Home / Sumatera Utara / Bukit Doa Tomohon, Wisata Pemandangan Sekaligus Wisata Religi
Bukit Doa
traverse.id

Bukit Doa Tomohon, Wisata Pemandangan Sekaligus Wisata Religi

Indonesia  adalah  sebuah   negara  yang  di   dalamnya  terdapat  banyak  suku,bahasa   serta   budaya, masyarakat yang ada di  tiap daerah pun memiliki karakter yang berbeda dan hal itu menjadi daya tarik bagi bangsa Indonesia. Sebagai contoh adalah melakukan wisata religi di banyak wilayah seperti di Jawa, di  mana  masyarakat  Jawa melakukan wisata  religi  dengan  melakukan  ziarah  wali,  atau  ada  juga  yang mengunjungi tempat ibadah yang populer dengan nilai historisnya. Dan  untuk kali ini  adalah  sebuah  bukit  yang  menjadi  wisata  religi  tak  jauh  dari  kota  Manado  yang bernama Bukit doa Tomohon.

 

Bukit Doa Tomohon2
1001wisata.com

Objek Wisata Bukit Doa Tomohon

Objek  wisata  Bukit  doa  Tomohon sudah cukup  terkenal  di  Sulawesi  Utara  sebagai  tempat  wisata  religi, keberadaannya  tepat  di  bawah  kaki  gunung  Mahawu  dan  berpadu  sangat  indah  dengan  suasana pegunungan. Selain kunjungan religi kamu juga dapat mengambil gambar suasana sekitar yang memang terdapat banyak sekali spotfotomenarik, yang membuatmu enggan untuk meninggalkan tempat ini.

Bukit  doa  Tomohon  yang  termasuk rumah  alam  Tomohon adalah  salah  satu  objek  wisata  alam  yang sekaligus  juga  menjadi  tempat  wisata  religi, terutama  bagi  umat  Kristiani  yang  berada  di  Tomohon Sulawesi  Utara.  Kamu  dapat  merasakan  suasana  yang  sangat  sejuk  dan  indah,  bahkan  banyak  sekali pasangan yang menikah dan melakukan pemberkatan nikah yang kudus di Bukit doa Tomohon, bahkan ada  yang  juga  langsung  menggelar  pesta  pernikahan  dengan  tema  perbukitan, objek  wisata ini  pun sering disebut sebagai Jalan Salib Mahawu.

Jalan Salib 2
cdn0-production-images-kly.akamaized.net

Bukit  doa  juga  memiliki  amphiteater  yang  berbentuk  setengah  lingkaran,nampak  seperti  Colosseum yunani.  Tempat  tersebut  sering  digunakan  untuk  menggelar  pertunjukan  seni  dan  budaya  atau  bahkan menggunakannya  sebagai  altar  peribadatan,  terkadang  juga  kamu  akan  menemui  sepasang  calon pengantin yang melakukan pengambilan foto foto prewedding di tempat ini.

Baca Juga :  11 Wisata Pegunungan Terbaik Di Pulau Sumatera Yang Banyak Menarik Minat Para Wisatawan!

 

Panorama Bukit Doa
i0.wp.com

Pesona Bukit doa Tomohon

Saat  berada  di  puncak  bukit  doa,maka  sejauh  mata  memandang  kamu  hanya  akan  disuguhkan pemandangan  yang sangat  menawan  seperti  adanya  Chapel  of  Mother  Mary  atau  juga  disebut  kapel Maria. Perbedaan dari gereja-gereja pada umumnya membuat kapel ini menjadi di sport favorite untuk dapat diabadikan.

Selain  itu  Bukit  doa  Tomohon  juga  memiliki  God  of  Mother  Mary,  yaitu  sebuah  tempat  di  mana  kita dapat  beribadah  di  sana.  Bangunannya  yang  sangat  indah  menambah  pesona  bukit,  takjauh  dari  situ juga  terdapat  perkebunan  hijau  yang  membuat  suasana  semakin  Asri.

Berpadu  dengan  pemandangan yang  ada  di  sekitar  kota  Tomohon  yang  terdapat  pegunungan  serta  nampaknya  Gunung  Lokon  yang sangat  jelas  membuat  pemandangan  terlihat  semakin  sempurna.  Gunung  Lokon  juga  dikenal  sebagai gunung paling aktif di dunia. Gunung  Lokon  terlihat  sangat  indah, terutama  pada  pagi  hari  saat  gunung  masih  diselimuti  awan  yang seolah seperti lukisan pemandangan.

 

Wisata Religi di Bukit Doa Tomohon
1.bp.blogspot.com

Wisata Religi di Bukit Doa Tomohon

Saat memasuki kapel maka kau akan disambut dengan barisan kursi yang tersusun rapi dengan bantalan sebagai  tempat  untuk  bersujud.  Pada  ujung  ruangan terdapat sebuah  mimbar  dan  salib  yang  cukup besar ,di mana itu terlihat hamparan rumputan hijau yang sangat luas.

Masihdi  kawasan  kapel, kamu  juga  akan  menemukan  Gua  Maria  yang  biasa  dijadikan  tempat  untuk sembahyang umat Kristen, bukit ini juga kerap disebut dengan bukit doa Mahawu karena letaknya yang berdampingan dengan gunung Mahawu.

Biasanya menjelang atau setelah hari Paskah bukit doa dipadati oleh  para  pengunjung  dari  berbagai  daerah  di  Indonesia,  yang  bahkan  banyak  didapati  yang  bukan berasal dari agama Nasrani seperti Islam dan Budha. Bukit  doa  memang  dipenuhi  dengan ornamen  ornamen Kristiani  yang  menonjol  dan  kebanyakan  juga umat  Kristiani  berdoa  di  tempat  ini,  tetapi  tempat  ini  tetap  dibuka  untuk  umum.

Jadi  agama  lain  pun bisa datang untuk mengenal lebih lebih banyak tentang Bukit doa. Tak jarang kamu juga akan menemui anak  muda  yang  datang  untuk  berfoto  foto  unik atau  sekedar  menikmati suasana  di  sekitar  Kawasan Bukit doa Tomohon. Tomohon juga terdapat beberapa Spot yang selalu diburu untuk selfie seperti di belakang kapel, di atas perbukitan.

 

Lokasi Bukit Doa
ceritaeka.files.wordpress.com

Lokasi Bukit doa Tomohon

Untuk  bisa  sampai  ke  bukit  doa  Tomohon Kamu  dapat  berjalan  kaki.  Jalur  ini  juga  biasanya  digunakan untuk  umat  Katolik  yang  mengikuti  Jalan  Salib.  Memang  sangat  melelahkan  untuk  mendaki  bukit  doa Tomohon   ini,   tetapi   setibanya   di   puncak   segala   lelah   kamu   akan   terbayarkan   dengan   suguhan pemandangan yang mempesona.

Jalan Salib
ceritaeka.files.wordpress.com

Kamu dapati duduk di rerumputan hijau sambil menikmati hembusan angin yang sejuk. Dan dari puncak ini kamu juga dapat dengan leluasa melihat Gunung Lokon. Bukit doa berada di Tomohon sekitar 30 m dari Manado dengan memakan waktu kurang lebih 40 menit menggunakan kendaraan pribadi. Bukit doa ini tepatnya berada di Jalan Lingkar Timur,kota Tomohon di kaki  gunung  Mahawu.

 Masuk  ke  dalam  kelurahan  Kakaskasen  II,Kecamatan  Tomohon  Utara.  Bukit  ini juga  dipenuhi  dengan  bunga  yang  ditanam  di  sekitarnya,  terlebih  Tomohon  memang  dikenal  sebagai Kota Bunga. Untuk  lokasi  amfiteater  memang  terlihat  sangat  besar.  Jalan  Salib  pun  jangan  sampai  terlewatkan terutama bagi mereka yang beragama Nasrani.

Bukit Doa Tomohon
media-cdn.tripadvisor.com

Banyak sekali patung perhentian di Jalan Salib yang salah satunya adalah patung  yang merupakan patung klasik menggambarkan Tubuh Yesus yang wafat di pangkuan Bunda Maria. Jalan Salibakan berakhir di sebuah Gua Maria yang besar, di mana biasanya banyak sekali peziarah yang berdoa  di  depannya.  Untuk  dapat  menikmati  itu  semua  kamu  tidak  akan  dikenakan  biaya  masuk  alias gratis, hanya saja ada kotak sumbangan yang dapat kamu isi seikhlasnya untuk pemeliharaan tempat.

Baca Juga :  Serunya Mengunjungi Wisata Alam Bukit Lawang Di Sumatera Utara

 

Wisata Religi di Bukit Doa Tomohon2
sitaro.files.wordpress.com

Objek Wisata di sekitar Bukit doa Tomohon

Bukit doa dapat dijadikan destinasi wisata religi unggulan, dan tak jauh dari bukit  doa kamu juga dapat mengunjungi  objek  wisata  lain  yang  tak  kalah  cantik  yang  berada  di  sekitar  bukit  doa  Tomohon.  Objek wisata  yang  tak  jauh  dari  bukit  doa  adalah  Danau  Tondano,  danau  Linow  atau  bisa  juga  kamu mengunjungi Pasar Tomohon yang menjual berbagai macam makanan.

Bukit  doa  memiliki  dua  pintu  masuk,  yang  pertama  kamu  dapat  masuk  hanya  dengan  berjalan  kaki karena  ada  Jalan  Salib  yang  menggambarkan  peristiwa  sengsara  dari  Yesus  Kristus.  Selama  perjalanan mendaki rute yang satu ini kamu juga akan melihat patung-patung perhentian.

Kontur rute yang satu ini berupa tanah  dan  juga  berbukit  tetapi  sudah  di  aspal  beton, jadi  tak  sulit  bagi  para  wisatawan  untuk menelusuri tangga-tangga agar bisa sampai ke Puncak Via Dolorosa. Bagi  kamu  yang  memiliki  stamina  kurang  atau  tidak  ingin  lelah  dan  hanya  ingin  berjalan  dengan  santai maka  kamu  bisa  masuk  ke  jalur  sebelah.

Wisata Religi di Bukit Doa Tomohon3
celebes.co

Di  jalur  ini  mobil  dan  motor  dapat  masuk,  dan  Selama perjalanan kamu juga bisa menikmati hamparan perbukitan hijau yang cantik. Tak sedikit wisatawan yang datang yang untuk melakukan wisata religi yaitu berdoa di sana. Kawasan ini memang kawasan umat Kristiani, tetapi wisatawan yang datang tak hanya penganut Nasrani melainkan  lintas agama.

Di kawasan ini juga ternyata telah memiliki bangunan-bangunan yang di dapat digunakan jika ingin mengadakan pagelaran seperti adanya pendopo untuk bersantai, dan urusan perut di kawasan ini juga sudah tersedia restoran yang menjual berbagai kuliner dengan harga yang cukup terjangkau.

Mengunjungi  Bukit  doa  ini  kamu  dapat  membawa  keluarga  atau  bahkan  anak-anak  karena  bukit  ini memiliki  halaman  yang  sangat  luas  yang  ditumbuhi  rerumputan  hijau  yang  halus  yang  nampak  seperti lapangan golf. Berwisata  untuk  menikmati  pemandangan  sekaligus  berwisata  religi  tentunya  akan  memberikan  kesan tersendiribagi wisatawan. Bukit Doa Tomohon pantas untuk kamu jadikan daftar kunjungan berikutnya untuk menghabiskan liburanmu. Selamat berlibur.

Check Also

pemandangan perbukitan sulut

Objek Wisata Sulawesi Utara Yang Memiliki Keindahan Perbukitan

Bukit Kasih Kanonang adalah sebuah tempat wisata yang sudah cukup populer bagi masyarakat provinsi Sulawesi   …