Home / Bali / Aktivitas Rafting Di Bali Yang Mengesankan
wisata rafting bali
https://tour.dolandolen.com/

Aktivitas Rafting Di Bali Yang Mengesankan

Pulau Bali dikenal sebagai destinasi wisata favorit di Indonesia yang juga terkenal hingga ke mancanegara. Selain keunikan tempat wisata, seni dan budaya, Bali juga memiliki banyak sekali pilihan aktivitas liburan, yang salah satunya adalah wisata air di Bali. Tersedia banyak jenis pilihan untuk berlibur di Pulau Bali menikmati rekreasi air, seperti pantai, sungai, air terjun, danau, pemandian air panas, atau waterpark dan sebagian besar wisatawan tidak ke semua jenis wisata air yang ada di Bali dapat diikuti.

Bali adalah salah satu objek wisata yang cukup polpuler di Bali yang wajib kamu coba, dengan menyusuri aliran sungai yang menyuguhkan berbagai pemandangan serta tantangan bervariasi yang menguji adrenalin, tentu akan menjadi sebuah pengalaman yang takkan terlupakan selama berlibur di bali.  Olahraga air atau watersport di Bali cukup digemari, banyak tersedia tempat rafting yang memiliki beragam rintangan yang tetap mengutamakan faktor keamanan dan kenyamanan peserta rafting.

Sungai Ayung dan Telaga Waja adalah tempat yang sudah populer untuk menikmati atraksi wisata arung jeram yang selalu ramai dipenuhi oleh peserta rafting, baik dari lokal ataupun turis asing. Rafting atau arung jeram  merupakan atraksi wisata yang cukup populer di Bali.

Ada beberapa tempat yang sangat berkualitas untuk dapat menikmati atraksi wisata rafting dengan keamanan dan kenyamanan yang terjamin, ditambah lagi dengan dukungan sumber daya yang ada. Sudah pasti tempat yang akan digunakan telah teruji keamananya, sehingga tercipta aman bagi para peserta rafting dan dapat melakukan kegiatan arung jeram ini dengan nyaman. Berikut ini adalah sungai yang populer untuk menikmati rekreasi air di Bali seperti rafting, kamu dapat merencanakan untuk menikmati rekreasi air di Bali dengan tempat-tempat wisata air yang recommended di Bali seperti berikut ini.

Baca Juga :  7 Tempat Hiburan dan Romantis di Cilacapyang Wajib Kamu Kunjungi!

 

Sungai Ayung
https://www.befreetour.com/

Sungai Ayung

Ubud adalah salah satu objek wisata yang cukup terkenal di Bali, dengan daya tarik utama kawasan ini kamu dapat menyaksikan seni dan budaya serta indahnya alam pedesaan. Di Ubud juga terdapat dua objek wisata yang menjadi favorit bagi wisatawan yaitu Monkey Forest dan sawah terasering Tegalalang Ubud.

Ubud terkenal sebagai tempat wisata yang cukup populer di Bali, sehingga banyak wisatawan yang datang ke tempat ini. Hal tersebut membuat para pengelola menyediakan sarana pariwisata yang sangat langka, seperti tersedianya banyak jenis akomodasi dari hotel yang murah hingga hotel mewah, banyak tersedia tempat makan dari restoran hingga warung makan sederhana. Dan untuk akomodasi juga tidak sulit untuk ditemukan seperti taksi, sepeda motor dan juga rental mobil.

Sesampainya di sungai Ayu tersebut, maka petualangan aktivitas rafting akan dimulai. Seluruh peserta yang mengikuti arung jeram akan diberi pengarahan oleh pemandu yang sudah terlatih dan memiliki pengalaman. Awalnya pemandu akan memberikan pengarahan dan perlengkapan yang akan digunakan seperti  jaket pelampung, dayung, perahu karet, posisi yang baik saat duduk di atas perahu, hingga cara menyelamatkan diri jika terjadi insiden perahu terbalik. Dan pemandu juga akan memberikan penjelasan mengenai hal-hal yang berhubungan dengan pentingnya keselamatan para peserta arung jeram.

Wisata rafting Sungai Ayung memiliki perahu karet dengan kapasitas yang mampu memuat 4 orang peserta dan juga 6 orang peserta. Di tiap perahu akan ditemani 1 orang pemandu arung jeram. Selama 2 jam kamu akan menaklukkan sungai Ayung dengan jarak tempuh kurang lebih 12 km.

Selama perjalanan menyusuri sungai Ayung, kamu akan di suguhkan pemandangan Sungai Ayung dan juga berfoto dengan latar belakang ukiran yang terdapat pada batu dinding sungai yang menjadi ciri khas utama dari aktivitas wisata rafting di Ubud Bali.

Setelah puas menaklukkan Sungai Ubud sepanjang 12 km, kamu akan sampai di finish Point. Di finish point telah disediakan tempat untuk beristirahat dengan fasilitas ruang ganti, kamar mandi dan juga handuk yang akan dilanjutkan dengan menikmati makan siang buffet.

Tertarik coba aktivitas Ayung rafting di Ubud? Kamu tidak perlu takut dengan arus Sungai Ayung Ubud, karena tidak terlalu deras dan juga jeramnya tidak terlalu menukik, tetapi untuk anak-anak tetap harus ditemani orang tuanya. Tentu sebuah liburan yang sangat menantang dengan mengikuti olahraga arung jeram dilakukan bersama dengan keluarga atau teman terdekat.

Di Sungai Ayung hanya terdapat tiga perusahaan penyedia Ayunda pribadi yang direkomendasikan di mana ketiga operator arung jeram di sungai berikut ini memiliki tari yang berbeda-beda dari harga yang termurah sampai harga yang termahal.

Semua operator akting di Sungai Ayung yang terekomendasi dibawah ini menjamin keselamatan 100% dan telah memiliki rekor keselamatan untuk aktivitas texting di Ubud, dan ketiga operator akting ini sudah cukup terkenal dalam hal kualitas pelayanan kepada pelanggannya. Berikut ini adalah perusahaan Ubud casting yang direkomendasikan di Sungai Ayung,

 

Payung rafting Ubud
https://traviora.com/

Payung rafting Ubud

Bali Payung Ubud ingin menawarkan keunikan layout lobby dan pelayanan yang sangat memuaskan. Tak sedikit wisatawan domestik yang ingin mencoba berpetualang rafting di Ubud, tetapi banyak wisatawan domestik yang membatalkan niat untuk mencoba petualangan ini karena harga tiket rafting yang cukup mahal.

Payung rafting menawarkan harga yang bisa dijangkau, dan meskipun tiketnya tidak terlalu mahal hal tersebut tidak mengurangi kualitas, baik dari segi keamanan dan keselamatan para peserta arung jeram. Payung rafting Ubud menerapkan penyederhanaan layout lobby dan lebih menyuguhkan kesan menyatu dengan alam, oleh karena itu Payung rafting berani menawarkan harga yang cukup murah. Konsep seperti ini memiliki keunikan tersendiri dan biaya operasional juga dapat diminimalisir.

Meskipun harga tiket terbilang murah, perusahaan rafting ini tidak mengabaikan keamanan dan keselamatan para peserta rafting. Karena keamanan dan keselamatan peserta rafting sangat menentukan reputasi sebuah perusahaan rafting di Bali.

Harga satu kali tiket Payung rafting sudah termasuk fasilitas seperti di bawah ini,

Harga rafting untuk 1 orang

Transportasi antar jemput

Air minum

Harga Ayung rafting dan peralatan arung jeram

Guide arung jeram

Handuk dan tempat mandi

Makan siang prasmanan, tidak termasuk minuman

Asuransi sebesar USD 10.000

Harga sudah termasuk jasa layanan dan juga pajak

Dari awal hingga akhir kegiatan rafting memakan waktu 30 menit untuk persiapan, 2 jam aktivitas rafting, 1 hingga 1,5 jam untuk mandi dan makan siang.

Baca Juga :  Wisata Bali Yang Paling Hits Di Kalangan Wisatawan

 

Sobek Ayung rafting Ubud
https://traviora.com/

Sobek Ayung rafting Ubud

Sobek rafting Bali memiliki reputasi yang cukup terkenal dengan keamanan serta fasilitasnya yang bagus dan juga pelayanan untuk pelanggan sangat memuaskan, Sobek Ayung rafting adalah salah satu perusahaan yang merintis aktivitas arung jeram di Bali dan sangat dikenal oleh wisatawan di Indonesia. Jika kamu berpetualang bersama Sobek rafting Bali maka berikut ini adalah yang akan kamu dapatkan,

Pelayanan penjemputan dan juga pengantaran kembali di lokasi pelanggan menginap

Air mineral

Guide rafting yang profesional dan berpengalaman

Shower dan handuk

Toilet dan ruang ganti yang terjaga kebersihannya

Makan siang prasmanan dengan banyak pilihan menu makan

Asuransi kecelakaan

Harga sudah termasuk pajak dan pelayanan

 

Mason rafting Ubud

Mason rafting Ubud patut direkomendasikan karena perusahaan ini sanagt memprioritaskan keselamatan peserta, sehingga harga rafting di sungai Ayung ini cukup tinggi. Dengan memilih Mason rafting Ubud, kamu dapat mengajak anak yang berusia minimal 5 tahun untuk ikut petualangan ini karena Mason Adventures Ubud sangat cocok untuk peserta yang baru pertama kali mengikuti aktivitas rafting.

Standar keamanan yang sangat tinggi sangat terjamin jika berarung Jeram di Sungai Ayung Ubud menggunakan operator Mason Adventure, tak salah jika Mason rafting Ubud memiliki harga yang cukup tinggi dan termasuk salah satu perusahaan arung jeram terbaik di sungai Ayung Ubud. Hal itu karena mereka terlebih dulu akan memastikan setiap peserta mendapatkan pelayanan yang terbaik dan menjadikan keselamatan peserta adalah yang utama.

Baca Juga :  5 Tempat Wisata Kuliner Bandung yang Paling Banyak Diburu Wisatawan!

 

Telaga Waja
https://blog.vokamo.com/

Telaga Waja

Sungai Telaga Waja memiliki karakter yang berbeda dibandingkan dengan sungai-sungai lainnya yang ada di Bali. Sungai Telaga Waja memiliki trek rafting terpanjang di Bali yaitu sekitar 16 km. Untuk menaklukkan trek rafting di sungai ini, kamu membutuhkan waktu sekitar 2 jam hingga 2,5 jam. Air yang jernih dan arus sungai yang mengalir sangat deras di sungai ini membuat sungai ini sangat cocok dijadikan tempat untuk beraktivitas arung jeram yang memiliki banyak tantangan dan pastinya sangat menantang adrenalin. Jalur turunan dengan ketinggian hampir mencapai 5 m dan kemiringan sekitar 50 derajat, menuruni turunan sungai ini saat berada diatas perahu karet, merupakan bagian paling seru dari aktivitas di sungai ini.

Demi menjaga keamanan serta kenyamanan pengunjung atau peserta arung jeram Sungai Telaga Waja, maka di wajibkan Setiap perusahaan mengikuti prosedur serta standar keamanan aktivitas arung jeram. Perusahaan atau operator rafting juga wajib memperhatikan debit air,  apakah layak atau tidak untuk melakukan aktivitas rafting.

Pemandu yang sudah terlatih dan memiliki pengalaman akan memberikan pengarahan sebelum melakukan aktivitas arung jeram. Pengarahan yang diberikan dari pemandu antara lain seperti posisi duduk saat berada di atas perahu karet, cara mendayung hingga cara menyelamatkan diri jika terlepas dari perahu.

Peralatan arung jeram yang disediakan oleh pengelola dan akan digunakan oleh peserta dan sudah memiliki standar internasional, setiap peserta akan diberikan jaket pelampung dan juga helm demi menjaga keamanan dan keselamatan saat melakukan aktivitas arung jeram.

Peralatan dan pemandu arung jeram tidak seutuhnya menjamin keamanan dan keselamatan saat melakukan rafting, karena dibutuhkan juga peran besar para peserta rafting dalam hal keamanan dan keselamatan. Oleh karena itu setiap peserta diwajibkan untuk mentaati instruksi pemandu seperti kapan saatnya mendayung, berhenti mendayung, hingga menunduk ketika ada rintangan di depan.

Di sepanjang sungai bersebelahan dengan jeram jeram yang sangat menantang, sungai ini juga menyuguhkan pemandangan alam yang masih sangat alami. Pada setiap pinggir sungai dikelilingi oleh petak sawah dan juga pepohonan yang rimbun lengkap dengan segarnya udara sekitar yang menjadi daya tarik rafting Telaga Waja Karangasem semakin mengesankan. Pemandangan di sebelah utara juga cukup menarik seperti pemandangan Gunung Agung sebagai gunung tertinggi di Bali.

Setelah mengarungi sungai selama 2,5 jam, maka kamu akan sampai di finish point di mana kamu dapat menikmati makan siang di restoran dengan sensasi yang berbeda yaitu berada di tengah sawah. Peserta rafting dapat menikmati menu bufet yang telah disediakan di restoran ini, fasilitas yang tersedia di tempat finish point ada ruang ganti dan toilet yang sudah cukup memadai.

Di Telaga Waja di rekomendasikan 3 perusahaan yang menyediakan arum jeram. Berikut ini adalah detail mengenai harga rafting Telaga Waja di tiap perusahaan ,

BMW rafting Bali
https://www.balilombokguide.com/

BMW rafting Bali

Saat ini BMW rafting hanya tersedia aktivitas di sungai Telaga Waja Karangasem. Sungai Telaga Waja Karangasem memiliki tingkat kesulitan di kelas II hingga IV, yang tentunya sangat menantang bagi kamu yang sudah pernah melakukan aktivitas arung jeram untuk merasakan sensasi watersport yang lebih menguji adrenalin.

Menggunakan operator BMW rafting Bali maka pelayanan yang akan kamu dapatkan adalah,

Antar jemput pelanggan

BMW rafting menyediakan layanan antar jemput yang sudah termasuk di dalam harga dalam harga rafting di Telaga Waja Karangasem.

Pendaftaran

Hanya memerlukan waktu kurang lebih 15 menit untuk mengisi form pendaftaran setelah itu staff akan langsung minta untuk menggunakan perlengkapan arung jeram.

Intruksi guide

Sebelum beraktivitas rafting di sungai Telaga Waja, salah satu guide arung jeram terlebih dulu akan memberikan pengarahan ke semua peserta rafting tentang intruksi intruksi yang wajib diikuti. Tidak usah khawatir bagi kamu para pemula, karena guide akan ikut satu perahu dengan kamu dan akan memberikan instruksi hal apa yang harus dilakukan jika menemukan rintangan di depan.

Aktivitas arung jeram

Sungai Telaga Waja memiliki rute terpanjang untuk arung jeram, sekitar 14 hingga 16 km dengan waktu perjalanan selama 2,5 jam. Sepanjang rute rafting, guide harus mampu mengendalikan perahu dengan cepat terutama di saat arus sungai Telaga Waja cukup deras.

Finish Point

Di akhir perjalanan kamu akan sampai di finish point yang akan disambut oleh staf yang memberikan handuk dan langsung mengarahkan ke toilet untuk berganti baju. Setelah itu kamu akan dipersilahkan untuk menyantap hidangan makan siang prasmanan yang disajikan dengan banyak menu pilihan.

Berikut ini adalah keterangan mengenai harga rafting Telaga Waja operator BMW

Peserta berusia minimal 9 tahun dan maksimal 60 tahun

Harga sudah termasuk transportasi

Disediakan teh dan kopi secara gratis saat kamu mendaftar

Harga tiket sudah termasuk peralatan rafting

Didampingi satu orang guide arung jeram untuk satu perahu

Shower dan handuk

Ruang ganti baju dan telolet

Harga sudah termasuk makan siang dengan menu prasmanan

Asuransi USD 50.000

Harga rafting hanya berlaku untuk warga negara Indonesia

Baca Juga :  3 Kawasan Di Bali Ini Tak Akan Membuatmu Menyesal Pernah Mengunjunginya

 

Alam rafting Bali
https://www.balilombokguide.com/

Alam rafting Bali

Alam rafting merupakan aktivitas wisata arung jeram di sungai Telaga Waja yang disediakan oleh perusahaan bernama Alam Amazing Adventure, di mana ini adalah salah satu operator yang menyediakan aktivitas wisata Bali watersport yang peduli dengan kelestarian alam di pulau Bali. Cara operator ini ikut melestarikan alam di Pulau Bali, dengan cara menyisihkan sebagian keuntungan perusahaan untuk disumbangkan dalam rangka pelestarian lingkungan hidup di Pulau Bali.

Melakukan petualangan arung jeram bersama operator Alam Amazing Adventure akan melalui tahapan-tahapan berikut,

Awal aktivitas rafting

Peserta dijemput dari lokasi dimana peserta menginap

Staf akan memberikan form pendaftaran yang harus diisi, tak lupa staf akan menawarkan minuman dengan pilihan kopi atau teh. Pemandu arung jeram akan memberi semua peralatan untuk aktivitas arung jeram seperti jaket pelampung, helm, dan dayung. Sebelum memulai aktivitas, akan diadakan pengarahan oleh pemandu arung jeram mengenai kondisi sungai, kode intruksi dan juga prosedur darurat arung jeram. Dan di tiap perahu akan ada satu guide selama perjalanan rafting.

Puncak aktivitas rafting

Perjalanan arung jeram di sungai Telaga Waja akan memakan waktu 2,5 jam dengan rute sepanjang 14 km. Kamu harus fokus memperhatikan intruksi pemandu, karena ada jembatan bambu yang membentang di sungai terutama pada bagian saat kamu menuruni kemiringan DAM dari atas perahu.

Finish Point

Tiba di sini staf akan datang untuk mengumpulkan peralatan arung jeram.  Staf akan menunjukkan arah ke lokasi ruang ganti serta memberikan handuk dan juga jus nanas, layanan seperti ini adalah bagian terbaik dari arung Jeram Alam Amazing Adventure, termasuk di ruang ganti menuju restoran hanya memakan waktu 1 menit saja. Kamu akan menyantap makan siang yang disajikan di restoran sepuasnya.

Dan Sobek Rafting memiliki pelayanan dan aktifitas yang sama seperti di sungai Ayung, dan untuk memenuhi standar keamanan, di wajibkan semua guide arung jeram harus lulus dan memiliki,

Swift Water Rescue Program

American Affliation White Water Safety Standard

Australian White Water Safety Standard

Baca Juga :  10 Wisata Curug Dan Tempat Wisata Lainnya Di Majalengka Yang Luar Biasa

 

Sungai melangit
https://www.baligetaway.co.id/

Sungai melangit

Langit merupakan salah satu tempat wisata arung jeram yang direkomendasikan dengan airnya yang jernih dan medan yang tidak terlalu ekstrem, ditambah lagi di kawasan ini kamu juga bisa naik gajah dengan provider Bakas Levi Rafting.

Melakukan aktivitas rafting di sungai ini tidak kalah seru dan menantang dengan sungai Ayung dan Telaga Waja, karena sungai Melangit masih sangat alami, udara yang bebas polusi hingga terasa kesegarannya, penduduk yang ramah terhadap pengunjung dan jauh dari hiruk pikuk kota besar.

Sungai yang berada di Kabupaten Klungkung dengan jarak tempuh sekitar 1 jam dari Denpasar ini cukup mengesankan. Kabupaten Klungkung juga memiliki sejumlah objek wisata sebagai destinasi wisata tour yang cukup populer seperti Kertagosa, Pura Goa lawah, Watu Klotok dan desa Kamasan di mana banyak sekali pengrajin wayang yang cukup populer di Bali termasuk Sungai Melangit sebagai tempat rekreasi rafting yang sudah cukup populer di kalangan wisatawan.

Aliran sungai di tempat ini cukup deras dan mengalir di sepanjang musim dengan tingkat kesulitan sedang. Panjang lintasan yang harus ditempuh selama 2 jam kurang lebih 7,5 km ini cukup populer di kalangan anak-anak ataupun dewasa. Sepanjang perjalanan menyusuri Sungai Melangit kamu akan disuguhkan pemandangan alam sungai yang sangat alami dengan airnya yang sangat jernih yang dapat membuatmu terasa segar saat mengarungi sungai. Rintangan yang dimiliki Sungai Melangit juga tidak seekstrim yang ada di Telaga Waja dengan ketinggian mencapai 5 meter. Tentu saja tantangan yang ada di sungai ini sangat bersahabat untuk anak-anak yang doyan berpetualangan.

Di sungai ini menawarkan pemandangan alam yang masih sangat asri, kamu dapat menemukan berbagai tanaman tropis serta rimbunan pepohonan yang mendukung udara di sekitar menjadi segar dan terbebas dari polusi, ditambah lagi dengan nyanyian burung burung serta satwa lain yang tentu saja akan membuatmu merasa menyatu dengan alam di sepanjang perjalanan menyusuri sungai Melangit. Tak jarang kamu juga akan menemukan kera liar bermain bergelantungan pada pepohonan rimbun yang tentunya menjadi pengalaman yang luar biasa.

Tebing-tebing yang kamu lihat di sepanjang Sungai Melangit menjadi pemandangan yang cukup menakjubkan, termasuk sejumlah anak sungai yang mengalir menuju Sungai melalui dimana kamu juga akan menemukan pemandangan air terjun. Dalam menjelajahi Sungai Melangit, rasakan sensasi cekungan-cekungan yang tercipta oleh alam di sepanjang lintasan yang menjadi penambah pengalaman rafting yang menakjubkan. Usai menaklukkan sungai Melangit, kamun akan tiba di finish point rafting, yang sesampainya di sana kamu akan di sajikan menu pilihan untuk makan siang.

Berbeda dengan Ayung river dan Telaga Waja Karangasem yang memiliki beberapa pilihan operator arung jeram, di Sungai Melangit hanya tersedia satu operator rafting yaitu Bakas Levi Rafting & Tour Klungkung Regency Bali. Bakas Levi Rafting menawarkan dua pilihan paket rafting murah yaitu satu harga paket termasuk transportasi dan satu lagi tanpa transportasi.

Bakas Levi Rafting Klungkung memiliki lobby yang letaknya cukup strategis, setelah selesai dengan urusan pendaftaran cukup berjalan dalam waktu 5 menit kamu sudah sampai di lokasi starting point. Sebelum kegiatan di mulai, tiap peserta akan di beri pengarahan oleh pemandu yang sudah berpengalaman mengenai peserta yang wajib menggunakan peralatan rafting seperti jaket pelampung dan helm, mengingat keselamatan dan kenyamanan peserta arung jeram sangat di prioritaskan dalam aktivitas rafting di Bali. Termasuk perahu karet dan dayung yang telah memenuhi standar internasional.

Selama mengarungi sungai Melangit Klungkung, sejauh mata memandang kamu hanya akan melihat pemandangan alam di sepanjang sungai, seperti nyanyian burung yang saling bersautan, pepohonan rimbun lambang keasrian sungai, dan air terjun yang menciptakan suara guyuran air yang sangat menyegarkan yang tentu saja berpadu menimbulkan kesan alami.

Usai menyusuri sungai Melangit, kamu akan di sambut oleh staf yang akan menunjukkan ruang ganti dan toilet yang selanjutnya akan di persilahkan untuk menyantap makan siang prasmanan sepuasnya dengan menu pilihan.

Harga yang di tawarkan Bakas Levi Rafting mencakup seperti di bawah ini,

Antar jemput peserta rafting dari tempat peserta menginap

Penggunaan peralatan rafting dan pemandu arung jeram

Tersedianya waterprof bag bagi kamu yang membawa kamera atau hanphone,tetapi kehilangan atau kerusakkan barang yang di titipkan di waterprof bag, pengelola tidak bertanggung jawab atas asuransinya

Makan siang buffet style dengan banyak menu pilihan

Pemesanan minuman untuk 2 orang

Asuransi jika terjadi kecelakaan

Itulah informasi untuk para pecinta petualangan alam, sungai sebagai wahana air yang dapat di manfaatkan untuk melakukan rafting tentu akan membangkitkan gairahmu untuk menjawab tantangan menaklukkan sungai dengan aktivitas arung jeram. Pastikan kamu mendapatkan pengalaman yang sangat mengesankan, tentunya dari pilihan aktivitas rafting di atas.

Kamu dapat memilih rintangan arung jeram yang menurutmu memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dan menantang adrenalin, khusus untuk kamu yang sudah profesional dalam aktivitas arung jeram. Tetapi buat kamu yang masih pemula atau ingin mengajak anak anak untuk ikut berpetualang, maka juga tersedia arung jeram yang di sesuaikan dengan umur yang tentunya dengan rintangan yang terbilang cukup mudah. Selamat berpetualang.

Check Also

panorama Bitung

Wisata Kota Bitung Yang Wajib Kamu Kunjungi

Bagi  sebagian  orang,  Sulawesi  Utara  memiliki  objek  wisata  yang  sudah  cukup terkenal  seperti  Taman Laut  …