Home / Jawa Timur / 8 Wisata Air Terjun Jawa Timur Terindah Ini!
Air Terjun Jagir

8 Wisata Air Terjun Jawa Timur Terindah Ini!

Berbicara mengenai salah satu provinsi di Indonesia yaitu Jawa Timur, yang memiliki potensi wisata alam yang beranekaragam.  Nah salah satu destinasi wisata alam yang kini menjadi tujuan favorit wisatawan saat berkunjung ke Jawa Timur ialah air terjun. Destinasi wisata air terjun Jawa Timur dikenal memiliki pesona alam yang benar-benar indah dan menawan. Tak heran jika banyak wisatawan yang penasaran dan tertarik untuk berkunjung, Lalu, ada wisata air terjun apa aja sih yang wajib kamu kunjungi saaat berada di Jawa Timur? Langsung saja simak ulasan berikut ini.

air Terjun Sirah Kencong

  1. Air Terjun Sirah Kencong

Destinasi wisata air terjun yang pertama ialah Air terjun Sirah Kencong yang letaknya masih satu kawasan dengan wisata Perkebunan Teh Sirah Kencong yaitu berjarak sekitar 700 meter. Untuk lokasi tepatnya, berada di Perkebunan Sirah Kencong, Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wingi, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Air terjun Blitar ini merupakan air terjun yang tidak terlalu tinggi yaitu sekitar 10 meter saja. Aliran air pada air terjun ini hanya mencakup bagian dinding tebing sehingga tidak terlalu deras. Nah kalau ingin berkunjung kesini, diusahakan jangan datang pada saat hujan tiba karena bebatuannya licin dan debit airnya meningkat sehingga memungkinkan terjadinya banjir. Selain bisa menikmati keindahan air terjun, kamu bisa menikmati aktivitas seru seperti berenang, berendam, dan menjelajahi sebuah gua yang bernama Gua Kucing. Gua ini memiliki lorong yang melingkar seperti huruf U. Ketika melakukan penjelajahan memasuki gua, wisatawan dihimbau untuk selalu waspada dikarenakan di  dalam gua terdapat gas amoniak sehingga menimbulkan bau yang sangat pekat. Selain itu, di dalam gua juga masih terdapat banyak hewan liar seperti ular dan kelelawar.  Nah tiket masuk ke lokasi air terjun dipatok dengan harga yang sangat murah yaitu Rp5.000 per orangnya.

Air Terjun Kapas Biru

  1. Air Terjun Kapas Biru

Kota Lumajang juga memiliki destinasi wisata air terjun yang sangat terkenal terutama di kalangan para pecinta alam. Nama air terjun tersebut ialah Kapas Biru. Lokasinya berada di Dusun Mulyoharjo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Jika dilihat dari letak geografinya, air terjun Kapas Biru ini diapit oleh tiga gunung yaitu Bromo, Semeru, dan Lemongan. Air terjun di Lumajang ini juga terkenal eskotis sebab memiliki 2 tingkat dengan total tinggi mencapai 100 meter. Tinggi tingkat pertama mencapai 90 meter dan tingkat kedua hanya mencapai 10 meter saja. Sebenarnya, Kapas Biru juga menjadi salah satu jalan mengalirnya air Sungai Besukbang yang hulunya terletak di lereng Gunung Semeru. Kamu bisa menikmati pemandangan alam seperti tebing-tebing curam yang berselimut lumut. Diberi nama Kapas Biru sebab air yang begitu deras ketika jatuh bentuknya seperti kapas bewarna putih kebiru-biruan.  Untuk bisa mencapai lokasi air terjun, kamu harus berjalan kakai sejauh 1,5 km dengan  rute melewati kebun salak. Nantinya kamu akan menemukan pos-pos yang difungsikan sebagai petunjuk jalan. Selama perjalanan kamu tidak akan merasa bosan deh, sebab kamu akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan hijau sampai kamu menemukan sebuah jembatan bambu dan tulisan selamat datang di Kapas Biru.

Air Terjun Tirtosari

  1. Air Terjun Tirtosari

Magetan merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang sering digunakan sebagai jalur perjalanan utama ke kota lainnya. Lokasi strategis inilah yang membuat Magetan terkenal memiliki banyak wisata alam bernuansa sejuk, salah satunya Air Terjun Tirtosari. Lokasinya berada di Desa Ngancer, Kecamatan Palaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Nah yang membuat Air terjun di Magetan ini menjadi menarik ialah letaknya yang masih satu lokasi dengan objek wisata favorit Magetan yaitu Telaga Serangan.  Air terjun Tirtosari memiliki keindahan alam yang sangat amat cantik mulai dari keberadaan pepohonan pinus yang rimbun, serta pemandangan hijau yang menghiasi kawasan air terjun. Air terjun ini diapit oleh dua beton yang difungsikan sebagai jalan bagi para pengunjung. Untuk bisa menikmati keindahan alam lebih dekt lagi, kamu harus menaiki  anak tangga yang berada di samping air terjun. Sesudah sampai di puncak tangga, jangan lupa untuk  mengabadikan momen penting yaitu berfoto dengan latar belakang air terjun yang indah.

Baca Juga :  Keseruan Berlibur Di Kepulauan Mentawai Surganya Para Peselancar, Kamu Wajib Datang!

 

Air Terjun Kakek Bodo

  1. Air Terjun Kakek Bodo

Selanjutnya membahas mengenai kabupaten Pasuruan yang juga memiliki destinasi wisata air terjun, salah satunya yang bernama Air terjun Kakek Bodo. Lokasinya terletak di lereng Gunung Welirang, pegunungan Prigen, Jawa Timur.  Selain memiliki nama yang unik, air terjun ini juga diselimuti banyak misteri. Dinamakan Kakek Bodo dikarenakan di sebelah timur jalan setapak menuju bagian puncak air terjun terdapat sebuah makam Kakek Bodo. Kakek Bodo sendiri dialag seorang pembantu rumah tangga keluarga Belanda. Namun dikatakan kakek tersebut meninggalkan pekerjaannya dan memilih untuk menyucikan diri dengan betapa,. Keluarga Belanda itupun mencoba membujuk si kakek agar tidak pergi meninggalkan pekerjaannya. Namun si kakek tetap ingin pergi ke hutan yang sepi di dekat air terjun. Maka dari itu si majikan merasa kecewa dan marah-marah sampai-sampai menyebut mantan pembantunya sebagai Kakek Bodoh. Tinggi air terjun ini terbilang tidak terlalu tinggi yaitu sekitar 50 meter. Pemandangan air terjun disajikan sangat indah ditambah pepohonan rindang dan bebatuan yang menghiasi air terjun di Pasuruan ini. Beragam aktivitas seru yang sayang dilewatkan ketika berkunjung kesini mulai dari bermain air di bawah kucuran air terjun, berendam, berenang, duduk santai di sekitar air terjun, serta bekemah di Bumi Perkemahan Kakek Bodo.

Air Terjun Alas Kandung

  1. Air Terjun Alas Kandung

Air terjun Alas Kandung merupakan sebuah objek wisata air terjun yang masih tersembunyi, sehingga kondisi alamnya benar-benar masih alami dan terawat. Lokasinya berada di pingguran Alas Kandung Desa Tanen, Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Untuk bisa menikmati cantiknya air terjun ini, kamu perlu melakukan perjalanan melewati hutan belantara sebab letaknya berada di tengah-tengah hutan. Setelah sampai, kamu akan langsung disambut dengan pesona air terjun 3 tingkat  yang sangat cantik. Tingkatan air terjun ini memiliki tinggi yang berbeda-beda, tingkatan yang berada di puncak merupakan yang paling tinggi yaitu sekitar 15 meter. Air terjun di Tulungagung ini memang memiliki suasana yang masih sangat alami, jadi tak heran kalau airnya begitu menyegarkan dan bersih bewarna kebiru-biruan  seperti warna air laut. Bagi kamu yang ahli berenang, tidak ada salahnya mencoba menyeburkan diri ke dalam kolam dengan cara lompat dari bebatuan. Namun jika kamu tidak ahli berenang atau tidak membawa perlengkapan berenang, sebaiknya hanya menyeburkan kaki saja sebab kedalam air kolamnya cukup dalam yaitu sekitar 6-8 meter. Eitss tak perlu sedih dikarenakan tidak berenang, kamu masih bisa kok melakukan kegiatan seru lainnya misalnya saja berfoto-foto ria dengan latar pemandangan yang indah.

Air Terjun Dlundung Trawas

  1. Air Terjun Dlundung Trawas

Menepi dari padatnya suasana perkotaan yang penuh polusi, tidak ada salahnya mencoba menyatu dengan suasana alam ketika liburan tiba. Misalanya saja dengan berlibur ke salah satu objek wisata alam air terjun yang bernama Air Terjun Dlundung Trawas. Letaknya berada di kawasan lereng Gunung Welirang, Dusun Ketapang, Desa Kemloko, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Air terjun yang satu ini benar-benar cocok sebagai destinasi liburan keluarga yang murah meriah dan juga menyenangkan.  Dengan luas area mencapai 4,5 ha, kamu bisa menjelajahi keindahahan alam yang disajikan di kawasan wisata ini. Deretan pepohonan pinus di kanan-kiri jalan utama menuju lokasi air terjun membuat suasana menjadi sejuk dan teduh. Sesudah sampai di lokasi utama Air terjun dlundung trawas, matamu akan langsung dimanjakan dengan kecantikan air terjun yang menguyur deras dengan tinggi mencapai 14 meter. Air kolamnya yang begitu jernih dan segar membuat siapa pun tergoda untuk menyeburkan diri ke dalamnya. Sementara bagi wisatawan yang ingin berlama-lama disini, bisa memilih untuk berkemah di area camping ground yang sudah disediakan.  Tersedianya fasilitas yang lengkap seperti toilet, mushola, area parkir, warung makan, dan kamar mandi membuat pengunjung merasa nyaman dan betah saat berada disini. Tiket masuk ke objek wisata air terjun ini juga sangat terjangkau yitu Rp12.000 per orangnya, sedangkan untuk biaya berkemah dikenakan biaya tambahan sebesar Rp10.000 per orangnya.

Air Terjun Jagir

  1. Air Terjun Jagir

Berbeda dari air terjun-air terjun sebelumnya, Air Terjun Jagir memiliki keunikan yang menarik yaitu terdapat 3 sumber mata air yang berada dalam satu lokasi air terjun. Maka dari itu masyarakat sekitar menyebut Air Terjun Jagir ini dengan nama air terjun bersaudara atau air terjun kembar Banyuwangi. Air terjun pertama memiliki tinggi 10 meter yang terletak di bawah air terjun, air terjun kedua terletak di belakang rumah warga sehingga masyarakat menyebutnya dengan nama sumber Pawon. Nah kalau air terjun ketiga disebut sebagai sebagai air terjun bidadari sebab airnya begitu jernih mirip sebagao tempat pemandian para bidadari. Letaknya memang agak jauh sehingga perlu menyelusuri jalan berbatu dengan waktu tempuh 15-20 menit perjalanan. Oh iya, lokasi air terjun ini letaknya tidak jauh dari kawasan perkotaan tepatnya di Dusun Kampung Anyar, Desa Taman Suruh, Kecamatan Glagah, Banyuwangi, Jawa Timur. Di Air Terjun Jagir Banyuwangi ini kamu bisa melakukan aktivitas yang menyenangkan yang sangat untuk dilewatkan. Misalnya saja memanjakan mata melihat panorama alam berupa perbuktian, air terjun, dan pepohonan,  berfoto dengan latar bernuansa alam, dan berenang. Tak perlu khawatir soal fasilitas, sebab fasilitas disini sudah terbilang lengkap yaitu ada toilet, area parkir, kamar mandi, warung makan, spot pemandian, dan mushola. Berbicara soal tiket masuk, dikenakan biaya yang sangat murah yaitu hanya Rp5.000 per orang.

 

Air Terjun Pengantin

  1. Air Terjun Pengantin

Mungkin beberapa kamu ada yang mengenai perihal Air Terjun Pengantin lewat film horror yang pernah ditayangkan. Namun dibalik kisah horror yang beredar, tersimpan keindahan alam yang benar-benar indah layaknya surga dunia. Lokasi air terjun ini berada di Dusun Besek, Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Air Terjun Pengantin ini sebenarnya memiliki dua air terjun yang letaknya berdampingan seperti sepasang pengantin. Walaupun memiliki 2 air terjun, sumber air terjun ini hanya berasal dari satu sumber yang sama. Banyak mitos seputar Air Terjun Pengantin Ngawi yang beredar di masyarakat. Ada yang mengatakan jika ada pasangan kekasih yang berkunjung, hubungan mereka akan langgeng hingga ke jenjang pernikahan. Ada pula yang mengatakan jika ada pasangan suami istri yang datang dan menyentuh air terjun pengantin ini hubungan mereka akan langgeng hingga maut memisahkan.

Jalan setapak dan anak tangga harus kamu lewati jika ingin sampai di lokasi utama air terjun. Bahkan dari kejauhan pun kamu sudah bisa mendengar derasnya suara air terjun lho! Saat berada di lokasi air terjun, jangan lewatkan aktivitas menarik mulai dari berfoto di spot-spot yang sudah disediakan, berenang, bermain air, ataupun hanya duduk-duduk di sekitar kasawan air terjun. Untuk fasilitas sudah lumayan lengkap, yaitu ada kantin, mushola, toilet, area parkir, dan juga penginapan.  Jika kamu tertarik berkunjung ke Air Terjun Pengantin, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp3.000 per orangnya. Murah sekali bukan?

Nah itulah beberapa objek wisata air terjun terindah yang berada di provinsi Jawa Timur. Nah yang perlu diingat saat berkunjung ke suatu objek wisata ialah tetaplah menjaga kebersihan dan tidak merusak fasilitas yang ada. Semoga beberapa daftar objek wisata air terjun diatas bisa menjadi referensi untuk liburanmu nanti!

Check Also

Ini Dia Rekomendasi 5 Pantai Terbagus di Jawa Timur yang Cocok Untuk Mengisi Waktu Liburanmu

Ini Dia Rekomendasi 5 Pantai Terbagus di Jawa Timur yang Cocok Untuk Mengisi Waktu Liburanmu!

Ketika liburan telah tiba, hampir semua tempat wisata pasti ramai dikunjungi wisatawan. Tak terkecuali destinasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *