Panorama Kaltim
backpackerjakarta.com

Cinderamata Khas Kalimantan Yang Wajib Dibawa Pulang Sebagai Oleh-oleh

Traveling   adalah   kegiatan   yang   cukup   melelahkan   meskipun   akan   hilang   lelahmu   hilang   setelah mendapatkan  apa  yang  kamu  cari.  Keseruan  dan  pengalaman-pengalaman  yang  kamu  dapatkan  tak sebanding  dengan  jauhnya  perjalanan  yang  telah  kamu  tempuh.  Dan  satu  hal  yang  tak  mungkin terlewatkan  meskipun  tengah  diterpa  kelelahan  adalah  membeli  cinderamata  atau  souvenir  untuk dijadikan buah tangan khas dari daerah yang dituju.

Pulau Kalimantan juga termasuk tujuan wisata yang tak mungkin dilalui, dimana di pulau ini juga memiliki potensi wisata  alam  yang  harus  di  eksplor termasuk kuliner  dan  cinderamata  asli Kalimantan  yang  bisa kamu jadikan oleh oleh. Berikut ini adalah oleh oleh yang wajib kamu bawa pulang sebagai tanda bahwa kamu pernah menjelajahi Pulau terbesar di Indonesia ini.

 

Batik kalimantan
kecemedia.com

1. Batik kalimantan

Sejak  Presiden  Jokowi  mengumumkan  telah menetapkan  ibu  kota  Indonesia  yang  rencananya  akan dipindah  ke  Kalimantan  Timur  tepatnya  di  Kabupaten  Penajam  Paser  Utara  dan  Kabupaten  Kutai Kartanegara, pulau yang terbilang besar ini perlahan mulai dilirik oleh wisatawan. Banyak yang menarik dari  pulau  kalimantan,  dan  yang  akan  kita  bahas  berikut  ini  adalah  tentang  kebudayaan  di  Kalimantan Timur salah satunya adalah batik.

Pada  umumnya  kita  hanya  mengenal  batik  berasal  dari  Pulau  Jawa,  namun  Kalimantan  juga  memiliki beragam batik dengan motif dan daya tarik tersendiri. Batik yang berasal dari Kalimantan Timur memiliki ciri dari warna yang menggunakan pewarna alami. Bahan yang digunakan pun beragam seperti dari sutra, semi sutra, serat sutra,serat nanas,katun dan Dobi atau ulap doyo dengan motif yang beragam.

motif batik Kabupaten Kutai Timur
gpswisataindonesia.info

Meskipun motif-motif batik yang berasal dari Kalimantan Timur mengalami modifikasi oleh para pengrajin batik agar terlihat indah dan modern, ciri khas tersendiri tidak pernah ditinggalkan seperti warnanya yang berani namun tetap elegan. Warna-warna kain batik Kalimantan antara lain hijau, pink,oranye dan merah. Motif  batik di Kalimantan Timur juga dipengaruhi  budaya yang  sebagian besar berasal dari suku Dayak. Namun  motif batik juga  dipengaruhi  oleh  suku  Kutai  dan  Bugis.  Motif-motif  batik  Kalimantan  Timur tersebut adalah sebagai berikut,

-motif  batang  garing,  dibalik  motif  batik  yang  berasal  dari  suku  Dayak  menggambarkan  sebuah  simbol pohon kehidupan

-motif Mandau yang merupakan senjata khas suku Dayak

-motif  burung  enggang yang merupakan  motif  fauna  khas  dari  Kalimantan  dan menjadi  ikon dari Kalimantan Timur.

motif batik shaho
pbs.twimg.com

-motif batik shaho yang menjadi batik paling terkenal karena memiliki motif yang diadopsi dari berbagai ukiran dan lukisan suku Dayak. Bentuk dasar yang melengkung terinspirasi dari liukkan akar dan ranting pohon,spiral,lingkaran dan patung manusia.

-motif  batik  Kabupaten  Kutai  Timur  yang  memiliki  motif  Pakis  anggrek  hitam,  klubut,akaroros,  burung enggang, burung mbui, dan beringin duduk.

Baca Juga :  Keelokkan Taman Sari Jogja Sebagai Istana ke 2 Yogyakarta

 

Kain Songket Khas Kalimantan2
cf.shopee.co.id

2. Kain Songket Khas Kalimantan

Kain tenun yang berasal dari Dayak adalah kain tradisional yang sudah cukup terkenal memiliki keindahan warna dan motif. Dibalik keindahan motif dan warna, kain tenun Dayak memiliki makna tersendiri mulai dari  pengalaman  spiritual  hingga  tentang  alam.  Kain  tenun merupakan kain  tradisional  warisan  leluhur yang  memiliki  karakteristik  dan  filosofi  yang  cukup  tinggi.  Kain  ini  biasa  digunakan  dalam  upacara kebesaran suku Dayak Iban atau dijadikan busana mewah.

Tak  sembarangan  untuk bisa membuat kain tenun  Dayak karena  konon untuk membuat  kain tenun  ini, penenun harus mendapatkan mimpi terlebih dahulu yang kemudian dituangkan dalam motif-motif kain tenun Dayak. Ada juga pantangan bahwa kain tenun tidak boleh dibuat ketika ada saudara yang meninggal yang jika pantangan itu dilanggarakan terjadi hal buruk pada penenunnya.

Ada  beberapa  tahapan  untuk menghasilkan  sebuah  kain tenun yang  dimulai  dari  penanaman  kapas,pembuatan  benang  pewarnaan  dengan  mengikat  motif  dan  dilanjutkan  dengan  menenun.  Tahapan-tahapan tersebut adalah sebagai berikut,

-pemanenan kapas

-memisahkan kapas dengan bijinya

-pemintalan benang

-membuat motif

-pewarnaan

-mengikat motif dan

-proses penenunan

Tradisi  untuk  membuat kain  tenun  Dayak biasanya  untuk  keperluan  khusus,  namun  karena  banyaknya wisatawan  yang  ingin  membeli  kain  tersebut  lambat  laun  pengrajin  mulai  menjualnya.Untuk  bisa membuat motif motif kain tenun Dayak ini pun harus memenuhi beberapa syarat, antara lain-sebelum  melakukan  penenunan,  perempuan  yang  akan  melakukan  penenunan  harus  lebih  dulu melakukan ritual dan doa-harus minta izin terlebih dulu dengan si pemiliki motif jika ingin menggunakan motif buatan orang lain.

Kain Songket Khas Kalimantan
aidatenunjepara.com

Si pemilik motif biasanya akan meminta syarat seperti sesajen, tempayan atau piring. Kain  tenun  Dayak  memiliki  beberapa  motif  dengan  tingkat  kesulitan  dan  kerumitan yang  berbeda.

Ada beberapa motif kain tenun Dayak Iban dan kualitas yang dapat diukur dari mutu bahan, keindahan warna kain, motif, pola dan hiasannya.

1. Tenun Kebat

Kain  tenun  kebat  adalah  ciri  khas  suku  Dayak  Iban  dengan  warna  dasar  coklat  dengan  motif  yang  di dominasi warna putih, juga termasuk kain tenun paling sederhana. Biasanya motif yang digunakan tenun kebat  adalah  motif  bunga,  manusia  dan  naga.  Biasanya  penenun  dapat  menyelesaikan  2  lembar  kain tenun kebat dalam jangka waktu 1 bulan.

Tenun Kebat
lh3.googleusercontent.com

2. Kain Tenun Plin Slam

Kain tenun ini adalah kain tenun tertua bagi suku Iban, tak heran tak semua wanita Iban terutama generasi mudanya  bisa  menenun  motif  ini.  Motif  plin  slam  jauh  lebih  rumit,  dan  pengerjaannya  pun  memakan waktu lebih lama yaitu 1 lembar dalam 1 tahun dengan ukuran 2m x 0,5m.

3. Kain Tenun Songket

Kain  tenun  jenis  ini  memiliki  motif  yang  lebih  bervariasi  dibandingkan  dengan  yang  lainnya,  karena pengerjaannya yang memang lebih rumit dibandingkan lainnya. Motif dasar yang biasa digunakan adalah naga, bunga dan orang orangan atau perpaduan ketiga motif tersebut. Untuk menyelesaikan kain tenun ini memakan waktu 4 hingga 6 bulan untuk 1 kain tenun dengan ukuran 2m x 0,5m.

4. Kain Tenun Sidan

 Jika  dibandingkan  dengan  kain  tenun  kebat,  kain  tenun  sidan  pengerjaannya  lebih  rumit.  Ciri  khas  kain tenun ini adalah bermotif bunga dan orang saja dengan warna yang bisa disesuaikan dengan permintaan. Untuk menyelesaikan 1 lembar kain tenun sidan dengan ukuran 2m x 0,5 m adalah 1 bulan.

 

Aksesoris dan Souvenir Khas Suku Dayak
lh3.googleusercontent.com

3. Aksesoris dan Souvenir Khas Suku Dayak

Suku  yang  mendominasi  pulau Kalimantan  adalah  Suku  Dayak,  sehingga  tak  sulit  untuk  menemukan penjual aksesoris dan souvenir khas suku Dayak yang bisa dijadikan buah tangan. Selain kain tenun, suku Dayak juga memiliki jenis karya lainnya yang merupakan kerajinan tangan yaitu kerajinan tangan bahan manik manik.Pada umumnya kerajinan berbahan manik manik dijadikan pelengkap pakaian adat.

Kerajinan manik ini dijadikan kegiatan untuk mengisi waktu luang saja, atau setelah meladang. Untuk mendapatkan satu buah hasil karya manik manik inipun memakan waktu yang cukup lama, dan un tuk mengerjakan motifnya tak semua orang boleh melakukannya. Dibutuhkan  ritual  khusus  sebelum  mengerjakannya  seperti  motif  kakeletau,  motif  berbentuk  manusia. Wajar saja harga yang ditawarkan cukup tinggi, tergantungukuran dan tingkat kerumitannya.

Aksesoris dan Souvenir Khas Suku Dayak2
pontibonticake.com

Selain manik manik, kerajinan tangan dari biji arere juga dapat dijadikan oleh oleh. Biasanya bijiarere ini dibuat menjadi gelang  kaki  atau  tangan  serta  kalung  yang  digunakan  untuk  anak  yang  baru  dilahirkan  karena  dapat mengusir roh jahat, menurut kepercayaan mereka.

 

Itulah  beberapa  souvenir  khas  Klimantan  yang  bisa  dijadikan  buah  tangan  untuk  keluarga  atau  teman terdekat yang menunggu kepulanganmu. Selamat berbelanja!

Check Also

Destinasi Wisata Ala Eropa di Little Venice Cianjur

Destinasi Wisata Ala Eropa di Little Venice Cianjur

Satu lagi tempat wisata yang ada di Jawa Barat yaitu Little Venice, dimana di objek …