Home / Jawa Timur / Ini Dia Rekomendasi 5 Pantai Terbagus di Jawa Timur yang Cocok Untuk Mengisi Waktu Liburanmu!
Ini Dia Rekomendasi 5 Pantai Terbagus di Jawa Timur yang Cocok Untuk Mengisi Waktu Liburanmu

Ini Dia Rekomendasi 5 Pantai Terbagus di Jawa Timur yang Cocok Untuk Mengisi Waktu Liburanmu!

Ketika liburan telah tiba, hampir semua tempat wisata pasti ramai dikunjungi wisatawan. Tak terkecuali destinasi wisata pantai. Pantai termasuk dalam kategori wisata alam yang paling diminta banyak orang terutama saat liburan. Indonesia sendiri merupakan negara maritim yang dianugerahi banyak pantai yang bisa kamu temukan di kawasan Sabang sampai Merauke. Salah satu provinsi di Pulau Jawa yaitu Jawa Timur dikenal memiliki banyak pantai bagus yang menyajikan panorama alam layaknya surga dunia. Ingin tahu seperti apa pantai terbagus di Jawa Timur? Langsung simak penjelasan di bawah ini yuk!

 

pantai tambakrejo

  1. Pantai Tambakrejo

Destinasi wisata pantai terbagus pertama yang akan kita bahas ialah Pantai Tambakrejo yang berokasi di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonitirto, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Jika dari pusat kota Blitar, perjalanan akan ditempuh dengan jarak kurang lebih 30 km dengan waktu tempuh 1 jam perjalanan.  Pantai Tambakrejo terkenal akan ombaknya yang amat besar sehingga bagi yang tidak mahir berenang tidak disarankan untuk berenang disini. Jika hanya sekedar bermain di air di pinggir pantai, tidak masalah.

Yang unik dari pantai ini ialah terdapat tempat pelelangan ikan yang berada tak jauh dari lokasi pantai. Disana kamu bisa membeli ikan-ikan dengan kualitas yang segar dan bagus. Nah bagi kamu yang berminat mengelingi pantai, kamu bisa menaiki sebuah perahu miliki nelayan yang disewakan dengan harga Rp15.000 per oragnya.

Setelah lelah menjelajahi keindahan pantai, tidak ada salahnya mampir ke salah satu warung di sekitar kawasan pantai yang menyediakan aneka kuliner seafood. Dijamin deh hidangan seafood disini benar-benar memanjakan lidahmu! Untuk biaya masuk, setiap pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp5.000 saja.

Pantai Bantol

  1. Pantai Bantol

Pantai selanjutnya ialah Pantai Bantol yang menjadi salah satu pantai terbagus sekaligus pantai terbaik di Jawa Timur. Lokasi pantai yang satu ini berada di Dusun Sumberceleng, Banjarejo, Donomulyo, Malang Selatan, Jawa Timur.

Sesungguhnya pantai ini  keberadaannya masih tersembunyi dari publik sehingga saat berada disini akan terasa kalau pantai ini milik pribadi.  Pantai Bantol memanjakanmu dengan keindahan alam yang sangat memukau ditambah hamparan terumbu karang di dasar laut yang bisa kamu lihat dari atas permukaan laut.

Jelas saja terlihat, sebab air di pantai ini sangat jernih serta masih sangat terjaga keasiran dan kebersihannya. Bahkan Pantai Bantol juga dihiasi dengan sekumpulan pohon mangrove lho! Nah waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini ialah disaat musim kemarau atau saat pasang surut dimana gelombang ombak tidak terlalu besar.

Sedangkan ketika musim pasang naik, ombak laut menjadi ganas  sehingga tidak disarankan untuk bermain di bibir pantai. Aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini ialah bermain air, menjelajahi gua-gua batu kapur, bersantai di pinggir pantai sambil menikmati keindahannya, menyaksikan panorama sunset, hingga berkemah. Tiket masuk ke lokas pantai juga sangat murah, yaitu hanya Rp5.000 saja ditambah biaya parkir sebesar Rp5.000.

Baca Juga :  Wisata Air Di Manado Yang Tak Kalah Dengan Bunaken

 

Pantai Banyu Tibo

  1. Pantai Banyu Tibo

Jalan-jalan ke kota Pacitan tak lengkap rasanya kalau belum berkunjung ke destinasi wisata pantainya. Nah salah satu destinasi wisata pantai yang berada di daerah pantai selatan ialah Pantai Banyu Tibo. Lokasi tepatnya berada di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Jika dari pusat kota Pacitan, letak pantai ini berada di sebelah barat kurang lebih berjarak sekitar 40 km. Ciri khas yang dimiliki pantai ini ialah pasirnya yang bewarna putih serta keberadaan air terjun yang letaknya berhadapan langsung dengan Pantai Banyu Tibo.

Rasa lelah sehabis melakukan perjalanan jauh menuju kesini bisa kamu sembuhkan dengan berendam atau berenang di sekitaran air terjun lho! Soal kebersihan air, tak perlu khawatir sebab air disini terjaga kebersihan dan kesegarannya. Bahkan warna airnya begitu jernih lho!

Adanya air terjun inilah yang menjadi asal mulanya pantai ini dinamakan Banyu Tibo yang dalam dalam bahasa Jawa berati “air jatuh”. Pemandangan yang tercipta dari Pantai Banyu Tibo menjadikannya sebagai  salah satu pantai terindah di Jawa Timur. Selain berenang di sekitar air terjun, kamu bisa mencoba aktivitas seru lainnya seperti  meancing, berfoto di atas tebing sambil menikmati panorama pantai.

Terkait harga tiket masuk, dikenakan tarif Rp3.000 di hari Senin-jumat, serta Rp5.000 di hari Sabtu, Minggu, tanggal merah, dan hari libur lainnya.

Pantai Pasir Putih situbondo

  1. Pantai Pasir Putih Situbondo

Dari namanya saja kita sudah tahu kalau pantai ini pesona pasir putih yang menghampar luas di kawasan bibir pantai.  Lokasinya berada di Dusun Kembangsambi, Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Jika dari pusat kota Situbondo, perjalanan menuju kesini hanya membutuhkan waktu sekitar 40 menit saja dengan menaiki kendaraan pribadi. Memang sejak dulu Pantai Pasir Putih sudah menjadi destinasi wisata pantai yang populer di tengah-tengah masyarakat Jawa Timur, khusunya Situbondo.

Selain pasir putihnya, yang tak kalah menarik dari Pantai Pasir Putih Situbondo ini ialah keindahan bawah lautnya yang memanjakan mata. Bagi kamu yang hobi snorkeling dan diving, berkunjung kesini merupakan hal yang tepat. Kamu bisa menjumpai aneka biota laut yang amat cantik, seperti aneka terumbu karang, ikan-ikan lucu, hingga koleksi koral bewarna-warni. Namun kalau kamu tidak bisa diving ataupun snorkeling, kamu masih bisa menikmati keindahan pantai. Misalnya saja dengan bermain air, berenang, hingga berlayar menaiki sebuah perahu yang dilengkap dengan kaca.

Dari kaca tersebut kamu sudah bisa melihat langsung biota bawah laut lho! Kondisi topografi Pantai Pasir Putih terlihat beda dari pantai pada umumnya, dimana bentuknya seperti melengkung kearah laut.  Di sekitar kawasan pantai pun terdapat pepohonan kelapa, pepohonan cemara, serta pepohonan jati yang memberikan kesan nyaman dan sejuk saat berada disini. Fasilitas yang terdpat di pantai ini juga terbilang lengkap, mulai dari kamar mandi, area parkir, mushola, kursi santai,  toko souvernir, hingga tempat penginapan. Berbicara soal harga tiket masuk, dikenakan tarif sebesar Rp10.000 per orang.

Pantai Prigi

  1. Pantai Prigi

Pantai terbagus yang terakhir kita bahas ialah Pantai Prigi yang berlokasi Jalan Raya Pantai Tasikmadu, Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Jika dari pusat kota Trenggalek, perjalanan menuju pantai berjarak sekitar 30 km. Meskipun termasuk pantai yang masih baru dibuka, pantai ini sudah mampu menyita daya tarik banyak pengunjung lho!

Pantai Prigi Trenggalek sebenarnya juga termasuk pantai pasir putih, sama seperti yang ada di Situbondo. Ada banyak hal yang bisa dilakukan di pantai ini, mulai dari bermain air, berenang, mencoba wahana banana boat, hingga menaiki motor trail yang sudah tersedia jalurnya. Nah jika ingin hanya sekedar bersantai, kamu bisa berkunjung ke sebuah taman yang terletak di kawasan pantai.

Sambil bersantai menikmati pemandangan pantai, kamu bisa berolahrga ringan seperti jogging. Ketika berkunjung ke tempat wisata, kurang lengkap rasanya kalau tidak mengabadikan momen berfoto. Nah di Pantai Prigi ini terdapat sebuah dermaga kecil yang biasa digunakan para pengunjung sebagai spot favorit berfoto dengan latar panorama lautan yang cantik. Sehabis puas bersenang-senang di pantai pasti kamu merasa lapar dan haus kan? Kamu bisa mampir ke beberapa warung yang menyediakan aneka kuliner lezat. Untuk tiket masuk, dikenakan tarif sebesar Rp7.000 untuk haru Senin-Jumat, dan Rp10.000 untuk hari libur.

Demikian 5 destinasi wisata pantai terbagus yang ada di Jawa Timur. Semoga bisa kamu dijadikan  sebagai referensi untuk liburanmu nanti!

Check Also

Alam Manado

Wisata Alam Dan Kuliner Khas Manado Yang Seru Untuk Di Jelajahi

Sulawesi Utara selalu hadir dengan pariwisata alam sejarah atau budaya yang mampu menarik perhatian wisatawan. …