Home / Bali / 9 Objek Wisata Bali Terkenal Di Dunia Tahun 2020
9 Objek Wisata Bali Terkenal Di Dunia Tahun 2020

9 Objek Wisata Bali Terkenal Di Dunia Tahun 2020

Tempat liburan piknik asik di Bali pasti menjadi pemikiran utama untuk menghabiskan liburan, apalagi sebentar lagi akan tiba liburan akhir tahun yang pastinya ingin menikmati malam akhir tahun bersama keluarga yang mengesankan. Lalu destinasi wisata manakah yang akan Anda  pilih untuk mengisi liburan akhir tahun ini? Untuk menjawab pertanyaan ini, semua tergantung dari selera dan jenis liburan yang diinginkan. Pada pembahasan ini akan mempermudah Anda menentukan objek wisata yang bisa menjadi pilihan untuk dikunjungi di Bali.

Objek wisata terpopuler di Bali

 

Pantai Kuta
1001wisata.com

Pantai Kuta

Sebelum populer seperti sekarang ini, pantai Kuta merupakan perkampungan nelayan tradisional yang kini berubah menjadi tempat wisata dan sudah terkenal dan telah menjadi perbincangan dunia. Dulu juga terdapat pelabuhan dagang yang banyak sekali pedagang dari luar Bali bertransaksi di pelabuhan ini. Selain itu habitat penyu hijau yang keberadaannya hampir punah sehingga menjadi salah satu hewan yang paling dilindungi, memiliki habitat di pantai ini.

Tetapi kini penyu hijau telah dipindahkan ke Tanjung Benoa Bali, jadi jika ingin melihat penyu hijau silakan berkunjung ke pulau penyu di Tanjung Benoa mengendarai glass bottom boat. Pantai Kuta memiliki bentangan sejauh 5 km yang merupakan garis pantai terbaik di Pulau Bali, hamparan garis pantai sangat landai dengan bibir pantai juga lumayan luas memiliki pasir putih yang halus. Tentunya tempat ini sangat cocok untuk mengisi liburan anda bersama keluarga karena sangat aman dan juga kebersihan pantai sangat terjamin.

  • Pantai Pandawa Kutuh

Pantai Pandawa berlokasi di Desa Kutuh, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Pantai ini sangat indah, karena begitu Anda sampai di pantai ini maka sejauh mata memandang hanya panorama laut biru dan hamparan pasir putih yang sangat indah yang dapat Anda temui. Berada di Pantai Pandawa Bali ini Anda dapat melakukan beragam aktivitas wisata yang menarik seperti,

  • Berenang

Pantai ini memiliki air laut yang sangat jernih, pasir putihnya yang bersih serta ombaknya yang cukup tenang membuat tempat ini aman untuk melakukan aktivitas berenang di tepi laut, dan juga pantai ini masih terbilang sepi dan belum penuh pengunjung sehingga Anda dapat berenang bebas dan leluasa.

  • Berjemur

Anda dapat berjemur di pinggir pantai sambil menikmati panorama keindahannya, di tempat ini juga ada jasa penyewaan kursi yang lengkap dengan payung lebar dan harga yang cukup terjangkau.

  • Spot foto patung 5 Ksatria Pandawa

Pihak pengelola sengaja memasukkan unsur budaya di pantai ini dengan an meletakkan 5 patung Ksatria yang berada di dinding-dinding tebing. Dengan begitu anda dapat menjadikan ke-5  Pandawa tersebut sebagai latar Spot foto anda. Selain Ksatria terdapat juga Patung Dewi Kunti yang merupakan ibu dari kelima Satria Pandawa tersebut, yang masing-masing memiliki tinggi 5 meter dan berbaris menghadap ke pantai.

  • Berkeliling mengendarai kano

Anda juga dapat bermain Kano di Pantai Pandawa, di pantai ini juga tersedia jasa penyewaan Kano dengan tarif yang cukup murah untuk kapasitas 1 orang.

  • Budidaya rumput laut

Tak hanya sebagai tujuan wisata, pantai Pandawa digunakan untuk budidaya rumput laut oleh warga setempat. Di pantai ini anda akan melihat secara langsung para petani yang membudidayakan rumput laut seperti mengikat bibit, menanam hingga menjemur rumput laut.

  • Berburu oleh-oleh

Tak lengkap rasanya berwisata tanpa membawa oleh-oleh, di sekitar pantai Pandawa terbaik terdapat banyak sekali kios ataupun toko yang menjajakan barang oleh-oleh khas Bali dengan harga yang terjangkau  jika memang Anda bisa menawar untuk mendapatkan harga termurah.

Baca Juga :  4 Objek Wisata Keluarga Yang Wajib di Kunjungi Di Pulau Bali

 

Pura Tanah Lot
travelspromo.com

Pura Tanah Lot

Tanah Lot merupakan salah satu Pura terpenting bagi umat Hindu Bali dengan lokasi pura terletak di atas batu besar di lepas pantai. Pura Tanah Lot bisa dikatakan icon pariwisata Pulau Bali dan juga salah satu objek wisata terkenal di Pulau Bali yang sayang jika dilewatkan.

Pura Tanah Lot Selain sebagai tempat ibadah umat Hindu juga merupakan objek wisata yang tidak pernah sepi dari pengunjung, hal itu terjadi karena Tanah Lot memiliki beberapa daya tarik yang mampu menjadi magnet wisatawan untuk datang berkunjung di Pura Tanah Lot Tabanan Bali ini.

Dan keunikan yang ada panah pada Tanah Lot adalah, lokasi pura yang berada di atas batu karang besar yang jika pada saat air laut pasang pura akan seolah nampak seperti berada di tengah laut, selain itu kita dapat melihat pemandangan Sunset dengan siluet yang membuat pura ini sebagai pura tempat pariwisata terkenal dan recommended di Bali.

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana

Garuda Wisnu Kencana adalah sebuah patung raksasa yang dibuat oleh pematung kenamaan, Nyoman Nuarta. Patung ini memiliki bentuk menyerupai Wisnu yang sedang menunggangi hewan legendaris Garuda, sebagai simbol Amerta, kebajikan yang abadi. Hingga saat ini patung ini masih dalam tahap pengerjaan, dibuat menggunakan 4000 ton tembaga serta Kuningan. Diperkirakan jika patung ini selesai maka akan memiliki tinggi sekitar 150 meter dengan bentangan sayap Garuda mencapai 64 meter yang diharapkan akan menjadi patung terbesar di dunia.

Patung kedua adalah patung Garuda yang diletakkan di tengah area atau kolam teratai yaitu area bertangga menurun dengan kotak-kotak di sisi kanan dan kirinya. Gwk berdiri diatas kawasan seluas 240 hektar yang diharapkan akan menjadi Taman Budaya berkelas dunia yang didalamnya akan menjadi hiburan dan juga perkenalan budaya bagi masyarakat lokal maupun mancanegara.

 

Pura Luhur Uluwatu

Pura Luhur Uluwatu

Pura Luhur Uluwatu berada di atas batu karang yang menjorok ke lautan, dan keunikan inilah yang terlihat indah juga menjadi tempat favorit para wisatawan. Tak hanya itu, wisatawan juga harga dapat melihat keindahan tebing batu yang mengagumkan serta pemandangan lautan yang biru. Pura Uluwatu merupakan pura yang dikenal sebagai Pura Sad Kahyangan oleh masyarakat Hindu di Pulau Bali yang juga dianggap sebagai penyangga 9 mata angin.

Dahulu tempat ini adalah lokasi pemujaan oleh Mpu Kuturan yang kemudian dilanjutkan oleh Danghyang Nirartha, leluhur di pura ini dan di situlah nama Pura Luhur Uluwatu diperoleh. Pura Uluwatu berada di Desa Pecatu yang masih masuk di bagian Kecamatan Kuta Selatan, kabupaten Badung, Bali. Pura Uluwatu selalu dikunjungi oleh banyak wisatawan sehingga pengelola berusaha untuk memenuhi fasilitas pendukung yang ada demi kenyamanan para pengunjung. Di pura ini juga anda dapat menyaksikan perhelatan tari kecak tradisional dari pulau Bali yang biasanya dimulai pada pukul 18.00 Wita.

 

Pantai Tanjung Benoa

Pantai Tanjung Benoa

Pantai Tanjung Benoa adalah salah satu tempat wisata di Bali yang sudah cukup populer dengan pantainya. Bisa dibilang tempat ini surganya wahana air seperti scuba diving, banana boat, parasailing, sea walker, polling donat, snorkeling, flying fish dan masih banyak lagi.

