Home / Jawa Tengah / 7 Pariwisata Alam di Cilacap yang Paling Populer dan Menarik Untuk Dijelajahi!
pemandangan Cilacap
cdn.medcom.id

7 Pariwisata Alam di Cilacap yang Paling Populer dan Menarik Untuk Dijelajahi!

Pariwisata alam di Cilacap memang mempunyai daya tarik tersendiri sehingga membuat tempat-tempat  wisata  tersebut  sangat  menarik  untuk dijelajahi.  Cilacap  adalah  sebuah  kabupaten  yang terdapat  di  pesisir  selatan  Jawa  Tengah  yang  memiliki  berbagai  macam  tempat  wisata  yang menarik untuk dijelajahi, mulai dari wisata budaya, wisata kuliner hingga wisata alam yang sangat eksotis.

Karena terletak di bagian pesisir selatan pulau Jawa, maka menjadikan kabupaten ini mempunyai banyak pesona alam yang sangat indah, khususnya pantainya. Nah,  bagi  kamu  yang  memiliki  rencana  untuk  berkunjung  ke  Cilacap,  berikut  ini  beberapa rekomendasi  wisata  alam  di Cilacap  yang  menarik  untuk  dijelajahi  dan  sayang  sekali  kalau dilewatkan.

 

Curug Cimandaway
2.bp.blogspot.com

1. Curug Cimandaway

Rekomendasi  tempat  wisata  pertama  yang  dapat  kamu  kunjungi  ketika  berada  di  Cilacap,  yaitu Curug  Cimandaway.  Curug  Cimandaway  ini  merupakan  salah  satu  tempat  wisatayang  ada  di Serang, Desa Datar, Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Tempat wisata ini juga menjadi salah satu tempat wisata yang ramai oleh kunjungan para wisatawan, baik ketika hari biasa ataupun hari libur. Curug ini mempunyai 5 tingkatan yang mana keseluruhan ketinggiannya mencapai kurang lebih 100 meter, tetapi yang terlihat terang hanya 75 meter.

Curug ini juga menjadi curug yang paling tinggi yang ada di Kabupaten Cilacap. Keunikan dari Curug ini, yaitu sumber airnya yang berasal dari Sungai Singaraja dan airnya yang jatuh ke Sungai Cikawalon yang ada dibawahnya. Selain itu, tempat wisata ini juga mempunyai pemandangan  yang  luar  biasa  indah  dilengkapi  dengan  suasananya  yang  sejuk  karena  terdapat pepohonan rindang serta area persawahan yang juga menjadi pemandangan yang dapat dinikmati oleh para wisatawan.

Bagi kamu yang tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini, maka jangan khawatir mengenai fasilitas yang ada di tempat wisata ini. Di tempat wisata ini telah tersedia berbagai macam fasilitas, seperti kamar mandi / MCK, area parkir kendaraan, tempat istirahat, warung makan dan lain-lain.

Baca Juga :  7 Tempat Hiburan dan Romantis di Cilacapyang Wajib Kamu Kunjungi!

 

Wisata Hutan Payau Mangrove
mongabay.co.id

2. Wisata Hutan Payau (Mangrove)

Rekomendasi tempat wisata selanjutnya yang dapat kamu kunjungi ketika berada di Cilacap, yaitu Wisata  Hutan  Payau  (Mangrove)  yang  berada  di  Desa  Beji  Lor,  Kelurahan  Tritih  Kulon, Kecamatan Cilacap Utara, Jawa Tengah.Ketika kamu telah sampai di gerbang masuk, maka kamu akan disambut dengan gapura selamat dating.

Sekedar informasi bahwa tempat ini memiliki area parkir yang cukup luas, sehingga kamu tidak  perlu  merasa  bingung  untuk  memarkirkan  kendaraan  yang  kamu  gunakan.  Dari  sini,  para pengunjung sudah bias merasakan bagaimana kesejukan serta teduhnya suasana yang ada di hutan bakau ini, walaupun cuacanya sedang terik.

Tempat wisata ini juga mempunyai spot foto  yang  menarik bagi kamu yang  ingin berburu foto. Walaupun  beberapa  diantaranya  ada  yang  terlihat  kurang  terawatt,  tetapi  jika  kamu  jeli  dalam mengambil angle, maka hal tersebut tidaklah menjadi masalah karena foto yang kamu ambil akan tetap bagus

 

Kemit Forest
2.bp.blogspot.com

3. Kemit Forest

Kemit Forest merupakan salah satu tempat wisata di Cilacap yang juga menjadi buruan wisatawan. Tempat wisata ini memiliki banyak spot foto menarik dan juga unik, mulai dari gardu pandang, ayunan,  properti  payung  di  langit-langit,  sky  bike,  kursi  gantung  dan  lain  sebagainya.  Tempat wisata ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki hobi fotografi ataupun berburu foto-foto yang menarik.

Kemit   Forest   juga   memiliki   wahana   bagi   kamu   yang   memiliki   hobi   membaca,   terdapat perpustakaan   umum   dimana   para   pengunjung   bisa   berduduk   santai   sembari   menikmati pemandangan alam yang sangat indah dan menyejukkan. Tempat wisata ini berlokasi di Desa Karanggedang, Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Untuk memasuki tempat wisata ini, para pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk, yaitu sebesar Rp 20.000/orang.

 

4. Air Terjun Curug Bandung

Air Terjun Curug Bandung merupakan salah satu tempat wisata di Cilacap yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Tempat wisata ini memiliki karakter air terjun yang cukup deras dan juga bersih. Jadi, bias digunakan untuk mandi, berendam, bermain air ataupun berburu spot foto alam dengan menggunakan latar belakang curug.

Yang  menjadi  daya  tarik  dari  tempat  wisata  yang  satu  ini  adalah  air  terjunnya  yang  bersih  dan mengalir dari tebing bebatuan yang sesuai dengan aliran air sungai yang membuat air terjun ini seperi mempunyai keunikan tersendiri. Air Terjun Curug Bandung berlokasi di  Limbangan, Kec. Wanareja, Kabupaten Cilacap.

Untuk menuju lokasi tempat wisata ini, akses jalan yang bisa digunakan sudah cukup bagus, namun untuk sampai di lokasi curug, para pengunjung harus berjlaan kaki melewati jalan setapak yang sudah disediakan,  namun  selama  perjalanan  tersebut  para  pengunjung  bisa  menikmati  pemandangan alam berupa persawahan pepohonan alami yang menyejukkan mata.

 

Air Panas Cipari
4.bp.blogspot.com

5. Curug Cipari dan Air Panas Cipari

Curug Cipari merupakan wisata air terjun di Cilacap yang mempunyak ketinggian sekitar 20 meter. Selain itu, tempat wisata ini juga menjadi destinasiwisata air terjun ataupun curug yang menjadi favorit bagi masyarakat Cilacap dan sekitarnya.Curug ini bersebelahan dengan pemandian Air Panas Cipari yang memiliki jarak kurang lebih 400 meter  dari  wisata  Curug  Cipari.

Kedua  tempat  wisata  ini  berlokasi  diDesa  Cipari,  Kecamatan Cipari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.Pemandian  Air  Panas  Cipari  ini  adalah  sebuah  sumur  yang  airnya  lumayan  panas  dan  juga memiliki kandungan belerang.

 

Curug Mandala
jalanjalanenak.com

6. Curug Mandala

Tempat wisata yang satu ini menjadi tempat wisata di Cilacap yang sangat cocok bagi kamu yang ingin berlibur dengan tema yang natural atau alam. Hal ini karena di tempat wisata ini memiliki alam yang masih asri serta memiliki udara yang masih sejuk.

Lokasi tempat wisata ini berada di Desa Mandala, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Tempat wisata ini sangatlah indah dan sangat cocok bagi kamu yang menyukai tempat wisata air terjun atau Curug. Untuk memasuki tempat wisata ini, para pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk, yaitu Rp 7.500.

 

Gunung Selok
mgriyahotel.com

7. Gunung Selok

Yang  menarik  dari  tempat  wisata  yang  satu  ini,   yaitu  para  pengunjung  bisa  menikmati pemandangan alam yang bahkan lebih dari sekedar gunung. Di gunung ini, ada banyak pintu yang menghubungkan  ke  tempat  wisata  liannya,  seperti  Gunung  Srandil,  Pantai  Laut  Selatan  atau benteng peninggalan Jepang.

Saat ini, Gunung Selok memiliki wahana baru yang berada di puncak gunung. Wahana ini biasa dikenal  dengan  sebutan  Selfie  Deck  yang  menjadi  spot  wajib  untuk  dikunjungi.  Wahan  ini memiliki  keindahan  alam  yang  memiliki  latar  belakang  berupa  hamparan  sawah,  hutan  serta Samudera Hindia. Kemudian, pada spot ini juga terdapat view deck yang ada di atas pohon serta dilengkapi dengan adanya jembatan gantung yang menjadi penghubung antara dua pohon.

Bagi  kamu  yang  ingin  berfoto  di  Selfie  Deck,  maka  kamu  perlu  mengeluarkan  dua  biaya  tiket masuk. Yang pertama, yaitu tiket masuk perum perhutani dengan biaya IDR8.000. Kemudian, tiket untuk masuk Gunung Selok dengan biaya IDR5.000. Kemudian, ada juga biaya untuk membayar jasa parkir, yaitu IDR2.000.

Dengan membayar biaya-biaya tersebut, kamu dapat mengambil foto sepuasnya. Tempat wisata ini juga memiliki fasilitas penunjang yang cukup lengkap, seperti rumah makan, area parkir, tempat istirahat dan juga kamar mandi.

 

Itulah  tadi  beberapa  rekomendasi  tempat  wisata  di  Cilacap  yang  dapat  kamu  kunjungi  bersama keluarga  ataupun  rekan  liburanmu.  Jangan  lupa  untuk  selalu  menjaga  kebersihan  dari  tempat wisata yang dikunjungi. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

Check Also

Panorama Papua

Mutiara Wisata Di Tanah Papua Yang Menyejukkan Mata

Jika  kita  menyebut  Provinsi  Papua,  maka  yang  terlintas dibenakmu  adalah  Raja  Ampat  yang  memang telah  …