Home / Aceh / Kamu Wajib Tahu! 5 Tempat Wisata Aceh Tamiang Paling Menarik yang Harus Kamu Kunjungi
Wisata aceh tamiang
image source: http://tamiangtraveller.com/

Kamu Wajib Tahu! 5 Tempat Wisata Aceh Tamiang Paling Menarik yang Harus Kamu Kunjungi

Kali ini kita akan membahas mengenai beberapa objek wisata Aceh Tamiang yang pas banget dijadikan sebagai destinasi liburanmu. Aceh Tamiang sendiri merupakan salah satu nama kabupaten dari provinsi Aceh.

Memang dulunya Aceh Tamiang merupakan bagian dari Aceh Timur, namun pada akhirnya Aceh Tamiang berdiri sendiri sebagai kabupaten dengan 12 kecamatan yang  ibu kotanya berada di Karang Baru. Aceh Tamiang memiliki cerita legenda yang beredar konon katanya salah satu Patih dari kerajaan Majapahit yang bernama Gajah Mada telah gugur di Tamiang saat ia hendak menaklukan daerah Tamiang di bawah utusan Kerajaan Aceh.

Ia hendak melakukan hal tersebut dengan tujuan untuk melaksanakan Sumpah Palapa. Aceh Tamiang juga terkenal akan kekayaan alamnya di sector pertambangan. Selain terkenal akan tambangnya, Aceh Tamiang juga terkenal akan sector wisatanya lho! Nah di artikel kali ini kita akan membahas khusus mengenai tempat wisata apa aja sih yang ada di Aceh Tamiang? Penasaran? Simak langsung penjelasan dibawah ini.

air terjun kembar aceh tamiang
image source:
https://festivaljalanjalan.com/
  1. Air Terjun Kembar

Wisata Air Terjun Kembar merupakan salah satu tempat wisata di Aceh Tamiang yang memiliki keindahan serta keunikan yang belum tentu dimiliki air terjun lainnya. Sama seperti namanya, air terjun ini memiliki dua air terjun yang berjajar dan bersebelahan di satu tempat yang sama. Jika kamu  sedang atau berencana pergi ke Aceh Tamiang, jangan lupa untuk mampir kesini ya! Disini kamu akan disuguhkan dengan fenomena air terjun langka yang jarang ditemui di lokasi wisata lainnya. Apalagi air disini begitu segar dan jernih lho! Nggak percaya? Berdiri saja di bawah pancuran air terjun dan rasakan sensasi menyegarkan. Oh iya, lokasi Air Terjun Kembar ini berada di Kampong Tenggulun, Kecamatan Tenggulu dengan jarak tempuh kurang lebih 60 km dari pusat ibu kota kabupaten Aceh Tamiang. Baca juga wisata air terjun di Tribun Aceh.

Pemandian Air Panas Kaloy
image source:
http://wisataacehtamiang.blogspot.com/
  1. Pemandian Air Panas Kaloy

Objekwisata Aceh Tamiang yang akan kita bahas selanjutnya ialah Pemandian Air Panas Kaloy. Berendam di tempat ini dijamin membuat tubuh menjadi segar  dan kembali rileks lho! Sebab air yang mengalir disini berasal dari celah-celah batuan belerang yang memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Sambil berendam, pengunjung bisa menikmati pemandangan alam nan hijau yang ada di sekitar lokasi wisata. Dan uniknya, pemandian air panas ini letaknya berdekatan dengan sungai kaloy. Meskipun jenis tempat wisata ini terbilang jarang ada di Aceh Tamiang, pemerintah dan warga setempat belum mampu mengelolanya dengan maksimal padahal tempat ini memiliki potensi wisata yang tinggi jika lebih dikembangkan lho!

Kuala Paret
image source:
https://main.weku.io/
  1. Kuala Paret

Kuala Paret menjadi salah satu objek wisata di Aceh Tamiang yang sangat populer di Aceh . Jika berkunjung ke Kuala Paret Aceh Tamiang, kamu akan menemukan banyak sekali keindahan alam yang mampu memanjakan mata. Kuala Paret merupakan objek wisata berupa sungai yang mengalir berkelok-kelok. Sungai ini begitu indah sebab  dilengkapi dengan batu-batuan yang memiliki pola seperti ngarai. Selain mempunyai keindahan yang luar biasa, hawa disini begitu sejuk sehingga siapa pun pasti akan betah berlama-lama disini. Lokasi objek wisata yang satu ini berada di area perkebunan PT  Ampli yang terletak di Desa Kaloy, Kecamatan Tamiang Hulu, Kabupaten Aceh. Perjalanan menuju lokasi wisata jika dari pusat kota Kuala Simpang akan memakan waktu sekitar 3 jam perjalanan.

Gua Pintu Kuari
image source:
http://gambarandabagus.blogspot.com/
  1. Gua Pintu Kuari

Objek wisata Aceh Tamiang yang keempat ialah Gua Pintu Kuari. Lokasinya berada di Desa Selamat, Kecamatan Tenggulun dengan jarak tempuh sekitar 45 km jika dari Kabupaten Aceh Tamiang dan jarak tempuh 7 km saja jika dari Kecamatab Tenggulun. Gua Pintu Kuari merupakan gua sejarah peninggalan purbakala yang memiliki daya tarik tersendiri. Ketika kamu masuk ke dalamnya, kamu akan menemukan ornamen-ornamen manusia purba di langit-langit gua sebagai bukti gua ini pernah digunakan sebagai tempat tinggal manusia-manusia purba. Selain itu, di gua ini terdapat puluhan stalaktit dan stalakmit yang begitu cantik. Keunikan dari gua ini terletak pada banyaknya ruangan di dalam gua dan memiliki bagian yang dialiri air dengan ketinggian sekitar 10 cm. Nah untuk bisa masuk kedalam gua, pengunjung harus membungkukan badan melalui ruang-ruang sempit yang gelap.

 

pemandian gunung pandan
image source:
https://busy.org/@junaidikl/

     5. Pemandian Sungai Gunung Padan

Objek wisata yang kelima ialah Pemandian Sungai Gunung Padan yang merupakan tempat wisata terpopuler di Aceh.  Selain menghadirkan aliran sungai yang indah, tempat ini juga menghadirkan pemandangan air terjun mini di kaki Gunung Pandan.  Berbeda dengan sungai pada umumnya, air yang mengalir pada sungai ini bewarna hijau jernih yang menjadikan tempat ini memiliki keuinkan tersendiri. Disini kamu bisa mandi dan  berendam sepuasnya di sebuah alam terbuka sambil memanjakan mata melihat pemandangan alam yang begitu asri. Pemandian Gunung Pandan selalu ramai dikunjungi wisatawan apalagi ketika hari libur. Tempat ini juga sering dipakai sebagai tempat untuk berkemah, hingga outbond oleh anak-anak Pramuka. Lokasi Pemandian Gunung Pandan berada di Desa Pandan, Dusun Selamat, Kecamatan Tenggulun, Kabupaten Aceh Tamiang, provinsi Aceh. Perjalanan menuju kesini  bisa ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam perjalanan dengan jarak 45 km dari kota Karang Baru ibukota Aceh Tamiang.

Baca Juga :  17 Tempat Wisata Populer Tahun 2020 Di Bali

Nah itu dia 5 objek wisata Aceh Tamiang paling menarik yang harus kamu kunjungi, dan pastinya nggak bakal rugi deh kalau mengunjungi tempat-tempat indah diatas! Tertarik untuk mengunjunginya? Yuk rencanakan berlibur ke Aceh Tamiang. Semoga artikel kali ini bermafaat ya…

Check Also

panorama Bitung

Wisata Kota Bitung Yang Wajib Kamu Kunjungi

Bagi  sebagian  orang,  Sulawesi  Utara  memiliki  objek  wisata  yang  sudah  cukup terkenal  seperti  Taman Laut  …