Di tempat ini juga ada pelayaran yang menuju Pulau Penyu di mana pulau Penyu merupakan habitat atau penangkaran seekor kura-kura, jalak bali, ular dan masih banyak lagi sehingga pulau Benoa dikenal sebagai wisata bahari di Bali. Untuk melakukan aktivitas wahana air Anda harus lihat dulu kondisi pasang surut air atau yang dikenal istilah pasang purnama dan pasang tilem.

Jika kena pengaruh bulan mati atau tilem maka atraksi wisata laut baru bisa terlaksana diatas pukul 11.00 hingga sore, tetapi jika kena pengaruh pasang Purnama atau bulan penuh maka aktivitas wisata air bisa dimulai sejak pagi sekitar pukul 09.00  hingga sore atau jam 4 sore. Daya tarik di di Pantai Tanjung Benoa ini antara lain karang lautnya masih lestari sehingga akan berpengaruh pada ombak yang akan pecah di luar sebelum ke bibir pantai jadi sangat aman untuk bermain di pinggir pantainya.

Objek wisata Kintamani
baligateway.com

Objek Wisata Kintamani

Objek wisata Kintamani berada di bagian timur laut pulau Bali di bawah kaldera Gunung Batur yang merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif di Bali. Selain gunung berapi, ada juga  pemandangan danau alami yang bernama Danau Batur. Di kawasan area wisata terdapat beberapa desa yaitu desa Penelokan, desa Toya Bungkah, desa Batur, desa Abung, desa Songan, desa Kedisan, dan desa Kintamani yang masih masuk dalam pemerintahan Kabupaten Bangli.

Dari beberapa desa tersebut ada 3 desa favorit wisatawan di mana mereka dapat melihat pemandangan Gunung Batur serta Danau Batur secara leluasa yaitu desa Penelokan, desa Batur dan desa Kintamani. Ke 3 desa tersebut berada di dataran tinggi, sehingga dapat melihat pemandangan alam pegunungan dan danau, dan Anda juga dapat melakukan aktivitas berendam di kolam air panas yang berada di desa Toya Bungkah.

Di kawasan Kintamani juga ada objek wisata Pura yaitu Pura Ulun Danu Batur yang berada di kawasan pariwisata Bedugul. Penduduk sekitar juga sangat santun kepada pengunjung yang sebagian besar bermata pecaharian sebagai petani, karena wilayah ini adalah lahan pertanian yang didukung oleh alam yang sejuk dan tanah yang subur. Hasil pertanian mereka antara lain adalah tomat, jeruk, bawang merah dan kembang kol.

 

Baca Juga :  Serunya Berlibur Di Kawasan Wisata Kintamani Bali

 

Pura Ulun Danu Beratan Bedugul

Pura Ulun Danu Beratan Bedugul

Pura Ulun Danu Beratan Bali adalah pura Hindu yang letaknya di tepi Danau Beratan Bedugul Bali. Pura Ulun Danu Beratan adalah tempat suci umat Hindu yang berada di desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan Bali, atau sekitar 56 km dari kota Denpasar. Menurut data arkeologi dan juga data sejarah yang ada pada Lontar babad Mengwi, Pura Ulun Danu Bedugul ini terdapat peninggalan benda-benda bersejarah seperti sebuah sarkofagus batu dan juga papan batu yang telah ada sejak zaman megalitikum atau sekitar 500 tahun sebelum Masehi. I Gusti Agung Putu yang merupakan pendiri dari kerajaan Mengwi telah mendirikan pura di ujung Danau Beratan jauh sebelum mendirikan pura Taman Ayun.

Komplek pura Ulun Danu Beratan terdiri dari 5 pura dan juga 1 buah stupa,

  • Pura Penataran Agung yang berfungsi untuk memuja Kebesaran Tuhan dalam manifestasinya sebagai Tripurusa Siwa yaitu Siwa Sada, Siwa Parama, mengharap Anugerah kesuburan, kemakmuran, kesejahteraan manusia dan juga keseimbangan alam semesta.
  • Pura Dalem Purwa yang didalamnya terdapat tiga pelinggih utama yaitu pelinggih dalam Purwa yang berfungsi untuk memuja Dewi Durga dan Dewa Rudra sebagai sumber kemakmuran, Bale Murda Manik berfungsi untuk tempat rapat atau diskusi, bale panjang yang berfungsi meletakkan sarana persembahan upacara.
  • Pura Taman Beji, Pura ini berfungsi untuk melakukan upacara yaitu ritual penyucian sarana upacara dan juga untuk memohon air suci.
  • Pura Lingga petak yang didalamnya terdapat sumur suci dan keramat yang menyimpan Tirta Ulun Danu atau air suci Ulun Danu. Pura Lingga petak dipercaya sebagai sumber utama air kesuburan dari Danau Beratan.
  • Pura Prajapati berfungsi untuk tempat berstananya dewi Durga.
  • Stupa Budha yang menandakan keselarasan dalam kehidupan beragama.
Bali Safari Marine Park 1
raftingbali.net

Bali Safari Marine Park

Pilihan  tepat untuk memilih Bali Safari and Marine Park menjadi tempat liburan bersama keluarga di saat Anda berplesir ke Pulau Dewata Bali. Berlibur di tempat ini juga sekaligus dapat menjadi wisata edukasi untuk anak-anak, karena dapat berinteraksi lebih dekat dengan hewan-hewan koleksi Taman Safari tersebut. Banyak jenis satwa langka yang ada di Bali Safari and Marine Park.

Tempat ini dikelola secara langsung oleh Taman Safari Indonesia, dalam hal merawat dan memperlakukan binatang tidak perlu khawatir karena dibekali dengan pengalaman dari 20 tahun untuk bagaimana merawat dan bersikap pada satwa langka yang ada di sana. Taman Safari memiliki koleksi langka yang berasal dari dua benua yaitu Asia dan Afrika, ada lebih dari 60 spesies, 400 ekor hewan langka yang dikoleksi di tempat ini antara lain berasal dari Indonesia seperti harimau sumatera, burung hantu, buaya dan lain-lain.

Berasal dari India antara lain adalah rusa tutul, beruang Himalaya, nilgai dan black buck. Dan dari benua Afrika ada kuda nil, singa babon, burung unta, zebra, wilddebeast. Selain koleksi hewan-hewan di tempat ini juga tersedia berbagai jenis Wahana hiburan seperti area rekreasi, fun zone, the Amazing Bali teater serta waterpark. Sejarah para pahlawan yang jika ingin menyaksikan gajah yang telah dimandikan di Ganesha Park, serta pura Safari yang merupakan pura Hindu yang terletak di tengah-tengah kebun binatang.

 

Pantai Jimbaran Bali

Pantai Jimbaran Bali

Pantai Jimbaran Bali adalah salah satu daerah tujuan wisata terfavorit di Bali yang berada di wilayah kabupaten Badung, sekitar 30 menit dari Denpasar dan 10 menit dari bandara Ngurah Rai. Pantai Jimbaran Bali memiliki pantai berpasir putih yang sangat terkenal, tekstur pasirnya halus dan juga memiliki warna putih kekuning-kuningan. Kebersihan di pantai ini selalu terjaga, karena ada petugas kebersihan yang selalu membersihkan area pantai.

Di sepanjang pinggir pantai telah banyak dibangun hotel dan villa seperti Hotel intercontinental dan Four Seasons Jimbaran. Momen yang tepat berada di Pantai Jimbaran ini adalah di sore hari menjelang malam, karena  melihat pemandangan matahari terbenam atau Sunset. Menikmati pemandangan sunset sambil menyantap hidangan laut yang lezat dan musik desiran ombak di pantai menjadi daya tarik yang sangat melekat di pantai ini.

Hampir setiap hari wisatawan tidak pernah sepi mengunjungi pantai ini. Dengan pemandangan yang indah, pasir putih yang tidak dimiliki oleh pantai-pantai lainnya, pemandangan matahari terbenam yang merupakan momen terindah di pantai ini membuat hotel di pinggir pantai sering sekali mengadakan berbagai acara di pantai untuk menarik minat pengunjung, di pantai ini juga Anda dapat melihat Bandara Ngurah Rai yang merupakan bandara berstandar internasional di Bali.

Pantas kiranya jika tempat wisata Bali yang tercantum di atas menjadi tempat wisata bali paling terkenal di dunia tahun 2020, karena daya tariknya yang mampu menarik wisatawan untuk menikmati pemandangan yang disuguhkan. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda untuk menentukan pilihan, tempat wisata mana yang akan Anda kunjungi untuk mengisi liburan akhir tahun.

Check Also

wisata Dieng Wonosobo

8 Destinasi Wisata Terbaru di Dieng, Wonosobo Jawa Tengah yang Sayang Kalau Dilewatkan!

Destinasi  wisata  terbaru  di  Dieng,  Wonosobo  Jawa  Tengah tentunya  menjadi  suatu  hal yang  menarik untuk  …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *