Kamu Harus Tahu! Inilah 4 Wisata Sejarah di Malang yang Sangat Menarik Untuk Dikunjungi!

Berkunjung  ke  Malang   memang   menjadi  pengalaman  menyenangkan   yang  tidak  akanpernah terlupakan.  Bagaimana  tidak?  Di  Malang  kamu  bisa  menemukan  banyak  tempat  wisata  dengan konsep  yang  unik  dan  beragam.  Nah  salah  satu  wisata  di  Malang  yang  menyita  perhatian  banyak orang  ialah  wisata  sejarahnya.

Mungkin  belum  banyak  orang  yang  mengetahui  bahwa  Malang  juga memiliki  wisata  sejarah.  Kebanyakan  orang  yang    berkunjung  ke  Malang  hanya  mengetahui  tempat wisata alamnya saja. Padahal wisata sejaranya juga tidak kalah menarik dari wisata alamnya saja lho! Dan bagusnya lagi, selain bisa berliburkita juga bisa sambil belajar banyak hal tentang sejarah. Seru banget kan? Nah di pembahasan berikut akan dijelaskan wisata sejarah yang ada di Malang.

1.Candi Singosari

Jika Magelang punya Candi Borobodur, Klaten punya Candi Prambanan,  Blitar punya CandiPenataran, maka Malang punya Candi Singosari. Tak mau kalah dengan candi lainnya, Candi Singosari  ini  juga  termasuk tempat  bersejarah  di  Jawa  Timuryang  terkenal  lho!Candi Singosari  merupakan  sebuah  bangunan  peninggalan  zaman  Kerajaan  Singosaribercorak Hindu-Budha.

Candi ini terletak di suatu kawasan yang memiliki luas area mencapai 200 m x 400 meter. Nah  yang cukup unik dari Candi Singosari ialah bentuk bangunannya  yang mirip dengan  menara  sehingga  sering  disebut  dengan  Candi  Menara  atau  Candi  Cungkup. Menara inilah  yang  menjadikan  Candi  Singosari  lebih  tinggi  dari  candi  yang  ada  di  sekelilingnya.

Sayangnya, candi-candi  yang ada di sekelilingnya kini telah hilang.Mesikpun begitu, wisata sejarah yang satu ini cocok banget untuk mengisi waktu liburanmu.

a.Sejarah Candi Singosari

Pada   awal   abad   ke-14   yang   bertetapatan   dengan   upacara   sraddha   yaitu   upacara peringatan  12  tahun  wafatnya  raja  Singosari  terakhir  tepatnya  pada  1292M.  Nama  raja tersebut ialah Kertanegara yang memerintah memeritah pada tahun 1268-1292 M.per  orang.    Nah  terkait  jam  buka,  Candi  Singosari  buka  setiap  hari  mulai  pukul  07.30 hingga pukul 16.00.

b.Fasilitas yang Tersedia

Dari tahun ke tahun, Candi Singosari berhasil menghadirkan fasilitas yang cukup nyaman digunakan pengunjung. diantaranyaada area parkir, mushola, toilet, gazebo, dan warung makan.

c.Lokasi Candi Singosari

Candi  Singosari  berlokasi  di  Jalan  Kertanegara.  No.148,  Desa  Candirenggo,  Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur.  Jika dari pusat kota Malang, candi ini dapatditempuh  dengan  jarak  sekitar  11  km.  Sedangkan  jika  dari  jalan  raya  Malang-Surabaya hanya  berjarak  500  meter  saja.  Letak  candi  ini  lumayan  startegis  karena  berada  pada lembah  diantara  dua  pegunungan  Tengger  dan  Gunung  Arjuna  tepatnya  di  ketinggian 513 mdpl.  Nah  kalau  kamu  masih  bingung  dengan  lokasi  Candi  Singosari,  kamu  bisa menggunakan aplikasi Goole Maps.

d.Tarif Masuk dan Jam Buka Candi Singosari

Untuk bisa masuk ke kompleks Candi Singosari, pengunjung tidak dikenakan biaya alias gratis. Namun kebanyakanpengunjung membayar secara sukarela yaitu sebesar Rp5.000.

 

2.Museum Angkut

Berbeda dari museum pada umumnya, Museum Angkut di Malang menyajikan konsep yang unik dan menarik untuk dikunjungi. Di Museum Angkut kamu bisa melihat berbagai macam sarana  transportasi  yang  ada  di  Indonesia.  Selain  transportasi  Indonesia, museum  ini  juga memamerkan beragam  transportasi  yang  ada  di  luar  negeri.

Transportasi  yang  dipamerkan pun  banyak  jenisnya,  mulai  dari  yang  paling  kuno  (antik)  sampai  yang  keluaran  terbaru (modern). Secara  keseluruhan,  ada  sekitar  300  lebih  koleksi  mobil  yang  dipamerkan  disini.  Selain  berlibur,  kamu    juga  akan    mendapat  pengetahuan  mengenai  jenis  transportasi  yang mungkin  belum  kamu  ketahui  sebelumnya. Nah  di  bawah  ini  akan  dibahas  lebih  lanjut mengenai Museum Angkut Malang.

a.Zona yang Ada di Museum Angkut

Dengan  luas  total  sekitar  3,8  hektar,  Museum  Angkut  memiliki  beberapa  zona  yang masing-masingnya memiliki daya tarik yang unik.

Ruangan Utama

Ketika   pertama   masuk   ke   Museum   Angkut,   kamu   akanlangsung   menemukan ruangan  utama  yang  didalamnya  menyuguhkan  koleksi-koleksi  transportasi  dari beberapa negara.

Sunda Kelapa dan Batavia

Dilihat  dari  nama  zonanya,  kita  sudah  bisa  tahu  kalau  zona  ini  memamerkan  replika yang  didesain  serupa  dengan  pelabuhan  Sunda  Kelapa  tempo  dulu lengkap  dengan miniature kapal-kapal. Di  zona  ini  kamu  dapat  melihat  langsung  perkembangan pelabuhan Sunda Kelapa dan Batavia dari waktu ke waktu lho! selain miniatur kapal, di  kawasan  ini  kamu  akan  menemukan  toko-toko  yang  namanya  menggunakan bahasa Belanda.

Uni Eropa

Zona  yang  satu  ini  bertemakan  4  negara  maju  di  Eropa  yaitu  Jerman,  Inggris, Perancis, dan Italia. Zona Uni Eropa menyajikan beragam koleksi mobil-mobil antik, diantaranya  ada  mobil  bertipe  Land  Rover  yang  pernah  digunakan  Ratu  Elizabeth. Selain itu, terdapat juga miniatur Istana Buckingham tepat Ratu Elizabeth tinggal.

Zona Gangstar Town & Broadway Street

Pada  zona  ini  kamu  bisa  berkesempatan  langsung    melihat  pameran  museum  yang didesain mirip dengan film gangster Amerika.

Edukasi

Nah bagi kamu  yang  membawa anak-anak,  mampir ke  zona ini  merupakan hal  yang tepat.   Dengan   nuansa   ruangan   yang   bewarna-warni,   penyampaian   informasi mengenai transportasi akan terasa lebih menyenangkan.

Las Vegas

Tak perlu jauh-jauh ke AmerikaSerikat untuk bisa berkunjung ke Las Vegas, karena di zona ini kamu bisa   menikmati  Las  vegas dengan  melihat kendaraan glamor  yang keluar masuk di zona ini.

Hollywood

Bagi  kamu  penggemar  film-film  box  office  asal  Amerika,  berkunjung  ke  zona  ini akan menjadi pengalaman yang seru. Pasalnya disini kamu bisa melihat mobil-mobil dari  film  box  office  seperti  mobil  yang  digunakan  karakter  Batman  dalam  filmnya. Terdapat juga patung Hulk mengamuk yang terlihat sedang menginjak mobil.

Pelatihan Penerbangan

Berbeda dari  zona-zona  sebelumnya,  di  zona  ini  kamu  bisa  belajar  menjadi  pilot. Zona ini sudah dilengkapi ruang kokpit pesawat yang dibuat semirip mungkin dengan pesawat  asli.  Nah  untuk  bisa  belajar  menjadi  pilot,  kamu  sudah  harus  membeli  tiket terlebih dahulu.

Zona Pasar Apung

Pasar Apung merupakan zona terkahir yang bisa kamu temukan di Museum Angkut. Di zona ini kamu bisa  menaiki perahhu kemudian berkeliling pasar untuk berbelanja aneka souvenir yang bisa dijadikan oleh-oleh.

b.Fasilitas yang Ada di Museum Angkut

Beragam  fasilitas  di  Museum  Angkut  bisa  kamu  nikmati  diantaranya  adalahan  parkir yang  luas,shuttel  car,  lift,  charging  station,  ATM  center,  food  court, mushola,  toilet, loker, pusat informasi, hingga smoking area.

c.Lokasi Museum Angkut

Museum Angkut berlokasi di Jalan Terusan Sultan Agung Atas No.2, Kota Batu, Malang, Jawa  Timur. Lokasinya  sangat  strategis  karena  berada  di  pusat  kota  Batu,  tepatnya  di ujung  jalan  raya  yang  bernama  Jalan  kembar.  Tempatnya  juga  berdekatan  dengan  objek wisata Malang lainnya, yaitu Jatim Park

Baca Juga :  7 Destinasi Wisata Negeri Diatas Awan Dieng Jawa Tengah yang Menarik Untuk Dikunjungi!

d.Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Museum Angkut

Harga  tiket  masuk  ke  Museum  Angkut  pada  hari  biasa  ialah  Rp70.000  per  orang, sedangkan  pada  hari  libur  ialah  Rp1000.000  per  orang. Nah  bagi  pengunjung  yang membawa kamera pribadi, akandikenakan biaya tambahan sebesar Rp30.000 per kamera. Perlu diketahui harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. Terkait jam buka, Museum Angkut buka mulai pukul 12.00-20.00 WIB.

3.Museum Satwa

Liburan ke Malang rasanya  kurang lengkap alau kamu belum mampir ke Jawa Timur Park 2. Nah  di  Jawa  Timur  Park  2  ini,  terdapat  salah  satu  tempat  wisata  sejarah  yang  wajib  banget kamu kunjungi. Tempat tersebut bernama Museum Satwa. Museum ini menghadirkan koleksi satwa-satwa dalam bentuk fosil purba yang telah diawetkan. Satwa-satwa tersebut berasal dari banyak  tempat,  ada  yang  dari  benua  Asia,  Australia,  Eropa,  Amerika,  Afrika,  Artik,  hingga benua Antartika.

a.Zona Menarik di Museum Satwa

Di Museum Satwa Malang ini kamu akan menemukan banyak sekali hal menarik. Ada apa saja kah itu? Berikut penjelasannya.

1.Galeri Fosil

Di tempat ini kamu akan  menemukan beberapa koleksi fosil satwa purba  yang telah lama  punah.  Ada  replika  Mammoth,  Tyrannosaurus-Rex,  Dinosaurus,  dan  masih banyak lagi.Disetiap fosil hewan juga diberikan informasi terkait nama satwa, jenis makanannya, pola hidupnya, cara berburunya, dan sebagainya.

2.Insektarium

Bagi  kamu  yang  penasaran  dengan  koleksi  serangga  yang  ada  di  belahan  dunia, segeralah berkunjung ke spot menarik yang satu ini. Di tempat ini kamu bisa melihat berbagai  macam  jenis  serangga  yang  telah  diawetkan.  Penempatan  masing-masing serangga   disini   diseusaikan   beradasarkan   negara   tempat   serangga   berasal   agar pengunjung lebih mudah dalam memahami dan mempelajarinya. Jenis serangga yang dipamerkan  mulai  dari  kupu-kupu,  kumbang,  capung,  semut,  laba-laba,  nyamuk, lalat, jangkrik,dan sebagainya. Bagaimana? seru sekali bukan?

3.Sangkar Raksasa

Saat  kamu  memasuki  pintu  masuk  museum  satwa  liar,  padanganmu  akan  langsung dimanjakan  dengan  kehadiran  sebuah  sangkar  raksasa  dengan  ukuran  yang  tidak biasa. Di dalam sangkar tersebut juga dihiasi beragam burung-burung eksotis dengan berbagai   gaya   yang   sebelumnya   telah   diawetkan. Dikarenakan   unik,   banyak pengunjung  yang  menjadikan sangkar  raksasa  ini  sebagai  spot  berfoto    terfavorit  di Museum Satwa.

4.Pengetahuan Fauna

Di  zona  ini  akan  diajarkan  tentang  berbagai  jenis  fauna  yang  ada  di  seluruh  dunia. Sampai-sampai fauna yang ada di kapal Nabi Nuh pun juga dihadirkan disini lho!

 

5.Pertunjukan Mayapada

Tak  hanya  menyediakan  fasilitas  zona  yang  menyenangkan,  Museum  Satwa  juga menyediakan  fasilitas  pergelaran  pameran  Mayapada.  Pertunjukan  yang  satu  ini sangat  cocok  dihadiri  anak-anak  sebab  menghadirkan  drama  musical  yang  lucu  dan mengasyikan. Pertunjukan ini diadakan setiap hari tepatnya pada jam 12 siang.

b.Fasilitas yang Tersedia

Museum  Satwa  memiliki  fasilitas  yang  sangat  memadai  sehingga  nyaman  digunakan pengunjung.  Fasilitasnya  mulai  dari  lahan  parkir  yang  luas,  mushola,  toilet,  gazebo, dan food court.

c.Lokasi Museum Satwa

Museum  Satwa  beralamat  di  Jalan  Oro  Ombo  No.9A,  Kota  Batu,  Malang,  Jawa  Timur. Jika  dari  pusat  kota  Malang,  perjalanan  dapat  ditempuh  dalam  waktu  sekitar  30  menit saja.

d.Harga Tiket Masuk Museum Satwa

Harga tiket masukmke Museum Satwa sudah satu paket dengan tiket masuk ke Batu Secret Zoo,  yaitu  Rp90.000  pada  hari  biasa.  Sedangkan  pada  hari  libur  harga  tiket  masuk berubah  menjadi  Rp120.000. Khusus untuk anak-anak  dengan  tinggi  di  bawah  85  cm tidakdikenakan biaya masuk alias gratis.

e.Jam Operasional Museum Satwa

Museum  Satwa  selalu  dibuka  setiap  hari.  Untuk  hari  Senin-Jumat  buka  mulai  pukul 09.00-18.00. Nah untuk hari Sabtu-Minggu buka mulai pukul 10.00-18.00.

 

4.Museum Malang Tempo Doeloe

Wisata Sejarah di Malang yang tak kalah menarik dari yang sudah dibahas sebelumnya ialah Museum  Tempo  Doeloe  atau  biasa  disingkat  dengan  MTD.    Jika  museum  pada  umumnya memberikan suasana yang  agak mengerikan, MTD malah memberikan suasana yang modern sebab  barang-barangnya  ditata  sangat  rapi.

Di  hampir  setiap  sis  ruangan  museum  dihiasi dengan  foto-foto  jadul  dan  barang-barang  bersejarah  kota  Malang.    Museum  yang  satu  ini terbilang  sangat  besar,  karena  ruangan  yang  ada  disini  jumlahnya  mencapai  20  ruangan. Masing-masing  ruangan  tentunya  memiliki  konsep  dan  sejarah  yang  berbeda.  Selain  melihat barang-barang   bersejarah,   disini   kamu   bisa   menonton   film   sejarah   kota   Malang   yang ditayangkan di ruangan kaleidoskop.

a.Keunikan yang Dimiliki Museum Tempo Doeloe

Nah  keunikan  yang  akankamu  jumpai  di  MTD  ini  ialah  pembagian  waktu  yang berdasarkan urutan sejarah kota Malang, yaitu sebagai berikut.

Periode  pertama  ialah  zaman  purbakala,  dimana  ada  banyak  sekali  barang-barang purbakala  yang  digunakan  manusia  purba.    Selain  itu  ada  juga  fosil,  tanduk,  hingga arca purbakala.

Periode  kedua  ialah  zaman  kerajaan-kerjaan  yang  pernah  menduduki  kota  Malang. Ada  Kerajaaan  Singosari,  Kerajaan  Kediri,  dan  Kerajaan  Kanjuruhan.    Di  zaman  ini kamu   bisa   menemukan   miniature   bangunan   rumah   dan   peralatan   yang   biasa digunakan pada zaman tersebut.

Periode kedua ialah zaman perkembangan, dimana kamu bisa melihat aneka kerajinan khas  kota  Malang.  Diantaranya  ada  kerajinan  tembikar,  kerajinan  besi,  kerajinan keris.

Periode ketiga ialah zaman  revolusi  yang ditampilkan  menggunakan diorama. Disini kamu   akan   menemukan   ruangan   yang   didalamnya   mengambarkan   bagaimana  kependudukan  Jepang  di  Indonesia  serta  perjuangan  bangsa  Indonesia  melawan bangsa  Jepang  untuk  meraih  kemerdekaan.  Terdapat  sebuah  patung  Ir.Soekarno  dan gambaran  suasana  rapat  KNIP.    Selain  itu,  kamu  juga  akan  menemukan  beberapa benda  bekas  peninggalan  bangsa  Jepang  seperti  penjara  besi,  Koran-koran,  dan majalah miliki Jepang yang pernah diterbitkan di Malang.

Periode   keempat   ialah   zaman   dimana   kota   Malang   berjuang   melawan   bangsa Belanda.

Periode   terakhir   ialah   zaman   yang   mengambarkan   perkembangan   kondisi   kota Malang hingga sekarang ini.

b.Harga Tiket Masuk Museum Tempo Doeloe

Setiap   pengunjung   yang   ingin   masuk   ke   Museum   Tempo   Doeloe   dikenakan   tarif Rp25.000 untuk umum, Rp10.000 untuk para pelajar, dan Rp15.000 untuk warga Malang asli.c.Lokasi Museum Tempo DoeloeMuseum Tempo Doeloe berlokasi  di Jalan Gajahmada No.2, Malang, Jawa Timur. d.Jam Buka Museum Tempo DoeloeMuseum Tempo Doeloe buka setiap hari mulaipukul 08.00 hingga pukul 17.00.

Nah  demikian  4  contoh  tempat  wisata  sejarah  kota  Malang  yang  paling  menarik  untuk  dikunjungi. Penasaran?  Tunggu  apalagi,  yuk  berkunjung  ke  Malang  dan  jangan  lupa  mampir  ke  objek  wisata sejarah diatas! Semoga bermanfaat..

Check Also

hidangan khas Bangka Belitung

Kuliner Khas Bangka Belitung yang Menggugah Selera

Makanan  khas  menjadi  ciri  khas  masing-masing daerah yang  ada  di  Indonesia,  termasuk kepulauan Bangka Belitung. …