Cicipi Kuliner Lebaran Khas Indonesia Yang Top Markotop

65 views
Wisataasyik.com | Hay sobat wisatawan kali ini kami mencoba share beberapa Kuliner daerah di indonesia Khas Lebaran, karena di indonesia terdapat berbagai adat dan suku sudah tentu perayaan hari raya idul fitri hatau lebaran sudah pasti berbeda begitu juga dengan kuliner yang disajikan sudah tentu mempunyai ciri khas tersendiri. Dan berikut ini Adalah  Kuliner Lebaran Khas Indonesia Yang Top Markotop.

Kuliner Lebaran Khas Indonesia Yang Top Markotop :

Hidangan khas Idul Fitri yang kita tahu identik dengan ketupat dan opor ayam. Namun, ternyata masih ada beberapa macam hidangan khas Idul Fitri dari berbagai daerah yang ada di Indonesia selain ketupat dan opor ayam , berikut ulasan dari wisataasyik.com  

1. Ayam Gagape Khas Makassar
 Ayam Gagape Khas Makassar
 Ayam Gagape Khas Makassar

Biasanya di tanah Jawa ketupat disajikan dengan Opor Ayam, namun di Makassar, ketupat disajikan dengan Ayam Gagape. Ayam Gagape adalah potongan ayam buras direbus bersama air, serai, lengkuas, daun salam, kunyit dan kemudian dicampur dengan bumbu tumis dan santan.

2. Bebek Gulai Kurma Khas Aceh
Bebek Gulai Kurma Khas Aceh
Bebek Gulai Kurma Khas Aceh

Di Aceh, makanan khas lebaran yang biasa disajikan adalah Bebek Gulai Kurma. Bebek Gulai Kurma merupakan potongan daging bebek dengan rempah daun beraroma, seperti daun pandan, daun temurui, daun serai yang dimasak dengan santan. Walau ada embel-embel kurma, namun pada kenyataannya makanan ini tidak menggunakan kurma sama.

3. Gulai Nangka Khas Medan
Gulai Nangka Khas Medan
Gulai Nangka Khas Medan

Tidak berbeda jauh dengan daerah Aceh, di Medan makanan khas lebaran pelengkap ketupat masih berupa gulai juga lho. Gulai Nangka yang ada di Medan ini disajikan dengan potongan iga sapi.

4. Lodeh Terong Khas Pekalongan
Lodeh Terong Khas Pekalongan
Lodeh Terong Khas Pekalongan

Di Pekalongan, makanan khas lebaran yang biasa disajikan adalah Lodeh Terong. Lodeh Terong yang biasa disantap dengan ketupat atau nasi putih ini berisikan terong, daun melinjo dan berkuah santan. 

5. Soto Banjar Khas Banjarmasin
Soto Banjar Khas Banjarmasin
Soto Banjar Khas Banjarmasin

Soto Banjar merupakan makanan khas Banjar yang biasa disajikan saat lebaran tiba. Berbeda dengan beberapa makanan di atas yang umumnya mengandung santan, hidangan lebaran khas daerah Banjar ini sama sekali tidak mengandung santan. Soto Banjar yang berisi suwiran daging ayam yang sudah direbus dan digoreng biasanya disajikan dengan ketupat atau lontong.

Itulah Kuliner dari berbagai daerah di Indonesia, dari berbagai macam makanan di atas ada yang sudah pernah kamu coba belum ?
banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply