Home / Yogyakarta / 3 Wilayah Di Jogja Ini Adalah Surga Wisata Yang Menakjubkan
wisata Alam Jogja
infokuu.com

3 Wilayah Di Jogja Ini Adalah Surga Wisata Yang Menakjubkan

Keindahan  lokawisata  Jogja sudah  Tidak  diragukan  lagi,  karena  Jogja juga  memang  terkenal  dengan banyaknya tempat pariwisata yang dari waktu ke waktu terus bermunculan tempat-tempat baru untuk menenangkan pikiran dari hiruk pikuk kota serta masalah keseharian. Banyak sekali tempat wisata yang dapat kita temukan di Jogja dan sekitarnya dan juga yang tersebar di provinsi Yogyakarta lainnya, sebut saja Sleman, Bantul, Gunung Kidul dan beberapa kabupaten lainnya.

Sleman  memiliki  slogan  pariwisata  ”  Amazing  Sleman”  adalah  Kabupaten  yang  berada  di  ujung  utara Provinsi  Daerah  Istimewa  Yogyakarta  dengan  beragam  objek  wisata  menarik, salah  satunya  adalah lereng  gunung  merapi.  Gunung  Merapi  hingga  saat  ini  masih  aktif  dan  juga  memiliki  pengaruh  besar terhadap kondisi geografis di wilayah ini. Wilayah ini didominasi pegunungan di sebelah utara, sehingga memiliki kondisi alam yang berpotensi untuk dikembangkan.

Oleh karena itu banyak bermunculan objek wisata  baru  yang  mulai  dikenal  melalui  Instagram  seperti  Stonehenge  Cangkringan,  Merapi  Park,  Bukit Teletubbies  dan The  LastWorld  CastleJogja.  Selain  gunung  merapi,  Sleman  juga  memiliki  Candi Prambanan  yang  menjadi  salah  satu  ikon  wisata  di  Sleman, bahkan destinasi  ini  pun  sudah  cukup populer  di  kalangan  wisatawan  lokal  maupun  mancanegara.

Objek  wisata  tersebut  memang  cukup diandalkan  di Sleman, tetapi  masih  ada  destinasi  baru  yang  dapat  menarik  perhatian  wisatawan  untuk mengenal  lebih  dekat  objek  wisata  tersebut.  Berikut  ini  adalah  tempat  wisata  Sleman  yang  mulai dipadati oleh wisatawan.

 

Bunker Kaliadem
media-cdn.tripadvisor.com

Bunker Kaliadem

Bunker Kaliadem merupakan salah satu tempat wisata di Sleman Yogyakartayang memiliki keindahan dan  juga  sering  dijadikan  tempat  ngadem.  Bunker  Kaliadem  merupakan  saksi  bisu  bencana  Gunung Merapi beberapa tahun silam,di mana ditemukan beberapa korban yang terkena efek ganasnya wedhus gembel  Merapi.  Dulu  wilayah  kali  adem  sering  dipakai  untuk  camping, karena memiliki  angin  khas pegunungan yang sangat sejuk, serta pemandangannya yang mampu menarik perhatian wisatawan yang datang.

Meskipun  Kaliadem  kini  luluh  lantak dan  hanya  menyisakan  puing-puing  sisa  dari  keganasan letusan  Gunung  Merapi,  pesona  Merapi  tetap  menjadi  daya  tarik  para  wisatawan  yang  mampu  di andalkan. Segala sesuatu  bencana  pasti  memiliki  hikmah,  termasuk  di  wilayah  Kaliadem.  Termasuk  bunker Kaliadem  yang  pernah  hancur  menyisakan  puing-puing,  kini  telah  dimanfaatkan  para  warga  sekitar untuk lava tour Merapi yang mampu menarik minat wisatawan asing yang ingin tahu lebih jauh tentang Bunker Kaliadem pasca bencana.

Banyak informasi yang anda dapatkan mengenaigunung Merapi ini,di mana anda dapat melihat keindahan puncak gunung merapi dari jarak 2 Km saja. Objek  wisata  ini  sangat  cocok  untuk  dikunjungi  saat  mengisi  liburan,  karena  kini  telah  dikelola dan dikembangkan  hingga  memiliki  Spot  foto  yang  sangat  instagramable.  Tiap Spot  foto  yang  ada  disana mengingatkan setiap bencana Merapi yang telah merenggut nyawa para relawan di dalam bunker.

Baca Juga :  Inilah Keistimewaan Daerah Canggu Sebagai Wisata Yang Hits Di Tahun 2020

 

Stonehange Cangkringan
travelspromo.com

Stonehange Cangkringan

Bagi  anda  yang  lebih  menyukai  untuk  mengunjungi  tempat  wisata  bersejarah,maka  anda  harus mencoba  untuk  berkunjung ke  Stonehenge  Cangkringan.  Objek  wisata  Stonehenge  Cangkringan  sudah cukup tenar melalui media sosial, yang memang media sosial sangat membantu untuk memperkenalkan sebuah  objek  wisata  baru.  Objek  wisata  ini  memiliki  Spot  foto yang cocok  sebagai  latar  untuk  berfoto selain memiliki wisata edukasi.

Stonehenge  Cangkringan  merupakan  tempat  wisata  purbakala,  anda  tidak  akan  hanya  melihat  patung manusia purba di zaman prasejarah tetapi juga untuk dijadikan latar berfoto juga cukup menarik. Konon Stonehenge  ini  adalah  bebatuan  erupsi  dari  Gunung  Merapi tahun 2010  silam.  Wisata  Stonehenge Cangkringan ini sangat  mirip dengan  bangunan  di  luar  negeri, yang  dijadikan daya  tarik khususnya bagi para pemburu latar menarik untuk mengabadikan gambar dan membagikannya di media sosial.

 

The Lost World Castle2
pewarta-indonesia.com

The Lost World Castle

Anda  ingin  mencari  destinasi  wisata  yang  unik,  maka  cobalah  datang  ke  Sleman, Daerah  Istimewa Yogyakarta yang memiliki wisata yang baru dibuka di awal tahun 2017. Awalnya objek wisata ini dijuluki Benteng  Takeshi,  ada  juga  yang  menyebutnya  Tembok  Besar  Cina  Cangkringan,tetapi  akhirnya  objek wisata ini  diberi nama The  Lost  World  Castle  Kaliurang.

The  Lost  World  Castle  ini  masih  terbilang  baru, tetapi keunikannya mampu membuat objek wisata ini langsung populer dan dipadati oleh wisatawan. Pengelola membangun  kastil ini  dengan  tujuan  untuk  menyampaikan  pesan  edukasi  tentang  erupsi besar  Gunung  Merapi  di  beberapa  tahun  silam.  Erupsi  Dahsyat  tersebut  mampu  membumihanguskan desa-desa di sekitarnya Merapi, termasuk Desa Kepuharjo pun rata dengan tanah.

Objek   wisata   ini   belum   sepenuhnya   selesai   dibangun,   pembangunan   yang   belum   rampung   ini diperkirakan akan memakan waktu yang cukup lama, karena memiliki bangunan yang cukup besaryaitu di atas lahan seluas 1,3 hektar. Terdapat beberapa tempat yang menyajikan erupsi Merapi, serta bahan-bahan bangunan juga  menggunakan   batu-batuan  hasil  erupsi  gunung  Merapi.

The Lost World Castle
travelspromo.com

Tempat   ini  belum sepenuhnya  rampung  tetapi  sudah  cukup  dikenal  di  kalangan  wisatawan,terutama  bagi  mereka  yang suka  berfoto.  Sungguh  sebuah  latar  yang  sangat  unik,karena  berpose  di  kastil  bernuansa  kuno  yang mirip nuansa Eropa zaman dulu dengan latar belakang keindahan gunung Merapi. Selain menikmati objek wisata The Lost World Castle Kaliurang, anda juga dapat menyaksikan gagahnya Gunung  Merapi  berdiri  dengan  jelas  jika  cuaca  sedang  cerah  atau  tidak  berkabut.

Sebaiknya  anda berkunjung di saat pagi atau sore hari, karena cuacanya sejuk dengan udara yang segar. Selain itu anda juga dapat menyaksikan pemandangan kota Jogjakarta dariketinggian,ditemani indahnya sunset di ufuk barat yang menyajikan pesona luar biasa di senja hari.

 

Batu Alien Jogja
jogja-travel.com

Batu Alien Jogja

Batu alien Jogja adalah salah satu wisata yang saat ini sedang populer. Batu alien memang sebuah nama yang mengagetkan karena menggunakan nama alien yang merupakanmakhluk yang berasal dari planet luar. Tidak seperti namanya, Batu Alien adalah hanya sebuah nama yang diberikan oleh warga setempat agar  menarik  perhatian  para wisatawan  untuk  datang  ke  tempat  ini. Situs batu alam  Jogja ini  berisikan sebuah  batu  yang  menjadi  saksi  bisu  dari  ganasnya  erupsi  gunung  Merapi  di  tahun  2010  silam,  yang telah memakan banyak korban dan salah satunya adalah Mbah Maridjan sebagai juru kunci dari gunung teraktif di Indonesia tersebut.

Asal  muasal tempat  ini  disebut  sebagai  batu  alien  karena,batu  ini  memiliki  bentuk  yang  sangat  mirip wajah  manusia,  untuk  bisa  mengamatinya  lebih  jelas  Anda  harus  memfotonya  terlebih  dahulu.  Jadi penamaan  batu  alien  hanyalah  sebutan  yang  diberikan  oleh  warga  sekitar, dimana  sebelumnya  batu tersebut adalah batu alihan yang terlempar sejauh 7 km dari puncak gunung Merapi hingga ke Kampung Jambu.

Daya  tarik  selain  batu  tersebut  adalah  anda  dapat  menyaksikan  eksotisnya  pemandangan  alam sekitarnya,  dan  tempat  ini  cocok  bagi  Anda  yang  hobi  fotografi  karena  sangat  menarik  untuk  dijadikan Spot  foto  dalam  pengambilan  gambar.  Sisa-sisa  gurun  pasir  akibat  dari  erupsi  gunung  merapi  masih nampak,  di  mana  sebagian  besarnya  sudah nampak  hijau  karena  di  tumbuhi  oleh  tanaman  hijau  yangmembuat lingkungan semakin asri.

 

Bukit Klangon
sahabatransel.com

Bukit Klangon

Bukit  Klangon    merupakan  objek  wisata  dengan  kawasan  tertinggi  di  Sleman  yang  oleh  warga  sekitar lebih  dikenal  dengan  nama  Bukit  Indah  Glagaharjo.  Keindahan  Bukit  Klangon  Merapi  tercipta  karena background  dari  gardu  pandang  yang  berupa  gunung  Merapi.  Lokasi  Bukit  Klangon  terletak  di  Lereng Merapi, sehingga Anda akan melihat dengan jelas gagah serta besarnya gunung merapi ini.

Sebenarnya  tempat  wisata  baru  ini  memiliki  nama  Wisata  Alam  Bukit  Glagaharjo,  tetapi  Bukit  Klangon  lebih  dipilih  oleh  para  pengguna media sosial. Ketinggian  dari gardu pandang  Bukit  Klangon Glagaharjo  ini sekitar 5 meter dan cukup kokoh, sehingga anda dapat mengabadikan gambar dengan latar Gunung Merapi. Sebelumnya Bukit Klangon dikenal sebagai tempatnya pecinta Downhill, karena dulu wilayah ini dikembangkan sebagai lintasan sirkuit bagi pecinta sepeda gunung. Oleh karena itu, Bukit Klangon sering menyelenggarakan even kejuaraan sepeda tingkat regional maupun nasional.

 

Jogja  memang  dipenuhi  dengan  tempat-tempat  wisata  yang  cukup  menarik,  seperti wisata  dekat stasiun  Jogjakarta yang letaknya  cukup  strategis, di  mana  stasiun  Tugu  adalah  pintu  gerbang  para wisatawan  untuk  masuk  menjelajahi  dan  mengenali  isi  kota  Jogjakarta.  Saat  anda  mulai  menginjakkan kaki   di   Yogyakarta, maka   banyak   tempat-tempat   yang   patut   Anda   kunjungi   mulai   dari   pusat perbelanjaan hingga wisata kuliner akan dengan mudah anda jumpai yang letaknya tak jauh dari Stasiun Tugu.

Tak  hanya  di  situ  saja,  karena  ada  juga  jalan yang  sangat  legendaris  di  Yogyakarta  yaitu  Jalan Malioboro  yang  dipenuhi  dengan  para  pedagang  pernak-pernik  khas  Jogjakarta.  Jadi  dalam  satu  kali berjalan, anda  sudah  dapat  mengelilingi  beberapa  tempat  wisata  yang  ada  di  Jogjakarta.  Berikut  ini adalah  tempat  wisata  terdekat  dengan  stasiun  Tugu  Yogyakarta  yang  bisa  anda  langsung  nikmati  saat pertama kali kaki Anda melangkahkan untuk menghilangkan kepenatan.

Baca Juga :  4 Wisata kuliner Jogja yang murah dan wajib banget kamu kunjungi!

 

Jalan Malioboro
tfamanasek.com

Jalan Malioboro

Siapa  yang  tidak  mengenal  Jalan  Malioboro,  sebuah  tempat  yang  sangat  populer  dan  legendaris  di Yogyakarta. Malioboro adalah sebuah tempat dimana selalu dipadati oleh pengunjung dengan berbagai aktivitas, mulai dari wisata belanja hingga wisata kuliner menjadi satu di tempat ini. Bahkan bisa dibilang Malioboro tidak pernah tidur, karena selalu ada saja kegiatan dari pagi hingga ke pagi lagi.

Jalan  Malioboro  memiliki  panjang  jalan  2,5 km yang  terbentang  dari  Tugu  Jogjakarta  hingga  ke  kantor pos  Jogjakarta.  Jalan  Malioboro  ini  terletak  tak  jauh  dari  Keraton  yang juga  disebut  sebagai  salah  satu titik imajiner yang  menghubungkan  antara Tugu  Jogja,  keraton  Jogja  dan  gunung  merapi.  Dulu  Jalan Malioboro  hanyalah  sebuah  jalan  sepi  yang  ditumbuhi  oleh pepohonan  asam  di  tepi  jalan  raya,  dan merupakan   akses   jalan hanya   ketika   menuju   ke   Keraton,   benteng Vredeburg   ataupun   ke   Pasar Beringharjo.

Jalan Malioboro2
minews.id

Malioboro memiliki dua versi nama yang berbeda, versi pertama mengatakan bahwa nama Malioboro  berasal  dari  bahasa  Sansekerta  yang  bermakna karangan  bunga,  hal  tersebut  dikarenakan dulu  pada  setiap  acara  hajatan  Keraton  jalan  Malioboro  selalu  dipenuhi  karangan  bunga.  Sedangkan versi kedua nama Malioboro berasal dari nama seorang bangsawan Inggris bernama Marlborough yang pada tahun 1881 hingga 1816 menetap di Jogjakarta.

Awalnya   jalan   Malioboro   memiliki   jalan   dua   arah,   tetapi  karena   kepadatan   lalu   lintas   membuat pemerintah  kota  Yogyakarta  mengubahnya  menjadi  satu  jalur  yang  mengarah  ke  selatan.  Anda  juga akan menemukan hotel tertua dan terbesar di Yogyakarta yaitu Hotel Garuda. Hotel Garuda merupakan hotel berbintang 5 yang letaknya di ujung utara Jalan Malioboro.

Menurut cerita  darimasyarakat, jalan  Malioboro  telah  mengalami  banyak  perubahan,  dulu  Malioboro merupakan  tempat  yang  sangat  cantik dan  nyamankarena  banyak  ditumbuhi  pohon-pohon  seperti Ringin di sekitar Jalan Malioboro. Dari  masa  kemasa Malioboro mengalami  banyak  perubahan,  yang  dulu  awut  awutankarena  dipenuhi pedagang  kaki  lima  dan  parkiran  motor  di  sepanjang  jalan Malioboro yang pada saat  itu  belum dapat perhatian oleh pemerintah daerah kota Jogjakarta.

Tetapi ini setelah Pemerintah Daerah Kota Jogjakarta turun  tangan, Malioboro  terlihat  sangat rapi dan  nyaman setelah  di  fungsikan  pedestrian  di  mana wisatawan dapat berjalan dan beraktivitas di sepanjang jalan Malioboro. Di  area  pedestrian  sangat  terlihat  mewah, karena  dihiasi  marmer  dan  juga  tanaman  hijau  di  sepanjang pinggir  Jalan  Malioboro.  Kawasan  ini  pun  disusun  sedemikian  rupa  sebagai  kawasan  wisata,  didukung dengan  tersedianya  banyak  ditemukandudukandi  sepanjang  jalan.

Jalan Malioboro3
quizly.id

Biasanya  pada  malam  hari  tempat duduk  di  Jalan  Malioboro  ini  akan  dipenuhi  oleh  para  pengunjung  sembari  melihat  suasana  Malioboro dengan ciri khas yang sangat kental dengan kota Jogjakarta, apalagi desain lampu jalan yang sangat khas Jawa dengan cahaya kuning yang menimbulkan kesan romantis. Jika anda ingin membeli oleh-oleh, maka anda dapat menemukan banyak sekali penjajacenderamata di sepanjang  Jalan  Malioboro,tetapi  jika  ingin membeli barang  yang  berkualitas maka  juga  tersedia  toko-toko  yang  juga  ada  di  sepanjang  Jalan  Malioboro.

Di  Jalan  Margo  Utomo  dan  Margomulyo  pun  anda tidak   akan merasa   bosan karena   anda   dapat   menjumpai   seniman-seniman   yang   unjuk   gigi mempertontonkan  kebisaanyang  mereka  miliki  seperti  instalasi  patung.  Ada  juga musisi  jalanan yang akan melantunkan lagu sambil memainkan angklung, gitar, dan gendang yang dengan senang  hati akan menghibur anda. Kini   kawasan   Malioboro   telah   berubah   menjadi   pusat   kawasan   wisata   di   kota   Jogjakarta   yang sebelumnya  dulu  adalah  pusat perdagangan.  Oleh  karena  itu,kini  Malioboro  semakin  dikembangkan menjadi  lebih  cantik  agar  wisatawan  yang  berkunjung  akan  memberikan  kesan  yang  tidak  terlupakan sepanjang waktu.

 

Museum Benteng Vredeburg
idetrips.com

Museum Benteng Vredeburg

Benteng  Vredeburg  adalah  salah  satu  museum  peninggalan  dari  zaman  Belanda  yang  cukup  populer  di Jogja,  karena  museum  ini  memiliki  sejarah  yang  cukup  panjang  yang  hingga  saat  ini  masih  bertahan. Barang-barang  museum  Benteng  Vredeburg  ada berbagai macam  karya  seni  berbagai  patung,  dan juga senjata peninggalan Belanda.

Museum Benteng Vredeburg didirikan di tahun 1760 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I, karena diminta oleh pihak Belanda melalui Gubernur dari direktur pantai utara Jawa yang dipimpin oleh kepemimpinan Nikolas Harting. Dengan tujuan untuk menjaga keamanan Keraton dan sekitarnya, tetapi ternyata tujuan itu  di  putar  balikkan  yaitu  untuk  memudahkan  dan  mengontrol  perkembangan  yang  terjadi  di  dalam Keraton.

Awalnya  museum  Benteng  Vredeburg  dibangun  masih   sangat   sederhana,  hanya  berupa bangunan  tembok  yang  terbuat  dari  tanah  serta  diperkuat dengan tiang  penjaga  yang  terbuat  dari pohon kelapa dan aren.

Pada  tahun  2014  Dinas  Kebudayaan  Daerah  Istimewa  Yogyakarta  menerbitkan  sebuah  buku  tentang koleksi yang dimiliki oleh museum Benteng Vredeburg yang sangat diunggulkan antara lain adalah, Diorama  pelantikan  Sudirman  sebagai  Panglima  Besar  TNI  yang  memperlihatkan  situasi  pantai  saat dilantik menjadi Panglima TNI oleh Presiden Soekarno di Gedung Agung Yogyakarta Indonesia Mini drama kongres Budi Utomo yang berlatar tempat di kweekschool Jogjakarta yang kini menjadi SMA 11 di Jalan A M Sangaji.

Museum Benteng Vredeburg2
kebudayaan.kemdikbud.go.id

Dan tahun 1908 organisasi Budi Utomo Mengadakan kongres di tempat ini. Mesin  ketik  soerjopranoto  yaitu  pemimpin  aksi  mogok  kerja  buruh  pabrik  gula  di  Jogjakarta  yang digunakan untuk menulis ujaran semangat pemogokan tersebut.

Kendil yang pernah digunakan oleh Sudirman ketika tinggal di rumah Ibu Murti Mertoprawiro.

Dokumen Sutomo  yang  berisi  tentang  daftar  alamat  kantor  kementrian  saat  di  Jakarta  masih  menjadi ibukota Republik Indonesia.

Bangku  militer  Academy  yang dulu  dipakai  oleh  para  siswa  MA  atau  Militer  Academy  di  tahun  1945-1950 dan kini gedung ini menjadi SMA Bopkri 1 Yogyakarta.

Baca Juga :  Tempat Rekreasi di Magelang dengan Pemandangan yang Memukau dan Sayang Jika Dilewatkan!

 

Taman Sari Jogja
tour-yogyakarta.com

Taman Sari Jogja

Tamansari  adalah  sebuah  lokasi  yang  memiliki  banyak  sekali  peninggalan  sejarah  masa lampau yang kerap  dimanfaatkan  sebagai  tempat  wisata  edukasi.  Jogjakarta  adalah  salah  satu  pusat  perkembangan budaya  Jawa  di  daerah  Pasifik,sehingga penjajahan dimulai  di abad ke-3  hingga awal  abad  20. Dengan perjalanan panjang sejarah itulah Jogja memiliki banyak sekali peninggalan bersejarah seperti museum,istana,alun-alun dan lain-lain.

Taman Sari Yogyakarta adalah salah satu bangunan yang dimiliki Kesultanan Yogyakarta yang fungsinya sebagai  destinasi wisata.  Tetapi meskipun  kini  telah  difungsikan  sebagai tempat wisata, Tamansari juga masih digunakan sebagai tempat ritual oleh keluarga raja pada waktu-waktu tertentu. Bangunan  Taman  Sari  memiliki  bentuk  bangunan  Jawa  yang  menjadi  daya  tarik,meskipun  Tamansari tidak  dalam  kondisi  utuh  tetapi  masih  tetap  berfungsi  sebagai  taman Kesultanan  Yogyakarta  dan  tetap memancarkan aura keindahan dari bangunan-bangunan tersebut.

Perbedaan   gaya   arsitektur   tersebut   membuat   pengunjung   menikmatipemandanganyang   sangat berbeda  dibandingkan  dengan  istana  Keraton.  Pada  zaman  dulu  Taman  Sari  tak  hanya  sebagai  taman rekreasi,tetapi  juga  dijadikan  sebagai  benteng  pertahanan  yang  dibuktikan  dari  tembok mesjidyang memiliki ketebalan hingga 125 cm.

 

Tugu Jogja
2.bp.blogspot.com

Tugu Jogja

Sebuah  pepatah  yang  cukup  populer mengatakan bahwa,jika  mengunjungi  Jogja  tidak  akan  terasa lengkap  tanpa  mengunjungi Tugu Jogja,  dan  nampaknya pepatah itu  memang  dapat  dirasakan  karena pada  malam  hari  tiba  para  wisatawan  banyak  berkumpul  dari  luar  daerah  untuk menyempatkan  diri mengunjungi  Tugu Jogja  yang  letaknya  berada  di  pusat  Jogja.

Tugu  Jogja  memiliki  ukuran  yang  tidak sebesar Monas, tetapimerupakan Monumen Central di Jogjakarta. Tugu Jogja memiliki bentuk yang cukup sederhana  dan melambangkan  tugu yang  benar-benar memiliki ciri khas Jogja, arsitekturnya sangat sesuai dengan budaya Jawa yang kental akan seni. Dibalik Tugu ini menyimpan cerita bersejarah yang cukup menarik, di mana Tugu Jogja dulunya berbentuk tidak seperti yang  ada  saat  ini.

Sebelumnya  Tugu  Jogja  memiliki  ketinggian  sekitar  25  M  dengan  puncaknya  yang berbentuk bulat,dan Monumen ini pun yang disebut denganGulung  Giling dengan bentuk tiang silinder dengan  puncak  yang  bulat.  Letak  Jogja  yang  berada  di  tepi  Samudra  Hindia  menyebabkan  sering mengalami  gempa  bumi,  dan  hal  itu  membuat  Tugu  Jogja  roboh  karena  tidak  dapat  menahan  getaran gempa yang cukup kencang di Yogyakarta, tepatnya pada tanggal 10 Juni 1867.

Tugu Jogja2
4.bp.blogspot.com

Karena tugu yang  telah hancur  maka  dengan  diprakarsai  oleh  pemerintah  Hindia  Belanda  dan  Keraton Yogyakarta, Tugu  ini mulai  direnovasi  kembali  di  tahun  1889  dengan  bentuk  yang  berbeda  yaitu  seperti  yang  nampak  pada saat ini. Tugu Jogja di  malam  hari selalu dipadati oleh  para wisatawan  yang datang  untuk menikmati keindahan sekitar, karena mereka menyadari bahwa sangat menyenangkan menghabiskan malam di Tugu Jogja ini.

Kini  kawasan  sekitar  Tugu  Jogja telah  tertata  dengan  rapi  dengan  tambahan monumen  baru sebelah tenggara  sebagai pelengkap kawasan Tugu Yogyakarta.  Munculnya monumen  seolah menegaskan Tugu sebagai filosofi garis lurus imajiner antara Gunung Merapi, Keraton Yogyakarta dan pantai laut selatan. Bantul  juga  memiliki  beberapa  objek  wisata  yang  cukup  menarik  perhatian  wisatawan,  terutama  bagi mereka  yang  ingin  menambah  koleksinya  di  Instagram  pribadi  mereka.

 

Bantul  memang  sebuah  kota  di Jogjakarta yang identik dengan wisata pantai dan kerajinan kulitnya ini juga memiliki beberapa destinasi wisata  yang  cukup  instagrammable,  sebagai  contoh  wisata  kekinian  adalah  perbukitan  hingga  taman taman  bunga  yang  cantik  yang  mampu  mempercantik  hasil  jepretan  kamera  Anda. Jika  anda  mencari objek wisata yang dapat dijangkau hanya dalam waktu 1 hari maka, berikut ini adalah salah satu tempat wisata di Bantul Yogyakarta yang memang terkenal dengan wisatanya.

 

Gumuk pasir Parangkusumo 1
dl.kaskus.id

Gumuk pasir Parangkusumo

Gumuk pasir Parangkusumo adalah sebuah gundukan pasiryang terletak di dekat pantai dan terbentuk secara  alami  dalam  waktu  yang  cukup  lama.  Yang  membuat  istimewa  adalah objek  wisata  seperti  inihanya  terdapat  dua  di  dunia  yaitu  di  Meksiko  dan  di  Pantai  Parangkusumo  Bantul  Jogjakarta.

Gumuk pasir  Parangkusumo ini  merupakan  fenomena  alam  yang  cukup  langka  yang  kini  menjadi  destinasi wisata, karena saat anda berkunjung ke gumuk pasir Parangkusumo ini anda akan merasa seperti berada di padang pasir yang sangat luas di mana hanya terdapat di belahan bumi timur tengah. Keberadaan gumuk pasir Parangkusumo erat kaitannya dengan adanya gunung Merapi di sebelah utara Kota  Jogjakarta, sedangkan  gumukpasir  Parangkusumo  berada  di  daerah  selatan  Kota  Jogjakarta.

Ternyata  akibatnya  karena  zaman  dahulu  Gunung  Merapi  meletus dengan  kekuatan yang  membuat pasir  ataupun debu itu  tersebar  di  seluruh  pelosok  Yogyakarta.  Karena  Gunung  Merapi  berada  di sebelah  utara  dengan  keadaan  tanah  yang  lebih  tinggi, muatan  vulkanik  tersebut  terbawa  oleh  hujan dan aliran sungai dan berhenti di Pantai Selatan.

Gumuk pasir Parangkusumo2
smailingexpress.com

Setelah sampai di Pantai Selatan pasir vulkanik beradu dengan  ombak  Pantai  Selatan  sehingga  menghasilkan partikel  partikel  yangakhirnya  terbawa  angin menuju  ke  daerah  sekarang  gemuk  pasir  Parangkusumo berada.  Kejadian  fenomena  alam  tersebut memakan waktu cukup lama yang bahkan hingga saat ini.

Pemandangan yang tersaji di gumuk pasir Parangkusumo sangat menakjubkan, tak hanya pemandangan keren pasir saja yang dapat anda nikmati karena gumuk pasir Parangkusumo ini terletak di antara pantai Parangtritis  yang  merupakan icon pantai  Jogjakarta  dan Pantai  Parangkusumo  serta Pantai  Depok  yang memiliki keistimewaan dengan olahan seafood nya yang dapat menggugah selera anda.

Selain  itu,  Anda  juga  akan  menemukan  wisata  lain  di  Bantul  lainnya  seperti Persawahan  Sukorame  di Dlingo,  Hutan  Pinus  Pengger  di  Dlingo,  Amazonya  Bantul, Bukit  Panguk  Kediwung  Dlingo,  Pintu  Langit Dharomo, Taman Tempuran Cikal Piyungan, adalah contoh beberapa objek wisata Bantul yang letaknya cukup  berdekatan  dimana  Anda  dapat  memanfaatkan  waktu  satu  hari  untuk  dapat  menikmati  wisata tersebut. Terutama bagi Anda yang tidak memiliki waktu banyak untuk dapat menikmati liburan.

Check Also

pesona lokal indonesia yang mendunia

3 Pesona Wisata Lokal Yang Mendunia Hingga Saat Ini

Jika ingin wisata Anda menyenangkan sebenarnya tak perlu harus ke luar negeri untuk mencari keindahan …