11 wisata madura paling hits 2021

12 Lokasi Wisata di Pulau Madura Paling Favorit 2021

12 Lokasi Wisata di Pulau Madura Paling Favorit 2021. Pulau Madura memiliki luas sekitar 5,168 km2 dengan jumlah penduduk hampir 4 juta jiwa. Pulau Madura jika dilihat dari peta, memiliki bentuk pulau yang menyerupai badan sapi. Suku Madura memiliki khas, dan juga dikenal sebagai orang yang disiplin, hemat dan suka bekerja keras. Pulau Madura juga dijuluki sebagai pulau garam, karena melogat bicara yangmiliki tambak garam sebanyak 4.572 petak di daerah penghasil garam seperti Sumenep, Pamekasan dan Sampang.

Madura adalah pulau yang berada di Jawa Timur dan memiliki 4 Kabupaten yaitu Kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep. Pulau Madura memiliki wilayah yang lebih kecil dibandingkan Pulau Bali, namun kekayaan wisata alamnya tak kalah dengan Bali. Pulau Madura memiliki banyak sekali objek wisata yang sangat mempesona.

Bagi wisatawan lokal pasti sudah tak asing lagi dengan wisata pantai Slopeng, pantai Siring Kemuning, dan beberapa objek wisata lainnya, namun ternyata Madura memiliki lebih banyak lagi tempat wisata yang sayang untuk di lewatkan.

 

Pantai Slopeng wisata di madura

1. Pantai Slopeng
Pantai Slopeng terletak di Sumenep, bahkan telah menjadi ikon wisata Madura yang sudah cukup populer. Pasir pantai yang putih bersih dan halus akan menyambutmu untuk menikmati pantai ini. Pantai ini berjarak sekitar 21 km dari pusat kota Sumenep. Ombak di pantai ini cukup tenang, tak heran jika pantai ini dijadikan tempat untuk membawa anak-anak bermain di tepi pantai. Pantai ini dihiasi pepohonan rindang yang tumbuih di pinggir pantai, nampak sepadan dengan air laut yang berwarna kebiruan dan jernih. Dan untuk menikmati pesona pantai ini, kamu hanya akan membayar tiket masuk sebesar Rp.5000 saja. Pantai ini menjadi tempat favorit bagi pengunjung karna ombak yang tenang, pantai yang indah dan juga tiket masuk cukup murah.

 

Bukit Lampion Beramah di madura

2. Bukit Lampion Beramah
Bukit Lampion Beramah adalah sebuah objek wisata yang unik jika dibandingkan dengan objek wisata lainnya. Tak hanya pesona pemandangan yang indah yang ditawarkan, tetapi susunan lampion di berbagai tempat membuat pemandangan semakin menakjubkan. Jadi tak heran jika tempat ini sering dijadikan sasaran untuk mengisi liburan, meskipun tempat wisata ini belum lama hadir.

Tak sedikit pengunjung, terutama para muda-mudi yang datang sekedar untuk menangkap gambar dengan pose paling menarik dan latar yang sangat romantis. Kamu juga akan menemukan sebuah panggung berbentuk hati dan terbuat dari kayu, dimana kamu dapat melihat pemandangan tepat di bawah panggung adalah jurang yang cukup dalam. Namun jangan khawatir, karena panggung ini sudah dirancang agar kuat menopang tubuhmu hingga kamu dapat dengan leluasa menikmati pemandangan jurang sambil menguji adrenalin yang kamu punya.
Masih ada spot foto menarik yang jangan sampai untuk dilewatkan yaitu ayunan yang menyerupai sangkar burung, rumah pohon yang didesain dengan dekorasi kekinian. Bukit Lampion Beramah terletak di Tengginah, Daleman, Galis, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

 

Bukit Arosbaya madura

3. Bukit Arosbaya
Bukit Arosbaya adalah sebuah bukit kapur bekas penambangan kapur tulis yang telah lama tak difungsikan lagi. Adanya sisa-sisa pahatan tak beraturan menciptakan keunikkan tersendiri di objek wisata yang terletak di Bangkalan ini. Bekas pahatan yang unik dan memiliki warna merah merona membuat bukit kapur ini terlihat menarik, warga sekitar pun menjuluki tempat ini dengan sebutan Bedel.

Hamparan bukit kapur ini terdapat lorong-lorong dan juga goa ini sangat menrik untuk dieksplor, bahkan tak jarang wisatawan yang berasal dari luar Madura pun datang hanya untuk mendapatkan foto terbaik dan terunik di tempat ini. Pemandangan sekitar Kawasan Bukit Kapur Arosbaya dapat memanjakan mata, di mana pahatan bekas galian yang hampir terdapat di seluruh sisi ini mampu menjadi daya tarik wisatawan untuk datang dan menikmati pemandangannya. Di setiap sudut terdapat bekas gua yang pernah digali dan bekas galian inilah yang sering dijadikan sasaran empuk kamera untuk menangkap gambar yang sangat Instagram mebel.
Lokasi Bukit Kapur Arosbaya terletak di di Plalangan, Madura, Buduran, Arosbaya, Kabupaten Bangkalan dan tak jauh dengan objek wisata religi yakni makam para raja Bangkalan “ Air Mata Ibu”.

 

Gili Iyang madura

4. Gili Iyang
Objek wisata Madura Gili Iyang adalah sebuah pulau yang memiliki kadar oksigen tertinggi di dunia yakni 21,5 persen, jadi tak heran jika tempat ini dijadikan sebagai wisata kesehatan. Banyak yang bisa kamu lakukan di tempat ini, mulai dari menyelam, menikmati pemandangan alam, bersantai di tepi pantai atau bermain-main di atas pasir yang sangat indah.
Pantai ini dihiasi bebatuan karang yang dapat menangkap sinar matahari pagi atau sore di celah-celah batu karang, sehingga menjadi satu pemandangan yang sangat indah. Dan salah satu pantai yang menjadi referensi di pulau tempat wisata Madura Ini adalah pantai Ropet. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke pantai ini adalah pagi-pagi, karena setelah matahari muncul kamu akan disuguhi di sarapan oleh ibu-ibu yang tinggal di sekitar yang bisa disantap di bale khusus untuk makan.
Kamu dapat mengunjungi sejumlah destinasi wisata lainnya yang berada di Gili Iyang seperti ke Goa di tepian Pantai Gili Iyang, di mana terdapat 7 buah di desa Banra’as dan 3 buah di desa Bancamara. Pantai Gili Iyang beralamat di Bancamara, Dungkek, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

 

Pantai Rongkang madura

5. Pantai Rongkang
Pantai Rongkang memiliki karakteristik yang ditutupi oleh batu-batu, sehingga warga setempat menamakan pantai ini dengan sebutan Rongkang, karena banyaknya bebatuan karang yang berlobang disepanjang bibir pantai. Batu-batu karang itu adalah proses alam yaitu abrasi air laut. Kamu juga dapat menemukan bukit karang dengan ketinggian sekitar 20 hingga 25 meter. Banyak wisatawan yang penasaran untuk bisa naik ke bukit karang tersebut, sekadar untuk berfoto ataupun melihat pemandangan dari ketinggian. Kamu dapat melihat jembatan Suramadu dari pantai ini dan pada malam harinya kamu dapat melihat gemerlapan lampu yang menghiasi Jembatan Suramadu.
Saat senja dan malam hari terpapar kilauan sinar lampu yang berasal dari lampu-lampu kapal yang berlayar di selat Madura yang menambah keindahan di sekitar pantai. Tak jarang wisatawan yang membawa serta keluarganya untuk berlibur ke pantai ini dengan tujuan menaiki perahu hingga ke tengah lalu kembali lagi. Di jalan menuju pantai pun terdapat pohon-pohon yang berbaris membentuk lorong yang sangat indah yang sayang untuk di lewatkan untuk berfoto. Pantai Ronkang berada di Kejawan, Kwanyar Bar, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

 

Masjid Agung Sumenep

6. Masjid Agung Sumenep
Sumenep terkenal dengan sejarah kesultanannya, sehingga banyak peninggalan bersejarah yang menarik dan sayang untuk dilewatkan, salah satunya adalah Masjid Agung Sumenep. Masjid ini dibangun pada tahun 1779 hingga 1787 yang sebelumnya dikenal sebagai Masjid Jamik Sumenep yang kini mengganti nama menjadi Masjid Agung Sumenep.
Masjid Agung Sumenep dibangun oleh pihak Keraton untuk tempat beribadah keluarga kesultanan Sumenep yang terletak tepat di depan alun-alun tak jauh dari keraton. Pada halaman masjid terdapat 2 pohon yakni pohon sawo dan pohon Tanjung yang menyumbang keteduhan. Terdapat filosofi pada kedua pohon tersebut di mana makna dari nama 2 buah pohon itu jika digabungkan menyiratkan sebuah pesan yaitu salat lima waktu jangan ditinggalkan jika menjunjung tinggi agama Allah.

Gapura pada masjid ini berupa atap bersusun yang mengandung unsur budaya Tiongkok karena sang arsitektur memiliki darah Tionghoa bernama Lauw Piango, di mana arsitektur salah satu masjid tertua di negeri ini memadukan beragam budaya seperti Eropa, Cina, Jawa dan Madura.
Sumenep sebagai kota wisata religi, banyak wisatawan yang datang untuk berziarah dari berbagai daerah. Masjid Agung Sumenep pun akan menjadi persinggahan para wisatawan, terlebih saat adzan tiba maka wisatawan akan menunaikan ibadah shalat di masjid tersebut. Masjid Agung Sumenep terletak di Dalem Anyar, Bangselok, Kota Sumenep, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Baca Juga :  Asyiknya Berlibur Bersama Keluarga ke 4 Objek Wisata Keren yang Ada di Jawa Timur

 

Bukit Tinggi Daramista

7. Bukit Tinggi Daramista
Bukit Tinggi Daramista merupakan sebuah objek wisata dataran tinggi, dimana kamu dapat menikmati keindahan Kota Sumenep dari ketinggian. Ingin melihat momen saat matahari memunculkan dan menenggelamkan diri? Kamu juga bisa menyaksikannya dari tempat ini tanpa ada yang mengganggu. Tempat wisata yang satu ini memberikan banyak sekali spot selfie yang sangat menarik, dimana spot-spot selfi tersebut memiliki nama yang cukup unik seperti Home Love, Sweet Town, Happy Swing, Bird’s Nest, Zona Kece and Hits, Hometrees, dan Zona Warior yang di dalamnya terdiri flying fox dan flying bike. Di tempat wisata ini juga terdapat sebuah warung yang menjajakan berbagai macam makanan, suasana akan semakin asyik menikmati keindahan pemandangan dari atas bukit ini sambil makan dan duduk di gubuk-gubuk yang tersedia di tempat ini. Saat malam tiba kamu juga dapat menikmati keindahan bukit ini, kamu akan merasakan suasana hening dengan hamparan cahaya lampu perkotaan membuat suasana romantis semakin terasa. Boekit Tinggi Daramista ini beralamat di Daramista, Lenteng, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

 

Bukit Geger madura

8. Bukit Geger
Satu lagi tempat wisata yang ada di dataran tinggi yaitu Bukit Geger, bahkanbukit ini menjadi salah satu tempat wisata Madura tertinggi di Pulau Madura. Madura hanya memiliki dua saja gunung atau bukit yang tinggi yaitu di daerah ujung timur Kabupaten Sumenep yakni Bukit Payudan, dan tempat wisata yang satu ini yaitu Bukit Geger. Ketinggian Bukit Geger mencapai 200 meter diatas permukaan laut dan terletak sekitar 30 km dari kota Bangkalan.
Bukit ini memiliki keindahan yang menakjubkan serta luasnya area Bukit Geger ini membuat tempat ini sering dijadikan tempat untuk penjelajahan para peserta kemah pada kegiatan pramuka sekolah. Kayu mahoni banyak tumbuh di bukit ini yang masih dalam hutan lindung.
Untuk bisa sampai ke bukit Geger kamu harus melewati banyak anak tangga yang cukup menguras tenaga, namun lelahmu tidak akan terasa karena kamu dapat melewati suasana alam yang sangat asri. Setelah berada di puncak bukit Geger ini, kamu tidak akan menyadari bahwa kamu membutuhkan perjuangan panjang untuk bisa menikmati keindahan alam yang masih alami ini.
Karena masih dalam kawasan hutan lindung, di bukit Geger terdapat banyak sekali hewan liar seperti ular, burung, monyet, ayam hutan dan beberapa jenis satwa liar yang jangan sesekali mengusik keberadaan mereka. Jika tidak ingin kawanan monyet mengikuti kamu terus-menerus, maka jangan sesekali memberi makanan kepada monyet kecuali di waktu-waktu tertentu. Bukit tertinggi di Pulau Madura ini berada di Geger, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

Gili Genting madura

9. Gili Genting
Gili Genting merupakan sebuah pulau yang berada di kawasan Kabupaten Sumenep, tepatnya di sebelah tenggara Pulau Madura. Pulau ini memiliki luas mencapai 30,31 kilometer persegi, dimana Gili Genting adalah sebuah Kecamatan dan yang terkenal di Pulau ini adalah pantai Sembilan. Dulu pantai Sembilan hanyalah sebuah pelabuhan kecil, di mana perahu-perahu penyebrangan bersandar. Perahu-perahu itulah yang menghubungkan pulau Gili Genting dengan pulau yang ada di seberangnya. Kini pantai Sembilan telah menjadi objek wisata favorit yang sudah cukup populer di Madura.
Pantai Sembilan memiliki daya tarik berupa gundukan pasir yang terbentuk dengan sendirinya serta bentuknya menyerupai angka hoki yaitu 9. Di pantai ini kamu akan disuguhkan sebuah pemandangan yang memanjakan mata dengan hamparan pasir putih bersih serta deburan ombak dan angin yang bertiup pelan seolah membawamu bercanda.
Tak jauh dari kawasan pantai Sembilan juga terdapat wisata Madura lainnya yang sayang untuk dilewatkan yaitu pantai Miring dan pantai Wangi, dimana kedua pantai ini juga masih memiliki suasana alam yang sangat asri, sehingga tak jarang banyak wisatawan yang berkunjung ke pulau Madura. Gili Genting berada di desa Gadugan, Kecamatan Giligenting, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

 

Gili Labak madura

10. Gili Labak
Banyak yang bisa kamu dapatkan jika memilih pantai Gili Labak sebagai tempat untuk menghabiskan liburanmu. Selain menikmati keelokan tempat wisata Madura ini, kamu juga dapat melakukan berbagai aktivitas pantai yang kamu suka. Karena pemandangannya yang sangat cantik, maka pantai ini cocok buat kamu yang hobby photography, selain itu hamparan pasir putih dan jernihnya biru air di pantai ini dapat menjadi latar belakang yang sangat sempurna untuk mendapatkan gambar terbaikmu.
Pemandangan bawah lautnya pun tak kalah menarik, jika kamu ingin menikmatinya kamu bisa menyewa alat menyelam dan para nelayan pun akan dengan senang hati mengantarkan kamu untuk menuju spot menyelam yang tepat. Di pantai ini kamu juga dapat melakukan aktivitas berkemah jika kamu juga ingin menikmati pantai pada malam hari di bawah taburan bintang. Nah bagi kamu yang ingin menikmati keindahan sunset dan sunrise maka kemping menjadi aktivitas yang tepat.
Ingin mengelilingi pulau cantik ini? Ada perahu nelayan yang bisa kamu sewa, karena dengan menggunakan perahu pun kamu masih bisa melihat keindahan bawah laut Pantai Gili Labak yang sangat jernih di mana ikan-ikan dan karang hidup di dalamnya. Pantai Gili Labak ini beralamat di Banraas, dungkek Kabupaten Sumenep Jawa Timur.

Bukit Jaddih madura

11. Bukit Jaddih
Bukit Jaddih adalah sebuah tempat wisata yang menawarkan keindahan bukit kapur, karena memang tempat ini adalah bekas tambang kapur yang sudah tidak aktif lagi. Kini bukit bekas penambangan kapur ini disulap menjadi tempat wisata ala Timur tengah yang wajib kamu kunjungi saat berada di pulau garam ini. Bukit Jaddih hanya berjarak sekitar 10 km dari pusat kabupaten Bangkalan.
Di tempat wisata ini kamu akan disuguhkan pemandangan yang sangat artistik yang sayang jika kamu tak memanfaatkan kameramu untuk membidik pemandangan tersebut. Terdapat juga sebuah kolam renang bernama Goa Potte, dimana kolam tersebut terbentuk secara alami, tanpa sentuhan tangan manusia. Keberadaan kolam ini berada tepat di tengah-tengah bukit kapur. Alamat tempat wisata ini adalah Desa Jaddih, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan Madura, Jawa Timur.

 

Air Terjun Toroan

12. Air Terjun Toroan
Air terjun Toroan merupakan satu-satunya air terjun yang ada di Madura dengan ketinggian sekitar 20 meter dan lokasinya bersebelahan dengan sebuah pantai. Hal inilah yang menjadi daya tarik air terjun ini, karena berbeda dengan air terjun pada umumnya. Kawasan air terjun Toroan juga masih terasa alami, karena tak ada satupun bangunan yang dapat merusak tempat ini.
Air yang terjun dari ketinggian itu langsung jatuh dan membaur dengan air laut yang berada di sebuah muara. Air terjun ini juga memiliki air yang sangat segar yang berasal dari sungai Payung. Kamu juga dapat menemukan batuan yang unik dan hamparan pasir putih di sepanjang bibir pantai. Dan tak kalah dengan pantai, karena di tempat inipun kamu dapat melihat moment matahari tenggelam.
Gemercik air berpadu dengan suara ombak yang bergemuruh dan pemandangan matahari sore bernuansa oren kemerahan menjadikan satu keindahan panorama yang sangat sempurna, sebuah lukisan indah yang diciptakan Tuhan. Air terjun ini berada di Desa Ketapang, Kabupaten Sampang, Jawa Timur.

Itulah informasi tentang beberapa objek wisata yang ada di pulau garam ini, masih banyak lagi tempat wisata lain yang bisa kamu jumpai di Madura. Ternyata tak hanya garam dan Karavan sapi yang populer di Madura, tetapi tempat wisata menarik juga menjadi daya tarik Pulau Madura untuk wajib dikunjungi. Madura juga memiliki pesona wisata yang sayang untuk dilewatkan, maka cobalah untuk menghabiskan liburanmu ke pulau ini dan jangan sia-siakan kesempatan liburanmu di Madura dengan mengabadikan foto atau membeli souvenir. Selamat berlibur!

Check Also

World of Wonders Citra Raya

Dengan Budget Murah Dapat Menikmati 7 Keajaiban Dunia di World of Wonders Citra Raya

Selama ini Tangerang yang kita kenal sebagai pusat Perindustrian di nusantara ternyata juga memiliki beragam …