Home / Bali / 4 Objek Wisata Keluarga Yang Wajib di Kunjungi Di Pulau Bali
objek wisata dibali
image source: travleocity.com

4 Objek Wisata Keluarga Yang Wajib di Kunjungi Di Pulau Bali

Travelling ke Pulau Bali tentu merupakan impian setiap orang yang tahu atau bahkan ingin tahu tentang keindahan Bali yang dimiliki, terlebih Bali memiliki tempat wisata alam yang kebanyakan masih terjaga keasriannya. Untuk berlibur ke Bali banyak sekali kendala-kendalanya untuk menghindarinya, berikut ini adalah saran wisata Bali agar liburan dapat dinikmati dengan berbagai kemudahan.

Tips berikut khusus untuk wisatawan Indonesia yang yang berkunjung ke Bali,

  1. Waktu terbaik liburan ke Bali

Untuk berlibur ke Bali kita memiliki dua kriteria

  • Tunda liburan jika musim hujan

Sebenarnya sepanjang tahun adalah waktu yang tepat untuk berlibur ke Pulau Bali, sedikit saran sebaiknya tunda liburan Anda jika musim penghujan di Bali. Bulan April hingga September adalah musim kemarau yang sangat jarang sekali terjadi hujan di Bali, namun resiko yang harus dihadapi berlibur di musim kemarau adalah kulit akan berubah warna menjadi lebih gelap karena terpapar sinar matahari, sebaiknya tidak lupa untuk menggunakan sunblock guna mengurangi kulit terbakar sinar matahari.

  • Jangan memilih berlibur di musim ramai

Mengapa kita harus menghindari berlibur ke Bali saat musim ramai? Hal itu disebabkan  musim ramai di Bali sudah pasti hampir semua tiket liburan ke bali  menjadi meningkat seperti harga tiket pesawat, harga hotel, sewa mobil dan lain-lain yang bisa mencapai kisaran 25% hingga 40%. High season di Bali biasanya terjadi pada musim liburan sekolah sekitar bulan Juni hingga Juli atau bulan Agustus yang merupakan liburan warga negara asing, musim liburan Natal dan Tahun Baru kisaran bulan Desember hingga awal Januari juga merupakan high season di Bali yang akan terjadi kenaikan harga. Selain masalah harga yang naik, kemacetan juga sering terjadi di sangat padat di musim high season, terutama di daerah wisata Bali Selatan yang sangat banyak digemari oleh wisatawan. Jadi jika anda menginginkan liburan yang santai, murah, dan benar-benar dinikmati maka hindarilah untuk berlibur di musim high season.

  1. Lokasi penginapan

Pilihlah lokasi penginapan dengan daerah tujuan anda berlibur di Bali, guna menghemat pengeluaran. Wisatawan biasanya lebih memilih Bali bagian Selatan yang terkenal yaitu wisata Kuta. Kriteria kebutuhan dan budget masing-masing oleh karena itu memilih tempat menginap juga akan berpengaruh. Di objek wisata Kuta tersedia banyak hotel murah yang juga mewah yang bisa anda sesuaikan dengan budget yang anda miliki.

  • Memilih hotel murah di Kuta

Anda ingin menghemat budget sehingga memilih tempat menginap dengan harga di bawah Rp300.000, maka carilah di sekitar Jalan Three Brothers, Gang Poppies 1 dan 2, Gang Puspa Ayu, Jalan Raya Tuban atau jalan Bakung sari. Tak hanya itu, ada juga harga yang lebih murah lagi yang berlokasi di Gang kecil di Jalan Raya Tuban dan Jalan Raya Kuta, kita akan banyak menemukan hotel-hotel dengan harga yang jauh lebih murah.

  • Penginapan mewah di Kuta

Jika anda memiliki budget yang lebih banyak dan tidak ingin tinggal di hotel yang murah, maka anda dapat memilih menginap di hotel mewah yang ada di Kuta yang banyak sekali terdapat di daerah pinggir jalan Pantai Kuta serta pantai Legian. Cara terbaik untuk mencari tempat menginap di Bali dengan cara browsing lewat search engine Google.

  • Penginapan sunyi

Tidak semua orang menyukai keramaian dan bagi Anda yang menginginkan tempat yang sunyi dari keramaian, maka anda dapat memilih tempat wisata Sanur dan objek wisata Nusa Dua yang memang memiliki suasana yang lebih tenang daripada wisata-wisata Kuta. Di daerah Sanur dan Nusa Dua Bali juga terdapat hotel yang letaknya tepat di tepi pantai beralaskan pasir putih. Biasanya Hotel yang berada di tepi pantai memiliki harga yang lebih mahal daripada ada yang jauh dari tepi pantai. Wisata Ubud Kabupaten Gianyar juga bisa dijadikan pilihan untuk mengistirahatkan diri, ubud juga memiliki wisata yang masih alami yang terdapat pemandangan sawah dan juga sungai. Tetapi sayangnya wisata Ubud Bali tidak memiliki pantai seperti yang ada di Kuta, Sanur dan Nusa Dua. Kabupaten Gianyar juga patut untuk dikunjungi saat ke pulau dewata karena memiliki beraneka ragam tempat wisata yang menarik seperti Taman Safari, wisata budaya, kebun binatang, sawah dan juga aktivitas olahraga air seperti Ayung rafting.

  • Penginapan di Bali Utara

Bali juga memiliki wisata Bali Utara yang berada di Kabupaten Buleleng dengan pantai yang bernama pantai Lovina. Penginapan yang ada di daerah Lovina memiliki harga yang lebih murah ketimbang harga penginapan di daerah Bali Selatan, tetapi memiliki lokasi yang berjauhan dari airport yang menempuh waktu hingga 3 jam.

  • Penginapan di Bali Timur

Di wisata Bali Timur ada penginapan yang murah dan juga hotel mewah yang sebagian besar lokasi hotel berada di kawasan wisata Candidasa yang memiliki pantai yang tidak terlalu ramai dikunjungi wisatawan.

  1. Sarana transportasi untuk berlibur

Sesampai di Bali tentu saja anda ingin berkeliling wisata-wisata yang ada di Bali dan tentu saja membutuhkan sarana transportasi untuk menuju ke tempat tujuan anda. Sarana transportasi sebaiknya memilih jasa rental mobil di Bali, karena di Pulau Bali tidak tidak banyak transportasi umum hanya taksi dan bus Trans sarbagita yang memiliki rute terbatas. Harga 1 buah mobil mulai dari Rp190.000/24 jam lepas kunci atau tanpa sopir. Sebaiknya untuk memesan mobil rental 1 bulan lebih awal, karena saat musim ramai di Bali banyak  rental yang kehabisan mobil untuk disewakan, seandainya ada pun mungkin dengan harga yang lebih mahal.

  1. Tiket masuk wisata Bali

Tujuan berlibur pasti akan mengunjungi tempat wisata yang ada di Pulau Bali, sebaiknya mengetahui daftar harga tiket masuk ke tempat wisata di Pulau Bali terlebih dahulu agar dapat mengatur budget liburan.

  1. Wisata Bali gratis

Jika memang ingin menghemat budget liburan maka anda dapat mencari wisata gratis yang ada di Bali meskipun tidak banyak lagi ditemukan.

  1. Kegiatan seru di Bali

Berwisata akan lebih seru jika tidak hanya mengunjungi saja tetapi dapat melakukan kegiatan seru saat liburan di Bali. Ada beberapa kegiatan seru yang dapat dilakukan di Bali, seperti watersport Tanjung Benoa, rafting di Sungai Ayung Ubud ataupun Sungai Telaga Waja.

  1. Wisata kuliner di Bali

Wisata kuliner di Bali wajib untuk diketahui, menginginkan makanan mewah, murah, makanan khas Indonesia, makanan khas Bali ataupun asing akan dengan mudah didapatkan.i Bali yang sangat menarik untuk di kunjungi bersama keluarga mengahbiskan liburan.

Baca Juga :  10 Wisata Pantai Terbaik Dan Terindah Di Pulau Dewata Bali

 

4 Tujuan Wisata Keluarga Yang Wajib diKunjungi

Setelah mengatahui saran atau tips liburan di Bali, berikut ini adalah tempat wisata di Bali yang sangat menarik untuk di kunjungi bersama keluarga menghbiskan liburan.

 

Bali Bird Park Gianyar
image source:
wandernesia.com
  1. Bali Bird Park Gianyar

Bali Bird Park Gianyar merupakan salah satu wisata menarik yang patut untuk dikunjungi, banyak sekali jenis burung yang ada ada di Taman Burung Bali ini kurang lebih 1000 jenis unggas dari 250 spesies  dipelihara di Taman Burung Bali ini seperti merpati,  bangau, Kakak Tua, pelikan, kasuari,  cendrawasih, dan masih banyak lagi. Bali Bird Park dibangun kurang lebih 20 tahun yang lalu pada bulan Oktober 1995 yang merupakan taman burung terbesar di Indonesia dan dibangun diatas lahan 2 hektar yang dihuni oleh berbagai macam koleksi burung lokal maupun mancanegara. Taman burung bali cocok dijadikan tempat untuk berlibur keluarga, karena juga dapat sekaligus menambah pengetahuan bagi anak-anak. Terdapat juga beberapa burung yang sangat langka keberadaannya yaitu burung Jalak Bali. Saat musim liburan sekolah dan hari raya Lebaran merupakan kunjungan yang paling padat hingga mencapai 300 hingga 400 orang. Bagi Anda yang ingin berencana untuk mengunjungi Bali Bird Park Gianyar wajib untuk mengetahui harga tiket  Bali Bird Park, dan harga tiket masuk bali Bird Park terbagi 3 kategori yaitu,

  • dewasa rp 140.000
  • anak-anak 2 tahun hingga 12 tahun rp75.000
  • bayi dibawah 2 tahun tidak dipungut biaya sama sekali.

Fasilitas yang ada di Bali Bird Park antara lain terdapat restoran dan cafe yang menjual berbagai macam makanan dan juga minuman, ada juga toko yang menjual cenderamata bernuansa unggas dengan harga yang cukup terjangkau. Bagi anak anak pasti akan mampir untuk membeli cenderamata sebagai kenang kenangan dari Bali Bird Park.

 

Bali Safari Marine Park
image source:
wandernesia.com
  1. Bali Safari Marine Park

Bali Safari Marine Park adalah destinasi liburan di Bali berikutnya, karena di tempat wisata ini tersedia berbagai fasilitas yang akan memberikan pengalaman Safari yang menyenangkan untuk Anda dan juga anak anda. Di Taman Safari Bali disediakan tempat untuk satwa liar di habitat aslinya yang dibangun dengan perpaduan kebudayaan masyarakat Bali. Safari Bali dikelola oleh Taman Safari Indonesia yang memang ahli dalam konservasi binatang serta penyelenggaraan eksibisi dan pertunjukan binatang yang sudah cukup populer.

Terdapat berbagai jenis satwa langka yang habitat aslinya ada di tiga negara yaitu Indonesia sebagai tuan rumah, India dan juga Afrika, memiliki 60 spesies serta 400 ekor satwa langka yang berasal dari Indonesia antara lain tapir, buaya, babi rusa, jalak putih, burung hantu, dan juga ada harimau sumatera. Sedangkan yang berasal dari Negara India antara lain beruang Himalaya, nilgai dan black buck, dan rusa tutul. Dari Afrika memiliki kuda nil, burung unta, singa, babbon, zebra dan blue Wilddebeest. Dibangun di atas areal seluas 40 hektar di kawasan Bali Safari Marine Park adalah salah satu dari 3 kebun binatang yang terdapat di Indonesia, terletak di 3 desa di Kabupaten Gianyar Bali yaitu Desa Lebih, Desa Serongga dan Desa Medahan. Untuk menuju ke Taman Safari Bali memiliki jarak 17 km ke arah timur kota Denpasar atau sekitar 1 jam perjalanan dimulai dari bandara Ngurah Rai.

Baca Juga :  17 Tempat Wisata Populer Tahun 2020 Di Bali

Berkunjung ke Bali Safari and Marine Park sangat cocok untuk anak-anak, karena dapat menikmati beberapa pertunjukan seperti pertunjukkan satwa dan pengetahuan tentang satwa di panggung Hanuman, atraksi gajah di kampung gajah yang juga terdapat Museum Gajah, wisata menaiki gajah dan juga warung gajah. Di tempat wisata ini juga ada atraksi mandi gajah yang ada di taman Ganesha yang juga memiliki patung Ganesha setinggi 9 meter dijadikan pintu masuk menuju Bali teater. Pemandian air suci disebut juga Tirta sulasih, ada juga area pertokoan yang banyak menawarkan barang kerajinan khas Bali dan juga aksesoris berbentuk binatang yang dikenal dengan nama pekan Bali, diadakan juga kelas tari serta memainkan alat musik gamelan Bali di bale banjar.

Safari Marine Park juga memiliki fasilitas  untuk anak-anak di bawah usia 10 tahun yaitu funzone,  yang menyediakan permainan seperti Mary go round, climbing car, dan juga Google go bouncer, yang dikenakan tarif Rp10.000 untuk sekali main. Ada pula hiburan menunggang unta dengan tarif Rp20.000, naik gajah dengan tarif Rp100.000, dan juga berfoto bersama satwa liar dengan tarif Rp20.000 untuk 1 kali foto. Untuk dapat menikmati Taman Wisata Bali Safari Marine Park berikut ini harga tiket Bali Safari and Marine Park 2019,

  • Dewasa atau yang berumur diatas 12 tahun Rp175.000
  • Anak-anak dari usia 3 tahun sampai 12 tahun Rp135.000
  • Bayi di bawah umur 3 tahun tidak dikenakan biaya. Dan Bali Safari Marine Park ini buka dari jam 9 Hingga jam 5 sore pada setiap harinya.
Dreamland Bali
image source:
hotels.com
  1. Dreamland Bali

Dreamland Bali yang terletak di kawasan Bali Selatan juga dapat dikunjungi untuk menghabiskan liburan bersama keluarga. Bali sangat identik dengan tempat wisata pantai, Bali  memiliki banyak sekali objek wisata pantai yang layak untuk dikunjungi terutama Pantai Pasir Putih. Ada tiga Pantai Pasir Putih di Bali yang sangat populer di kalangan wisatawan Indonesia dan salah satunya adalah Dreamland Pecatu.

Pantai Pasir Putih di Pecatu Bali merupakan kawasan pariwisata di Bali yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Objek wisata Pantai Pasir Putih di Bali banyak ditemukan di Nusa Lembongan, Nusa Penida, Nusa Ceningan, dan juga Bali bagian Selatan. Bali bagian selatan memang memiliki banyak sekali pantai pasir yang salah satunya adalah wisata Pecatu Bali, dan salah satu objek wisata pantai pasir putih yang anda temukan di kawasan Pecatu adalah Dreamland beach. Objek wisata Pantai Dreamland atau New Kuta Beach, memiliki pasir putih yang sangat halus, dengan lokasi Pantai yang di kepung tebing dari Karang  membumbung tinggi. Keindahan Pantai Dreamland Pecatu nampak indah jika kita dapat melihatnya dari atas tebing Karang.

Dreamland beach sangat cocok untuk orang yang memiliki hobi surfing karena gelombang ombak Dreamland beach sangat kuat dan besar, berpadu dengan laut yang berwarna jernih. Keberadaan Dreamland yang berada di tempat terpencil membuat pantai ini lebih bersih dibandingkan dengan Pantai Kuta. Pengunjung yang berkunjung ke Dreamland Bali lebih banyak wisata yang berasal dari luar negeri daripada wisatawan yang berasal dari Indonesia karena ombak pantai yang cukup besar biasanya para penggemar olahraga surfing yang kebanyakan adalah wisatawan mancanegara. Kebersihan pantai pun sangat terjaga sehingga memberikan kesan nyaman saat Anda bersantai ataupun duduk dan berbaring di pantai ini.

Untuk dapat menikmati lokasi Dreamland Bali,  Anda tidak akan dipungut tiket masuk dreamland Bali  sepeserpun hanya menyiapkan biaya parkir saja.

 

Twin Hill Bangli
image source:
traveloka.com
  1. Twin Hill Bangli

Orang mengenal Kabupaten Bangli dengan wisata panelokan yang ada di Kintamani dan desa wisata tradisional Panglipuran, tetapi kabupaten Bangli juga memiliki wisata alam yang berlokasi di Banjar Guliang Kawan, Desa Bunutin Bangli di tengah perbatasan antara Kabupaten Bangli dan Gianyar. Bangli identik dengan hawa sejuk ini memiliki objek wisata Twin Hill yang masih terbilang baru.

Twin Hill memiliki pemandangan yang berbeda dibandingkan dengan objek wisata yang sudah banyak menarik wisatawan. Saat Anda berada di objek wisata Twin Hill kita akan disuguhkan  tempat yang dapat melihat pemandangan alam Pulau Bali yang terkenal eksotis dari puncaknya, serta pandangan mata akan tertuju pada hamparan sawah, pemukiman warga setempat dan juga laut Bali yang terlihat dari atas bukit Twin Hill.

Sejarah sebutan Twin Hill adalah berasal dari masyarakat setempat, karena lokasinya tidak jauh dari Bukit Jati dan jika dilihat lebih mirip seperti Bukit kembar. Twin Hill mulai ramai dikunjungi wisatawan lokal ataupun wisatawan dari luar daerah di awal tahun 2018, di sini juga menyediakan sejumlah bendera dan capil warna-warni di beberapa tempat yang berfungsi untuk selfie bagi para wisatawan, selain itu juga terdapat beberapa pernak-pernik yang berbahan baku dari bambu yang berfungsi membuat pengunjung merasa nyaman setelah menikmati pemandangan Twin Hill. Untuk berlibur ke Twin Hill tidak perlu menyiapkan budget yang tinggi karena kita tidak dipungut biaya yang tinggi cukup dengan rp5000 Anda sudah dapat menikmati keindahan pemandangan alam di bukit Twin Hill Bangli.

Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba ya.

Check Also

View Sulawesi Utara

Wisata Bahari Sulawesi Utara Yang Menakjubkan

Sulawesi Utara dikenal daerah yang memiliki keindahan alam malam pesisir serta pemandangan bawah lautnya,  tetapi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *