Home / Aceh / Sedang Berada Di Aceh? Yuk Mampir ke 7 Tempat Wisata di Aceh Utara yang Menyimpan Keindahan Luar Biasa
7 Tempat Wisata di Aceh Utara yang Menyimpan Keindahan Luar Biasa
image source: steemit

Sedang Berada Di Aceh? Yuk Mampir ke 7 Tempat Wisata di Aceh Utara yang Menyimpan Keindahan Luar Biasa

Aceh Utara merupakan salah salah satu dari kabupaten yang ada di Provinsi Aceh. Awalnya ibu kota dari kabupaten ini ialah kota Lhokseumawe, namun akhirnya dipindahkan ke kota Lhoksukon. Aceh Utara menyimpan potensi wisata yang indah sehingga sayang untuk dilewatkan ketika berkunjung kesini. Tempat wisata di Aceh Utara ada beragam jenisnya mulai dari wisata alam hingga wisata sejarah. Nah tempat wisata seperti apa aja sih yang ada di Aceh Utara? Biar nggak lebih penasaran lagi, langsung saja simak ulasan berikut ini.

 

waduk jeulikat lhokseumawe
image source:
ksmtour.com
  1. Waduk Jeulikat Lhokseumawe

Waduk Jeulikat Lhokseumawe ialah sebuah waduk buatan yang khusus dibuat untuk dijadikan tempat wisata. Waduk ini terletak di Desa Jeulikat, Kecamatan Blang Mangat, hokseumawe. Untuk bisa sampai di lokasi wisata, perjalanan akan ditempuh sekitar 15 menit dari pusat kota Lhokseumawe. Terdapat banyak spot-spot yang biasa digunakan pengunjung untuk mengabadikan momen indah seperti, tangga penyerbangan, tangga-tangga dari keramik,dan sebagainya. Di sekitar waduk juga disediakan gazebo-gazebo yang bisa digunakan pengunjung untuk berteduh dan bersantai.  Pengunjung yang ingin lebih menikmati keindahan Waduk Jeulikat bisa menyewa sebuah perahu untuk mengelilingi area Waduk Jeulikat. Bagi kamu yang suka tantangan,  kamu bisa menaiki wahana flying fox yang jalurnya melewati atas waduk. Fasilitas disini lumayan lengkap, ada toilet, warung-warung, dan mushola. Untuk tarif masuk, pengunjung  tidak dikenakan biaya cukup membayar biaya parkir sebesar Rp5.000.

Pantai Ujong Blang
image source :
mldspot.com
  1. Pantai Ujong Blang

Pantai Ujong Blang merupakan salah satu pantai di Lhokseumawe yang menjadi tujuan favorit para wisatawan. Nama Pantai Ujong Blang, diambil dari kata ujong yang berati ujung, sedangkan blang yang berati sawah.  Diberi nama seperti itu sebab lokasi pantai ini memang berada dekat area persawahan. Pantai ini berjarak sekitar 3 km ke utara kota Lhokseumawe, tepatnya ada di Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe. Pantai Ujong Blang disebut-sebut sebagai destinasi bahari yang dilengkapi surga kuliner khas Aceh. Disepanjang garis pantai kamu akan menemukan aneka jajajan khas Aceh yang menggugah selera seperti aneka hidangan laut, rujak Aceh dan mie Aceh. Pantai Ujung Blang juga terkenal akan  panorama laut yang mempesona ditambah lembutnya hamparan pasir yang bewarna putih kecokletan. Hembusan angin sepoi-sepoi akan menambah suasana pantai menjadi tenang dan nyaman sehingga pengunjung pun betah berlama-lama disini.

Bukit Goa Jepang Blang Panyang
image source :
busy.org
  1. Bukit Goa Jepang (Blang Panyang)

Selain terdapat wisata alam, Aceh juga menyimpan banyak kisah sejarah yang menyisahkan peninggalan. Nah salah satu peninggalan sejarah yang masih ada hingga sekarang ialah Bukit Goa Jepang. Dulunnya tempat ini pernah digunakan sebagai benteng pertahanan kolonial Jepang. Goa ini sudah ada sejak 1942 silam dimana didalamnya kamu akan menemukan 7 lorong. Tiga lorong diantaranya merupakan lorong pertahanan yang langsung mengahadap ke arah laut, sedangkan sisanya merupakan lorong jalur darurat yang berada di bagian belakang goa. Lokasi wisata sejarah ini berada di Desa Blang Panyang, Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe. Keberadaan goa Jepang ini ada di atas bukit dengan ketinggan kurang lebih 120 meter sehingga kamu bisa langsung menikmati keindahan alam dari atas bukit. Momen paling pas untuk menikmati keindahan alam disini yaitu disaat senja hari, dimana kamu akan disuguhkan dengan panorama sunset yang sangat cantik.

Baca Juga :  Kamu Wajib Tahu! 5 Tempat Wisata Aceh Tamiang Paling Menarik yang Harus Kamu Kunjungi
air terjun 7 bidadari aceh
image source :
youtube
  1. Air Terjun 7 Bidadari

Aceh Utara juga memiliki wisata air terjun yang tak kalah indah dari wisata air terjun di daerah lainnya. Air terjun tersebut diberi nama Air Tejun 7 Bidadari karena keindahannya berasal dari 7 tingkat yang dimiliki air terjun ini. Lokasi air terjun ini berada di Geureuudong Pase, Aceh Utara tepatnya ada di kawasan hutan belantara. Dikarenakan berada di  hutan belantara, untuk bisa sampai di lokasi wisata kamu harus berpetualang melewati pohon-pohon tinggi dengan rute jalan yang cukup sulit dilewati. Meskipun begitu, kelelahan dalam perjalanan akan segera terbayarkan begitu kamu sampai di lokasi Air Terjun yang sangat eksotis ini.

Pulau Seumadu
Image source:
partiko.app
  1. Pulau Seumadu

Pulau Seumadu menjadi salah satu wisata di Lhokseumawe yang memiliki panorama alam yang begitu indah mulai dari lembutnya pasir putih kecoklatan yang menyelimuti pinggir pantai, ditambah suara gulungan ombak yang begitu damai. Selain itu, deretan pepohonan hijau di sekitar pantai semakin membuat suasana pantai semakin nyaman dan sejuk. Nah untuk bisa sampai di pulau ini, kamu harus menyebarangi sebuah dermaga sepanjang 300 meter dengan ketinggian 500 mdpl. Di sepanjang dermaga ini sering dijadikan tempat untuk befoto-foto dengan tema lautan biru. Pulau ini cocok banget dijadikan destinasi liburan bersama teman atapun keluarga. Lokasinya ada di Desa Blang Nalueng Mameh, Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe.

Komplek Kerajaan Samudra Pasai
image source:
kalimat.id
  1. Komplek Kerajaan Samudra Pasai

Kembali membahas mengenai wisata sejarah, di Aceh Utara terdapat sebuah tempat peninggalan Kerajaan Samudra Pasai yang merupakan kerajaan islam pertama di Indonesia.  Kerajaan islam ini dulunya berdiri pada 1267 Masehi yang sampai sekarang peninggalannya masih ada dan dirawat dengan baik. Selain bisa mengetahui peninggalan Kerajaan Samudra Pasai, disini kamu bisa mengunjungi sebuah makam Sultan Malik As-Saleh yang dulunya merupakan sultan islam pertama yang ada di Indonesia. Keberadaan Komplek Kerajaan Samudra Pasai ini tepatnya berada di Desa Beuringen, Kecamatan Samudra, Geudong, Kabupaten Aceh Utara.

 

Waduk Pusong aceh
image source:
busy.org
  1. Waduk Pusong

Aceh Utara juga memiliki waduk lain yang tak kalah indahnya dari waduk Jeulikat. Nama waduk ini ialah Waduk Pusong, yang merupakan waduk terbesar yang ada di Lhokseumawe dikarenakan memiliki luas sekitar 60 hektar. Waduk ini awalnya dibangun dengan tujuan untuk menanggulangi banjir. Namun seiring berjalannya waktu waduk ini ramai dikunjungi para wisatawan hingga sekarang. Na yang unik dari waduk ini ialah salah satu sisinya menghadap ke lautan sehingga kamu bisa langsung dimanjakan dengan lautan biru yang menawan. Disekitar kawasan waduk juga dihiasi pepohonan hijau sehingga suasana pun menjadi sejuk dan nyaman. Waduk Pusong tidak hanya indah disaat hari masih terang. Saat hari sudah gelap pun suasana di waduk ini  akan terasa begitu romantis sebab di sekitaran waduk dihiasi cahaya lampu yang cantik.

Nah itu dia 7 tempat wisata di aceh utara yang menyimpan keindahan luar biasa. Semoga 7 destinasi diatas bisa menjadi pilihan destinasi liburanmu nanti!

Check Also

Wisata Subang

Wisata Favorit Di Subang Yang Wajib Anda Kunjungi

Di Subang Jawa Barat Anda dapat menemukan banyak tempat wisata menarik yang sayang jika anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *