7 wisata wajib di kunjungi di jawa barat

7 Tempat Wisata di Jawa Barat Yang Wajib Anda Kunjungi

Jawa Barat adalah sebuah provinsi yang ada di Indonesia yang beribukota Bandung. Bandung dijuluki Paris Van Java, tetapi selain itu Jawa Barat juga memiliki kota-kota yang juga memiliki potensi wisata yang cukup besar seperti Bogor, Bekasi, Depok, Cirebon, Sumedang dan sebagainya. Karena terlampau banyak tempat rekreasi di Jawa Barat ini memiliki potensi wisata, sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk dapat mengunjunginya satu per satu. Wisata tersebut antara lain wisata alam, hiburan, kuliner sampai belanja. Semboyan Jawa Barat adalah “gemah, ripah, repeh, rapih” itu memiliki potensi pariwisata yang tak diragukan lagi, karena wilayah barat banyak dikelilingi oleh pegunungan yang dapat menghasilkan lanskap nan elok dan juga menawan didukung dengan udara yang sejuk, terlebih lagi pada setiap kotanya memiliki pesona masing-masing.

Sebagai contoh adalah Kota Sumedang, yang memiliki potensi wisata dan juga dikenal luas dengan kulinernya yang khas yakni tahu. Tetapi tak hanya kulinernya saja yang terkenal, Sumedang juga memiliki banyak destinasi menarik yang dapat menemani anda untuk menghabiskan liburan bersama teman ataupun keluarga. Sumedang wisata sebagian besar wilayahnya adalah kawasan pegunungan sehingga memiliki hawa udara yang cukup sejuk dan juga pemandangan yang tak kalah elok. Dan  destinasi wisata yang cukup terkenal dan Sayang jika dilewatkan begitu saja adalah,

 

Puncak Damar Baros Jatigede

 

Puncak Damar Baros, Jatigede

Puncak Damar Baros Jatigede menyuguhkan pesona lanskap Waduk dan didukung dengan pemandangan yang sangat eksotis, tentunya akan memberi pengalaman tersendiri menghabiskan liburan di tempat ini. Tempat wisata Sumedang ini menyuguhkan keindahan Waduk Jatigede, dimana didalamnya juga memiliki perbukitan yang cukup mempesona saat dilihat dari kejauhan. Tak heran jika tempat ini selalu dikunjungi oleh para pecinta fotografi, karena pesona alam yang tersaji sangat indah. Selain itu di tempat ini Anda juga dapat melakukan aktivitas menarik seperti camping atau outbound.

Fasilitas pendukung sudah cukup memadai seperti Gazebo hingga area bermain anak, jadi siapapun yang mampir ke tempat ini tidak akan menyesal menghabiskan waktu di tempat ini ,karena anda akan merasa betah berlama-lama di puncak Damar Baros Jatigede.

 

Air Sirah Cipelang

Air Sirah Cipelang

Air Sirah Cipelang ini menjadi perbincangan yang hangat di media sosial, karena keindahan yang dimilikinya. Lokasi mata air ini berada di kecamatan Conggeang. Mata Air Sirah Cipelang memiliki air yang cukup segar, karena bersumber dari mata air pegunungan Tampomas yang alami dan juga asri. Menyelam di mata air Sirah Cipelang memberikan sensasi yang menyegarkan, terutama saat duduk sambil merendamkan kaki di bawah pepohonan yang rindang. Karena airnya yang sangat jernih, Anda bisa menjadikan spot foto underwater yang keren. Tempat ini pun merupakan tempat pemandian umum yang sering digunakan warga setempat jadi tak perlu khawatir, karena Anda tak akan merusaknya hanya dengan mandi di mata air ini, yang terpenting adalah menjaga sikap dan kebersihan lingkungan sekitarnya.

Baca Juga :  Menikmati Keseruan Mengunjungi Kebun Raya Surabaya!

 

Wisata Air Gajah Depa

Wisata Air Gajah Depa

Wisata air Gajah Depa terletak di kawasan Cimalaka, dan kini menjadi salah satu tujuan wisata air akhir pekan yang cukup populer di daerah Sumedang dan sekitarnya. Tempat wisata ini mengusung konsep Waterpark, dengan menyuguhkan berbagai macam wahana permainan air yang seru dan juga ada wahana air yang memacu adrenalin anda. Sebagai salah satu contoh Wahana family slide, dimana anda dan keluarga anda akan dibawa meluncur dari ketinggian secara bersamaan yang tentu saja akan memberikan keseruan yang tidak akan terlupakan. Ada lagi spiral slide, spill bucjet, water roller, water Bay, water kapsul, dan juga hand boat. Selain wahana-wahana permainan tersebut, masih ada banyak lagi jenis Wahana lainnya yang juga tak kalah seru. Anda akan mendapatkan Wahana keseruan tersebut di wisata air Gajah Depa. Jika anda tidak ingin basah-basahan, tersedia Wahana non air seperti istana boneka, trampolin dan juga kereta mini yang bisa mengajak anda menikmati keseruan di wisata air Gajah Depa secara berbeda.

 

Eco Green Park Kampung Karuhun

Eco Green Park Kampung Karuhun

Sumedang memang tak sepopuler Bandung dengan berbagai macam destinasi wisatanya, tetapi  Sumedang juga memiliki destinasi menarik yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Salah satunya adalah Kampung Karuhun yang terletak di desa Citengah, Sumedang Selatan. Tempat wisata di Sumedang ini adalah salah satu destinasi wisata alam yang mengusung konsep Eco Green Park dan cukup menarik untuk dikunjungi di akhir pekan bersama dengan keluarga ataupun orang-orang terdekat Anda. Di Kampung Karuhun juga telah tersedia beberapa fasilitas, mulai dari kolam renang, area camping ground, outbound, kendaraan ATV, wisata kuliner. Masih banyak lagi fasilitas lain yang sengaja disediakan agar para pengunjung betah berlama-lama berada di kampung Karuhun Sumedang.

 

Arum Jeram Pangcalikan

Arum Jeram Pangcalikan

Bagi anda penggemar olahraga menantang, Anda dapat mengunjungi arung jeram Pangcalikan yang berada di desa Citepok. Arum jeram Pangcalikan menyuguhkan suasana petualangan seru dengan menjelajahi Jeram di sungai Cipeles, dimana sungai Cipeles yang terkenal memiliki arus yang cukup menantang. Di beberapa jalur sungai yang dilewati saat melakukan arung jeram terdapat beberapa titik yang diapit tebing dengan pemandangan eksotis, yang tentu saja akan memberikan pengalaman yang takkan terlupakan. Ketika musim kemarau, sungai Cipeles terlihat sedikit surut tetapi tidak berpengaruh dengan airnya karena justru terlihat sangat jernih sehingga disebut sebagai Green Canyon Sumedang.

 

Taman Limo

Taman Limo

Tempat wisata daerah Jawa Barat  lainnya yaitu Cikarang yang juga merupakan salah satu contoh wilayah yang berada di provinsi Jawa Barat, yang juga memiliki beberapa destinasi wisata yang sangat menakjubkan. Seperti Taman Limo yang kini tengah populer dan selalu dipadati oleh pengunjung pada saat weekend atau hari libur tiba.

Biasanya warga kota akan memilih desa atau tempat yang sedikit terpencil seperti daerah gunung dan pasir pantai untuk menikmati liburan, dengan alasan selain menikmati indahnya alam mereka juga sangat merindukanmu suasana sunyi dan juga sepi karena dapat sedikit meredakan pikiran dari masalah masalah yang setiap harinya mereka hadapi. Tetapi kini hal itu tidak semuanya dilakukan oleh warga perkotaan, karena di daerah kota pun kini mempunyai wisata yang tak kalah dengan wisata desa ataupun gunung dan pantai. Sebut saja Bekasi, yang merupakan sebuah kota industri yang penuh dengan asap pabrik yang mencemari lingkungan, dan juga padatnya penduduk di kota dimana banyak orang lalu-lalang mencari pekerjaan, ternyata kini telah memiliki wisata taman dengan beragam wahana dan spot menarik.

Taman Limo Cikarang adalah tempat wisata keluarga yang berada di tengah Kawasan Industri, lebih tepatnya berada di area Desa Jatiwangi, wilayah Cikarang Barat. Tentu saja ini menjadi sebuah gebrakan yang luar biasa, karena hadirnya Taman Wisata ditengah kawasan Cikarang, karena Cikarang adalah kawasan industri aktif yang dipadati oleh penduduk  Aktivitas kesehariannya yang penuh dengan hiruk pikuk perkotaan. Dulu jika akhir pekan atau musim liburan tiba, maka banyak pengunjung yang datang ke Bogor untuk menikmati liburan di puncak. Tapi kini setelah hadirnya Taman Limo di Bekasi, maka anda tak perlu jauh-jauh untuk mencari suasana liburan dalam rangka menghilangkan penat dari keseharian pekerjaan.

