Panorama Kudus
fispol.com

7 Tempat Rekreasi di Kudus yang Wajib Kamu Kunjungi!

Tempat rekreasi di Kudus tentunya mempunyai daya tarik yang unik sehingga membuat para wisatawan  merasa  tertarik  untuk  mengunjungi  tempat-tempat  wisatayang  ada  di  kota  tersebut. Kudus  sendiri  merupakan  kota  yang  juga  dikenal  sebagai  Kota  Santri  dan  juga  Kota  Kretek (Rokok).Tidak hanya itu, dulu juga kudus dikenal sebagai pusat perkembangan agama islam di tanah Jawa.

Hal ini dapat dilihat dari adanya makam-makam para wali yang ada disini, seperti Makam Sunan Kudus, Sunan Kedu, Sunan Muria dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, Kudus juga mempunyai banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Bagi kamu yang memiliki rencana untuk berkunjung ke Kudus, berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata menarik dan juga unik yang wajib kamu datangi.

 

Bumi Perkemahan Wana Wisata Kajar
3.bp.blogspot.com

1. Bumi Perkemahan Wana Wisata Kajar

Rekomendasi  tempat  wisata  pertama  yang  dapat  kamu  kunjungi  di  Kudus,  yaitu  Bumi Perkemahan Wana Wisata Kajar yang merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di Desa Kajar, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Tempat  wisata  ini  juga  menjadi  salah  satu  tempat  wisata  di  Kudus  yang  ramai  dengan kunjungan para wisatawan, baik pada hari biasa ataupun pada hari libur.

Bumi  Perkemahan  Wana  Wisata  Kajar  mempunyai  panorama  yang  sangat  asri  dan  juga terbebas dari pencemaran udara. Sesuai dengan namanya yaitu bumi perkemahan, tempat yang  satu  ini  umumnya  digunakan  sebagai  tempat  untuk  berkemah  untuk  anak-anak sekolah ataupun remaja yang memang ingin mendirikan tenda di tempat wisata ini untuk sekedar berlibur. Tempat wisata ini juga telah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas, seperti mushola, area parkir kendaraan, penginapan, kamar mandi atau MCK dan lain-lain.

 

Museum Kretek Kudus
1001wisata.com

2. Museum Kretek Kudus

Museum  Kretek  menjadi  salah  satu  destinasi  wisata  menarik  lainnya  yang  dapat  kamu kunjungi  di  Kudus.  Museum  ini  berlokasi  di Desa  Getas  Pejatan,  Kecamatan  Jati, Kabupaten  Kudus,  Jawa  Tengah  dan  diresmikan  pada  tanggal  3  Oktober  1986  oleh Soepardjo Roestam yang pada saat itu menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri.

Seperti museum-museum pada umumnya, Museum Kretek juga dapat digunakan sebagai sarana  penelitian,  pendidikan  dan  juga  rekreasi.  Di  museum  ini,  para  pengunjung  dapat melihat  aneka  peralatan  tardisional  yang  digunakan  untuk  membuat  rokok  kretek  dan klobot, serta sarana promosi yang pada masa itu digunakan.

Selain  itu,  terdapat  juga  diaroma  yang  menggambarkan  mulai  dari  proses  penanaman bahan baku (cengkeh, tembakau, dan klobot jagung) sampai pengolahannya untuk menjadi rokok kretek dan klobot dengan menggunakan cara tradisional dan juga modern.Museum ini beroperasi mulai pukul 09.00 –15.00 WIB. Untuk memasuki tempat wisata ini, para pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk, yaitu Rp 1.500.

Baca Juga :  7 Tempat Rekreasi di Magelang yang Menarik untuk Kamu Kunjungi!

 

Air Terjun Gonggomino Colo Kudus
lh3.googleusercontent.com

3. Air Terjun Gonggomino Colo Kudus

Wisata Air Terjun Gonggomino Colo Kudus berlokasi di Desa Japan, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Tempat wisata yang satu ini juga menjadi tempat wisata yang sayang sekali jika dilewatkan karena memiliki pesona keindahan yang tiada duanya.

Wisata Air Terjun Gonggomino Colo Kudus ini merupakan salah satu obyek wisata alam yang  memang  cukup  terkenal  yang  ada  di  Kudus.  Tidak  jauh  dari  lokasi  Air  Terjun Gonggomino, didekatnya ada juga air terjun Montel. Pada dasarnya,  objek  wisata  air  terjun  tersebut  juga  mempunyai  pemandangan  air  yang jatuh  dari  atas  perbukitan  serta  pemandangan  alam  yang  sangat  indah  yang  ada  di sekitarnya.

Tetapi,  tentunya  terdapat  juga  keunikan  serta  keindahan  yang  membuatnya cukup berbeda.Tempat wisata ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas, seperti tempat istirahat, kamar mandi atau MCK, area parkir kendaraan dan lain-lain.

 

Menara Pisang
perpus.jatengprov.go.id

4. Menara Pisang

Menara Pisang merupakan tempat wisata yang berlokasi di Dukuh Watu Lumpang, Desa Kajar, Kecamatan  Dawe,  Kabupaten  Kudus,  Jawa  Tengah.  Wisata  Menara  Pisang  ini sangat luas dan juga memiliki pesona yang sangat menakjubkan.Untuk memasuki tempat wisata ini, para pengunjung akan dikenakan biaya  tiket masuk, yaitu sebesar Rp 15.000. Setelah membayar tiket masuk, kamu bisa menikmati berbagai macam fasilitas yang ada di tempat wisata ini, seperti gazebo yang dapat digunakan sebagai tempat tongkrongan.

Selain itu, terdapat juga lokasi untuk outbound dan camping ground yang  telah  disediakan  bagi  pengunjung  yang  ingin  camping  atau  hanya  sekedar  ingin berfoto-foto, ada banyak spot foto yang unik yang bisa dijadikan sebagai background foto kamu.Wisata  Menara  Pisang  juga  dilengkapi  dengan  berbagai  macam  fasilitas,  seperti  cafe, taman yang luas, musholla, area parkir kendaraan, tempat istirahat dan juga kamar mandi atau MCK.

 

Air Terjun Montel
i.pinimg.com

5. Air Terjun Montel

Wisata  Air  Terjun  Montel  berlokasi  di  Daerah  Colo,  kudus,  tepatnya  berada  di  kaki Gunung Muria yang merupakan gunung yang paling terkenal yang terletak di Kudus. Dapat dikatakan  bahwa  wisata  Air  Terjun  Montel  ini  merupakan  primadona  dari  wisata alam  yang  ada  di  kudus,  bahkan  Air  Terjun  Montel  ini  juga  menjadi  wisata  alam  yang populer yang ada di Kudus yang sayang sekali jika dilewatkan.

Susana yang ada di lokasi tempat wisata ini sangat sejuk karena terletak di dataran tinggi, ditambah lagi dengan adanya rimbunan pohon serta tanaman hijau yang ada di sekitar air terjun yang membuatnya semakin terlihat alami.Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 50 meter dan mempunyai debit air yang cukup deras.  Kemudian,  tepat  pada  bagian  bawahair  terjun  terdapat  kolam  alami  yang  dapat digunakan untuk membasuh muka ataupun mandi.

Wisata  Air  Terjun  Montel  ini  juga  memiliki  beberapa  fasilitas,  seperti  mushola,  warung makan,  tempat  parkir,  WC,  ojek  dan  lain-lain.  Untuk  memasuki  tempat  wisata  ini,  para pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk, yaitu sebesar Rp 7.500/orang.

Baca Juga :  10 Tempat Rekreasi di JeparaTerpopuler dan Hits yang Wajib Kamu Kunjungi!

 

Wisata Alam Selam Semliro
lh3.googleusercontent.com

6. Wisata Alam Selam Semliro

Bagi  kamu  yang  ingin  membuat  feed  Instagram  kamu  menjadi  semakin  menarik,  maka kamu dapat  mengunjungi  Wisata  Alam  Selam  Semliro  yang  berada  di  kawasan  Desa Wisata  Rahwatu.  Di  tempat  wisata  ini,  kamu  bisa  menemukan  banyak  spot  foto  yang instagramable banget dan memiliki latar belakang pemadangan pegunungan yang ciamik.

Mulai dari jembatan yang terbuat dari bambu dan selalu menjadi incaran bagi pengunjung yang  datang  kesini,  hingga  bunga  raksasa  dan  juga  sayap  malaikat  dengan  view  yang sangat mempesona.Selain itu, kamu juga bisa menikmati pemandangan yang sangat indah area Gunung Muria darilokasi ini.

Terdapat juga saung-saung kecil yang dapat digunakan sebagai tempat untuk beristirahat sembari menikmati makanan ringan yang dijual di tempat ini.Tempat  wisata  ini  berlokasi  di  Semliro,  Rahwatu,  Gebog,  Kudus.  Tempat  wisata  ini beroperasi  mulai  pukul  08.00 –22.00  WIB.  Untuk  memasuki  tempat  wisata  ini,  para wisatawan akan dikenakan biaya tiket masuk, yaitu Rp 5.000.

 

River Tubing Desa Jurang
3.bp.blogspot.com

7. River Tubing Desa Jurang

Bagi  kamu  yang  menyukai  hal-hal  yang  berkaitan  dengan  adrenalin,  maka  kamu  dapat mengajak teman kamu untuk menikmati keseruan dari river tubing yang ada di Kudus ini. Aliran air yang terdapat di Kali Gelis yang deras yang ada di Desa Jurang Kudus ini juga menjadi salah satu atraksi wisata yang ramai oleh kunjungan peminatnya. Maka tak heran apabila  kamu  perlu  melakukan  reservasi  terlebih  dahulu  apabila  ingin  mampi  ke  tempat ini.

Dengan  adanya  debit  air  yang  deras  serta  bebatuan  alami  yang  ada  di  beberapa  titik  di tengah sungai semakin menambah keseruan dari river tubing ini. Selain itu, pemandangan yang dapatkamu nikmati selama river tubing ini juga sangat indah, mulai dari hamparan sawah  yang  menghijau  sebelum  menuju  ke  lokasi,  sungai  berarus  santai  yang  dikeliling oleh  batu-batu  yang  keren  dan  juga  arus  deras  yang  terkadang  membuat  pesertanya terjatuh.

Tetapi, disitulah letak keseruan yang ada di river tubing di Desa Jurang ini.Bagi kamu yang tertarik untuk melakukan kegiatan ini, maka kamu harus mengeluarkan biaya, yaitu sebesar Rp 50.000/orang. Bagaimana? Menarik sekali, bukan?

 

Itulah  tadi  beberapa  rekomendasi  tempat  wisata  di  Kudus  yang  dapat  kamu  kunjungi. Jangan  lupa  untuk  selalu  menjaga  kebersihan  dari  tempat  wisata  yang  kamu  kunjungi. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

Check Also

candi borobudur candi termegah di indonesia bahkan dunia

Pesona Borobudur Yang Tak Lekang Oleh Waktu

Berpergian itu memang menyenangkan, apabila bersama keluarga besar atau bersama komunitas terasa lebih seru dan …