Home / Maluku / Ingin Menelusuri Keindahan Kepulauan Sula? Baca Dulu 5 Tips Traveling Kepulauan Sula Berikut Ini
Kepulauan Sula

Ingin Menelusuri Keindahan Kepulauan Sula? Baca Dulu 5 Tips Traveling Kepulauan Sula Berikut Ini

Wisata alam Indonesia  dari sabang sampai marauke memang tidak ada habisnya jika dibahas. Salah satunya di wilayah Indonesia bagian timur yaitu Maluku Utara. Di Maluku Utara, kamu bisa mendapati banyak objek wisata yang bisa kamu jadikan sebagai destinasi liburanmu nanti. Nah salah satu kepulauan indah yang bisa kamu kunjungi ialah kepulauan Sula. Mungkin nama kepulauan ini masih terasa asing bagimu. Namun, pulau ini merupakan salah satu pulau di Maluku Utara yang menyimpan kekayaan alam memukau. Kepulauan Sula mempunyai 29 pulau bagian yang 5 diantaranya termasuk pulau berpenghuni. Pulau tersebut yaitu Pulau Sulabesi, Pulau Mangolo, Pulau Pas Ipa, dan Pulau Lifmatola. Banyak sekali kan pulaunya?

Keindahan bawah laut di pulau ini juga benar-benar keren deh! Tak heran objek wisata ini masih sangat asri dan bersih karena masih sedikit yang mengunjunginya . Nah di Kepulauan Sula ini , kamu bisa melakukan aktivitas yang menyenangkan mulai dari diving, snorkeling, hingga berfoto-foto. Nah kali ini kita akan khusus membahas mengenai  tips-tips traveling ke Kepulauan Sula. Apa aja ya yang harus dipersiapkan untuk berlibur ke Kepulauan Sula? Langsung saja simak ulasan berikut ini.

  1. Merencanakan jadwal keberangkatan dari jauh-jauh hari

Untuk  menuju Kepulauan Sula, memang akses perjalananya masih sangat sulit. Untuk rencanakanwaktu  keberangkatan dari jauh-jauh hari agar kamu bisa mempersiapkan semuanya dengan baik. Nah bagi kamu yang berasal dari luar pulau Maluku, kamu bisa memesan tiket pesawat dari jauh-jauh hari. Hal itu penting mengingat jika kamu membelinya di waktu dekat sebelum keberangkatan, pasti harganya menjadi  lebih mahal. Kalau beli tiket dari jauh-jauh hari kan jauh lebih murah dan siapa tahu kalau beruntung kamu bisa mendapatkan promo diskon tiket pesawat lho! Dengan mendapatkan promo, biaya pengeluaranmu jadi  berkurang dan pastinya lebih hemat

  1. Menentukan transportasi yang akan kamu gunakan dan mengetahui rute perjalanan ke Kepulauan Sula

Transportasi merupakan salah satu hal yang harus tersedia ketika hendak berwisata ke suatu tempat. Terutama ke Kepulauan Sula yang akses perjalanannya masih susah. Rute perjalanan menuju ke Kepulauan Sula dimulai dari menaiki pesawat dengan tujuan penerbangan ke Ternate atau Ambon.  Setelah tiba di salah satu kota tersebut, kamu dapat melanjutkan perjalanan  menuju Kepulauan Sula  dengan memilih 2 jalur perjalanan yaitu jalur udara dan jalur laut. Kalau kamu memilih jalur udara, kota Ternate dan Ambon mempunyai dua jadwal penerbangan pesawat  dalam seminggu, yaitu hari Selasa dan Kamis. Nah jika kamu memilih lewat jalur laut, kamu bisa menaiki kapal yang jadwal keberangkatannya hanya pada waktu tertentu saja.  Maka dari itu, penting sekali untuk kamu menentukan transportasi yang bisa mengantarmu menuju Kepulauan Sula. Jangan lupa juga untuk menyiapkan anggaran  perjalanan sebaik mungkin ya!

Baca Juga :  Benteng Belgica, Benteng Unik Peninggalan Bangsa Portugis yang Menyimpan Banyak Sejarah
  1. Mencari infomasi mengenai Kepulauan Sula sebanyak-banyaknya

Hal yang tidak kalah penting dari tips-tips sebelumnya yaitu menggali infomasi terkait Kepulauan Sula. Sebelum waktu keberangkatan, cari tahu dulu mengenai jadwal keberangkatan pesawat atau kapal menuju Kepulauan Sula, kondisi cuaca disana, objek wisata favorit disana, ada atau tidaknya tempat makanan yang enak, hingga penginapan di sekitarnya. Dengan mendapatkan informasi yang lengkap, persiapanmu pun akan semakin matang deh! informasi-infomasi tersebut bisa kamu dapatkan di internet.  Jadi jangan ragu-ragu untuk menggali infomasi mengenai Kepulauan Sula!

  1. Menelurusi keindahan dan kekayaan alam Kepulauan Sula

Mengingat Kepulauan Sula belum banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara, tempat ini cocok banget bagi kamu yang ingin refreshing dan menenangkan pikiran. Mengapa cocok banget? Karena disini, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang menyegarkan pikiran. Terdapat banyak spot wisata yang mungkin masih sedikit orang yang mengetahuinya. Mulai dari Pulau Sulabesi, Mangoli, dan Lifmatoa.  Di Pulau Mangoli, kamu akan dimanjakan dengan deretan hutan bakau. Dijamin deh liburanmu di Kepulauan Sula  akan menjadi pengalaman berpetualangan yang tak terlupakan!

  1. Bertanya-tanya kepada penduduk setempat

Ada pepatah mengatakan “Malu Bertanya, sesat dijalan”. Peribahasa ini cocok ketika kamu berwisata di tempat yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya. Untuk itu, jangan sungkan-sungkan meminta bantuan penduduk setempat jika kamu masih bingung mencari lokasi wisata. Penduduk-penduduk di sekitar Kepulauan Sula orangnya ramah-ramah kok! Kamu bisa bertanya mengenai infomasi wisata mulai dari penginapan, spot wisata menarik, hingga transpotasi. Jika berbicara kepada orang, tunjukkan sikap baik dan sopanmu ya! Dengan begitu, mereka juga akan menolongmu dengan senang hati.

Nah itu dia 5 tips traveling menuju Kepulauan Sula, Maluku Utara. Perhatikan baik-baik 5 hal diatas sebelum kamu melakukan perjalanan menuju Kepulauan Sula ya! Semoga informasi kali ini bermanfaat untuk teman-teman semua.

Check Also

wisata gembong

5 Destinasi Wisata Terbaru di Gombong Kebumen yang Wajib Kamu Kunjungi!

Destinasi  wisata  terbaru  di  Gombong  Kebumen memang  menjadi  salah  satu  hal  yang menarik untuk di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *