Tuesday , December 10 2019
Home / Jawa Timur / Serunya Berwisata Ke Gunung Bromo Di Provinsi Jawa Timur, Kamu Wajib Coba!
Serunya berwisata ke Gunung Bromo di Provinsi Jawa Timur kamu wajib coba

Serunya Berwisata Ke Gunung Bromo Di Provinsi Jawa Timur, Kamu Wajib Coba!

Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak pilihan destinasi wisata, mulai dari wisata alam, wisata budaya hingga wisata kulinernya yang sangat menggugah selera.
Di provinsi ini terdapat banyak sekali destinasi wisata alam yang wajib kamu kunjungi salah satunya adalah Gunung Bromo. Gunung Bromo merupakan salah satu tempat wisata yang sudah banyak dikenal oleh para wisatawan, baik itu wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Selain itu, Gunung Bromo juga disebut-sebut sebagai destinasi wisata terbaik di Indonesia loh.
Gunung Bromo meerupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif di Indonesia dengan ketinggian mencapai 2.392 meter diatas permukaan laut. Gunung ini dikelilingi dengan hamparan pasir yang terbentang seluas kurang lebih 10 Km2 yang mengelilingi wisata Gunung Bromo ini.
Bagi kamu yang mulai tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini, berikut beberapa informasi penting yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu mengenai destinasi wisata Gunung Bromo seperti dibawah ini.
Lokasi Gunung Bromo
Gunung Bromo berada di Provinsi Jawa Timur yang terletak di empat kabupaten yaitu, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Pasuruan.
Karena terletak di empat kabupaten yang berbeda membuat tempat wisata ini memiliki akses yang terbilang mudah untuk dikunjungi. Selain itu, kamu juga dapat menemukan berbagai macam transportasi umum dari berbagai penjuru kota di Jawa Timur yang menuju Gunung Bromo.
Rute menuju Gunung Bromo
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa Gunung Bromo terletak di empat kabupaten di Jawa Timur yang membuat pengunjungnya lebih mudah untuk mengakses tempat wisata tersebut. Berikut beberapa rute yang dapat kamu tempuh untuk menuju Gunung Bromo.
Rute menuju Gunung Bromo dari Kabupaten Lumajang
  1. Dari kabupaten Lumajang kamu dapat menuju Senduro > Bumo > Ranu Pane > Gunung Bromo.
  2. Rute menuju Gunung Bromo dari Kabupaten Probolinggo
  3. Dari kabupaten Probolinggo kamu dapat menempuh 2 jalur, yaitu:
  4. Menuju Tongas > Lumbang > Sukapura > Ngadisari > Cemoro Lawang > Gunung Bromo
  5. Dari Kota Probolinggo menuju Ketapang > Patalan > Sukapura > Ngadisari > Cemoro Lawang > Gunung Bromo
  6. Rute menuju Gunung Bromo dari Kabupaten Pasuruan
  7. Dari kabupaten Pasuruan kamu dapat menuju Wonorejo > Warungdowo >  Tosari > Wonokitri > Pananjakan > Gunung Bromo
  8. Rute menuju Gunung Bromo dari Kabupaten Malang
  9. Dari kabupaten Malang kamu dapat menuju Tumpang > Gubuk Klakah > Jemplang > Penanjakan > Gunung Bromo

 

Harga Tiket Masuk Gunung Bromo
Untuk memasuki kawasan wisata Gunung Bromo, para pengunjung diharuskan membayar biaya tiket masuk sebesar Rp. 29.000 bagi wisatawan lokal dan Rp. 220.000 bagi wisatawan asing pada hari biasa, sedangkan pada hari libur para pengunjung diharuskan membayar biaya tiket masuk sebesar Rp. 34.000 bagi wisatawan lokal dan Rp. 320.000 bagi wisatawan asing.
Selain itu, terdapat biaya retribusi yang harus kamu keluarkan untuk memasuki kawasan Gunung Bromo yaitu Rp. 10.000 bagi kendaraan roda empat, Rp. 5.000 bagi kendaraan roda dua, Rp. 2.000 bagi pengguna sepeda dan Rp. 1.500 bagi pengunjung yang menggunakan kuda.

Tempat wisata di Gunung Bromo

Setelah sampai di kawasan wisata Gunung Bromo, kamu dapat mengunjungi beberapa tempat wisata menarik seperti dibawah ini.

Bukit Penanjakan 1
Bukit penanjakan 1 merupakan bukit yang biasanya dijadikan para pengunjung sebagai tempat untuk menikmati matahari terbit. Selain itu,   melalui bukit ini kamu juga dapat menyaksikan hamparan kabut serta lautan  pasir yang berada disekitar kawasan wisata Gunung Bromo dan Gunung Batok.
Bukit Penanjakan 2
Bukit penanjakan 2 merupakan alternatif untuk melihat pemandangan   matahari terbit selain Bukit Penanjakan 1. Bukit Penanjakan 2 ini biasa  fikenal dengan sebutan view point seruni ini letak lokasinya yang lebih rendah dari Bukit Penanjakan 1. Sehingga membuat para wisatawan tidak         perlu berdesak-desakan untuk menikmati pemandangan matahari terbit.
Bukit Kingkong dan Bukit Cinta
Bukit yang satu ini juga merupakan salah satu bukit alternatif lainnya selain Bukit Penanjakan 2 yang banyak digunakan untuk menyaksikan pemandangan matahari terbit. Bukit ini terletak di bawah Bukit Penanjakan 1 sehingga membuat pemandangan yang dilihatpun tidak kalah menarik dari lokasi perbukitan lainnya.
pura luhur ponten
Pura Luhur Poten

Pura Luhur Poten merupakan kuil yang biasanya digunakan untuk sembahyang oleh suku Tengger Bromo yang mayoritas penduduknya beragama hindu. Pura Luhur Poten ini juga biasanya dijadikan sebagai    tempat festival yang cukup terkenal yaitu Upacara Kasodo. Upacara Kasodo     merupakan upacara yang dilakukan sebagai bentuk rasa syukur atas hasil ternak atau pertanian yang melimpah.

 

kawah gunung bromo
Kawah Gunung Bromo

Kawah Gunung Bromo memiliki diameter kurang lebih 600 meter yang dilengkapi dengan asap putih yang keluar dari kawah. Untuk melihat kawah ini, para pengunjung harus menaiki anak tangga yang berjumlah kurang lebih 250 anak tangga.

bukit teletubbies bromo
Bukit Teletubies Bromo
Bukit Teletubies Bromo merupakan perbukitan-perbukitan kecil yang     letaknya berdekatan dengan Padang Rumput Savana Bromo. Dibukit ini  tumbuh rerumputan hijau yang membuatnya sangat mirip dengan bukit yang ada di film anak-anak yaitu Teletubies. Itulah mengapa bukit ini biasa       disebut dengan Bukit Teletubies.

 

savana bromo

Padang Rumput Savana Bromo
Padang rumput ini terletak di area bukit Jemplang arah selatan dari wisata Gunung Bromo. Pemandangan yang terdapat dipadang rumput ini sangat mempesona dan berbeda dari pemandangan lainnya yang kamu temukan ditempat wisata ini. Bagi kamu yang ingin menyaksikan keindahan padang Rumput Savana Bromo ini sangat disarankan untuk mengunjunginya pada musim hujan karena pada saat musim hujan rumput-rumput hijau dipadangrumput ini terlihat lebih indah.
pasir berbisik bromo

Pasir Berbisik Bromo

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa kawasan wisata Gunung Bromo memiliki hamparan pasir yang terbentang cukup luas. Hamparan  pasir ini biasa dikenal dengan sebutan Pasir Berbisik Bromo dengan warna kehitaman. Hamparan pasir ini sangat cocok dengan Padang Rumput Savana Bromo yang membuat tempat ini memiliki daerah yang tandus tetapi  disisi lain memiliki wilayah kehijauan yang menyegarkan mata.

Fasilitas di Gunung Bromo

 

Seperti yang kita ketahui bahwa objek wisata Gunung Bromo merupakan salah satu objek wisata yang sudah banyak dikunjungi dan tidak pernah sepi oleh pengunjung. Hal inilah juga yang mendorong selalu perbaikan fasilitas-fasilitas yang tersedia di objek wisata ini mulai dari fasilitas untuk kebutuhan dasar sampai penginapan dan homestay yang bervariasi.
Selain itu, kamu juga dapat menggunakan alat transportasi lainnya yang tersedia di kawasan wisata ini seperti Jeep ataupun kuda yang dapat kamu gunakan untuk menjelajahi Gunung Bromo sesuai dengan biaya retribusi yang telah ditentukan oleh pihak pengelola wisata.

Tips berwisata ke Gunung Bromo

Bagi kamu yang ingin mengunjungi wisata Gunung Bromo, berikut beberapa tips yang dapat membantu memberikan kenyaaman dalam perjalanan kamu.

  1. Gunakan sepatu yang ringan dan juga kaos kaki
  2. Gunakan masker untuk menghindari pasir atau debu yang berterbangan
  3. Gunakan pakaian hangat atau jaket, syal, kaos tangan, kaca mata, buff atau bandana
  4. Persiapkan mantel hujan (apabila mengunjungi wisata Gunung Bromo pada musim hujan)
  5. Membawa kamera atau handycam
  6. Membawa obat-obatan pribadi atau inhealer bagi kamu yang menderita asma

Itulah tadi beberapa informasi penting mengenai kawasan wisata Gunung Bromo yang wajib kamu ketahui. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dari tempat wisata yang kita kunjungi. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

Check Also

puncak becici

Wisata Baru Yang Populer Di Tahun 2020 Di Yogyakarta

Jogjakarta, sebuah kota yang memiliki julukan kota pelajar ini selalu ada di hati para wisatawan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *