36 Surga Wisata Terbaik di Papua yang Tersembunyi

1069 views
Wisataasyik.com | Halo sahabat wisatawan, kali ini kami akan share Tempat Wisata Terbaik di Papua yang wajib harus anda kunjungi, perlu kita ketahui bahwasanya Papua merupakan wilayah bagian timur dari indonesia , namun perlu kita ketahui bahwasanya Papua Menyimpan banyak sekali pesona alamnya. Dan berikut ini adalah ulasan mengenai Tempat Wisata Terbaik di Papua yang wajib harus anda kunjungi.

Daftar Tempat Wisata Terbaik di Papua yang wajib harus anda kunjungi

Papua sendiri merupakan sebuah daerah yang mempunyai segudang tempat wisata yang sangat indah diantaranya seperti wisata pantai, wisata alam serta wisata pulau semua ada di Papua, jika anda ingin berlibur disinilah tempat yang cocok, dijamin anda tidak akan kecewa apalagi jika anda berkunjung dengan sanak saudara, pasangan ataupun keluarga dijamin pasti liburan kalian akan lebih menyenangkan.

1. Puncak Jayawijaya (Carstensz Pyramid)
Puncak Jayawijaya (Carstensz Pyramid)
1. Puncak Jayawijaya (Carstensz Pyramid)

Puncak Jayawijaya  merupakan salah satu tujuan wisata di Papua yang masuk dalam 7 puncak incaran para pendaki gunung dari berbagai belahan dunia adalah Puncak Jayawijaya. Salah satu tempat wisata alam yang letaknya di Taman Nasional Laurentz ini mempunyai panorama yang sangat indah dan puncaknya selalu tertutup oleh salju. Di puncak gunung tertinggi di Indonesia ini, salju terhampar begitu luas. Ketinggiannya yang mencapai 4.884 dapl membuat salju abadi pun menutupi puncak gunung di Papua ini. Salju di puncak Jayawijaya merupakan salah satu fenomena alam yang unik, karena es alami biasanya tidak turun di sepanjang khatulistiwa. Jika dilihat dari udara, Puncak Jayawijaya bagaikan permadani yang diselimuti tudung putih. Jika matahari sedang cerah, maka hamparan salju tersebut akan akan memantulkan cahaya matahari yang menyilaukan namun tetap mengagumkan.

2. Taman Nasional Teluk Cendrawasih
Taman Nasional Teluk Cendrawasih
2. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Taman nasional dengan luas 1.453.500 hektar ini hampir 90% berupa perairan. Tak mengherankan jika Taman Nasioanal Teluk Cenderawasih menjadi kawasan konservasi laut terbesar dan terluas di Indonesia. Di sini, terdapat 196 jenis moluska dan 209 jenis ikan yang bisa Anda saksikan di alam bawah lautnya. Tak jarang kura-kura, penyu, hiu dan lumba-lumba juga ikut menemani Anda saat menyelam. Taman Nasional Teluk Cenderawasih diresmikan pada tahun 1993 oleh Kementerian Kehutanan. Selain menikmati alam bawah lautnya, Anda juga bisa menjelajahi pulau-pulaunya. Pulau Mioswaar, salah satu pulau di tempat wisata di Papua ini, memiliki gua dengan sumber air panas dengan kandungan belerang yang layak Anda kunjungi. Selain Pulau Mioswaar, masih ada Pulau Yoop, Pulau Numfor, Pulau Nusrowi dan pulau-pulau lainnya yang tak boleh Anda lewatkan.

3. Raja Ampat
Raja Ampat
3. Raja Ampat

Raja Ampat merupakan alah satu tempat wisata di Papua. keindahannya menarik perhatian wisatawan domestik dan mancanegara. Kawasan Raja Ampat ini terdiri dari empat pulau besar yaitu Waigeo, Misool, Salawati, Batanta dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Raja Ampat memiliki biota laut yang beragam. Menurut laporan dari The Nature Conservancy, sebanyak 75% spesies laut dunia ditemukan di perairan Raja Ampat. Selama menyelam, Anda akan ditemani sekitar 1.511 jenis ikan dan juga penyu laut. Mengasyikan, ya? Meskipun Anda bebas menyelam kapan saja sepanjang tahun di sini, namun waktu terbaiknya adalah pada bulan Oktober dan November. Pada bulan-bulan ini, cuaca sedang bagus dan air sangat jernih sehingga jarak pandang saat menyelam sangat ideal.

4. Pulau Rumberpon
tempat wisata papua
4. Pulau Rumberpon

Pulau Rumberpon berada di Teluk Wondama atau 5 jam perjalanan dengan kapal dari Manokwari. Pulau ini memiliki pantai yang disebut dengan Pantai Pasir Panjang karena memang garis pantainya sangat panjang mencapai 6 km. Di tempat wisata ini, Anda bisa melakukan kegiatan andalan seperti menyelam, snorkeling, berenang dan memancing. Jika ingin pengalaman berbeda, cobalah mengunjungi hutan bakau yang ada di pesisir lain di pulau ini. Anda juga bisa ke padang alang-alang untuk melihat burung rusa di sini.

5. Taman Nasional Lorentz
pesona wisata papua
5. Taman Nasional Lorentz

Tanah Papua juga punya taman nasional yang dinobatkan sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO pada tahun 1999. Namanya memang agak kebarat-baratan karena diambil dari penjelajah asal Belanda bernama Hendrikus Albertus Lorentz yang melakukan eskpedisi pada tahun 1909. Taman Nasional Lorentz punya koleksi satwa yang cukup bervariasi. Mulai dari kangguru pohon, kuskus, kucing liar, babirusa, walabies, burung cendrawasih, kasuari, beo, burung udang, dan masih banyak lagi. Dengan luas sekitar 2,4 juta hektar, taman nasional ini pun menjadi taman nasional terbesar yang ada di Asia Tenggara.

6. Pulau Misool 
pesona wisata papua
6. Pulau Misool 
Pulau Misool ibarat kapling surga kecil dengan keindahan pantai dan taman laut yang menakjubkan. Membentang sederetan pulau batu karang di bagian barat dan timurnya, Misool merupakan satu dari empat pulau terbesar di Kepulauan Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Keberadaan surga bawah laut di pulau Misool sudah dapat diidentifikasi bahkan sebelum Anda mencebur ke beningnya air laut yang berwarna turquoise amat menyejukkan mata. Panorama menawan pulau terpencil yang nyaris tak terjamah ini meliputi hamparan laut lepas yang luas dan amat bening, pasir putihnya terhampar sepanjang pesisir pantai dan dikelilingi pepohonan hutan tropis dan mangrove yang hijau permai.

7. Pulau Salawati
tempat wisata papua
7. Pulau Salawati
Pulau ini dikenal dengan kealamiannya yang terbilang masih belum terjamah tangan-tangan manusia karena belum adanya fasilitas wisata. Namun jangan salah, justru itulah yang menjadi pusat keindahannya. Pulau ini ditumbuhi oleh ribuan pohon sagu yang sangat lebat, bahkan bisa dibilang hampir 3/4 dari pulau ini ditumbuhi pohon sagu yang memang tumbuh secara alami. Terdapat banyak ragam tumbuhan dan hewan yang memberi keunikan tersendiri. Pulau ini masih bernuansa sunyi dan tenang, terdapat pula air terjun yang bisa memanjakan mata wisatawan, tarian wor serta bunker-bunker bersejarah sisa dari perang dunia II juga bisa ditemui di tempat yang masih asri ini.

8. Pulau Wayag
pesona bahari papua
8. Pulau Wayag

Pulau ini menyimpan keindahan yang sangat luar biasa dan tak akan bisa kita temui di tempat lain, sungguh tak akan pernah ada di belahan dunia manapun hanya di Papua Baratlah tempatnya. Pulau yang menyimpan keeksotisan dan keunikan ini sering kali mendapat julukan surga penyelam di Raja Ampat. Pulau inilah yang menjadi ikon utama Raja Ampat. Kegiatan diving dan snorkelling bisa dilakukan ditempat ini, tak ada tempat snorkelling paling indah kecuali disini. Adanya terumbu karang dan ribuan jenis ikan memberikan pemandangan yang sangat indah. Dipermukaannya yang tak kalah menyimpan keindahan Pulau Wayag ini adalah lautnya yang biru dan terdapat pulau-pulau kapur membentang secara harmonis membentuk pemandangan yang dapat memanjakan mata dan menyejukkan hati.

9. Pantai Bosnik
pesona wisata papua
9. Pantai Bosnik

Pantai Bosnik yang berada 15 km dari pusat kota Biak ini memiliki hamparan pasir luas dengan air jernih kebiruan dan deretan pohon kelapa yang menjadikannya sebagai pemandangan sempurna untuk diabadikan dalam kamera Anda. Tempat wisata di Papua ini cocok sekali untuk bersantai bersama keluarga. Pantai nan eksotis ini menjadi destinasi wisata populer bagi warga lokal. Keindahan terumbu karang dan atol yang begitu menakjubkan membuat kamu betah menikmati tiap momen di pantai yang teduh ini. Pasir putih dan air sebening kristal membuat kamu bisa dengan mudah melihat dasar laut. Kalau datang kesini, jangan sampai lupa mengabadikan keindahan bawah lautnya ya.

10. Pantai Amai
papua wisatawan
10. Pantai Amai

Pantai Amai adalah tempat wisata yang tepat bagi Anda yang menginginkan ketenangan. Pantai ini memang relatif sepi, namun bukan berarti tak menarik. Di ujung pantai, ada muara sungai yang membuat air asin dan air tawar bertemu di sini. Air tawar ini biasa digunakan oleh wisatawan untuk membilas diri setelah berenang di pantainya. Selain berenang, Anda juga bisa bermain voli pantai, menyelam, snorkeling atau bersantai di gazebo yang bisa Anda sewa, di Pantai Amai sudah tersedia penginapan dengan gaya rumah panggung. Pantai Amai berada di Distrik Depapre atau sekitar 2 jam perjalanan dari Jayapura. Perjalanan menuju pantai akan menguji adrenalin Anda karena medan yang naik turun dan berkelok, namun semuanya akan terbayar ketika sampai dan menyaksikan keindahan Pantai Amai.

11. Pantai Harlem
temapt wisata papua
11. Pantai Harlem

Pantai Harlem merupakan sebuah pantai yang terletak di Desa Tablanusu di Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura, Papua. Pantai ini merupakan salahsatu dari sekian banyak pantai yang terbentang di seputaran desa tersebut. Meskipun demikian Pantai Harlem mungkin memiliki posisi yang sedikit tersembunyi dan memiliki pantai pasir putih yang mengagumkan, tidak seperti pantai lain di sekitarnya yang pada bagian tepian pantainya justru lebih banyak terlihat batu-batu kecil lonjong. Sebagaimana layaknya kita temui di setiap sudut Indonesia. Indahnya Pantai Harlem ini memang belum tersiar secara luas, sehingga begitu anda menginjakan kaki ke pantai yang satu ini.

12. Pantai Triton
tempat wisata papua
12. Pantai Triton

Pantai Triton yang berpasir putih terkenal akan keindahan alam bawah airnya. Berbagai jenis ikan dan terumbu karang terdapat di daerah ini, yaitu 937 spesies ikan dan 492 spesies terumbu karang. Keindahan terumbu karang lunak adalah pemandangan khas yang menghias perairan pantai triton. Bukan hanya pemandangan terumbu karang serta ikan – ikan penghuninya. Saat menyelam, para wisatawan dapat melihat dan menjelajahi reruntuhan kapal laut Inggris yang karam di perairan teluk Triton. Kabarnya, ada kapal Cina dari dinasti Ming tenggelam di daerah tersebut.

13. Pantai Venue 
tempat wisata papua
13. Pantai Venue 

Pantai Venue terletak di pulau di Pulau Venue, sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah selatan Distrik Buruway, Kaimana. Pulau kecil ini memiliki luas 15 hektar dengan pantai pasir dan hamparan terumbu karang yang sangat indah. Di pantai Venue merupakan daerah penting bagi penyu belimbing Dermochelys soriacea dan burung maleo macrocephalon maleo karena menjadi area bertelur kedua spesies tersebut. Ikan – ikan kecil dan udang – udangan yang hidup di perairan Pantai Venue, di antara terumbu karang, terdiri dari berbagai spesies. Udara tropis dan ketersediaan makanan membuat pulau venue menjadi tujuan burung – burung pelikan yang berasal dari Australia yang bermigrasi menghindari musim dingin. Burung – burung pelikan tersebut mencari makan dan berkembang biak di pantai venue.

14. Pantai Tuturuga 
Pantai Tuturuga yang berpasir putih, seperti pantai – pantai di papua lainnya, merupakan kawasan bertelur bagi penyu belimbing. Sesuai dengan namanya, Tuturuga yang berarti penyu. Perairan pantai yang Tuturuga memiliki hamparan terumbu karang beserta ikan – ikan kecil penghuninya yang mempesona, sampai di kedalaman 30 meter di bawah permukaan laut. Kegiatan menyelam dan snorkeling di pantai ini akan merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan dan takkan terlupakan karena keindahannya.

15. Pantai Yen Beba 
Pantai ini adalah salah satu dari pantai berpasir putih di Kabupaten manokwari. Nama Yen Beba memang berasal dari karakter pasir pantainya, yang artinya pasir putih. Hamparan pasir putih di pantai ini mencapai 500 meter panjangnya, butiran pasir putih yang sangat halus terasa lembut saat digenggam dengan tangan. Baca Juga : Keistimewaan Pulau Batam Angin yang bertiup dengan sejuk, pasir putih yang lembut dan biru jernih air laut dengan ombak yang tidak besar, membuat pantai ini sangat sesuai untuk kegiatan berenang dan piknik. pantai Yen Beba adalah pantai yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, terutama wisatawan lokal, karena lokasinya mudah dijangkau. Lokasinya yang dekat dengan kota membuat pantai ini ramai oleh pengunjung, terutama pada hari sabtu maupun minggu. 

16. Pantai Bakaro 
Pantai Bakaro terletak di desa Bakaro, kawasan pesisir timur kabupaten Manokwari. Begitu sampai di desa Bakaro, Sobat akan di sambut oleh penduduknya dengan ucapan “Winja Monuh Bakaro”, yang artinya selamat datang di Bakaro. Hamparan pasir putih di Pantai Bakaro hanya terbentang sejauh 200 meter, dan sisanya adalah batu karang yang tajam. Di pantai Bakaro tidak cocok untuk melakukan kegiatan berenang atau menyelam karena karang – karangnya yang tajam dan ombaknya yang besar. Pantai berpasir putih ini dapat di capai dalam waktu 20 menit dari ibukota kabupaten Manokwari dengan transportasi jalur darat, baik dengan mobil ataupun motor. Untuk perjalanan yang lebih pribadi, anda dapat menyewa mobil sewaan dari manokwari dengan harga yang bersahabat.

17. Pantai Kaironi 
Pantai kaironi terdapat di cagar alam Mubrani – kaironi, yang terbentang sejauh 20 Km, di kabupaten Manokwari. Sejak tahun 2000, kawasan pantai kaironi berstatus dilindungi karena merupakan kawasan bertelur terbesar bagi penyu belimbing di Papua, diikuti oleh dua spesies penyu lainnya yaitu penyu hijau Chelonia mydas dan penyu sisik Eretmochelys imbricate. Dari kota Manokwari, pantai ini sangat mudah untuk dicapai dengan transportasi jalur darat menggunakan kendaraan bermotor sejauh 70 Km selama sekitar 3 jam, juga tersedia angkutan umum dari kota Manokwari ke pantai kroni. Di pantai berpasir kecokelatan sampai abu – abu ini, pengunjung bisa menjumpai sarang – sarang telur penyu dan jejak – jejak induk penyu.

18. Pantai Mansinam 
Pantai Mansinam terletak di pulau mansinam yang berada di teluk doreri (dikenal juga dengan nama teluk dorey atau teluk doreh), di selatan kabupaten Manokwari, provinsi Papua Barat. Pantai ini memiliki pasir putih bersih yang berpadu dengan air jernih kebiruan yang sangat indah. Pulau ini memiliki luas 140,97 hektare, di sekitar pulau ini Sobat dapat menikmati berbagai kegiatan wisata alam, seperti berenang, berjemur  dan bersantai, serta snorkeling. Perairan pantai mansinam yang terletak di teluk Dorei memiliki hamparan terumbu karang yang sangat indah dan bersih dari polusi. Selain di pantai mansinam, penyelaman juga dapat di lakukan di pantai – pantai lain yang terletak di pulau – pulau kecil sekitar pulau mansinam. Sobat dapat menjumpai berbagai ikan kecil dan terumbu karang berwarna – warni, yang tidak takut dengan wisatawan yang melakukan snorkeling. Pulau mansinam merupakan pulau yang bersejarah bagi rakyat Papua. Karena merupakan pintu masuk peradaban dunia modern.

19. Pantai Um 
Pantai Um terletak di Pulau Um, sebuah pulau kecil di distrik Makbon, Sorong. Jika Sobat mendambakan petualang seperti Tom Hanks di film “Castaway”, maka pulau ini sesuai untuk tempat berlibur Sobat. Pulau ini sangat kecil, sehingga dapat di kelilingi hanya dalam waktu 15 menit saja. Pantai Um berpasir putih dengan air laut yang biru jernih sehingga tampak ikan karang, penyu, teripang, lobster dan indahnya terumbu karang bagaikan terpahat di perairannya. Langit biru tanpa batas membuat sempurna pantai ini. Pengunjung pulau ini dapat melakukan kegiatan menyelam, namun harus membawa peralatan selam sendiri karena belum ada yang mengkoordinir kegiatan pariwisata di kawasan ini.

20. Danau Sentani
Danau dengan luas 9.360 hektar ini merupakan danau terbesar di Papua. Terletak sekitar 50 km dari pusat kota Jayapura, Danau Sentani menawarkan keindahan luar biasa. Sedikitnya ada 21 pulau yang menghiasi danau dengan ketinggian 75 meter di atas permukaan laut ini. Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di sini mulai dari berenang, memancing, menyantap kuliner di sekitar danau sampai menyewa perahu untuk berkeliling danau. Selain itu, ada 24 desa di sekitartempat wisata ini yang bisa Anda kunjungi dan berinteraksi langsung dengan warganya. Pemandangan deretan rumah panggung dengan jaring ikan menjadi hal yang wajar Anda saksikan di sini. Yang menarik adalah adanya acara tahunan yaitu Festival Danau Sentani yang biasa diselenggarakan pada pertengahan bulan Juni. 

21. Danau Paniai
Danau Paniai tak kalah menarik dari Danau Sentani.Danau ini bahkan disebut sebagai danau terindah pada Konferensi Danau Se-Dunia di India pada tanggal 30 November 2007 yang diikuti 157 negara. Danau ini berada di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut dengan luas 14.500 hektar. Saat senja, pemandangan di tempat wisata ini sangat cantik. Anda bisa melihat siluet tebing-tebing, burung-burung berterbangan di atas danau ditambah perahu nelayan setempat yang mulai merapat pulang. Di sini, Anda bisa memancing bersama perempuan-perempuan suku Mee dan Moni yang biasa dipanggil ‘mama’. Danau Paniai merupakan salah satu penghasil ikan air tawar terbesar di Papua, banyak ikan yang Anda temukan di sini seperti ikan mas, ikan nila dan ikan mujair.

22. Lembah Baliem
Lembah Baliem merupakan tempat tinggal suku Dani, Yali dan Lani yang terletak di sekitar Pegunungan Jayawijaya. Berada di ketinggian 1.600 meter di atas laut membuat suhu di tempat ini bisa mencapai 10-15 derajat Celcius pada malam hari. Di sini, Anda bisa melihat dan berinteraksi langsung dengan suku asli yang masih memakai koteka bagi pria dan rok rumbai bagi perempuannya. Pada bulan Agustus, Lembah Baliem menjadi tempat wisata di Papua yang menarik banyak perhatian wisatawan. Selama tiga hari diselenggarakan acara tahunan yaitu Festival Lembah Baliem. Festival ini sebenarnya merupakan cara pemerintah untuk menghapuskan perang antar suku yang sering terjadi di sini. Perang antar suku telah dilarang, sebagai gantinya diadakan festival ini yang mengubah perang tersebut menjadi pertunjukan seni dan budaya untuk mengundang wisatawan.

23. Desa Wisata Sauwandarek
Tempat wisata budaya ini hanya ditempati sekitar 46 kepala keluarga. Perempuan-perempuan di sini biasa membuat topi dan tas dari daun pandan laut. Jika menyukai hasil karya mereka ini, Anda bisa membelinya langsung di tempat. Desa Sauwandarek masih berada di kawasan Kabupaten Raja Ampat, tepatnya di Meos Mansar. Di sini, Anda bisa melihat rumah tradisional yang terbuat dari kayu dan beratapkan jerami. Di sini, Anda bisa menyelam dan snorkeling. Selain itu, Anda juga bisa trekking ke telaga unik yang ada di desa ini. Namanya Telaga Yenauwyau, dikatakan unik karena air di telaga ini air asin, bukan air tawar seperti kebanyakan air di telaga lain. Menurut warga sekitar, di telaga ini ada penyu putih yang jika Anda melihatnya maka Anda akan mendapatkan keberuntungan.

24. Biak Numfor
Biak Numfor adalah salah satu kabupaten di Papua yang wajib anda kunjungi, letaknya tidak jauh dari Teluk Cendrawasih. Ditempat ini, anda juga dapat mengunjungi Pantai Barito, Pantai Parai, Pantai Brosnik Pulau Rurbas dan Kepulauan Padaido.

25. TWA Gunung Meja
Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Meja terletak di pusat kota Manokwari. Tempat ini memiliki fungsi utama untuk pariwisata dan rekreasi alam, perlindungan sistem penyangga kehidupan dan pengawetan keragaman jenis tumbuhan, satwa dan keunikan alam. Di tempat ini Anda bisa melakukan aktivitas trekking, _hiking _dan lain-lain. Mata Anda akan dimanjakan oleh flora hutan tropis yang sangat beragam dan memiliki bentuk unik. Tempat ini dipercaya memiliki ratusan jenis pohon, puluhan jenis perdu, semak, liana dan paku serta tanaman herbal. Selain itu, belasan jenis anggrek dan beberapa jenis palem dan rotan juga hidup di sini.

26. Teluk Triton
Teluk Triton adalah sebuah teluk yang terletak di Kabupaten Kaimana, Papua, Indonesia. Wilayah ini menjadi terkenal karena adanya surga bawah laut serta warisan budaya di dalamnya. Teluk yang letaknya tersebunyi di dekat Kampung Lobo memiliki rentetan pulau-pulau kecil batu karang, air yang jernih serta pemandangan pantai dan bawah laut yang sangat menakjubkan. Di tambah panorama yang sangat indah di kala senja menjelang. Kini surga yang tersebunyi di bumi Papua mulai terkenal oleh para ahli biologi laut, penyelam dan para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Dengan pemandangan langit yang sangat spektakuler di saat senja, Mereka menjuluki tempat ini sebagai “The Fish Empire” atau”Kota Senja” atau “The Lost Paradise”.

27. Taman Biak papua
Taman Burung dan Taman Anggrek merupakan salah satu obyek wisaya di Biak yang didirikan pada tahun 1984 beralamat di jalan Raya Bosnik Km.12, Desa Rim, Distrik Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua. Selain sebagai sarana pariwisata, area ini juga menjadi tempat konservasi, pendidikan dan penelitian. Di dalam obyek wisata ini terdapat berbagai koleksi burung dan anggrek. Koleksi burungnya terdiri dari 33 spesies yang berjumlah lebih dari 200 ekor burung termasuk burung Cenderawasih, Kakatua Hitam, Kasuari, Mambruk dan Nuri. Untuk koleksi anggreknya terdapat sekitar 60 jenis anggrek yang berjumlah lebih dari 1500 tanaman anggrek termasuk di dalamnya adalah anggrek asli Papua, seperti Anggrek Hitam, Anggrek Kribo dan Anggrek Raja.

28. Kabupaten Asmat
Apa yang membuat salah satu Kabupaten di Papua ini menjadi wisata yang mendunia? Jawabannya adalah pengakuan UNESCO kepada Kabupaten Asmat sebagai situs warisan dunia, dan juga dengan diadakannya Festival Budaya Asmat. Sebuah pagelaran ekspresi seni dan budaya suku Asmat yang rutin dilaksanakan sejak tahun 1981,  festival ini menyajikan seni kerajinan ukir dan memahat, yang pengerjaannya tanpa membuat sketsa atau pola terlebih dahulu. Selain seni patung tersebut, Festival Asmat juga menampilkan berbagai atraksi kesenian seperti tari-tarian, dan pertunjukan seni asli suku Asmat lainnya. Pesertanya tak tanggung-tanggung bahkan dapat mencapai ratusan orang. Pada akhir festival akan dilakukan pelelangan hasil seni yang telah dibuat saat festival berlangsung.

29. Tapurarang (Arkeolog Papua)
Tapurarang merupakan kawasan kelautan di Papua Barat yang tidak kalah indah. Pengunjung atau wisatawan sering melakukan diving dlokasi untuk sekedar perbandingan visual didasar laut seperti yang dapat dinikmati dikepulauan raja ampat. Situs yang terletak di Disrik Kokas, Kabupaten Fakfak, Papua Barat, ini merupakan peninggalan zaman prasejarah. Situs ini berupa sebuah lukisan telapak tangan manusia dan binatang di sebuah tebing bebatuan yang sangat terjal. Lukisan prasejarah yang terdapat di tebing ini bisa Anda jumpai di Andamata, Fior, Forir, Darembang dan Goras. Yang membuat situs ini jadi sangat menarik adalah fakta bahwa meski sudah berumur ratusan tahun, lukisan yang dibuat dengan pewarna dari bahan-bahan alami tersebut masih tetap terlihat jelas hingga saat ini. Warna merah pada lukisan tebing ini menyerupai warna darah manusia sehingga masyarakat setempat menyebutnya sebagai lukisan cap tangan darah.

30. Tugu MacArthur
Tugu MacArthur merupakan tugu penghormatan bagi Jenderal Douglas MacArthur yang merupakan jenderal besar Amerika Serikat pada masa Perang Dunia II. Tugu ini berada di Ifar Gunung, Jayapura. Di sini, Anda bisa masuk ke museum, melihat foto-foto dan sejarah perjalanan militer Jenderal MacArthur. Tempat wisata di Papua ini menjadi saksi kejayaan jenderal besar yang membuat strategi beberapa perang besar. Berada di ketinggian 325 meter di atas laut, Anda bisa melihat Danau Sentani dan lapangan terbang Bandara Sentani dari sini. Tugu MacArthur sendiri adalah sebuah tugu dengan tinggi 3 meter yang didominasi warna kuning dan hitam. Di tugu ini tertulis sejarah mengenai Jenderal Douglas MacArthur dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

31. Tembok berlin
Tembok berlin merupakan kawasan wajib dikunjungi para wisatawan. Tempat ini merupakan salah satu penyedia kuliner khas yang paling terkenal dan lengkap terutama untuk aneka makanan dari seafood. Inilah surganya pecinta seafood. Nama pantai yang cukup unik, Mungkin anda langsung membayangkan tembok berlin yang ada di Negri Jerman. Tapi jangan salah, di Indonesia juga ada tempat yang di namai tembok berlin walaupun sebenarnya sangat tidak mirip dengan tembok berlin yang sesungguhnya. Apalagi, tempat tersebut merupakan kawasan pantai yang terletak di pinggir jalan.

32. Air Terjun Wafsarak
Di Papua ada sebuah air terjun yang terbilang cukup perawan, namanya Wafsarak. Air terjun ini jarang sekali dikunjungi wisatawan. Padahal, alam di sekitar air terjun termasuk sangat indah. Banyaknya pepohonan membuat suasana menjadi sejuk. Airnya yang jernih sangat nyaman saat menyentuh kulit.Sepinya kawasan air terjun Wafsarak mungkin membuat Anda seperti menjadi penguasa di sana. Mau bermain air atau berenang dengan kawan-kawan tidak perlu berjubelan. Tinggi air terjun mencapai 10 meter. Kalau Anda ingin terjun dari tebing ke dalam air juga bisa. Biar tidak bosan, menyusuri bukit di sekitar air terjuan akan menambah kesenangan Anda.

33. Air Terjun Tagor
Sebuah air terjun yang terbentuk karena proses alam memang selalu dapat menarik perhatian para wisatawan. Sebab, sesuatu yang terbentuk karena proses alam biasanya memiliki bentuk yang unik dan artistik. Oleh karena itu, Seperti halnya obyek wisata air terjun pada umumnya, di obyek wisata Air Terjun Tagor ini kita juga bisa melihat pemandangan khas air terjun yang mengagumkan, yek wisata Air Terjun Tagor yang terletak di Kabupaten Fak-fak, Provinsi Papua Barat. yatu aliran air yang terjun bebas ke bawah dan membentuk kolam di bawahnya. Uniknya, obyek wisata Air Terjun Tagor ini memiliki ketinggian yang cukup tinggi, sehingga percikan air yang jatuh pun terasa sangat deras. Hal ini membuatnya semakin menarik dan semakin menyegarkan. Itulah sebabnya mengapa obyek wisata Air Terjun Tagor ini sangat menarik untuk dikunjungi.

34. Air Terjun Cyclops
Air Terjun Cyclops-Jayapura Air Terjun Cyclops-Tanah Jayapura yang memiliki dataran berbukit-bukit serta memiliki jajaran pegunungan Cyclops, mampu menjadikan pemandangan di kota ini tampak cantik dan sangat indah. Dengan adanya deretan gunung dan perbukitan tersebut, memungkinkan adanya aliran air dari atas dan menciptakan suatu keindahan alam berupa air terjun. Salah satu diantaranya adalah Air Terjun Cyclops yang dinamai sesuai dengan pegunungan yang menjadi asal mata airnya. Lokasi dan Transportasi Untuk mencapai lokasi dari Air Terjun Cyclops, jarak tempuh tidak begitu jauh dari pusat kota Jayapura. Anda hanya perlu menempuh jarak sekitar 25 kilometer dan menuju ke arah Bandara Sentani.

35. Air Terjun Kayuni
Sempatkanlah dirimu untuk menikmati hijaunya timur negeri. hutan yang hijau dan air terjun yang rupawan merupakan vitamin mata yang sayang untuk dilewatkan.(Air Terjun Kayuni, Fakfak Papua Barat)

36. PTC Waterpark
Akhirnya setelah sekian lama ditunggu-tunggu, kini di kota Entrop Jayapura sudah ada wahana rekreasi air untuk keluarga yaitu PTC Waterpark. Waterpark ini merupakan satu-satunya waterpark yang ada di kawasan timur Papua, tepatnya di komplek Papua Trade Center Entrop Jayapura. Sebelum dibuka untuk umum PTC Waterpark mengadakan 

Incoming search terms:

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)
  1. author
    farin ayu4 months agoReply

    biasanya yang tersembunyi dan jarang terjamah wisatawan tempatnya masih terjaga hehehe

Leave a reply