Tuesday , December 10 2019
Home / Jawa Timur / 10 Wisata Air Terjun Terbaik Dan Terindah Di Pulau Jawa
10 2BWisata 2BAir 2BTerjun 2BTerbaik 2BDan 2BTerindah 2BDi 2BPulau 2BJawa

10 Wisata Air Terjun Terbaik Dan Terindah Di Pulau Jawa

 

 
Keindahan alam di Negara Indonesia sudah tidak perlu lagi kita ragukan tentunya. Banyak sekali pulau-pulau di Indonesia yang memiliki keindahan yang luar biasa seperti di Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan dan juga Pulau Jawa.
Di Pulau Jawa kita dapat menemukan berbagai macam jenis wisata, mulai dari wisata laut, wisata gunung, wisata hutan, wisata danau, wisata sabana serta wisata air terjun. Kabar baiknya, di Pulau Jawa terdapat banyak sekali tempat wisata air terjun yang masih sangat alami dan tidak dapat kamu temukan di daerah lain.
Nah bagi kamu yang sedang melakukan atau akan melakukan liburan ke Pulau Jawa, tentunya tidak lengkap tanpa mengunjungi wisata air terjun di pulau tersebut. Berikut 10 wisata air terjun terbaik dan terindah di Pulau Jawa.
 
 
1. Air Terjun Tumpak Sewu   
Air Terjun Tumpak Sewu atau biasa dikenal dengan sebutan Tebing Nirwana merupakan salah satu air terjun yang terletak di kawasan Desa Wisata Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.
Ketika sampai di Air Terjun Tumpak Sewu, para pengunjung akan dibuat takjub dengan keindahan alam air terjun yang memiliki sumber air alami yang berasal dari Gunung Semeru ini.
Tidak hanya memiliki sumber air alami, Air Terjun ini juga memiliki keindahan tebing yang menjulang tinggi dan disekitarnya terdapat tumpahan air yang deras, selain itu hampir setengah dari tebing-tebing tersebut dikelilingi oleh pepohonan hijau yang cukup rimbun yang membuat air terjun ini semakin indah.
 
 
2. Air Terjun Temcor
Air Terjun Temcor merupakan wisata air terjun yang sudah sangat terkenal di kalangan penduduk asli Banyuwangi. Air Terjun Temcor terletak di Dusun Sumber Arum, Desa Sragi, Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
Air Terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 10 meter dengan air yang sangat jernih, selain itu kamu juga dapat menikmati kesejukan udara serta ketenangan suasana yang berada di Air Terjun Temcor.
Setelah bermain-main di Air Terjun Temcor, para pengunjung dapat mengunjungi warung-warung yang menjual berbagai macam kuliner hangat yang terletak di sekitar tempat penitipan sepeda.
 
 
 
3. Air Terjun Sumber Maron
Air Terjun Sumber Maron merupakan salah satu air terjun yang banyak menarik perhatian para wisatawan. Air terjun ini terletak di Desa Karangsuko, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, Jawa Timur.
Terdapat banyak aktivitas yang dapat kamu lakukan di wisata Air Terjun Sumber Maron, seperti underwater photography, bermain air ataupun berenang, terapi ikan, flying fox serta River Tubing.
Walaupun hanya memiliki ketinggian kurang lebih 5-6 M, tetap saja banyak para wisatawan yang ingin berkunjung ke Air Terjun Sumber Maron karena keindahannya yang luar biasa serta keseruan beragam aktivitas yang dapat dilakukan di air terjun tersebut.
 
 
4. Air Terjun Sumber Pitu Pujon
Air Terjun Sumber Pitu Pujon juga merupakan salah satu air terjun yang tidak boleh kamu lewatkan apabila sedang berada di Kota Malang, air terjun ini secara administratif terletak di Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur.
Rute yang perlu ditempuh untuk sampai di air terjun ini memang cukup sulit karena akses kontur jalan yang terbilang licin sehingga para wisatawan diharapkan berhati-hati saat menuju air terjun ini.
Meskipun menempuh perjalanan yang cukup sulit, rasa lelah para pengunjung tentunya akan terbayarkan saat pengunjung telah tiba di Air Terjun Sumber Pitu Pujon dimana para pengunjung akan dihadapkan dengan tebing-tebing pegunungan yang berbentuk melengkung disertai dengan tumpahan air yang tidak ada hentinya. Para pengunjung akan merasakan suasana dingin, tenang dan juga damai saat berada di air terjun ini.
 
 
5. Air Terjun Nglirip
Salah satu air terjun yang terletak di wilayan Tuban dan memiliki pemandangan alam yang luar biasa indah adalah Air Terjun Nglirip. Air Terjun Nglirip terletak di wilayah Ngilirip, Singgahan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.
Air terjun ini memiliki ketinggian mencapai kurang lebih 30 meter yang disekitarnya terdapat pepohonan hijau. Selain itu, air disini juga sangat jernih dan menyegarkan badan.
Tetapi, dibalik keindahan dan kemegahan yang dimiliki oleh air terjun ini, ternyata air terjun ini memiliki cerita mistis loh. Masyarakat yang berada di kawasan air terjun Nglirip percaya bahwa setiap pasangan yang datang ke air terjun ini akan berpisah dalam kurun waktu kurang dari 40 hari.
 
 
6. Air Terjun Madakaripura
Air Terjun Madakaripura merupakan air terjun yang memiliki patung Patih Gajah Mada, air terjun ini terletak di Desa Sapeh, Kecamatan Lumpang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.
Air terjun ini memiliki sungai kecil ditengahnya yang dikelilingi oleh tebing-tebing hijau dimana terdapat pancuran air kecil-kecil yang berasal dari tebing-tebing tersebut.
Selain itu, kamu juga bisa memasuki sisi-sisi tebing dan menikmati pancuran air terjun yang akan membasahi tubuhmu.
 
 
7. Air Terjun Coban Rais
Bagi kamu yang gemar berfoto selfie wajib banget nih datang ke Air Terjun Coban Rais yang secara administratif terletak di Dusun Dresel, Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu,
Air terjun ini banyak memiliki spot selfie khususnya di Bukit Bulu Batu Flower Garden seperti rumah hobbit, ayunan, bukit flower, hammock, gardu pandang, skybike, sepede gantung dan berbagai macam spot foto lainnya.
Untuk memasuki wisata air terjun ini, para pengunjung diharuskan membayar biaya tiket masuk sebesar Rp. 20.000 dan juga biaya parkir Rp. 5000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 10.000 untuk kendaraan roda empat.
Tempat wisata ini juga memiliki fasilitas yang dibuat untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pengunjungnya seperti toilet atau kamar mandi.
 
 
8. Air Terjun Sumber Pitu Tumpang
Air Terjun Sumber Pitu Tumpang terletak di Krajan, Duwet Krajan, Kecamatan Tumpang, Malang, Jawa Timur.
Rute menuju Air Terjun Sumber Pitu Tumpang cukup jauh, kurang lebih 2 Kilometer. Selama perjalanan menuju air terjun tersebut, para wisatawan akan dibuat takjub dengan pemandangan-pemandangan di sekitar, seperti perbukitan apel milik warga, tebing bebatuan yang menjulang cukup tinggi serta lahan sayur mayur warga sekitar. Sebelum memasuki Air Terjun Sumber Pitu Tumpang, para pengunjung akan dihadapkan pada air terjun yang lain yaitu Coban Tunggal. Jarak antara Air Terjun Sumber Pitu Tumpang dengan Coban Tunggal sejauh kurang lebih 150 m.
 
 
9. Air Terjun Jagir
Air Terjun Jagir terletak di Dusun Kampung Anyar, Taman Suruh, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
Air terjun ini memiliki 3 aliran karena disekitarnya terdapat 3 air terjun lain yang memiliki ketinggian kurang lebih 20-40 meter.
Air Terjun Jagir tidak memang tidak terlalu luas, tetapi walaupun begitu air terjun ini memiliki pemandangan yang masih sangat alami, dibawah air terjun juga terdapat ikan-ikan kecil yang akan mendekat apabila kita merendamkan kaki kita ke kolam air terjun tersebut. Terdapat beberapa informasi yang mengatakan bahwa ikan-ikan tersebut akan menyedot kotoran-kotoran yang ada di kaki atau tangan yang kita masukkan ke dalam kolam tersebut.
Untuk fasilitas sendiri, air terjun ini dilengkapi dengan beberapa macam fasilitas seperti toilet atau kamar kecil, warung dan juga lahan parkir. Jadi, jangan khawatir untuk mengunjungi air terjun ini.
 
 
10. Air Terjun Toroan
Air Terjun Toroan berada di Desa Ketapang Daya, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang, Jawa Timur. Dari Desa Ketapang, para pengunjung harus menempuh jarak sejauh 50 meter, para pengunjung harus berhati-hati karena kondisi jalanan yang sedikit curam.
Pada saat sampai di Air Terjun Toroan, para pengunjung dapat melihat pasir putih disepanjang bibir pantai dan juga bebatuan yang unik. Selain itu, para pengunjung dapat melihat sunset bewarna kemerah-merahan sambil menikmati gemericik air dan suara ombak.
Air Terjun Toroan letaknya berdampingan dengan pantai, hal inilah yang menyebabkan air terjun ini berbeda dengan air terjun lainnya. Air yang berasal dari atas air terjun akan jatuh kebawah dan langsung bercampur dengan air laut yang terletak di sebuah muara. Aliran air ini berasal dari sungai Payung yang terletak di Kecamatan Timur Kota Sampang.
Itulah 10 wisata air terjun terbaik dan terindah yang terletak di Pulau Jawa. Sebagai penikmat tempat wisata tersebut, sebaiknya kita sebagai para pengunjung tetap menjaga kebersihan lokasi wisata yang kita kunjungi.

 

Check Also

puncak becici

Wisata Baru Yang Populer Di Tahun 2020 Di Yogyakarta

Jogjakarta, sebuah kota yang memiliki julukan kota pelajar ini selalu ada di hati para wisatawan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *