Wisata Kolam Renang Di Kuningan Yang Dapat Menjadi Pilihan Untuk Mengisi Liburanmu

kolam renang kuninganKuningan adalah salah satu daerah yang terletak di provinsi Jawa Barat yang sangat dikenal, karena memiliki wisata alamnya yang sangat eksotis yang patut dijadikan destinasi wisata Kuningan. Pesona alam dan juga sejuknya udara di Kuningan mampu menghipnotis para pengunjung untuk datang dan diam berlama-lama di tempat ini.
Kuningan memiliki suasana yang masih terbilang sunyi, sehingga cocok untuk kamu yang ingin melepaskan penat sejenak melupakan pekerjaan yang kamu hadapi setiap hari. Pesona alam dan juga wisata kulinernya yang mampu menggoyang lidah membuat masyarakat sekitar Kuningan sering datang untuk menyegarkan pikiran, dan salah satu kegiatan yang bisa dilakukan adalah berenang.
Kuningan juga memiliki beberapa kolam renang yang sangat recommended untuk dikunjungi. Berikut ini adalah beberapa tempat rekomendasi kolam renangKuningan Jawa Baratyang dapat membantu menghilangkan penat mu.

Kolam Renang Linggarjati

Linggarjati adalah salah satu bagian dari perjalanan sejarah bangsa Indonesia, yang tidak asing lagi sejak kita masih berada di bangku sekolah dasar pada pelajaran sejarah. Daerah Linggarjati adalah tempat terjadinya peristiwa perjanjian antara pemerintah Indonesia dengan Belanda di November 1946.
Adanya objek wisata taman wisata alam Linggarjati, tidak jauh dari gedung bersejarah tersebut yang berjarak 500 m. Taman wisata alam Linggarjati Indonesia telah memiliki beberapa fasilitas yang dapat kamu manfaatkan seperti area parkir yang luas, mushola, tempat makan, restoran, dan aula pertemuan. Ada juga fasilitas yang menghibur seperti arena bermain anak, kolam renang, pemancingan dan arena outbond.

Kolam Renang Sanggariang

Objek wisata kolam renang Sanggariang berada di Purwawinangun, Kuningan, Jawa Barat tepatnya di Jalan Siliwangi, Nomor 75, Purwawinangun Kuningan, Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Objek wisata ini selalu dipadati oleh wisatawan yang ingin menghabiskan liburan dengan melakukan kegiatan berenang. Berada di kolam renang Sanggariang menyajikan sensasi yang berbeda yang ingin melepaskan penat dari aktivitas sehari.
Objek wisata kolam renang sanggariang adalah tempat yang harus kamu kunjungi, karena pesonanya memiliki keindahan yang tiada duanya, yang bahkan pengunjung dari luar Kuningan pun datang ke tempat ini, ditambah lagi dengan penduduk yang sangat ramah terhadap pengunjung. Kolam renang Sanggariang memiliki fasilitas kolam renang dewasa, kolam renang anak-anak, dan juga kolam renang untuk balita, yang juga sering digunakan sebagai media latihan para atlet renang daerah.
Selain fasilitas renang, Sanggariang juga memiliki gedung olahraga yang sering digunakan untuk kegiatan olahraga bulutangkis, seminar, festival kesenian, resepsi ataupun kegiatan lainnya. Fasilitas yang tersedia juga sudah cukup memadai seperti area parkir yang luas, mushola, toilet, ruang ganti, gazebo, kios jajanan, oleh-oleh khas Kuningan serta tersedianya peralatan untuk mengadakan acara.

The Mountain Recreation Park

The Mountain Recreation Park terletak di sekitar Perumahan Pesona Alam di Cigugur, tepatnya di Jalan Raya Cigugur, Cirendang kuningan. Yang menarik di tempat ini adalah adanya pesawat terbang bekas yang sengaja didatangkan dari luar negeri dengan tujuan untuk menambah daya tarik agar menambah minat pengunjung.
Di tempat ini terdapat kurang lebih 10 wahana dengan fasilitas unggulannya yang tentu saja untuk memanjakan para pengunjungnya.
Adanya The Mountain Recreation Park ini sebagai kawasan wisata yang terintegrasi dengan dipadukan wisata alam. Kamu akan mendapatkan akses untuk menuju ke semua wahana wisata hanya dengan membayar 1 kali yaitu membayar tiket masuknya saja. The Mountain Recreation Park tidak hanya menyediakan tempat untuk berekreasi saja,tetapi terdapat juga wisata edukasi yang diperuntukkan untuk anak SD, SMP ataupun setara SMA.
Beberapa wahana yang dapat kamu temukan di The Mountain Recreation Park adalah kora-kora, mini train, ontang anting, dan komedi putar. Dan menurut rencana pihak pengelola akan terus menambahkan fasilitas objek wisata di tempat ini untuk menarik minat pengunjung. Kolam renang The Mountain Recreation Park memiliki 5 kolam yang telah dilengkapi dengan fasilitas seperti waterboom, fun Pool, kolam prestasi, seluncuran, ember tumpah, kolam pemancingan dan lain-lain.
Waterboom di tempat ini sedikit berbeda dibandingkan dengan waterboom pada umumnya,karena tak hanya berenang yang bisa kamu lakukan di tempat ini, tetapi kamu juga dapat bermain wahana air dan juga wahana permainan lainnya. Ada 5 buah kolam yang masing-masing telah di lengkapi dengan wahana air layaknya di Waterpark pada umumnya.
Keistimewaan Waterboom Gunung Keling Kuningan yaitu sumber airnya yang didapatkan adalah air tawar tanpa kaporit yang berasal dari Gunung Ciremai, oleh karena itu kamu akan merasakan kesegaran airnya jika berenang di tempat ini. Meskipun tanpa menggunakan kaporit sumber air ini tetap terlihat sangat jernih.

Pemandian Air Panas Sangkanhurip

Pemandian air panas Sangkanhurip terletak di desa Sangkanhurip, Kecamatan Cigandamekar, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Air panas Sangkanhurip tak hanya sebagai tempat wisata pemandian semata, tetapi juga di tempat ini kamu dapat melakukan terapi kesehatan, karena air panas Sangkanhurip dipercaya dapat menyembuhkan penyakit rematik, pegal pegal dan linu tulang sendi.
Air panas Sangkanhurip memiliki kandungan belerang yang juga dapat menyembuhkan penyakit kulit. Pemandangan yang disuguhkan di wisata Sangkanhurip tidak akan mengecewakan pengunjung, karena panorama alamnya sangat indah dengan latar belakang Gunung Ciremai dan ditumbuhi pepohonan di pinggir kolam yang membuat suasana semakin asri.
Keunikan yang ada di kolam renang ini adalah adanya seluncuran naga, yaitu sebuah seluncuran yang dibentuk menjadi sebuah naga dengan lidah yang menjulur, dan lidah itulah sebagai tempat kita untuk meluncur dan jatuh ke kolam. Tak jauh dari kolam, pengelola juga menyediakan sejumlah tempat duduk lengkap dengan payung untuk berlindung dari sengatan matahari.
Jadi kamu bisa duduk beristirahat sambil menyaksikan teman atau keluarga kamu bermain di kolam. Fasilitas yang tersedia di Sangkanhurip cukup lengkap seperti kolam renang yang dingin, tempat bilas, toilet umum, mushola, tempat makan, tempat duduk, gazebo, panggung hiburan dan masih beberapa fasilitas lain lagi. Dengan kebersihan yang terjamin di kamu akan merasa nyaman berada di tempat ini.

Sangkan Resort Aqua Park

Sangkan Resort Aqua Park memiliki lokasi yang cukup strategis, sehingga objek wisata ini sering sekali dijadikan pilihan destinasi wisata untuk mengisi liburan bersama keluarga. Selain bermain air, pengunjung juga dapat memanfaatkan fasilitas yang ada seperti outbound, bermain ATV dan permainan seru lainnya.
Dengan mengusung konsep tempat wisata yang terintegrasi outbound hotel sekitar Serang, banyak wahana permainan air yang dapat kamu temui, lebih dari 20 slider yang dapat dimainkan oleh pengunjung. Tentu akan menjadi pengalaman yang berbeda dengan sensasi liburan lengkap dengan pemandangan Gunung Cermai yang sangat asri dan juga indah.
Sangkan Waterpark merupakan tempat wisata yang sangat bersih dan juga nyaman, pelayanannya juga sangat baik karena disambut oleh pelayan yang sangat ramah dan juga bagus. Wajar jika Waterpark ini menjadi destinasi favorit bagi warga Kuningan dan bahkan diluar Kuningan.
Adapun wahana yang terdapat kamu temui di Sangkan Resort Aqua Park Kuningan yang patut untuk kamu coba antara lain adalah,
Kolam ombak
Berada di wahana kolam ombak, kamu akan merasakan sensasi berenang di laut dengan ombak yang tidak terlalu besar. Kamu akan merasa seperti berada di pantai sungguhan, dengan 5 kombinasi ombak yang akan berganti di setiap 10 menit sekali.
Raft slider
Di wahana ini kamu akan merasakan berseluncur dengan menggunakan ban dari ketinggian 12 m melintasi dengan panjang lintasan kurang lebih 120 meter. Adrenalinmu akan ditantang untuk sampai dan berakhir di kolam arus. Tapi untuk menikmati wahana yang satu ini kamu harus memiliki tinggi minimal 110 cm.
Kolam arus
Wahana ini cocok untuk menikmati suasana  bersantai untukmu yang sudah lelah dengan mencoba wahana yang ada. Wahana ini adalah sebuah sungai buatan yang memiliki arus cukup tenang. Pengunjung akan dibawa untuk mengitari sungai menggunakan ban dengan panjang lintasan sekitar 300 meter.
Octopus slide
Wahana ini berbentuk tabung yang memiliki 6 slider berjajar dengan kecepatan mencapai 45 km/jam. Wahana ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan panjang lintasan sekitar 85 meter. Untuk dapat menikmati wahana yang satu ini harus menggunakan  matras sebagai alat untuk meluncur di wahana ini.
Kiddy Pool
Wahana yang satu ini di khususkan untuk anak-anak, jadi bagi kamu yang membawa anak-anak tak perlu khawatir, karena di wahana ini dilengkapi dengan permainan seperti air pancuran, seluncuran, 5 kolam mini, dan 3 kolam sedang, ember tumpah sebanyak 500 liter yang akan tumpah di setiap 4 menit sekali. Wahana ini juga hanya memiliki kedalaman sekitar 60 cm yang tentu saja sangat aman bagi anak-anak minimal berusia 4 tahun.

Tirta Agung Mas Luragung

Tirta Agung Mas Luragung berlokasi di samping gedung SMPN 01 Luragung, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat yang diresmikan oleh Bupati Kuningan yang saat itu dijabat oleh H. Aang Hamid Suganda pada 2 September 2006 lalu. Objek wisata ini dibangun di atas lahan seluas 2 hektar yang dimiliki oleh pengusaha petuin Luragung, yang kini telah menjadi destinasi tujuan wisata.
Objek wisata ini terus melakukan penataan guna meningkatkan fasilitas yang ada di objek wisata ini demi kenyamanan para pengunjung. Yang akhirnya banyak para wisatawan yang datang dari berbagai kota di Jawa Barat, atau bahkan di luar Jawa yang tidak akan melewatkan untuk berkunjung ke lokasi ini.
Kolam renang yang ada di objek wisata ini telah memiliki kolam renang berstandar nasional, seperti waterboom, ember tumpah, aTV, motor cross, dan juga Mini Zoo. Selain itu juga terdapat kolam pemancingan, terapi ikan, arena futsal, lanting, room karaoke dan juga pusat olahraga.
Tempat ini dilengkapi dengan fasilitas outbound yang telah tersedia dengan berbagai jenis tantangan seperti enggrang terbang, Elvis Bridge, flying fox, wall climbing dan lain-lain.
Itulah beberapa wisata air yang ada di Kuningan Jawa Barat, yang ternyata tidak sedikit dan mampu menjadi tempat favorit para pengunjung yang tak hanya dari Kuningan, tetapi juga dari luar daerah. Kabupaten Kuningan tempat wisatayang patut menjadi kebanggaan masyarakat Kuningan karena mampu menarik minat pengunjung, yang akhirnya Kuningan dapat di kenal oleh masyarakat Indonesia bahkan hingga keluar negeri.
5 / 5

Check Also

hidangan khas Bangka Belitung

Kuliner Khas Bangka Belitung yang Menggugah Selera

Makanan  khas  menjadi  ciri  khas  masing-masing daerah yang  ada  di  Indonesia,  termasuk kepulauan Bangka Belitung. …