Home / Jawa Timur / Ketahuilah 5 Alun-Alun Terindah di Jawa Timur yang Cocok Untuk Mengisi Waktu Liburanmu!
Alun Alun Kota Lumajang

Ketahuilah 5 Alun-Alun Terindah di Jawa Timur yang Cocok Untuk Mengisi Waktu Liburanmu!

Hampir setiap daerah yang ada di Indonesia pasti mempunyai pusat kota. Pusat kota inilah yang biasanya ditandai dengan yang namanya Alun-alun. Selain sebagai pusat kota, keberadaan Alun alun  juga dimanfaatkan sebagai tempat wisata lokal. Nah di Jawa Timur sendiri, kamu bisa menemukan alun alun di hampir seluruh kota yang ada di Jawa Timur. Jika kamu berkunjung ke Jawa Timur, tentunya kesempatan berwisata ke Alun alun tidak boleh kamu lewatkan begitu saja. Dari semua alun-alun yang ada di Jawa Timur, terdapat 5 yang paling terindah yang akan dijelaskan pada pembahasan kali ini. Pasti penasaran kan sama alun-alun terindah yang ada di Jawa Timur? Biar nggak lebih penasaran lagi, yuk simak penjelasan berikut.

 

Alun Alun Kota Batu

 

  1. Alun-Alun Kota Batu

Siapa sih yang tidak kenal dengan kota Batu Malang ? Kota Wisata yang satu ini terkenal akan potensi wisatanya yang menarik, tak terkecuali wisata alun-alunnya.  Lokasi  berada di Jalan Diponegoro, Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Alun alun kota batu malang jawa timur merupakan tempat yang menyenangkan dimana kita bisa menikmati  fasilitas lengkap dan beberapa wahana permainan yang menarik.

Salah satu wahana yang terkenal ialah wahana bianglala yang terdiri dari 17 kabin. Warna dari kabin tersebut bermacam-macam, ada merah, kuning, dan hijau.  Dengan menaiki wahana bianglala ini, kamu bisa melihat pemandangan indah kota Batu dari atas. Bagi pengunjung yang ingin menaiki bianglala, hanya perlu membayar  Rp3.000 per orangnya.  Sedangkan untuk biaya masuk tidak dikenakan biaya alias gratis.

Jadi pengunjung hanya perlu membayar tarif parkir sebesar Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil. Nah fasilitas pendukung  seperti wahana bermain anak-anak, air mancur, smoking area, toilet berbentuk apel, hingga ruang informasi berbentuk stoberi pun ada disini. Tak hanya itu saja, alun-alun kota Batu juga menyediakan berbagai macam kuliner lezat yang bisa kamu beli disini. Diantaranya yang paling terkenal ialah ketan legenda dan ceker setan.

Alun Alun Malang

  1. Alun-Alun Malang

Malang juga punya alun-alun cantik yang letaknya berada di pusat kota. Tak heran jika setiap harinya tempat ini selalu ramai dipadati pengunjung. Ketika sampai di alun-alun, kamu akan dimanjakan dengan indahnya air mancur dan kolam yang terletak di tengah-tengah alun-alun.

Demi menciptakan kenyamanan bagi para pengunjung, alun-alun Malang dilengkapi dengan  fasilitas lengkap dan pepohonan hijau sehingga membuat hawa menjadi sejuk. Fasilitas yang bisa ditemukan disini, antara lain play groud, mushola, area bersepeda, dan area skate board. Selain itu, aneka kuliner khas Malang pun bisa kamu temukan disini, mulai dari kripik tempe, apel malang, bakso malang, dan sebagainya. Terdapat juga toko souvenir yang menjajakan aneka cindermata yang bisa kamu jadikan oleh-oleh.

Baca Juga :  Menikmati Keindahan Bukit Campuhan Ubud Bali Yang Tersembunyi!

Alun Alun Jombang

  1. Alun-Alun Jombang

Alun-alun selanjutnya ialah Alun-Alun Jombang  yang berlokasi di Desa Jombatan, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.  Jika kamu mencari tempat wisata yang murah namun menyenangkan, Alun-Alun Jombang bisa menjadi pilihan yang tepat. Mau hari biasa ataupun hari libur pun tempat ini tak pernah sepi akan pengunjung.Jelas saja, tiket masuknya saja tidak dikenakan biaya apapun alias gratis.

Jadi, kamu bisa mengunjungi Alun-Alun Jombang kapan pun kamu mau. Selain mempunyai deretan pepohonan hijau, Alun-alun Jombang mempunyai aneka koleksi tanaman bewarna-warni. Salah satunya yang paling terkenal ialah bunga sakura belanda atau bunga tetebuya bewarna pink dan putih. Fasilitas yang disediakan pun juga sangat lengkap, mulai dari masjid, area lapangan hijau yang luas, warung makan, lahan parkir yang luas, toilet, serta pendopo yang sering digunakan anak-anak untuk latihan pencak silat, menari, dance, dan kegiatan seni lainnya.

Beragam aktivitas juga bisa kamu lakukan di tempat ini, misalnya saja jogging, bersepeda, senam aerobic, kumpul bareng teman, berfoto, hinga membeli aneka jajanan di pedagang kaki lima. Sedangkan aktivitas Alun Alun Jombang malam hari terkadang diisi dengan pergelaran musik, pertunjukkan wayang, festival kuliner, hingga pameran buku.

Alun Alun Kota Lumajang

  1. Alun-Alun Kota Lumajang

Setiap tahunnya, kota Lumajang terasa semakin ramai dikunjungi para wisatawan entah itu wisatawan lokal maupun mancanegara. Hal itu lah yang memunculkan inisiatif pemerintah untuk membangun sebuah alun-alun yang siap menjadi daya tarik pengunjung. Lokasi Alun-Alun Kota Lumajang pastinya berada di pusat kota, tepatnya di Jalan Alun-Alun Utara, Rogotruan, Jogoyudan, Kecamatan Lumajang, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Alun-alun ini terbilang unik sebab di bagian tengahnya terdapat sebuah pohon beringin besar yang sudah berumur ratusan tahun. Wah keren banget kan? Dengan didominasi taman dan deretan pepohonan di pinggir trotoar, menjadikan hawa di sekitar alun-alun menjadi sejuk dan adem.  Berbagai fasilitas yang bisa kamu gunakan disini, mulai dari deretan kaligrafi di pinggir jalandan trotoar luas yang pintunya berbentuk kubah yang memberikan sentuhan realigi.

Terdapat juga  2 air mancur, yang satunya memiliki aliran sungai di bawahnya, sedangkan yang satunya lagi muncul di tengah-tengah ubin warna-warni. Untuk aktivitas olahraga, disini kamu bisa menggunakan fasilitas fitness yang mempunyai 10 alat. Bagi kamu yang membawa anak-anak, tak perlu khawatir karena disini juga disediakan area bermain khsusus anak-anak, seperti ayunan, pelunsuran, jungkat-jungkit, dan lain-lain. Wisata Alun-Alun Kota Lumajang memang bisa cocok dikunjungi semua kalangan usia. Bagi para lansia, disediakan taman lansia yang nyaman untuk digunakan. Didalamnya sudah difasilitasi dengan jalur berbatu untuk pijat refleksi.

Alun Alun Jember

  1. Alun-Alun Jember

Kota Jember juga punya alun-alun yang nggak kalah indah dari alun-alun yang sudah dibahas sebelumnya. Alun-Alun Jember ini berlokasi di Jalan Nasional III, Desa Jemberlor, Kecamatan Jember, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Keberadaan alun-alun ini biasa dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk bersantai, ataupun berkumpul bersama orang yang disayang. Maka dari itu, berkunjung ke Alun-Alun Jember bisa menjadi salah satu agenda seru yang bisa kamu lakukan di hari libur ataupun hari biasa.

Terutama pada hari Sabtu dan Minggu pagi, tempat ini selalu ramai dengan aktivitas olahraga seperti jogging, senam irama, bersepeda, sepak bola, basket, voli, hingga olahraga skateboard. Bahkan pada malam hari alun-alun ini tetap ramai akan pengunjung yang ingin nongki-nongki ataupun berjalan-jalan menaiki becak hias.  Aktivitas berfoto pun tak boleh dilewatkan saat berada disini, misalnya saja dengan berfoto besama badut berkostum kartun. Ada kartun doraemon, Micky Mouse, Marsha, Donald Duck, Winnie The Pooh, dan masih banyak lagi.

Kehadiran wahana permainan khsusus anak-anak pun turut meramaikan suasana Alun-Alun Jember, seperti ayunan, pelunsuran, jungkat-jungkit, helikopter mini terbang, kolam pancing mini, odong-odong, sewa otopet, mewarnai gambar, dan sebagainya. Jika kamu merasa lapar, kamu bisa mengisi perutmu dengan aneka kuliner yang bisa kamu beli di jejeran pedagang kaki lima.

Pastinya makanan dan minuman disini dijual dengan harga yang terjangkau. Ada klepon, horong, horong, cenil, rawon, lalapan, sate, nasi gorong, lalapan, hot dog, humberger, dan masih banyak lagi. Alun-Alun Jember juga berhasil menciptakan fasilitas yang lengkap dan nyaman untuk pengunjung. Diantaranya ada masjid, area parkir, lapangan hijau, toilet, rest area, dan bangku panjang.

Nah itu dia pembahasan mengenai 5 alun-alun terindah di Jawa Timur yang cocok untuk mengisi waktu liburanmu. Semoga artikel kali ini bermanfaat!

Check Also

Menikmati Keindahan Bukit Campuhan Ubud Bali Yang Tersembunyi

Menikmati Keindahan Bukit Campuhan Ubud Bali Yang Tersembunyi!

Beberapa wisatawan mungkin masih asing dengan objek wisata Bukit Campuhan ini. Bukit campuhan merupakan salah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *