Wednesday , April 1 2020
Home / Jawa Barat / 15 Wisata Cirebon Yang Menarik Perhatian Wisatawan Domestik Dan Mancanegara
15 Wisata Cirebon Yang Menarik Perhatian Wisatawan Domestik Dan Mancanegara
image source: http://getlost.id/

15 Wisata Cirebon Yang Menarik Perhatian Wisatawan Domestik Dan Mancanegara

Jawa Barat memiliki banyak destinasi wisata yang indah, yang tak kalah dengan wisata-wisata yang lain yang ada di Indonesia, contohnya Cirebon. Cirebon adalah salah satu kota di Jawa Barat yang memiliki banyak sekali objek wisata yang tak boleh  dilewatkan begitu saja, sama halnya dengan daerah daerah yang bertetangga dengan Cirebon seperti Kuningan, Indramayu, dan Majalengka yang kesemuanya memiliki keindahan alam yaitu objek wisata yang akan membuat anda kagum melihatnya. Jika anda memiliki rencana untuk berlibur ke Jawa Barat tak salah jika Anda memilih kota Cirebon dan berikut ini adalah tempat-tempat yang dapat Anda jadikan tempat untuk menghilangkan penat serta menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.

  1. Kebun Binatang Cirebon

Kebun binatang Cirebon akan mengalami peningkatan pengunjung yang sangat melonjak tajam terutama pada saat libur lebaran, yang dapat menerima pengunjung hingga 1000 orang. Kondisi ini juga terjadi di kebun binatang atau Bunbin yang berada di Jalan Bojong, Linggarjati, Cilimus. Para pengunjung yang datang tidak hanya dari dalam kota, tetapi juga luar kota. Para pengelola terus berupaya untuk meningkatkan kualitas dan menambah jumlah koleksi binatangka serta peningkatan perawatan binatang yang lebih baik lagi, hal ini ditujukan agar pengunjung merasa betah dan nyaman berada di Kebun Binatang ini. Pengunjung yang datang ke Bunbin tidak semata mata hanya ingin melihat koleksi binatang saja, mereka juga memanfaatkan momen ini untuk berselfie ria. Di Kebun Binatang ini juga tersedia fasilitas kolam renang yang bisa dibilang kebanyakan ini murah karena dalam suatu tempat terdapat beberapa wahana yang dibutuhkan untuk para pengunjung. Banyak sekali koleksi binatang yang ada di kebun binatang Mini ini seperti Merak ular kura-kura kambing iguana ayam buaya burung anak jenis burung dan juga ikan yang dapat dilihat secara nyata. Hal ini penting karena dapat memberikan edukasi bagian sedari dini.

Next Prev
Batu Lawang Cirebon
image source:
http://bisnisbandung.com/
  1. Batu Lawang Cirebon

Bentuk bukit ini sangat mirip dengan Lawang atau pintu yang terbentuk dengan sendirinya atau secara alami, dengan ketinggian beragam mulai dari 30 meter hingga yang paling tinggi 100 m dan lebar kurang lebih 200 meter. Tebing hijau ini

dipenuhi dengan lumut liar, saat berkunjung di sini Anda  akan melihat pemandangan yang asri dan menyatu dengan  alam sehingga suasana menjadi makin mempesona.

Gua Sunyaragi Cirebon
image source:
https://travelspromo.com/
  1. Gua Sunyaragi Cirebon

Gua Sunyaragi, Cirebon dibangun pada tahun 1703 dan sebelumnya merupakan lokasi bertapa serta beristirahatnya Sultan Cirebon bersama dengan keluarganya. Di tempat ini Anda  akan disuguhkan 18 buah bangunan kuno yang memiliki corak antara Indonesia klasik dipadukan dengan Tiongkok, dan juga terdapat dua bagian yang pertama adalah Pesanggrahan dimana dijadikan tempat tidur dan rias. Di ruang satunya lagi berisi banyak lorong lorong di sepanjang gua. Suasana mistis masih terasa kental di gua ini tetapi keindahan alamnya tidak terpengaruh dengan suasana mistisnya.  Untuk menambah daya tarik pengunjung, pihak pengelola menembahkan beberapa permainan seperti  ayunan yang bisa dinikmati pengunjung semua usia, flying fox, serta terdapat juga sepeda gantung menambah kekaguman pada yang melihatnya.

Banyu Panas Palimanan
image source:
https://pbs.twimg.com/
  1. Banyu Panas Palimanan

Cirebon juga memiliki wisata pemandian air panas alami, Banyu Panas Palimanan ini adalah hasil pengeboran yang dilakukan oleh PT Indocement Perkasa yang lantas oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Cirebon memanfaatkan bekas pengeboran tersebut untuk dijadikan lokasi wisata alam yang juga dapat dijadikan wisata edukasi geologi yang sangat menarik. Di lokasi ini kita dapat berendam dengan bebas dan juga bagi anak-anak ada juga tersedia kolam tersendiri, banyak sekali pengunjung yang telah datang untuk bersantai dan menikmati air panas yang konon memiliki manfaat kesehatan terutama penyakit kulit, memperlancar peredaran darah serta membuat tubuh rileks agar tercegah dari stres berat.

Gunung Ciremai
image source:
https://www.janganlupabahagia.com/
  1. Gunung Ciremai

Di Cirebon terdapat gunung Ciremai atau gunung berapi kerucut yang letaknya  di apit oleh dua Kabupaten yaitu Kabupaten Kuningan dan kabupaten Majalengka. Di tempat ini juga cocok sekali buat para pecinta olahraga ekstrem seperti mendaki ataupun para pecinta alam. Gunung Ciremai adalah gunung tertinggi di Jawa Barat dengan ketinggian 3078 diatas permukaan  laut. Gunung Ciremai juga sering di jadikan untuk pendakian dengan menggunakan jalur yang bisa digunakan seperti melalui desa Palutungan, Desa Linggarjati, Kuningan dan juga Desa Apuy di Majalengka.

Bagi pendaki pemula disarankan melewati jalur Palutungan untuk menghindari medan yang terlalu berat dan terjal, meski demikian tetap saja para pendaki harus merencanakan dengan baik demi keberhasilan pendakian hingga ke Puncak. Saat berada di puncak kita akan melewati 8 pos yang pada setiap posnya kita dapat menikmati pemandangan sekitar sambil beristirahat menghilangkan penat dan juga Anda  dapat melihat kawah gunung yang sayang jika dilewatkan momen ini dengan mengabadikannya melalui foto.

Pondok Pinus Kuningan
image source:
http://wisatacirebon.info/
  1. Pondok Pinus Kuningan

Di pondok pinus sembari menikmati pemandangan indah di sekitar Gunung Ciremai Anda  dapat menghilangkan penat dengan menyantap makanan atau menikmati secangkir kopi. Tempat makan yang ada di di Pondok Pinus ini memiliki konsep yang sangat menarik yaitu tempat makan instagramable yang banyak sekali terdapat Spot foto yang menarik.

Cirebon Waterland
image source:
https://piknikasik.com/
  1. Cirebon Waterland

Sebelumnya tempat ini adalah sebuah wahana rekreasi yang juga sebagai kebun binatang, tetapi setelah di renovasi tempat ini menjadi penginapan, Wahana rekreasi dan wisata kuliner. Cirebon Waterland memiliki luas sekitar 3 hektar dengan berbagai arena playground hingga kolam renang yang yang tidak akan membuat jenuh, oleh karena itu tempat ini sangat cocok sekali untuk berpergian sambil membawa anak-anak, disini mereka dapat bermain dengan sepuasnya.

Selain itu, Cirebon Waterland juga memiliki tempat makan yang menyajikan makanan dan minuman khas Cirebon, jadi jika anda merasa lelah anda dapat melepaskan lelah dan duduk di tempat makan ini. Dan yang menjadi daya tarik adalah tempat ini membuat kita seolah berada di dalam kapal, dihiasi dengan pemandangan fila fila  dan dilayani oleh para pelayan yang menggunakan baju pelaut sehingga kita seperti berada di kapal pesiar.

 

Bukit Gronggong Cirebon
image source:
http://www.wisatacirebon.org/
  1. Bukit Gronggong Cirebon

Cirebon memiliki 1 tempat wisata romantis yang saat ini sedang hits terutama di kalangan remaja, yaitu Bukit gronggong Cirebon. Banyak pengunjung yang berpasangan untuk berlibur ke Bukit Gronggong, karena memiliki daya tarik pemandangan kota Cirebon dari ketinggian pada malam hari yang begitu terlihat sangat syahdu. Di tempat wisata ini dilengkapi dengan Cafe dan juga tempat makan yang akan menjadi momen tak terlupakan bersama pasanganmu. Pada siang atau sore hari tempat wisata ini juga tak kalah romantis dengan suasananya.

Saat Anda  duduk di cafe Anda  bisa sambil menikmati pemandangan kota dihiasi dengan taburan cahaya lampu warna-warni dari kejauhan yang terlihat begitu sangat cantik. Di tempat wisata ini Cafe Kelapa Manis adalah cafe yang paling populer yang memiliki bangunan 4 lanta,i pada setiap lantainya Anda  akan menemukan pemandangan yang berbeda dari Kota Cirebon. Selain  itu Cafe ini juga sengaja dirancang dengan suasana romantis agar benar-benar membuat pengunjung tidak melupakan tempat ini. Untuk sampai ke wisata kita dapat menggunakan sarana seperti bus umum ataupun kereta api.

Ciboer Pass
image source:
https://www.tripzilla.id/
  1. Ciboer Pass

Ciboer pass adalah tempat yang menawarkan pemandangan sawah terasering yang sangat indah dan tak kalah dari terasering Argapura, tetapi disini adalah versi mininya. Ciboer  Pass merupakan Spot foto hits yang ada di Sindangwangi Majalengka dengan fasilitas dan Spot foto baru. Sebelumnya Ciboer Pass hanyalah tempat nongkrong biasa, namun karena semakin populer pengelola menambahkan fasilitas di tempat ini  yang terbilang lengkap sebut saja tempat makan, lahan parkir dan juga tempat-tempat menarik untuk dijadikan Spot foto.

Cibulan Cirebon
image source:
https://www.travelblog.id/
  1. Cibulan Cirebon

Cibulan Cirebon adalah objek wisata pemandian  yang terletak di Desa Cirebon, Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat. Objek wisata ini adalah objek wisata berbentuk pemandian, ada juga penghuni di tempat pemandian Cirebon ini yaitu ikan Dewa yang dapat menjadi daya tarik tersendiri. Objek wisata pemandian Cibulan Cirebon ini memiliki fasilitas yang bisa dibilang lengkap antara lain ruang parkir, kamar mandi,, sala penginapan, masih banyak lagi.

Telaga Biru Cicerem Kuningan
image source:
wisatajabar.com
  1. Telaga Biru Cicerem Kuningan

Telaga Biru Cicerem memiliki air danau yang berwarna biru dan juga banyak terdapat jenis ikan yang ada di dalamnya, itulah yang membuat pesona Telaga Biru Cicerem sangat eksotis. Tempat ini sangat asri, terletak di kaki gunung Ciremai dengan lokasi yang masih dikelilingi oleh tumbuhan liar dan juga jauh dari jalan raya. Kita bisa mendapatkan spot foto yang bagus di tempat ini terutama oleh para pecinta fotografi. Suasana yang tenang dan asri seperti ini cocok untuk tempat menenangkan diri sejenak dari hiruk pikuk kota.

Pulau Biawak
image source:
http://traveltodayindonesia.com/
  1. Pulau Biawak

Indonesia ternyata tidak hanya mempunyai Pulau Komodo saja, di mana para reptil purba raksasa hidup berkeliaran dengan bebas. Indonesia juga memiliki Pulau Biawak tepatnya di pesisir Utara Indramayu yang juga banyak dihuni oleh kadal raksasa. Pulau biawak menjadi habitat alami satwa liar biawak, sebelumnya Pulau ini tertutup untuk umum karena hanya dijadikan lokasi penelitian oleh pemerintah. Tetapi gini telah dibuka untuk umum yang terpenting adalah keberanian anda untuk masuk ke Pulau Biawak menghadapi setiap biawak yang ditemui. Di Pulau Biawak juga terdapat mercusuar kuno setinggi 65 meter yang telah berdiri sejak zaman Belanda dan dari puncak mercusuar inilah kita dapat melihat keindahan seluruh bagian pulau. Pulau biawak juga memiliki pemandangan alam bawah laut di mana terdapat bunga karang serta berbagai jenis ikan yang beraneka warna.

Cikadongdong River Tubing Majalengka
image source:
https://www.citrust.id/
  1. Cikadongdong River Tubing Majalengka

Jika anda ingin berwisata yang berbeda yaitu memacu andrenalin sembari melihat pemandangan yang cantik maka anda patut menuju ke desa Payung untuk mencoba River Tubing di sungai Cikadongdong. Dengan air sungai yang jernih serta arus deras yang berhulu di Gunung Ciremai ini menantang untuk mencoba River Tubing seru sepanjang 50 meter dan tetap aman karena ditemani oleh guide yang berpengalaman. Selama perjalanan kita akan melihat indahnya pemandangan di sebelah kiri dan sebelah kanan sungai dengan bebatuan besar yang siap menyambut kedatangan anda.

Paraland Majalengka
image source:
https://www.pasundan.id/
  1. Paraland Majalengka

Jawa Barat juga memiliki Spot paralayang  yang juga tidak kalah dengan wisata lainnya yang ada di Jawa Barat, demi memuaskan anime penggemar paralayang, dan juga paraland atau paralayang Adventure Land yang akan sangat seru jika dilakukan bersama keluarga. Wisata ini juga menyediakan fasilitas di paraland yaitu paralayang dan Gantole dan juga terdapat beberapa permainan seperti ATV, outbound dan juga saat ini sedang berjalan pembangunan hotel dalam bentuk Jineng atau rumah adat suku Sasak lombok dan glamping.

 

Cikao Park
image source:
https://www.hargatiket.net/
  1. Cikao Park

Tak hanya wisata alam cirebon saja yang dapat kita temui di Jawa Barat, masih ada wisata yang berbeda yang ada di Jawa Barat. Purwakarta saat ini sedang menumbuhkan kotanya untuk menjadi ikon kota wisata di Jawa Barat setelah Bandung dan juga Lembang. Hal itu ditandai dengan telah didirikannya beberapa tempat wisata menarik yang tidak menyesal saat berkunjung ke sana seperti air mancur Sri Baduga, Taman Batu Cijanun dan juga objek wisata Cikao Park.

Next Prev

Pada tahun 2014 Pemerintah Kabupaten Purwakarta telah banyak mengeluarkan dana untuk membuat objek wisata Cikao Park ini, dengan tujuan tempat wisata ini dijadikan sebagai pusat rekreasi Kabupaten Purwakarta. Memiliki fasilitas kolam renang untuk dewasa dan anak-anak, ada juga permainan seluncuran yang memiliki ketinggian yang berbeda-beda, dapat juga kita temui suasana kebun binatang karena di Cikao Park ini juga dibangun kebun binatang mini yang dihuni oleh beraneka ragam jenis burung. Banyak yang disajikan di wahana Cikao Park Purwakarta antara lain,

  • Rumah ilusi

Ilusi adalah salah satu Wahana terbaru di Cikao Park, keunikannya adalah di dalam rumah ilusi ini terdapat fortex tunnel atau terowongan berputar dan jarang ditemui di tempat wisata lain.

  • Bebek air

Bersepeda air yang berbentuk bebek akan asik bila dikendarai bersama saudara, keluarga ataupun teman bahkan pasangan anda.

  • Mini roller coaster

Roller coaster yang ada di Cikao Park ini memang tidak sebesar seperti yang terdapat di  Dufan tetapi keseruannya tidak kalah  dan Mini Roller Coaster ini dapat dinikmati bersama anak-anak.

  • Wahana air

Di Cikao Park ada kolam renang yang memiliki beberapa fasilitas seperti air mancur, seluncuran, ember tumpah dan lain-lain tentunya akan asyik sekali bermain di bawah air bersama keluarga.

  • ATV

ATV juga termasuk wahana yang seru, jika Anda berminat untuk mencobanya maka harus mengeluarkan biaya tetapi akan terbayar dengan sensasi yang didapatkan.

  • Pasir Putih

Tak perlu jauh jauh pergi ke pantai hanya untuk menikmati pasir putih karena di wisata ini kamu juga dapat bermain pasir putih bersama keluarga yang memang khusus disediakan oleh Cikao Park.

  • Taman Satwa

Cikao Park juga memiliki kebun binatang mini yang memiliki beberapa koleksi binatang seperti, ular serta beberapa reptil lainnya, anak anak pasti menyukainya karena dapat memberi kelinci secara langsung sambil berfoto.

  • Lampion

Lampion hanya ada di malam hari yang pastinya akan nampak menyala terutama lampion yang berbentuk lambang cinta berwarna pink yang sering dijadikan tempat foto bernuansa romantis.

Ternyata banyak sekali tempat wisata yang ada di Cirebon dan sekitarnya, memang Jawa Barat sangat terkenal dengan wisatanya setelah Bali Dan Yogyakarta. Sebagai generasi penerus, maka wajib bagi kita untuk menjaga dan melesatrikan wisata yang ada.

Check Also

Mengunjungi Serta Menikmati Kemegahan Candi Borobudur Yang Banyak Menarik Minat Para Wisatawan

Mengunjungi Serta Menikmati Kemegahan Candi Borobudur Yang Banyak Menarik Minat Para Wisatawan!

Candi Borobudur merupakan salah satu tempat wisata bersejarah yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *