5 Jajanan wajib Idul Fitri selain ketupat di berbagai daerah Indonesia

89 views
Wisataasyik.com | Halo gan , jika pada kesempatan sebelumnya di share mengenai makanan khas di berbagai wilayah indonesia saat lebaran maka pada kesempatan kali ini mari kita mencoba mencicipi 5 Jajanan wajib Idul Fitri selain ketupat di berbagai daerah Indonesia.

5 Jajanan wajib Idul Fitri selain ketupat di berbagai daerah Indonesia

Meski lebaran selalu identik dengan ketupat, namun ada beberapa daerah di Indonesia berbeda dengan daerah lainnya.  Berikut merupakan jajanan wajib Idul Fitri selain ketupat di berbagai daerah Indonesia yang didapat infonya dari berbagai sumber:

1. Lomang, Tapanuli
Lomang, Tapanuli
Lomang, Tapanuli

Lomang merupakan makanan khas Tapanuli Selatan yang akan selalu dihidangkan saat lebaran tiba. Bahan dasar dari lomang adalah beras ketan. Lebaran bagi masyarakat Tapanuli akan terasa lengkap dengan kehadiran lomang.

2. Buras, Makassar
Buras, Makassar
Buras, Makassar

Makanan khas Makassar ini merupakan makanan wajib yang akan ditemui saat lebaran. Buras terbuat dari beras, garam dan daun salam serta dibungkus dengan daun pisang. Buras biasanya dihidangkan bersama opor dan Coto Makassar. Masyarakat Makassar lebih memilih menghidangkan buras ketimbang ketupat di hari raya Idul Fitri.

3. Sekubal, Lampung
Sekubal, Lampung

Untuk masyarakat Lampung, lebaran tidak akan afdol tanpa keberadaan sekubal. Sekubal terbuat dari ketan dan santan kelapa dan dapat disantap dengan sayur ataupun opor. Untuk membuat sekubal butuh waktu yang tidak sedikit, membuat makanan ini butuh waktu 10 jam. Biasanya warga Lampung membuat sekubal 5 hari sebelum hari raya Idul Fitri.

4. Timphan, Aceh
Timphan, Aceh
Timphan merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari kota Serambi Mekah, Aceh. Timphan adalah menu wajib yang akan disajikan saat lebaran. Bahan dasar dari timphan adalah pisang raja, tepung ketan, santan kental, air kapur sirih, telur ayam, gula pasir, nangka, daun pandan dan kelapa parut. Bagi masyarakat Aceh, lebaran tidak akan lengkap tanpa timphan.

5. Lepet Ketan, Manado
Lepet Ketan, Manado
Lepet Ketan, Manado

Lepet ketan merupakan salah satu makanan khas Manado yang akan disajikan saat lebaran. Lepet terbuat dari beras ketan putih, kelapa muda, kacang beras dan garam serta dibungkus menggunakan daun kepala. Lepet biasanya menjadi menu wajib yang disajikan bagi masyarakat Manado. Jika kamu berkunjung ke kota yang dijuluki The Paradise of Celebes ini saat lebaran, maka menu utama yang kamu jumpai adalah lepet bukan ketupat.

Itulah menu wajib di lima daerah Indonesia yang tidak menggunakan ketupat sebagai sajian wajib lebaran. 
banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply