun berburu foto untuk mengabadikan moment liburan kamu. Selain itu, kamu juga bisa menikmati sunset yang sangat indah di wisata pantai yang satu ini.

 

Itulah tadi beberapa rekomendasi tempat wisata di Cilacap yang dapat kamu kunjungi bersama rekan  liburan  kamu.  Kamujuga  dapat  mengunjungi  berbagai  macam  tempat  wisata  lainnya yang berada di Cilacap. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur

Check Also

panorama Bitung

Wisata Kota Bitung Yang Wajib Kamu Kunjungi

Bagi  sebagian  orang,  Sulawesi  Utara  memiliki  objek  wisata  yang  sudah  cukup terkenal  seperti  Taman Laut  …