Home / Jawa Tengah / 8 Destinasi Wisata Terbaru di Dieng, Wonosobo Jawa Tengah yang Sayang Kalau Dilewatkan!
wisata Dieng Wonosobo
zingganusantara.com

8 Destinasi Wisata Terbaru di Dieng, Wonosobo Jawa Tengah yang Sayang Kalau Dilewatkan!

Destinasi  wisata  terbaru  di  Dieng,  Wonosobo  Jawa  Tengah tentunya  menjadi  suatu  hal yang  menarik untuk  diketahui. Wonosobo  adalah  suatu  daerah  yang  menjadi  tujuan  wisata favorit  nomor  dua  di  Jawa  Tengah  setelah  Candi  Borobudur    yang  berada  di  Kabupaten Magelang. Wonosobo  mempunyai  letak  geografis  yang  berada  pada  titik  tengah  pulau  Jawa  dan didominasi  oleh  dataran  tinggi  sehingga  membuat  kota  yang  satu  ini  mendapatkan  julukan negeri  diatas  awan.

Tidak  hanya  mendapatkan  julukan  negeri  diatas  Awan,  Wonosobo  juga banyak dikenal sebagai kota penghasil kentang berkualitas. Kamu dapat menemukan banyak sekali  tempat  wisata  yang  ada  di  Wonosobo  dan  Dieng  yang  tentunya  menarik  untuk  kamu kunjungi seperti wisata sejarah, wisata budaya, wisata kuliner dan juga wisata alam.

Selain  itu,  objek  wisata  yang  ada  selain  Dieng  di  Wonosobo  pun  juga  tidak  kalah  menarik untuk  dikunjungi,  seperti  Waduk  Wadaslintang  yang  berada  di  selatan  Kota  Wonosobo  dan berbatasan  langsung  dengan  Kabupaten  Kebumen  dan  juga  Telaga  Menjer  yang  berada  di Kecamatan Garung. Kemudian terdapat juga objek wisata seperti candi dan juga air terjun yang dapat kamu temukan di Wonosobo. Tidak perlu berlama-lama lagi, berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi di Dieng dan Wonosobo.

 

Waduk Wadaslintang Jawa Tengah
4.bp.blogspot.com

1. Waduk Wadaslintang Jawa Tengah

Rekomendasi tempat wisata pertama yang dapat kamu kunjungi ketika berada di Wonosobo, yaitu Waduk Wadaslintang. Tempat wisata yang satu ini mempunyai luas mencapai 2.626 Ha. Salah satu hal yang unik dari objek wisata ini, yaitu ketika musim kemarau tiba. Pada saat musim kemarau panjang waduk ini akan mengering yang pada akhirnya menyebabkan terbentuknya suatu daratan dan dipenuhi dengan adanya batu putih berlubang.

Tempat  wisata  ini  berlokasi  di  Desa  Sumberejo,  Kecamatan  Wadaslintang,  Kabupaten Wonosobo,  Jawa  Tengah.  Untuk  menuju  lokasi  tempat  wisata,  ini  para  pengunjung  bisa menggunakan kendaraan umum seperti bus ataupun menggunakan kendaraan pribadi. Untuk memasuki tempat wisata ini, para pengunjung harus mengeluarkan biaya tiket masuk, yaitu Rp 5.000 per orang.

 

Kebun Teh Tambi
pegipegi.com

2. Kebun Teh Tambi

Kebun Teh Tambi Wonosobo merupakan kebun teh yang mempunyai daya tarik tersendiri dan berbasis area perkebunan, outbound dan juga pemandangan alam yang sangat indah. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat wisata ini yaitu pada pagi hari. Kamu bisa melihat para   pemetik   teh   yang   kebanyakan   adalah   perempuan.   mereka   memetik   teh   dengan menggunakan gunting yang sudah dimodifikasi dan berukuran besar.

Selain dianjurkan untuk mengunjungi  tempat  wisata  ini  pada  pagi  hari,  kamu  juga  dianjurkan  untuk  mengunjungi tempat wisata ini ketika musim hujan. Hal ini karena pada saat itulah kawasan ini akan terlihat sangat hijau dan sangat menarik. Kebun Teh Tambi berlokasi di Sedayu, Sapuran, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Untuk memasuki tempat wisata ini, para pengunjung harus mengeluarkan biaya tiket masuk dengan kisaran harga antara Rp 27.500 -Rp 115.000.

Baca Juga :  Rekomendasi Wisata Bersejarah Kota Semarang Yang Sayang Banget Kalau Dilewatkan!

 

Jembatan Merah Putih Dieng Wonosobo
s3.ap-southeast-2.amazonaws.com

3. Jembatan Merah Putih Dieng Wonosobo

Bagi kamu yang tertarik untuk mencoba sensasi tempat wisata yang berbeda dari yang lainnya maka kamu dapat mengunjungi wisata Jembatan Merah Putih Dieng. Tempat wisata yang satu ini memungkinkan kamu untuk melihat view Telaga Warna dan juga Telaga Pengilon dengan latar belakang perbukitan dan juga pegunungan Dataran Tinggi Dieng.

Selain itu, kamu juga dapat melihat tebing-tebingkerikil yang ada pada bukit-bukit kecil yang mengelilingi Jembatan Merah Putih serta Batu Ratapan Angin yang dapat menjadi objek foto yang unik. dengan kondisi seperti ini tentunya tidak heran apabila Jembatan Merah Putih Dieng kini menjadi terkenal.Tempat wisata ini berlokasi di Desa Dieng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Untuk memasuki tempat wisata ini, para pengunjung harus mengeluarkan biaya tiket masuk, yaitu kurang lebih Rp 5.000.

 

Wisata Alam Seroja
travelblog.id

4. Wisata Alam Seroja

Seperti  yang  telah  disebutkan  sebelumnya  bahwa  Kabupaten  Wonosobo  merupakan  dataran tinggi yang mempunyai keindahan yang sangat luar biasa. Bukit Seroja menjadi rekomendasi tujuan wisata selanjutnya yang juga memiliki keindahan yang tak kalah menarik dengan tempat wisata lainnya. Di  tempat  wisata  ini,  para  pengunjung  dapat  melakukan  berbagai  macam  aktivitas  untuk melepas penat refreshing pikiran dari aktivitas sehari-hari.

Beberapa hal yang dapat dilakukan di tempat wisata ini, yaitu menyaksikan Golden Sunrise Seroja yang sangat indah, menikmati keindahan  Telaga  Menjer  yang  mempunyai  air  yang  jernih  dan  juga  sejuk,  menghabiskan waktu di kebun teh, menikmati Sunset Lereng Seroja dan lain-lain. Tempat wisata ini berlokasi di Seroja, Desa Tlogo, Wonosobo, Jawa Tengah. Untuk memasuki tempat wisata ini, para pengunjung harus mengeluarkan biaya tiket masuk, yaitu Rp 10.000 per orang. Sedangkan, untuk biaya parkir kendaraan roda dua akan dikenakan biaya Rp 2.000 dan kendaraan roda 4 akan dikenakan biaya Rp 5.000.

 

Bukit Skoter Dieng
kompasdieng.net

5. Bukit Skoter Dieng

Bukit   Scooter   mempunyai   ketinggian   2.200   mdpl   yang   membuat   kamu   bisa   melihat pemandangan yang sangat indah. Kamu bisa menyaksikan keindahan sunset Dan juga sunrise secara  leluasa  dengan  260  derajat.  Kamu  juga  bisa  melihat  daerah  Dieng  yang  damai  dan tenang.

Dikarenakan sunrise yang ada di tempat wisata ini sedikit terhalang oleh bukit, maka dari itu tempat  wisata  ini  juga  menyediakan  gardu  pandang  untuk  menyaksikan  pemandangan  jika dirasa posisi kurang tinggi.Bagi kamu yang ingin menikmati keindahan langit di Bukit Scooter, maka jangan lupa untuk membawa kamera kamu. Melalui tempat wisata ini, kamu bisa menyaksikan galaksi bima sakti serta bintang-bintang dikarenakan di tempat ini tidak terdapat polusi udara.

Selain itu, tempat wisata  ini  juga  aman  bagi  anak-anak  sehingga  kamu  tidak  perlu  khawatir  untuk  membawa anak-anak berwisata di tempat ini. Namun, tetap harus berhati-hati.Tempat wisata ini berlokasi di Simpangan, Dieng, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah. Untuk memasuki tempat wisata ini para pengunjung harus mengeluarkan biaya tiket masuk, yaitu Rp. 5.000.

 

Pemandian Air Hangat Kalianget
tempatwisataunik.com

6. Pemandian Air Hangat Kalianget

Pemandian  Air  Panas  Kalianget  merupakan  salah  satu  tempat  wisata  favorit para  wisatawan yang berkunjung ke Wonosobo Jawa Tengah. Kota Wonosobo mempunyai udara yang dingin, sehingga sangat cocok untuk mengunjungi wisata pemandian air panas ini. Tempat wisata yang satu ini mempunyai kolam air panas yang berasal dari pegunungan asli, jadi mempunyai kandungan sulfur yang bagus bagi kulit.

Setelah  selesai  bermain  di  pemandian  air  panas,  kamu  juga  dapat  menikmati  beberapa  spot wisata lainnya, seperti lapangan tenis, stadion olahraga dan juga taman bermain. Tetapi, bagi kamu yang sedang tidak ingin berolahraga, kamu juga dapat memancing di kolam pemancingan yang telah disediakan.

TempatTempat  wisata  ini  berlokasi  di  Desa  Kalianget,  Kecamatan  Kalianget,  Kabupaten Wonosobo,  Jawa  Tengah.  Untuk  memasuki  tempat  wisata  ini,  para  pengunjung  harus mengeluarkan biaya tiket masuk, yaitu Rp 5.000.

Baca Juga :  10 Tempat Rekreasi di JeparaTerpopuler dan Hits yang Wajib Kamu Kunjungi!

 

Wisata Alam Lubang Sewu
yangrame.com

7. Wisata Alam Lubang Sewu

Wisata Lubang Sewu Erorejo memang menjadi salah satu tempat wisata yang tergolong baru dan  banyak  dikenal  karena  banyaknya  foto  wisatawan  yang  mengunjungi  tempat  wisata tersebut dan disebar ke sosial media ataupun dari mulut ke mulut. Ada  banyak  kalangan  muda  yang  mengunjungi  tempat  wisata  ini  karena  keindahan  batu karangnya  yang  terkadang    nampak  seperti  grand  canyon  mini  cantik  dan  berwarna  putih.

Selain  itu,  para  wisatawan  juga  banyak  tertarik  dengan  bebatuan  yang  membentuk seribu lubang yang sangat cantik. Terdapat  beberapa  fasilitas  yang  ada  di  tempat  wisata  ini,  seperti  gazebo,  mushola,  warung makan khas Wonosobo, pemandangan matahari tenggelam di atas waduk, lokasi pemancingan, keindahan waduk Wadaslintang, Bukit hijau dan juga WC. Tempat wisata ini berlokasi di Desa Erorejo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

 

Wana Wisata Petak 9 Dieng
explorerdiengtourid.files.wordpress.com

8. Wana Wisata Petak 9 Dieng

Wana WIsata Petak 9 Bukit Sidengkeng Dieng adalah suatu bukit kecil yang berada di kawasan wisata Telaga Warna yang juga menjadi salah satu lokasi favorit para wisatawan untuk melihat lanskap  Telaga  Warna  dari  atas.  Dari  puncak  bukit  sidengkeng  ini,  para  wisatawan  dapat melihat  warna-warni  permukaan  Telaga  Warna  yang  terlihat  lebih  jelas  berkilau  pada  saat terkena sinar matahari.

Selain itu, di puncak bukit sidengkeng juga terdapat sebuah rumah pohon yang dapat digunakan untuk beristirahat, namun belakangan ini ada juga wisatawan yang menggunakannya sebagai gardu pandang untuk memandang keindahan Telaga Warna. Di Puncak Bukit Sidengkeng juga terdapat Camping Ground yang dapat menampung hingga 100 buah tenda. Jadi, kamu dapat melakukan aktivitas camping di area tersebut.Seperti halnya Telaga Warna, Wana Wisata Petak 9 Bukit Sidengkeng Dieng juga berlokasi di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

 

Itulah tadi beberapa rekomendasi tempat wisata yang sayang sekali jika dilewatkan saat berada di  Dieng,  Wonosobo,  JawaTengah.Kamu juga  dapat  mengunjungi  berbagai  macam  tempat wisata lainnya yang sesuai dengan keinginan kamu. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

Check Also

jalanan Jogja

Objek Wisata Yang Instagramable Di Jogjakarta

Jogjakarta  adalah  salah  satu  kota  yang  tak  akan  habis  jika  kita  berbicara  tentang  wisata.  Yogyakarta …