Home / Jawa Tengah / 7 Tempat Berlibur di Semarang yang Populer dan Kekinian!
pemandangan Semarang
myimage.id

7 Tempat Berlibur di Semarang yang Populer dan Kekinian!

Tempat berlibur di Semarangjuga menjadi salah satu tujuan para wisatawan ketika akhir pekan ataupun  pada  saat  liburan. Semarang  adalah  sebuah  kotabesar  yang  juga  menjadi  ibu  kota  dari Provinsi Jawa Tengah. Kota Semarang mempunyai sejuta pesona serta panorama alam yang sangat tentunya sangat menakjubkan.Sebagai  Ibu  Kota  Provinsi  Jawa  Tengah,  tentunya  sangat  wajar  jika  kota  ini  mempunyai perkembangan  yang  sangat  pesat.

Di  Semarang,  kamu  bisa  menemukan  banyak  sekali  tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kota ini juga menjadi salah satu destinasi wisata terfavorit yang ada di Indonesia. Bagi kamu yang memiliki rencana untuk pergi berlibur ke Semarang atau bagi kamu yang ingin mengetahui  tempat-tempat  wisata  yang  ada  di  Semarang,  berikut  ini  beberapa  tempat  wisata  di Semarang yang sayang sekali jika dilewatkan.

 

Banter Hills
cdn.idntimes.com

1. Banter Hills

Rekomendasi pertama tempat wisata yang dapat kamu kunjungi di Semarang, yaitu Bantir Hills. Tempat wisata yang satu ini menjadi incaran bagi para wisatawan yang gemar untuk berburu foto karena tempat wisata ini memang cukup instagenic.

Ketika  sampai  di  lokasi  tempat  wisata  ini,  para  pengunjung  akan  langsung  dimanjakan  dengan pemandangan alam yang sangat mempesona, mulai dari area pepohonan yang rindang, kawasan pegunungan, area pemukiman warga setempat hingga persawahan hijau, itu semua bisa kamu lihat secara  jelas  di  sekitar  lokasi  wisata.  Ditambah  lagi  dengan  hembusan anging  sepoi-sepoi  yang memberikan kesejukan dan membuat siapapun yang berkunjung ke tempat wisata ini merasa betah untuk berlama-lama disana.

Tempat wisata ini berada diatas bukit dengan ketinggian mencapai 1000 meter dihitung dari atas permukaan  laut.  Kemudian,  suhu  di  sekitar  tempat  wisata  ini  bahkan  mencapai  15  hingga  25 derajat Celsius. Tempat wisata ini berlokasi di Desa Losari, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Untuk memasuki tempat wisata ini, para pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000/orang.

 

Wisata Eling Bening
kawansaudarantrans.com

2. Wisata Eling Bening

Tempat yang satu bisa menjadi pilihan bagi kamu yang mencari tempat wisata di Semarang dengan suasana yang romantis, namun untuk itu kamu bisa mengunjungi tempat wisata ini pada pagi hari atau sore hari agar suasana romantis yang kamu inginkan semakin terasa. Kamu  juga  akan  disajikan  penginapan  yang  bernuansa  alam,  keindahan  hamparan  lanskap pegunungan  serta  wisata  rawa  bening.

Tempat  ini  memiliki  lahan  yang  cukup  luas,  kamu  juga dapat menginap di tempat ini dengan membawa ataupun menyewa tenda yang sudah disediakan. Spot  favorit  dari  tempat  wisata  ini,  yaitu  kolam  renang  yang  mana  dari  tempat  ini  kamu  bisa melihat  secara  langsung  kegagahan  dari  gunung  yang  saling  berhimpit,  yaitu  Gunung  Andong Magelang,  Gunung  Merbabu  dan  Telomoyo.

Selain  itu,  terdapat  juga  fasilitas  lainnya,  seperti camping ground, tempat outbound, restoran, dan juga meeting room.Tempat  rekreasi  ini  berlokasi  di  Jalan  Sarjono,  Bawen,  Kecamatan  Ambarawa,  Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

 

Saloka Theme Park
media-cdn.tripadvisor.com

3. Saloka Theme Park

Saloka Theme Park bisa menjadi alternative wisata keluarga di Semarang bagi kamu yang ingin menghabiskan waktu liburan bersama keluarga tercinta.Tempat wisata ini memiliki lahan yang sangat luas dan juga dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas serta wahana permainan yang akan membuat liburanmu semakin menyenangkan. Taman wisata Saloka terbagi menjadi 4 bagian, yaitu zona kuantum, zona laut, zona kingdom dan juga zona jungle.

Dari keempat zona tersebut, terdapat 25 wahana, antaralain wahana Carkawala, Bianglala, Adu Nyali, Ecowisata Angon-Angon (interaksi bersama hewan), Agrowisata Ijo Royo-royo atau holikultura, Sepeda Terbang, Disko, Pakubumi, Jejogetan dan lain sebagainya.Selain itu, terdapat juga fasilitas-fasilitas yang mumpuni, seperti tempat ibadah musholla, klinik kesehatan,  mesin  atm,  area  khusus  difabel  serta  toilet  umum.

Bagi  wisatawan  yang  ingin beristirahat  setelah  puas  bermain,  maka  dapat  mengunjungi  café  yang  berhadapan  langsung dengan pemandangan rawa pening dan juga kegagahan dari Gunung Merbabu.Tempat  wisata  ini  berlokasi  di  Jalan  Fatmawati  nomor  154,  Gumuksari,  Lopait,  Kecamatan Tuntang,   Kabupaten   Semarang,   Jawa   Tengah.   Untuk   memasuki   tempat   wisata   ini,   para pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 120.000/orang pada saat weekday dan Rp 150.000 pada saat weekend atau musim liburan nasional.

 

Wisata Lereng Kelir
1.bp.blogspot.com

 

Baca Juga :  5 Tempat Wisata Kuliner Bandung yang Paling Banyak Diburu Wisatawan!

4. Wisata Lereng Kelir

Wisata  gardu  pandang  Lereng  Kelir  dapat  dikatakan  sebagai  wisata  gardu  pandang  yang  lebih tinggi dibandingkan dengan tempat wisata gardu pandang lainnya yang berada di Jawa Tengah. Dari Lereng Kelir, para wisatawan bisa melihat secara jelas hamparan hijau yang ada di daerah Ambarawa.

Selain itu, bentuk Telaga Rawa Pening pun juga tidak terlepas dari pandangan mata serta kawasan Banyubiru yangterdapat di sebelah telaga tersebut. Puncak  Gunung  Kelir  ada  dua,  yang  pertama  yaitu  melewati  dusun  Gertas  dan  dikenal  sebagai Puncak Gertas yang merupakan favorit para pengunjung karena mempunyai pemandangan yang lebih leluasa.

Yang kedua, yaitu melalui Wonokasihan Brongkol, Bedono, Kecamatan Jambu dan biasa dikenal sebagai Puncak Nggampeng. Kedua tempat wisata ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan memiliki gardu pandang dengan ciri khasnya mashing-masing.Kelebihan wisata Lereng Kelir dibandingkan dengan wisata gardu pandang yang lainnya adalah view-nya yang memang seolah-oleh tak terbatas dan pandangan mata dapat menembus hingga laut utara.

 

Hutan Pinus Kayon
trapedia.com

5. Hutan Pinus Kayon

Kawasan yang berada di daerah lereng Gunung Merbabu ini menjadi salah satu spot foto favorit yang  ada  di  Semarang  untuk  berburu  foto  karena  Hutan  Pinus  Kayon  ini  mempunyai  spot  foto yang  tidak  ada  di  hutan  pinus  lainnya,  yaitu  sebuah  pohon  pinus  yang  mana  memiliki  bentuk bengkokan yang mirip dengan huruf “U”, sehingga spot ini menjadi rebutan  anak  muda  yang mengunjungi tempat wisata ini.

Hutan Pinus Kayon berlokasi di Dusun Krangkeng, Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang ini terletak di sebelah utara lereng Gunung Merbabu. Untuk memasuki tempat wisata ini, para pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk, yaitu sebesar Rp 5.000.

 

Pantai Marina
semarangwingkorolls.net

6. Pantai Marina

Mengunjungi pantai yang ada di Semarang juga bisa menjadi salah satu aktivitas yang dapat kamu lakukan untuk mengisi liburanmu, kamu bisa mengunjungi Pantai Marina yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso, Kompleks PRPP, Tawang Sari, Semarang.Di  pantai  ini  kamu  bisa  menemukan  kapal  dengan  uuran  sedang  yang  biasa  digunakan  oleh wisatawan untuk menikmati keindahan wilayah yang ada di sekitar pantai dari atas kapal.

Jumlah kapal yang ada di tempatwisata ini pun juga cukup banyak, sehingga para pengunjung bisa lebih leluasa untuk berpetualang di sekitarnya tanpa perlu khawatir mengenai masalah durasi, bahkan biaya yang dikeluarkan pun juga tidak terlalu mahal, yakni Rp 5.000/orang.

Tidak  hanya  itu,terdapat  berbagai  fasilitas  lainnya  yang  juga  disediakan  oleh  pihak  pengelola, seperti  arena  balap  mobil  yang  berada  di  sebelah  utara,  gazebo  yang  ada  di  sepanjang  pantai, penyewaan ban renang yang juga berada di tiket masuk serta deretan krusi yang telahdisediakan untuk beristirahat atau bersantai.

 

Ayana Gedong Songo
travelingan.net
Baca Juga :  Info Lengkap Wisata Bersejarah Di Jawa Tengah Yang Wajib Dikunjungi!

7. Ayana Gedong Songo

Bingung mencari tempat wisata yang memiliki spot selfie kekinian dan bertema alam yang ada di sekitar  semarang?  Kamu  bisa  mengunjungi  Ayana  Gedong  Songo  karena  di  tempat  wisata  ini kamu akan dimanjakan dengan berbagai macam spot foto yang instagramable.Sebagian spot foto yang ada di tempat wisata ini gratis, namun juga ada yang harus bayar Rp 5.000, seperti spot balon dan juga gelembung.

Setelah puas berburu foto, kamu bisa menikmati keindahan yang alam serta Candi Gedong Songo.Tempat   wisata   ini   berlokasi   di   Kompleks   Candi   Gedong   Songo,   Krajan,   Banyukuning, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah. Untuk memasuki tempat wisata ini, para pengunjung harus mengeluarkan biaya tiket masuk, yaitu sebesarRp 10.000 untuk anak-anak dan Rp 20.000 untuk orang dewasa.

 

Itulah tadi beberapa rekomendasitempat wisata yang menarik untuk dikunjungi ketika berada di Semarang.  Semarang  memiliki  banyak  tempat  wisata  lainnya  yang  sangat  menarik  untuk dikunjungi,  oleh sebab  itu  kamu  juga  bisa  mengunjungi  tempat  wisata  lainnya  yang  berada  di Semarang yang sesuai dengan keinginan kamu. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

Check Also

jalanan Jogja

Objek Wisata Yang Instagramable Di Jogjakarta

Jogjakarta  adalah  salah  satu  kota  yang  tak  akan  habis  jika  kita  berbicara  tentang  wisata.  Yogyakarta …