Berencana berlibur ke Kota Blitar Jangan Lewatkan Kesempatan Berlibur ke 5 Tempat Wisata di Blitar

Berencana berlibur ke Kota Blitar? Jangan Lewatkan Kesempatan Berlibur ke 5 Tempat Wisata di Blitar

Membahas mengenai objek wisata di Jawa Timur memang tidak akan ada habis-habisnya. Jelas saja, Jawa Timur memang  menyimpan kekayaan alam melimpah khusunya dibidang potensi wisatanya. Setiap kota yang ada di kota Jawa Timur memiliki daya tarik sendiri perihal objek wisatanya.

Misalnya saja kota Blitar yang masih memiliki catatan sejarah pada zaman penjajahan. Meskipun dikenal sebagai kota bersejarah, Blitar tidak hanya sekedar memiliki objek wisata sejarah saja. Terdapat beragam tempat wisata di Blitar lainnya yang bisa kamu kunjungi. Ada apa sajakah tempat wisata di Blitar? Berikut ulasannya.

 

Kampung Cokelat blitar

  1. Kampung Cokelat

Objek wisata pertama yang sampai saat ini masih hits di kota Blitar ialah Kampung Cokelat. Lokasinya ada di Jalan Banteng-Blorok No.18, Desa Plosorejo, Blitar, Jawa Timur. Bagi kamu pecinta cokelat, berkunjung kesini adalah hal yang wajib kamu lakukan ketika sedang berada di Blitar. Cokelat memang merupakan makanan lezat yang disukai banyak orang, entah itu anak-anak, remaja, maupun orang dewasa.

Maka dari itu, objek wisata Kampung Cokelat menjadi salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang cocok untuk sebagai pilihan wisata keluarga. Selain bisa menikmati aneka olahan berbahan dasar cokelat, disini kamu juga diajarkan bagaimana cara membudidayakan cokelat, mulai dari memberi bibit, menanamnya, memeliharanya, hingga mengolahnya menjadi aneka olahan nikmat.  Kampung Cokelat juga menyediakan aktivitas menyenangkan yang bisa kamu coba, seperti mengikuti kelas memasak berbahan dasar cokelat dan menaiki perahu air.  Untuk bisa masuk ke Kampung Cokelat, setiap pengunjung hanya dikenakan tarif sebesar Rp5.000.

Gumuk Sapu Angin

  1. Gumuk Sapu Angin

Gumuk Sapu Angin merupakan objek wisata yang menyajikan panorama perbukitan hijau yang diselimuti hawa sejuk yang berada di ketinggian 828 mdpl. Lokasinya berada di Desa Resapombo, Kecamata Doko, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Setelah sampai di lokasi wisata, kamu akan langsung dimanjakan dengan pemandangan Gunung Kelud dan Gunung Kawi yang bisa terlihat sangat jelas sebelum matahari terbit. Objek wisata ini kerap kali dijadikan sebagai spot foto terfavorit yang ada di kota Blitar.

Disediakan banyak gardu pandang dimana kita bisa sepuasnya menikmati keindahan alam sekitar. Beragam fasilitas yang tersedia juga sudah lengkap, mulai dari toilet, area parkir, hingga warung makanan. Nah untuk tiket masuk, sangatlah terjangkau yaitu hanya sebesar Rp.3000 saja. Murah banget kan?

 

 

Air Terjun Tirto Galuh 

  1. Air Terjun Tirto Galuh

Ketika berkunjung ke Blitar, tidak ada salahnya mampir  ke objek wisata Air Terjun Tirto Galuh yang baru-baru ini sedang ramai diperbincangkan. Tempat wisata di Blitar terbaru ini memiliki pemandangan yang teramat cantik untuk dinikmati siapa saja. Sayangnya, perjalanan menuju pusat air terjun harus ditempuh dengan berjalan kaki sejauh 300-500 meter dengan kondisi jalan yang becek.

Namun kelelahan sehabis perjalanan jauh tersebut akan langsung terbayarkan sesudah sampai di Air Terjun Tirto Galuh. Kamu akan langsung terpana dengan pemandangan air terjun yang teramat indah ditambah bebatuan yang menghiasi area air terjun. Hawa yang ada di objek wisata yang satu ini begitu sejuk serta dingin sehingga bagi kamu yang ingin mencemburkan diri ke kolam air terjun harus sudah siap menerima hawa dingin yang akan menyelimuti seluruh tubuhmu. Saat melewati bebatuan sebaiknya juga hati-hati sebab kondisinya licin.

Air Terjun Tirto Galuh ini berlokasi di Desa Sidomulyo, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Untuk tarif masuknya tidak dikenakan biaya alias gratis sehingga kamu hanya perlu membayar parkir sebesar Rp5.000 untuk mobil dan Rp2.000 untuk motor.

Baca Juga :  Inilah 4 Objek Wisata Alam Paling Populer di Jawa Timur yang Sayang Banget Dilewatkan!

Air Terjun Goa Luweng

  1. Air Terjun Goa Luweng

Bagi kamu yang suka berpetualang menjelajahi alam, cobalah berkunjung ke objek wisata Air Terjun Goa Luweng yang berlokasi di Dusun Prodo, Desa Ngrejo, Bakung, Blitar, Jawa Timur.  Tempatnya yang berada di daerah terpencil membuat pengunjung harus menghabiskan stamina dalam melakukan perjalanan yang jauh. Walaupun tempatnya yang berada di kawasan terpencil, keindahan alamnya masih sangat terjaga.

Yang unik dari air terjun yang ada disini ialah terdapat sebuah goa yang memiliki kedalaman sekitar 50 meter. Goa tersebut memiliki bentuk yang unik yaitu mirip dengan lesung.  Untuk itulah air terjun ini dinamakan “Luweng” yang berati “Lesung”. Di bawah goa juga terdapat sebuah kolam yang sumber airnya terbentuk dikarenakan air yang jatuh kedalam goa. Fasilitas yang tersedia disini ialah warung-warung kecil yang menjajakan aneka makanan. Warung tersebut dikelola oleh penduduk sekitar. Untuk bisa masuk ke Air Terjun Goa Luweng ini pengunjung tidak dikenakan biaya masuk alias gratis.

 

Pantai Umbul Waru

  1. Pantai Umbul Waru

Pantai Umbul Waru merupakan sebuah objek wisata yang memadukan suasana air terjun dan pantai. Wisata yang satu ini sifatnya masih tersembunyi sehingga belum terlalu diketahui banyak orang. Meskipun begitu, pengalaman langka akan kamu dapatkan ketika berkunjung kesini. Pasalnya, kamu bisa melihat langsung pemandangan air terjun yang mengalir deras jatuh ke laut lepas. Melihat pemandangan ini sebaiknya dilakukan ketika pasang surut dimana kondisi ombak sedang tidak ganas.

Dikarenakan lokasi pantai ini lumayan jauh dari rumah penduduk, ada baiknya untuk membawa bekal dari rumah ketika hendak berkunjung kesini. Teruntuk lokasi, Pantai Umbul Waru terletak di Desa Sidomulyo, Bakung, Blitar, Jawa Timur. Biaya masuk ke lokasi wisata juga gratis, sehingga pengunjung tidak perlu membayar biaya masuk. Hanya perlu membayar parkir sebesar Rp5.000 saja.

Nah itulah 5 tempat wisata di Blitar Jawa Timur yang bisa menjadi pilihan destinasi liburanmu nanti. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

Check Also

pesona lokal indonesia yang mendunia

3 Pesona Wisata Lokal Yang Mendunia Hingga Saat Ini

Jika ingin wisata Anda menyenangkan sebenarnya tak perlu harus ke luar negeri untuk mencari keindahan …