Home / Jawa Tengah / 7 Destinasi Wisata Negeri Diatas Awan Dieng Jawa Tengah yang Menarik Untuk Dikunjungi!
Wisata Negeri Diatas Awan Dieng Jawa Tengah
panduanwisatadieng.com

7 Destinasi Wisata Negeri Diatas Awan Dieng Jawa Tengah yang Menarik Untuk Dikunjungi!

Destinasi  wisata  Negeri  Diatas  Awan  Dieng  Jawa  Tengahtentunya  mempunyai  daya  tarik tersendiri  yang  membuat  tempat-tempat  wisata  tersebut  menarik  untuk  dikunjungi.  Dieng mempunyai alam yang sangat mempesona. Bagi kamu yang ingin menyaksikan keindahan dunia diatas awan, maka Dieng dapat menjadi salah satu tempat terbaik yang dapat kamu kunjungi.

Tidak hanya  itu,  di  Dieng  juga  terdapat  banyak  telaga  yang  mempunyai  keindahan  yang  sangat menakjubkan.Sebelum  mengunjungi  berbagai  macam  tempat  wisata  yang  ada  di  Dieng,  sebaiknya  kamu mengetahui  terlebih  dahulu  beberapa  hal  yang  berkaitan  dengan  Dataran  Tinggi  Dieng  (Dieng Plateau). Kawasan yang satu ini termasuk ke dalam 2 kabupaten, yaitu Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara, Jawa Tengah. Bagi kamu yang tertarik untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di Dieng, berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata menarik yang dapat kamu kunjungi bersama keluarga atau rekan liburanmu.

 

Telaga Merdada Dieng
phinemo.com

1. Telaga Merdada Dieng

Rekomendasi  tempat  wisata  pertama  yang  menarik  untuk  dikunjungi,  yaitu  Telaga  Merdada Dieng.  Telaga  yang  satu ini  menjadi  telaga  yang  terluas  yang  ada  di  Dieng.  Tempat  wisata  ini berlokasi di Desa Karangtengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Luas  Telaga  Merdada  ini  terbilang  cukup  luas,  yitu  mencapai  25  hektar  dan  memiliki  latar belakang berupa perbukitan yang mengelilingi seluruh kawasan telaga ini. Kemudian,  pada  bagian  tepi  telaga  terdapat  berbagai  macam  tanaman  sayuran  dimana  sayuran tersebut dibudidayakan oleh masyarakat sekitar.

Selain  itu,  terdapat  juga  atraksi  wisata  naik  perahu  pada puncak  gunung  yang  dapat  menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi para pengunjung ketika berada di tempat wisata ini. Para pengunjung dapat menaiki perahu dan mengelilingi telaga ini selama 30 menit. Untuk memasuki tempat wisata ini, para pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk, yaitu Rp 5.000/orang. Selain itu, terdapat biaya parker yang juga harus dikeluarkan bagi pengunjung yang membawa kendaraan. Harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.

 

Gardu Pandang Tieng
4.bp.blogspot.com

2. Gardu Pandang Tieng

Rekomendasi  tempat  wisata  selanjutnya yang  juga  tak  kalah  menarik  untuk  dikunjungi,  yaitu Gardu  Pandang  Tieng.  Tempat  wisata ini  berlokasi di  Jl.  Raya  Dieng,  Sidorejo,  Tieng,  Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.Orang-orang mengatakan bahwa tempat wisata ini merupakan tempat favorit dan juga kenangan bagi wisatawan asing. Tempat wisata ini juga selalu ramai oleh kunjungan para wisatawan baik wisatawan yang berasal dari dalam wilayah ataupun luar.

Bahkan, pada pagi hari pun sudah ada wisatawan yang mengunjungi tempat wisata ini untuk menikmati sunrise. Ketika  kamu  mengunjungi  tempat  ini,  maka  kamu  akan  dibuat  takjub  oleh  pemandangan perbukitan yang berselimutkan kabut tipis pada bagian timur. Sedangkan, pada bagian selatan para pengunjung dapat melihat kegagahan dari Gunung Sindoro dan juga Desa Tieng yang juga turut menjadi pemandangan yang menarik untuk dinikmati.

Salah  satu  hal  yang  menarik  dari  tempat  wisata  ini,  yaitu  Golden  Sunrise  Dieng  yang  menarik perhatian para fotografer dan juga videographer untuk mengabadikan moment tersebut. Untuk memasuki tempat wisata ini, para pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk, yaitu Rp 7.500 untuk hari Senin –Jumat dan Rp 8.500 untuk hari Sabtu –Minggu.

Baca Juga :  Kamu Harus Tahu! Inilah 4 Wisata Sejarah di Malang yang Sangat Menarik Untuk Dikunjungi!

 

Wisata Telaga Warna
4.bp.blogspot.com

3. Wisata Telaga Warna

Wisata  Telaga  Warna  menjadi  salah  satu  objek  wisata  andalan  yang  terletakdi  Dieng  Wetan, Wonosobo, Jawa Tengah. Lokasi tempat wisata ini juga mempunyai rute perjalanan yang cukup mudah untuk diakses baik menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Mungkin beberapa dari kalian ada yang merasa bingung, mengapa tempat wisata ini diberi nama Telaga Warna? Hal ini karena konon ceritanya danau ini mempunyai 3 warna yang dapat berubah-ubah nantinya. Menarik sekali, bukan?

Wisata  Telaga  Warna  ini  biasanya  mempunyai  warna  hijau,  kuning  dan  bahkan  terdapat  juga warna  pelangi  yang  sangat  cantik.  Didalam  telaga  ini  terdapat  kandungan  sulfur  yang  cukup banyak, sehingga ketika terkena sinar matahari maka warnanya pun juga akan berubah-ubah. Tempat  wisata  ini  terletak  pada  ketinggian  2000  mdpl.  Oleh  sebab  itu,  ketika  berada  di  tempatwisata  ini  para  pengunjung  tidak  hanya  dapat  melihat  keindahan  dari  danau  saja,  namun  juga kesejukan udara yang ada di lokasi tempat wisata ini.

Tempat wisata ini sangat cocok bagi kamu yang ingin refreshing pada hari libur setelah sibuk beraktifitas.Untuk memasuki tempat wisata ini, para pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk, yaitu Rp 7.000/orang. Sedangkan, untuk biaya parkir akan dikenakan biaya Rp 2.000 bagi kendaraan roda dua dan Rp 5.000 bagi kendaraan roda empat.

 

Gunung Prau
tripjalanjalan.com

4. Gunung Prau

Gunung Prau adalah puncak tertinggi yang ada pada kawasan dataran tinggi Dieng. Gunung Prau ini  terletak  di  tapal  batas antara  3  kabupaten  yang  termasuk  Kabupaten  Batang,  Wonosobo  dan juga Kendal. Tempat  yang  satu  ini  tentunya  bukanlah  tempat  yang  asing  lagi  bagi  para  pendaki  yang  ingin menyaksikan  golden  sunrise  yang  sangat  mempesona.  Bahkan,  gunung  ini  juga  sudah  sangat populer di kalangan para pendaki terlebih lagi bagi para pendaki pemula.

Hal ini karena pendakian gunung ini hanya memerlukan jarak tempuh yang terbilang relatif singkat, yaitu kurang lebih 2 –3 jam saja.Terdapat 3 jalur pendakian yang paling populer untuk menuju Gunung Prau, yaitu:

a.Jalur Prantek, ada di Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang

b.Jalur Kenjuran di Kendal

c.Jalur Pathak Banteng di Wonosobo

Di  tempat  wisata  ini,  selain  para  pengunjung  dapat  menikmati  golden  sunrise  nya  yang  sangat indah, para pengunjung juga dapat menyaksikan keindahan alam yang juga tak kalah indah, yaitu berupa  perkebunan  milik  warga  yang  menghijau,  pemandangan  dataran  tinggi  Dieng  dan  juga Telaga Warna dari kejauhan.

 

Bukit Sikunir
upload.wikimedia.org

5. Bukit Sikunir

Bagi kamu yang suka menyaksikan keindahan sunrise, maka Puncak Sikunir dapat menjadi lokasi pilihan  yang  tepat  bagi  kamu  untuk  menyaksikan  pemandangan  yang  sangat  menakjubkan tersebut. Puncak Sikunir menjadi sport yang sangat strategis untuk menyaksikan keindahan matahari pada saat terbit membuka hari. sebenarnya hal ini juga lah yang menjadi daya tarik bagi para pelancong hingga mereka rela bersusah payah untuk menyusuri jalur pendakian menuju Bukit Sikunir.

Bagi  kamu  yang  tertarik  untuk  mengunjungi  Puncak  Sikunir,  maka  untuk  mendapatkan  waktu yang terbaik untuk menyaksikan sunrise, disarankan untuk datang pada rentang bulan Juli hingga Oktober.Tempat  ini  berlokasi  di  Desa  Sembungan,  Kecamatan  Kejajar,  Kabupaten  Wonosobo,  Jawa Tengah. Untuk memasuki tempat wisata ini, para pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk, yaitu Rp 5.000/orang.

Baca Juga :  Info Lengkap Wisata Bersejarah Di Jawa Tengah Yang Wajib Dikunjungi!

 

Telaga Pengilon Dieng
i.pinimg.com

6. Telaga Pengilon Dieng

Taukah  kamu  bahwa  ternyata  Telaga  Warna  dan  Telaga  Pengilon  sering  disebut-sebut  sebagai telaga  kembar.  Perbedaan  warna  airnya  bahkan  membuat  banyak  wisatawan  merasa  terheran-heran. Telaga ini memiliki luas yang lebih kecil dibandingkan dengan Telaga Warna. Apabila di warna terdapat  banyak  belerang  dan  tidak  dapat  dihidupi  ikan,  maka  hal  ini  berbeda  dengan  Telaga Pengilon yang mempunyai air yang sangat jernih dan memungkinkan adanya ikan.

Maka tak heran apabila banyak penduduk setempat yang melakukan kegiatan memancing di tempat tersebut.Ketika mengunjungi tempat wisata ini, maka jangan lewatkan momen untuk berburu foto. Hal ini karena  pemandangan  di  tempat  wisata  ini  benar-benar  indah  ditambah  lagi  dengan  background berupa pepohonan hijau yang membuat fotomu menjadi lebih bagus lagi. Tempat  ini  berlokasi  di  Dieng,  Kejajar,  Kabupaten  Wonosobo, Jawa  Tengah.  Untuk  memasuki tempat wisata ini, para pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk, yaitu Rp 10.000.

 

Batu Pandang Ratapan Angin
2.bp.blogspot.com

7. Batu Pandang Ratapan Angin

Seperti  telah  disebutkan  sebelumnya  bahwa  Telaga  Warna  merupakan  salah  satu  tempat  wisata yang memiliki pemandangan  yang  sangat indah. Nah salah satu lokasi terbaik untuk menikmati keindahan dari Telaga tersebut adalah dari Batu Pandang Ratapan Angin.  Lokasi Batu Pandang Ratapan Angin berada di bukit yang terdapat di sekitar Telaga Warna, hal ini membuat panorama dari Telaga Warna tersebut terlihat sangat menakjubkan dari ketinggian.

Selain menjadi lokasi yang menarik untuk menikmati keindahan Telaga Warna, tempat ini juga menjadi salah satu tempat berfoto terbaik yang ada di Dieng. Keindahan panorama yang ada di tempat wisata ini sangat cocok sekali menjadi latar belakang dari foto-foto kamu. Batu  Pandang  Ratapan  Angin  berlokasi  di  Desa  Dieng  Wetan,  Kecamatan  Kejajar,  Wonosobo, Jawa  Tengah. Apabila  kamu  memulai  perjalanan  dari  pusat  Kota  Wonosobo,  maka  jarak  yang haruskamu tempuh kurang lebih 27 KM dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

 

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi ketika kamu berada  di  Dieng,  Jawa  Tengah.  Untuk  membuat  liburanmu  menjadi  semakin  seru,  kamu  dapat mengajak  keluarga  pasangan  ataupun  sahabat  kamu  untuk  mengunjungi  tempat-tempat  wisata yang ada di Dieng, Jawa Tengah. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

Check Also

wisata gembong

5 Destinasi Wisata Terbaru di Gombong Kebumen yang Wajib Kamu Kunjungi!

Destinasi  wisata  terbaru  di  Gombong  Kebumen memang  menjadi  salah  satu  hal  yang menarik untuk di …