Tuesday , December 10 2019
Home / Maluku / Benteng Belgica, Benteng Unik Peninggalan Bangsa Portugis yang Menyimpan Banyak Sejarah
benteng 2Bbelgica 2B1

Benteng Belgica, Benteng Unik Peninggalan Bangsa Portugis yang Menyimpan Banyak Sejarah


Sama seperti wilayah Indonesia lainnya, Maluku juga memiliki cerita sejarah tersendiri. Wilayah Maluku terkenal akan kekayaan alam rempah-rempahnya. Tak heran banyak bangsa-bangsa di dunia termasuk Portugis yang datang ke Maluku untuk berburu rempah-rempaj. Peninggalan masa-masa penjajahan bangsa Eropa seperti benteng-benteng masih bisa kamu lihat di beberapa wilayah Maluku. 

Salah satu benteng yang terkenal  yaitu Benteng Belgica. Benteng Belgica merupakan benteng warisan dari bangsa Portugis yang terletak di Banda Neira, MalukuTengah. Dulunya Banda Neira adalah pusat perdagangan, maka pembangunan benteng pun diperlukan. Benteng ini juga digunakan sebagai tempat menyimpan senapan dan penjara. Yuk simak lebih jelas penjelasan tentang wisata sejarah Benteng Belgica.

Sejarah Singkat Benteng Belgica
Benteng Belgica dibangun sekitar abad ke-16 oleh bangsa Portugis setelah mereka baru tiba di wilayah Nusantara. . Awalnya benteng ini digunakan sebagai pusat pertahanan bangsa Portugis dari masyarakat Banda yang saat itu menentang atas usaha monopoli perdagangan yang dilakukan oleh VOC. Ketika VOC berkuasa, benteng Belgicia didirikan kembali pada tahun 1611 oleh seorang  gubernur Portugis yang bernama Jenderal Pieter Both. 
Mulai saat itulah benteng ini dikenal dengan nama Fort Belgica. Ketika bangsa Belanda dan Inggris menjajah  Indonesia, benteng ini  digunakan kembali namun beralih fungsi  menjadi tempat pemantauan lalu lintas kapal dagang di wilayah sekitar Ambon. Pada tahun 1622, benteng ini akhirnya diperluas ole J.P.Coen dan pada than 1677 diperluas lagii oleh Cornelis Speelman. Pada tahun 1911 hingga 1860, oleh seorang gubernur jenderal Belanda Craft van Limburg Stirum, benteng ini berubah menjadi markas militer Belanda.

Benteng ini mulanya didirikan sebagai pengganti benteng Nassau yang lokasinya berdekatan dengan bibir pantai. Digantikan oleh Benteng Belgica karena benteng Nassau letak bangunannya teramat rendah sehingga malah mudah terkena serangan dari musuh.  VOC pun juga membangun sebuah terowongan yang menghubungkan Benteng Belgica dengan benteng Nassau.



Keunikan yang Menjadi Daya Tarik Benteng Belgica
Benteng Belgica mempunyai puncak yang bisa kamu capai melalu menara-menara tinggi yang berdiri kokok di setiap sisi bangunan. Dengan menaiki anak-anak tangga, kamu akan sampai pada lubang sempit yang menjadi tempat keluar menuju puncak menara. Rasa lelah sehabis menaiki anakan tangga akan terbalaskan setelah kamu sampai di puncak menara. 

Kamu akan disuguhkan pesona alam birunya lautan, gunung-gunung yang menjulang tinggi ditambah suasana yang sejuk.  Selain menikmati keindahan arsitektur benteng belgicia dan pemandangan alam di sekitarnya, jangan lupa untuk  mengabadikan momen bersejarah saat berwisata di Benteng Belgica. Ada beberapa bagian bangunan yang bisa kamu jadikan sebagai spot foto yang keren-keren. Spot foto yang menjadi favorit iala di menara, karena di menara kamu bisa langsung melihat pemandangan sunset di petang hari.

Jika dilihat dari ketinggian, benteng ini sebenarnya berbentuk segi lima dengan dua lapis ditambah menara-menara tinggi disetiap sisinya. Namun saat kamu berdiri di tengah-tengah bangunan , benteng ini malah terlihat hanya memiliki empat sudut saja. Di bagian tengah benteng terdapat dua sumur rahasia yang katanya menjadi penghubung antara Benteng Belgica dengan benteng Nassau dan juga pelabuhan kota Ambon.  Bagian tengah benteng bisa kamu lewati dengan menuruni anak tangga yang dulunya merupakan anak tangga yang dapat dinaikturunkan.



Lokasi Benteng Belgica
Benteng Belgica ini tepatnya berada diatas Bukit Tabeleku yang memiliki ketinggian 30 mdpl. Lokasinya ada di wilayah Banda Neira, Maluku Tengah. Banda Neira merupakan sebuah pulau yang menjadi pusat keramaian di Kecamatan Banda. Jika dari peta, Banda neira terletak di bagian tenggara kota Ambon. Untuk bisa sampai ke Banda Neira, kamu harus melakukan perjalanan melalui jalur laut atau jalur udara. Lewat jalur udara, kamu bisa naik pesawat ke Banda Neira, sedangkan lewat jalur laut kamu bisa menaiki kapal Pelni ke pelabuhan Yos Sudarso di Banda Neira. untuk menuju Benteng Belgica, kamu bisa menaiki transportasi umum seperti angkot, ojek, ataupun taksi.

Biaya Masuk dan Jam Buka Benteng Belgica
Tempat wisata ini buka setiap harinya sampai pukul 5 sore. Untung biaya masuk, sama sekali tidak dikenakan biaya masuk. Hanya saja terdapat kotak sumbangan sukarela yang akan digunakan untuk biaya perawatan bangunan.
Itu dia beberapa informasi mengenai wisata sejarah di Benteng Belgica.  Penasaran sama benteng bersejarah ini? Yuk rencanakan liburanmu kesini.  Semoga Benteng Belgica bisa kamu jadikan salah satu destinasi liburanmu nanti ya!

Check Also

puncak becici

Wisata Baru Yang Populer Di Tahun 2020 Di Yogyakarta

Jogjakarta, sebuah kota yang memiliki julukan kota pelajar ini selalu ada di hati para wisatawan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *