pantai Goa China

Inilah 7 Pantai di Jawa Timur Paling Terkenal yang Wajib Dikunjungi saat Liburan Tiba!

Destinasi wisata pantai memang menjadi salah satu tujuan favorit orang-orang untuk mengisi waktu liburnya. Tak heran jika saat waktu liburan tiba, destinasi wisata pantai begitu ramai dipadati pengunjung.  Nah jika kamu berada atau berencana berkunjung ke Jawa Timur, kurang lengkap rasanya kalau kamu belum mampir ke destinasi wisata pantainya. Pantai-pantai yang ada di Jawa Timur tentunya memiliki pesona dan daya tarik tersendiri sehingga sayang untuk dilewatkan begitu saja. Nah pada pembahasan kali ini kita akan membahas 5 objek wisata Pantai di Jawa Timur yang paling terkenal serta menjadi destinasi wisata favorit banyak orang. Penasaran ada apa saja? Langsung saja simak penjelasan berikut.

pantai Goa China

  1. Pantai Goa China

Pantai terkenal di Jawa Timur yang pertama ialah Pantai Rowo Indah atau yang lebih dikenal dengan nama Pantai Goa China. Pantai ini berada di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kota Malang tidak hanya dihiasi dengan pegunungan yang indah. Malang juga mempunyai banyak pantai yang indah dan patut untuk dikunjungi. Salah satunya Goa China. Ombak yang ada di pantai ini terbilang unik, dikarenakan ombaknya berasal dari 3 arah yang berbeda yaitu barat, timur, dan selatan yang kemudian menjadi satu. Sayangnya, pantai ini tidak cukup aman untuk aktivitas berenang, karena resiko ombak yang besar dan berbahaya. Meskipun begitu, kamu masih bisa bermain air di pinggir pantai. Saat hari mau gelap, pantai ini menjadi tempat favorit untuk melihat fenomena sunset yang muncul diantara 3 buah pulau kecil. Selain menghadirkan suasana pemandangan laut yang cantik, pantai ini juga menyajikan pemandangan dalam gua yang yang terdapat disekitaran pantai. Tiket masuk ke pantai ini sangatlah murah, yaitu Rp5.000 saja.

Pantai Kuniran Pacitan

  1. Pantai Kuniran Pacitan

Saat sedang berada di Pacitan, meluangkan waktu berkunjung ke Pantai Kuniran Pacitan merupakan hal yang wajib kamu laksanakan. Pantai di Pacitan ini terletak di Desa Hadiwaro, Kecamatan Ngadirijo, Pacitan, Jawa Timur. Nah hal menarik yang jarang kamu temukan di pantai pada umumnya bisa kamu temukan di pantai ini. Hal menarik itu ialah sebuah sungai menyerupai danau yang masih satu kawasan dengan letak pantai ini. Disebut menyerupai danau dikarenakan di tengah sungai tersbebut ditumbuhi banyak pepohonan sehingga disebut pula ditengah danau.  Saat sampai di lokasi pantai, matamu akan langsung dimanjakan dengan pemandangan pantai yang dihiasi dengan deretan pasir putih yang begitu lembut. Dijamin kamu akan betah deh  berlama-lama disini! Satu hal penting yang wajib kamu ketahui ialah pantai ini memilili ombak yang besar di waktu-waktu tertentu. Demi keselamatan pengunjung, sangat disarankan untuk berkunjung disaat ombak tidak sedang naik.

Baca Juga :  Asyiknya Berlibur ke Objek Wisata Air Terjun Coban Pelangi Malang Jawa Timur Indonesia

 

Pantai Papuma

  1. Pantai Papuma

Selanjutnya ada Pantai Papuma yang berlokasi di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember, Jawa Timur.  Pantai ini terkenal akan pemandangan pasir putihnya serta aneka terumbu karang yang tersebar di tepi-tepi pantai. Hal paling menarik yang bisa kamu lihat ketika berada di pantai ini ialah keberadaan tujuh karang besar yang berdiri di kawasan pantai. Dikarenakan memiliki ukuran yang besar, karang-karang tersebut memiliki bentuk yang menyerupai sebuah pulau.  Keberadaan tujuh karang inilah yang sering dimanfaatkan para fotografer untuk menjadikan Pantai Papuma sebagai lokasi foto prewedding.  Untuk bisa masuk ke lokasi pantai, kamu hanya perlu mengeluarkan dana sebesar Rp7.000 saja. Murah sekali bukan? Meskipun begitu, jarak Pantai Papuma jika dari pusat kota Jember terbilang cukup jauh sehingga akan menghabiskan waktu perjalanan yang cukup lama pula.  Untuk itu, pengunjung sangat disarankan untuk menginap di penginapan yang sudah disediakan pihak pengelola pantai. Biaya penginapan per malam disini dipatok dengan harga sekitar Rp150.000-Rp400.000.

teluk Ijo Green Bay

  1. Teluk Ijo (Green Bay)

Destinasi wisata pantai Jawa Timur selanjutnya ialah Teluk Ijo atau biasa disebut dengan Green Bay. Pantai ini terletak di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur. Sama halnya dengan pantai yang kita bahas sebelumnya, pantai ini memiliki pasir putih yang sangat halus dan bersih. Dinamakan Teluk Ijo atau Green Bay karena air di pantai ini begitu jernih bewarna hijau toska. Dan uniknya lagi, di kawasan pantai ini kamu akan mendapati sebuah air terjun setinggi 8 meter. Keren bukan berkunjung ke satu tempat dengan dua wisata sekaligus? Teluk Ijo bisa kamu capai dengan mengambil jalur kearah selatan  dari pusat kota Bayuwangi. Jarak yang ditempuh untuk mencapai lokasi pantai yaitu sekitar 90 km. Perjalanan menuju pantai juga harus kamu lewati dengan berjalanan kaki sejauh 2 km. Jalur tracking yang harus kamu lalui berupa jalan setapak yang sudah diberi tali tambang sebagai petunjuk jalan. Nah jika kamu merasa sangat lelah dalam perjalanan, tidak ada salahnya untuk berkemah di sekitar kawasan pantai. Teluk Ijo sejak dulu memang sudah dikenal sebagai salah satu tempat camping di Jawa Timur yang menyajikan suasana alam berbeda yaitu panorama pantai di sekitarnya. Sambil berkemah, kamu juga bisa berenang di pantai, basah-basahan di air terjun, hingga memancing ikan.

Pantai Tiga Warna

  1. Pantai Tiga Warna

Pantai Malang lainnya yang juga terkenal dan menghadirkan panorama indah ialah Pantai Tiga Warna. Lokasinya berada di Desa Tambakrejo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pantai ini mulai beoperasi sejak 2014 bersamaan dengan ditetapkannya sebagaitempat konservasi terumbu karang. Banyak pengunjung yang rela datang kesini hanya untuk merasakan pengalaman snorkeling. Wajar saja dijadikan destinasi favorit untuk snorkeling, karena di pantai ini kamu bisa menemukan beragam terumbu karang yang hidup di bawah laut pantai ini. Bagi kamu yang ingin melakukan snorkeling namun tidak membawa peralatannya, disini kamu bisa menyewa peralatan snorkeling dengan harga Rp15.000 per orangnya. Untuk tarif masuk ke lokasi pantai, pengunjung harus membayar tiket masuk seharga Rp6.000 per orang.

Pantai Plengkung

  1. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung memiliki nama lain yang terbilang keren yaitu Pantai G Land. Arti kata “G”  ialah Grajangan, sebuah teluk hutan tropis yang menghiasai selatan Bayuwangi. Pantai yang satu ini merupakan pantai Bayuwangi yang sudah terkenal hingga ke mancanegara. Jelas saja, pantai ini mendapat julukan “The Seven Giant Waves” dikarenakan memiliki ombak yang tinggi yaitu mencapai 4 hingga 6 meter. Selain tinggi, ombak disini memiliki formasi gelombang bersusun sepanjang 2 km. Memiliki ombak yang ganas menjadikan pantai ini tak pernah sepi pengunjung. Terutama para peselencar yang berasal dari berbagai daerah dan berbagai negara yang ingin mencoba menaklukan ombak yang setara dengan ombak pantai di Hawai. Bagi kamu yang ingin berselencar di pantai ini, datanglah pada bulan April-September agar mendapati kondisi ombak yang pas.  Di tepi pantai, terdapat sebuah rumah panggung yang dijadikan wisatawan sebagai tempat untuk menonton aksi para peselancar. Lokasi Pantai Plengkung yaitu ada di Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Bayuwangi, Jawa Timur tepatnya disebelah tenggara pulau Jawa yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

Pantai Gemah Tulungagung

  1. Pantai Gemah Tulungagung

Tulungagung juga punya destinasi wisata pantai yang nggak kalah menarik dari pantai-pantai yang ada di daerah lainnya. Salah satu pantai di Tulungagung yang terkenal ialah Pantai Gemah Tulungagung. Lokasinya berada di Jalur Lintas Selatan, Soireng, Keboireng, Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Kondisi alam pantai ini masih benar-benar alami sehingga lingkungannya begitu bersih. Di sekitaran pantai pun kamu bisa mendapati pepohonan pinus yang tumbuh menjulang tinggi. Hal itulah yang dimanfaatkan pengunjung sebagai spot berfoto dengan latar belakang pepohonan pinus dan pantai. Pasir yang menghampar di tepi pantai memiliki warna putih kecoklatan sehingga begitu nyaman saat mata memandang. Kegiatan yang bisa dilakukan di Pantai  Gemah salah satunya ialah berenang. Pantai ini sangatlah cocok dijadikan lokasi berenang dikarenakan ombaknya begitu tenang dan juga tidak besar. Meskipun begitu, tetap jaga keselamatan ketika sedang berenang ya! Selain berenang, kamu bisa mengelilingi lingkungan pantai dengan mengendarai sebuah ATV. ATV tersebut bisa kamu sewa dengan harga Rp20.000 setiap 20 menit. Pantai Gemah juga termasuk pantai dengan panorama sunrise dan sunset yang sangat menawan lho! Kedua panorama tersebut bisa kamu lihat begitu jelas tanpa terhalang apapun. Perihal tiket masuk, setiap pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp7.000. Biaya tersebut bisa berubah sewaktu-watu.

Nah itu dia 7 objek wisata pantai terkenal yang ada di Jawa Timur. Yang perlu diingat saat berkunjung ke objek wisata pantai ialah tetaplah menjaga kebersihan lingkungan salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan. Selain itu, jagalah fasilitas yang ada di objek wisata tersebut dengan tidak merusaknya. Itu saja yang bisa dibahas pada artikel kali ini, semoga liburanmu menyenangkan!

Check Also

pesona lokal indonesia yang mendunia

3 Pesona Wisata Lokal Yang Mendunia Hingga Saat Ini

Jika ingin wisata Anda menyenangkan sebenarnya tak perlu harus ke luar negeri untuk mencari keindahan …