Jika anda bertandang ke Bekasi, maka jangan sampai Anda lewatkan untuk dikunjungi. Taman Limo memiliki desain yang sangat cantik, dimana di taman tersebut diisi banyak sekali tanaman hijau yang didalamnya terdapat kolam yang merupakan hasil swadaya masyarakat sekitar. Karena Taman ini juga dibangun berkat campur tangan dari warga sekitar, jadi Taman ini merupakan kebanggaan warga sekitar karena tidak memiliki campur tangan dari pemerintah sedikitpun.

Baca Juga :  10 Tempat Wisata di Kudus dan Sekitarnya yang Paling Populer!

Meskipun tempat wisata ini masih terbilang baru, tetapi sudah banyak aktivitas dan fasilitas yang dapat dilakukan dan disediakan di tempat ini. Di tempat ini telah disediakan sawung, tempat bermain anak, contoh fasilitas umum seperti toilet dan mushola. Bahkan di tempat ini juga ditambahkan area perlombaan seperti tempat kontes burung beserta area pemancingan.

Dan yang menjadi tempat favorit di Taman Limo adalah jembatan-jembatan yang terbuat dari bahan bambu yang tersusun rapi yang dapat menghasilkan gambar yang sangat instagenic. Untuk urusan perut anda jangan takut kelaparan, pengelola telah menyediakan warung makan yang menyajikan kuliner khas Betawi. Meskipun begitu, banyak pengunjung yang datang dengan membawa bekal dari rumah untuk bisa bersantai bersama keluarga di gazebo.

 

villa khayangan bogor jawa barat

Villa Khayangan

Bogor juga Tengah berbenah diri untuk meningkatkan sektor pariwisatanya, hal tersebut dibuktikan dengan munculnya bisa terbaru yaitu the Ranch mega mendung yang mengusung konsep nuansa Belanda ya itu Villa Khayangan. Villa Khayangan Jonggol Bogor Jawa Barat ini bukanlah sebuah destinasi baru di kota Bogor tetapi setelah sang pengelola berinisiatif untuk menambah sentuhan baru yang berupa spot spot selfie maka Sejak saat itu pengunjung pun mulai melirik Villa Khayangan Bogor dan kini telah dibanjiri para pemburu spot menarik.

Sang pengelola mengikuti tren yang sedang hits di sosial media, dan Spot foto kini telah menjadi magnet sebuah tempat wisata terutama para muda-mudi. Alasan tersebut yang membuat wisata bogor ini menambahkan Spot foto menarik disertai dengan properti yang dapat digunakan untuk perlengkapan berfoto. Salah satu Spot foto villa Khayangan yang menarik perhatian pengunjung adalah gerbang love, bingkai raksasa, dan juga ada tangga menuju surga yang mampu menarik wisatawan untuk berfoto di Spot foto ini.

Fasilitas lain yang tersedia di Villa Khayangan yaitu kolam renang yang memiliki air sangat jernih dan juga sejuk karena kolam renangnya berada di ketinggian. Tersedia juga kolam yang diperuntukkan untuk keluarga yaitu Waterboom Mini.

Potensi wisata di atas tak kalah mempesona dengan wisata Ciwidey Bandung Jawa Barat meskipun tak memiliki potensi wisata yang bisa disandingkan. Hanya saja, pemerintah daerah kurang mempromosikan tempat wisata di daerah tersebut. Tetapi semua itu tidak menjadi halangan untuk membuat tempat wisata tersebut di padati oleh pengunjung, dan itu terbukti karena kini tempat wisata tersebut telah menjadi tujuan wisata jika akhir pekan atau musim liburan tiba.

Check Also

Desa wisata Raja Ampat

Desa Wisata Di Kepulauan Raja Ampat yang Menambah Keeksotisan Alam Papua

Raja  Ampat  adalah  sebuah  pulau  yang  memiliki  keindahan  alam  bawah  lautnya,  dan  menjadi  tempat favorit  …