Kamu Yakin Tidak Akan Menyusuri Goa Tanding Dengan Pasanganmu ?

54 views

Wisataasyik.com | Goa Tanding di Dusun Gelaran II, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo bakal menjadi obyek wisata baru di Gunungkidul. Goa ini ditemukan warga tepatnya di sebelah selatan Goa Pindul.

Goa Tanding, goa unik yang warna dindingnya bisa berubah-ubah warna jika terkena cahaya

Foto By: @goatanding_sidiq (ig)

Pengelola Wisata Alam Goa Tanding
Wisata Alam Goa Tanding dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sadamwisata. Pokdarwis Sadamwisata merupakan pengelola tunggal dari obyek wisata Goa Tanding. Dikelola oleh penduduk lokal dengan dibantu oleh pemerintah daerah, Pokdarwis Sadamwisata akan selalu melayani pengunjung Wisata Alam Goa Tanding dengan memuaskan.

Awal Mula Ditemukan Goa Tanding

Awalnya keluarga Sidik Setiawan menggali sumur, yang ternyata tembus dalam suatu goa yang luas dan panjang. Temuan ini merangsang pemiliknya dan masyarakat untuk mengembangkan menjadi objek wisata (Obwis). Sekarang sudah dibangun gerbang masuk gua sepanjang 100 meter. “Rencananya obwis ini akan diluncurkan tanggal 1 Syawal 1437 H nanti,” kata Sidik Setayawan yang sekarang tengah menangani pembangunan infrastruktur lokasi wisata Goa Tanding, Senin (6/6/2016).

Ikon Wisata Baru Gunungkidul Yogyakarta

Goa Tanding diharapkan sebagai ikon wisata baru yang memikat wisatawan. Setelah diluncurkan nanti wisatawan dapat menikmati indahnya goa yang penuh stalaktit dan stalagmik kuning keemasan.

Berbeda dengan menyusur Goa Pindul, masuk goa tanding wisatawan bisa menaiki perahu karet, menempuh perjalanan sepanjang 450 meter dengan waktu sekitar 1,5 jam. Satu kapal karet dapat mengangkut 6 orang. Lebar goa antara 4-8 meter, ketinggiannya antara 4- 11 meter. Kedalaman airnya rata-rata 4 meter. “Sungai dalam goa ini satu alur dengan Goa Pindul,” tambahnya.

Selengkapnya baca > KRJogja |

banner 468x60)

travel wisata asyik yogyakarta

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply