Baca Sekarang ! Kalian Pasti Akan Tambah Cinta Dengan Papua !

58 views

Wisataasyik.com | Hai sobat traveler, sudah tidak asing lagi dengan nama papua pastinya, yang mana papua ini adalah pulau yang berada disisi paling timur indonesia. Apalagi jika kalian mendengar nama PT Freeport Indonesia, sudah pasti kalian jika mendengar nama tersebut selintas akan menuju Kata Papua dan Tambang Emas. Ya PT Freeport Indonesia adalah Salah satu perusahaan tambang terkemuka di dunia, PT Freeport Indonesia melakukan eksplorasi, menambang, dan memproses bijih yang mengandung tembaga, emas, dan perak di daerah dataran tinggi di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, Indonesia. (Read: ptfi co id).

Namun pada tulisan ini mimin dari wisataasyik.com tidak membahas masalah PT Freeport dengan tambang Emasnya, namun lebih Tempat Indah Yang tersembunyi di papua. Ups Jangan salah di indonesia bagian timur ini tepat nya di provinsi papua banyak sekali tempat-tempat wisata yang sangat indah dan mempesona. Dan mimin akan mencoba share beberapa daftar tempat-tempat wisata yang tersembunyi keindahannya di papua.

Daftar Tempat Yang Belum Terlalu Terexpose Di Papua.

  1. Pulau Biak
Indahnya Pulau Biak

Indahnya Pulau Biak

Pulau Biak dan Pulau Numfor merupakan satu kesatuan yang membentuk kabupaten Biak. Pulau yang terletak di teluk Cendrawasih ini memiliki banyak tempat menarik untuk dikunjungi. Di Biak Utara, terdapat Kampung Amoi yang terkenal dengan keindahan pemandangannya. Selain itu, ada juga Museum Cendrawasih yang memiliki banyak koleksi pada zaman Perang Dunia II. Jangan lupa untuk mencoba makanan khas di daerah Biak. Singkong Marapen adalah salah satunya.

Singkong yang diolah dengan cara dibungkus pelepah pisang dan kemudian di bakar di atas bara ini merupakan suguhan yang wajib dinikmati. Ada juga Japan Iyen, keladi yang direbus tanpa bumbu dan disajikan dengan ikan laut bumbu pedas. Salah satu objek wisata di Biak adalah Taman Burung dan Taman Anggrek yang terletak di daerah Bosnik. Terdapat koleksi burung dan tanaman yang cukup beragam dan lengkap dengan informasi . Di sekitar daerah Biak, ada banyak sekali destinasi wisata yang menarik, seperti pantai Bosnik dan air terjun Wafsarak yang berada di sekitar pulau Biak.

     2. Danau Sentani

danau sentani papua

danau sentani papua

Danau Sentani Merupakan Danau yang berada di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops ini memiliki 22 “pulau” di dalamnya ini sangat besar sampai bisa terlihat dari udara ketika kita naik pesawat. Untuk mengunjungi pulau-pulau di dalamnya, kita bisa menyewa motorboat kecil di salah satu desa di dekat danau. Terdapat 24 desa di sekitar danau ini, dan kita bisa membeli kerajinan tangan lokal serta mencicipi hidangan kuliner di berbagai tempat wisata di Papua seperti papeda dan juga ikan yang diolah.

 

Salah satu pulau yang sering dikunjungi wisatawan adalah pulau Asei, yang juga menjual kerajinan khas berupa ukiran kayu dan juga kerajinan tangan lainnya yang tidak kalah menarik. Ada lebih dari 30 jenis ikan di sekitar danau, dan kita juga bisa menyaksikan penduduk sekitar menangkap dan mengolah ikan. Salah satu yang menarik dari juga adalah pada bulan Juni, kita bisa menyaksikan festival yaitu atraksi dari penduduk lokal dan juga tarian perang.

     3. Danau Paniai

danau paniai papua

danau paniai papua

Pernah menyandang gelar sebagai danau terindah ke-157 di dunia pada bulan November 2007, pemandangan danau ini sudah tidak bisa diragukan lagi. Untuk mencapai danau ini, bisa dengan berkendara dari kota Enarotali, atau bisa juga dengan jalur udara yaitu menaiki pesawat jenis Cessna. Banyak wisatawan lokal maupun luar negeri yang mengincar pemandangan danau pada saat matahari terbenam.

Daerah danau Paniai terletak di pegunungan dan berada sekitar 1700 meter di atas permukaan air laut, membuat suasana di sekitar danau sejuk. Meskipun terletak di daerah pegunungan, danau Paniai memiliki banyak spesies udang dan ikan. Salah satunya adalah udang selingkuh, sejenis udang yang merupakan spesies endemik Papua.

Selain menikmati pemandangan di danau, para wisatawan juga bisa menikmati kegiatan lain seperti memancing ikan dan binatang laut air tawar, atau menikmati pemandangan di danau dengan menyewa perahu. Terdapat banyak fasilitas di sekitar danau, salah satunya adalah guesthouse, travel agent, hotel, restoran, dan juga toko cenderamata. Kita juga bisa menyewa seorang guide dan memanfaatkan fungsi tour guide untuk membantu kita dengan perjalanan.

    4. Lembah Baliem

lembah baliem papua

lembah baliem papua

Lembah Baliem merupakan tempat tinggal suku Dani, suku Yali, dan suku Lani. Terletak di sekitar gunung Jayawijaya, yang termasuk gunung terindah di Indonesia. Lembah ini memiliki temperatur yang rendah, tetapi sepadan dengan pemandangan yang bisa dilihat sepanjang perjalanan. Perjalanan menuju lembah Baliem termasuk sulit, meskipun begitu, kita bisa mencapainya dengan pesawat dari kota Jayapura dan langsung menuju ke kota Wamena, kota utama di daerah lembah Baliem.

Pemandangan di sekitar lembah Baliem menggambarkan peradaban pada zaman batu, dan kebanyakan tempat hanya bisa diakses dengan menggunakan sepeda atau berjalan kaki. Pedesaan di sekitar lembah bisa menjadi tempat wisata utama, karena kita bisa trekking sambil mengintip kehidupan masyarakat Baliem yang masih sangat menjaga citra tradisional. Salah satu yang tidak bisa luput dari daerah Wamena adalah mumi berumur 400 tahun di daerah Akima, sekitar 20 kilometer dari Wamena.

 

 5. Cagar Alam Wondiwoy

Cagar Alam Wondiwoy Papua

Cagar Alam Wondiwoy Papua

Jika kita hanya ingin berjalan-jalan atau trekking dengan tenang sambil menikmati pemandangan, bukan hanya bersantai di pantai saja, maka tempat ini jenis jenis tempat berwisata kita. Cagar Alam Pegunungan Wondiwoy ini merupakan tempat yang tepat untuk kita yang menyukai kegiatan berjalan-jalan di alam dan menikmati udara segar. Tidak terlalu jauh dari kota, terletak 5 kilometer dari kota Manokwari, cagar alam pegungungan Wondiwoy memiliki 147 spesies flora dan fauna.

 

Dari cagar alam, kita juga bisa menikmati pemandangan teluk Cendrawasih dan Teluk Wandamen yang menakjubkan. Meskipun untuk mencapainya tergolong sulit, yaitu karena kita harus menaiki pesawat terbang jenis Cessna untuk smapai ke tengah cagar alam ini, tetapi pemandangan dan keberagaman flora dan fauna yang terdapat di dalamnya sebanding dengan perjalanan yang kita tempuh.

 

Berikut lah lima dari sekian banyak tempat-tempat wisata di papua yang sangat mempesona dan akan membuat kalian semua warga indonesia semakin cinta dengan provinsi papua yang berada di posisi paling timur indonesia ini. Dan tidak hanya itu mimin dari wisataasyik.co akan update lagi tempat-tempat menarik lainya dari papua.

banner 468x60)

Papua travel wisata asyik

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply