Home / Jawa Tengah / 5 Destinasi Wisata Terbaru di Gombong Kebumen yang Wajib Kamu Kunjungi!
wisata gembong
ksmtour.com

5 Destinasi Wisata Terbaru di Gombong Kebumen yang Wajib Kamu Kunjungi!

Destinasi  wisata  terbaru  di  Gombong  Kebumen memang  menjadi  salah  satu  hal  yang menarik untuk di jelajahi. Hal ini tentunya karena tempat-tempat wisata tersebut mempunyai keunikan serta daya tarik tersendiri yang sayang sekali jika dilewatkan.Kekayaan  yang  ada  di  Indonesia  sangatlah  tidak  terbatas,  bahkan  keindahan  alamnya  pun juga  diakui  oleh  seluruh  dunia  dan  potensi  sumber  daya  alam  yang  ada  di  dalamnya  juga menjadi  salah  satu  kebanggaan  bagi  Ibu  pertiwi.

Indonesia  mempunyai  alam  yang  sangat indah dan juga sejuk sehingga menjadikan Indonesia sangat dicintai.Potensi  wisata  yang  ada  di  Indonesiamulai  dari  Sabang  sampai  Merauke  mempunyai  ciri khas  dan  juga  keunikannya  masing-masing.  Mulai  dari  pegunungan  yang  menyejukkan, pantainya  yang  indah  dan  berbagai  keindahan  Indonesia  lainnya.

Nah,  kali  ini  kita  akan membahas mengenai tempat-tempat wisata yang ada di Kebumen.Kamu  bisa  menemukan  banyak  sekali  tempat  wisata  unik  dan  menarik  di  Kebumen  yang dapat  kamu  kunjungi.  Bahkan,  beberapa  diantaranya  juga  sangat  terkenal,  seperti  Pantai Karang Bolong, Pantai Menganti, Pantai Suwuk, Pantai Ayah dan lain-lain. Tetapi, Kebumen tidak  hanya  mempunyai  pantai  saja,  adabanyak  tempat  wisata  lainnya  di  Kebumen  yang sayang sekali jika dilewatkan.Berikut ini beberapa tempat wisata di Kebumenyang menarik untuk dikunjungi.

 

Waduk Sempor
travelspromo.com

1. Waduk Sempor

Waduk  semprong  adalah  bendungan  yang  ada  di  daerahSungai  Cincingguling  atau  biasa disebut  dengan  seni  Sempor  yang  alirannya  mengalir  dari  arah  timur  laut  ke  arah  selatan  di kaki Gunung Serayu Selatan dan akhirnya bermuara di Samudra Hindia.Waduk  Sempor  berlokasi  kurang  lebih  8  KM  di  sebelah  utara  Kota  Gombong  dan  berada pada ketinggian sekitar 30 m di atas permukaan laut. Waduk yang satu ini dibangun dengan tujuan  untuk  membantu  pengairan  sawah  yang  berada  di  Kebumen,  Cilacap  dan  juga Banyumas.

Kamu dapat melihat hamparan perairan yang cukup luas di lokasi ini. Ditambah lagi dengan adanya perbukitan  yang  masih asri oleh hutan cemara. Selain itu, rimbunan pepohonan juga terefleksikan pada air waduk yang berwarna hijau tersebut. Selain  mempunyai  daya  tarik  alam  yang  sangat  besar,  tempat  wisata  ini  juga  dilengkapi dengan  berbagai  macam  sarana  pendukung  seperti  wisma-wisma  penginapan  yang  dapat  di sewa  baik  secara  perorangan  ataupun  rombongan.

Tidak  hanya  itu,  tempat  ini  juga  cocok untuk  dijadikan  sebagai  tempat  untuk  rapat  kerja,  seminar  dan  berbagai  macam  kegiatan lainnya   karena   memiliki   suasana   yang   tenang   dan   juga   sarana   yang   memadai   untuk melakukan kegiatan tersebut. Kamu juga dapat mengaruhi waduk dengan menggunakan perahu motor yang dapat menjadi pilihan  kamu.

Mengenai  biayanya,  per  orang  akan  dikenakan biaya  Rp  10.000.  kamu  juga dapat menyewa suatu perahu dengan kapasitas 10 orang seharga Rp 100.000. Lokasi tempat wisata ini juga bisa digunakan untuk menikmati pemandangan matahari terbit (sunrise).

Baca Juga :  Ini Dia 5 Wisata Kebun Terkeren di Jawa Timur yang Menyejukkan Mata!

 

Roemah Martha Tilaar
i.ytimg.com

2. Roemah Martha Tilaar

Roemah  Martha  Tilaar  berlokasi  di Jalan  Sempor  Lama  No.  28,  Gombong,  Kebumen  dan diperkirakan  sudah  berdiri  sejak  tahun  1920.  Walaupun  sempat  kosong  selama  40  tahun, tetapi  rumah  ini  menjadi  wadah  dan  tempat  untuk  berkumpulnya  warga  ataupun  komunitas setempat.Bangunan ini terdiri dari 3 bagian, yaitu

1 gedung utama serta

2 paviliun pada bagian kanan dan kirinya yang mempunyai dua fungsi utama. Fungsi yang pertama, yaitu sebagai destinasi wisata inspiratif. Wisatawan yang datang ke tempat ini bisa menambah pengetahuan tentang budaya dan juga kehidupan masa lalu serta mendapatkan inspirasi dan juga perjalanan hidup dari seorang Martha Tilaar. Para  pengunjung  dapat  mengunjungi  Roemah  Martha  Tilaar  pada  hari  Selasa –Minggu, mulai dari pukul 09.00 –16.00.

Di tempat ini, para pengunjung bisa mengetahui sejarah serta latar belakang dari kehidupan keluarga Martha Tilaar. Selain  itu,  di  rumah  ini  juga  ada  Roemah  Kopi.  Roemah  Kopi  merupakan coffeeshop yang beroperasi  mulai  pukul  16.00 –24.00.  Di  tempat  ini  terdapat  berbagai  macam  kopi  yang mana kopi-kopi tersebut berasal dari petani kopi setempat.

 

Benteng Van der Wijck
inibaru.id

3. Benteng Van der Wijck

Benteng Van der Wijck merupakan benteng di Gombong, Jawa Tengah yang terawat. Bahkan pernah   digunakan   sebagai   latar   dalam   suatu   film   Indonesia.   Dahulunya,   benteng   ini digunakan sebagai tempat pertahanan Hindia –Belanda dan dibangun sekitar abad ke-19. Lokasi benteng ini berada di Jalan Sapta Marga No. 100, Sidayu, Gombong, Jawa Tengah.

Di tempat  ini,  para  pengunjung  bisa  dengan  mudah  menemukan  tempat  untuk  berfoto  yang instagramable,  bahkan  tidak  sedikit  pengunjung  yang  datang  ke  Benteng  Van  der  Wijck dengan tujuan melakukan prosesi foto pre wedding.Tempat  wisata  ini  beroperasi  setiap  hari  dan  mulai  pukul  08.00 –16.00  WIB.  Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi Benteng Van der Wijck ini?

Baca Juga :  8 Destinasi Wisata Terbaru di Dieng, Wonosobo Jawa Tengah yang Sayang Kalau Dilewatkan!

 

Pantai Logending
upload.wikimedia.org

4. Pantai Logending

Pantai  Ayah  atau  biasa  dikenal  dengan  sebutan  Pantai  Logending  merupakan  pantai  yang mempunyai banyak keindahan untuk dinikmati. Pantai ayah memiliki kondisi yang berada di antara  laut  selatan  dan  kawasan  hutan jati  milik  Perum  Perhutani  KPH  Kedu  Selatan  dan merupakan kombinasi antara pantai dan hutan yang mungkin cukup jarang kamu temukan.

Ombak yang ada di pantai ini tidak terlalu besar, sehingga kamu tidak perlu merasa khawatir ketika ingin mengajak anak-anak untuk berlibur ke pantai ini. Bahkan, pihak pengelola pantai dengan  sengaja  memberikan  tempat  permainan  yang  bermacam-macam  sehingga  anak-anak pun akan merasa senang dan betah di tempat wisata ini. Tempat wisata ini berlokasi di Desa Ayah, Kebumen, Jawa Tengah. Untuk memasuki tempat wisata ini, para pengunjung harus mengeluarkan biaya tiket masuk, yaitu Rp 5.000.

 

Gua Jatijajar
wisataterindah.com

5. Gua Jatijajar

Gua  yang  satu  ini  merupakan  gua  unik  dan  mempunyai  daya  tarik  tersendiri  yang  banyak menarik  perhatian  wisatawan.  Tidak  hanya  karena  memiliki ukuran  yang  luas  hingga mencapai  panjang  250  meter  dengan  lebar  rata-rata  1,5  meter  dan  tinggi  rata-rata  mencapai 12  meter,  tetapi  bagian  dalam  gua  ini  juga  dipenuhi  dengan  stalagtit  dan  stalagmit  yang terlihat sangat eksotis.

Daya  tarik  yang  ada  tersebut tentunya  menjadi  semakin  menarik  karena  gua  ini  dikelola secara profesional, seperi dibuatnya patung-patung yang membentuk diorama legenda Lutung Kasarung,  dibangunnya  jembatan  yang  mempermudah  pengunjung  untuk  melihat  keindahan yang  ada  di  dalam  goa  serta ditambahkannya  lampu-lampu  pada  beberapa  bagian  sudut  goa dan berbagai macam fasilitas lainnya.

Tempat  wisata  ini  berlokasi  di  Desa  Jatijajar,  Kecamatan  Ayah,  Kabupaten  Kebumen,  Jawa Tengah. Untuk memasuki tempat wisata ini, para pengunjung harus mengeluarkan biaya tiket masuk,  yaitu  Rp  7.500  bagi  orang  dewasa  dan  Rp  4.500  bagi  anak-anak.  Tempat  ini beroperasi mulai pukul 09.00 –17.00.

 

Itulah  tadi  beberapa  rekomendasi  tempat  wisata  yang  dapat  kamu  kunjungi  di  Gombong, Kebumen.  Kamu  dapat  mengajak  keluarga,  pasangan  ataupun  sahabat-sahabat  kamu  untuk mengunjungi berbagai tempat wisata yang ada di Kebumen. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

Check Also

pesona lokal indonesia yang mendunia

3 Pesona Wisata Lokal Yang Mendunia Hingga Saat Ini

Jika ingin wisata Anda menyenangkan sebenarnya tak perlu harus ke luar negeri untuk mencari keindahan …