Home / Kalimantan Timur / Danau Labuan Cermin, Danau Unik Kalimantan yang Memiliki Dua Jenis Air
labuan cermin

Danau Labuan Cermin, Danau Unik Kalimantan yang Memiliki Dua Jenis Air

Kalimantan merupakan pulau terbesar yang ada di Indonesia. Nah selain merupakan pulau terbesar di Indonesia, pulau Kalimantan juga mempunyai keindahan alam yang mengagumkan lho! Di pulau ini kamu bisa menjumpai banyak objek wisata alam yang sudah seperti surganya dunia. Mungkin kamu sudah mengenal beberapa wisata alam Kalimantan yang mempunyai keindahan yang mengagumkan seperti Pulau Derawan. Nggak Cuma pulau derawan lho yang punya keindahan alam yang mengagumkan, ada objek wisata indah lainnya yang sudah menarik banyak wisatawan, yaitu Danau Labuan Cermin. Danau ini berada di Desa Labuan Kelmabu, Biduk-biduk, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Seperti namanya, danau ini memiliki air yang sangat jernih bahkan dasar danaunya saja bisa terlihat Disaat kita memandang jernihnya air danau, kita seakan-seakan seperti sedang berkaca di cermin. Wisata Danau Labuan Cermin ini sudah dikelola oleh warga setempat dengan bekerjasama dengan Lembaga Masyarakat Labuan Cermin.

Keuinakan dan daya tarik Danau Labuan Cermin

Pada umunya, danau hanya memiliki satu jenis air saja, yaitu danau dengan air tawar ataupun danau dengan air asin. Namun, pertanyaan itu tidak berlaku bagi Danau Labuan Cermin. danau ini memiiki dua jenis rasa air, yaitu air asin yang mengisi bagian dasar danau dan air tawar yang mengisi bagian permukaan danau. maka dari itu, danau ini juga disebut-sebut sebagai Danau Dua Rasa. Kejernihan air yang terdapat di danau ini, bisa membuatmu melihat biota- biota bawah laut dari atas permukaan danau. Untuk kamu yang suka sekali berselfi ala instagramable, tempat ini menjadi pilihan yang tempat untuk kamu kunjungi.  Berfoto-foto dengan gaya apapun menggunakan latar Danau Labuan Cermin, hasilny pasti akan tetap keren. Beberapa orang banyak  yang mengira jika berfoto dengan latar belakang Danau Labuan Cermin merupakan hasil editan, padahal itu memang asli dari keindahan si Danau Labuan Cermin.

Aktivias seru yang bisa kamu coba lakukan di Danau Labuan Cermin

Dengan kejernihan airnya, Danau Labuan Cermin mampu memanjakan siapa saja yang melihatnya. Jika  kamu ingin merasakan kejernihan dan kesegaran air, kamu bisa berenang ataupun snorkeling disini. kalau kamu ingin mencoba snorkeling disini, kamu bisa membawa alat perlengkapannya dari rumah, namu kalau kamu tidak bawa atau tidak punya, kamu bisa menyewa perlengkapan snorkeling yang ada di sekitar danau. Di dalam danau kamu akan melihat  berbagai jenis penyu,  ikan-ikan, dan hewat laut lainnya yang berenang di dua jenis air, pokoknya nggak rugi deh jika bersnorkeling disini! Danau Labuan Cermin  memiliki kedalaman sekkitar 5 meter. jadi, kalau kamu belum terlalu mahir berenang, sebaiknya jangan berenang karena airnya cukup dalam. Kamu bisa melakukan kegiatan lain seperti bersantai di tepi danau sambil menikmati keindahan danau.  Danau Labuan Cermin dikelilingi banyak pepohonan hijau , sehingga kamu akan merasakan kesejukan dari tiupan angin sepoi-sepoi dari pepohonan. Jika kamu ingin menyelusuri Danau Labuan Cermin dari atas permukaan danau, kamu bisa menaiki perahu air yang memiliki kaca transparan di bawahnya.  Dengan harga sewa 100 ribu per orangnya, kamu sudah bisa menyelusuri Danau Labuan Cermin.

Baca Juga :  Wisata Pantai Dengan Ombak Terganas Di Bali!

Akses menuju Danau Labuan Cermin

Untuk bisa sampai di Danau Labuan Cermin, dibutuhkan waktu sekitar 6 jam perjalanan darat dari Tanjung Redeb, ibu kota Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pengunjung bisa menyewa kapal penyerbangan yang disediakan setiap harga dengan membayar harga sewa sewa sebesar 200 ribu per kapalnya dengan waktu tempuh sekitar 3 jam perjalanan. Ada baiknya jika berkunjung ke Danau Labuan Cermin secara berombongan  supaya kamu lebih hemat dalam menyewa kapal. Memang perjalanan yang akan kamu lakukan cukup jauh, tetapi kelelahan itu akan terbalaskan ketika kamu sudah sampai di wisata Danau Labuan Cermin. Selama perjalanan kamu tidak akan merasa bosan, karena kamu akan disuguhkan dengan pemandangan laut yang indah ditambah peopohonan sawit yang tumbuh menghiasi laut.

Penginapan di sekitar Danau Labuan Cermin

Jika kamu belum puas berwisata di Danau Labuan Cermin, kamu bisa memilih menginap di salah satu penginapan yang ada di sekitar Danau Labuan Cermin. Harga  penginapan disini juga beragam, mulai dari 100 hingga 300 ribu rupiah per malamnya.

Harga Tiket dan Jam Operasional  Danau Labuan Cermin

Tarif masuk ke Danau Labuan Cermin tidak dikenakan biaya alias gratis. Untuk jam operasional,  wisata danau ini biasanya mulai buka dari pukul 7 pagi hingga pukul 7 malam. Kalau kamu ingin melihat pemandangan alam secara maksimal, datanglah pada pagi hari, karena udaranya masih sangat sejuk dan segar.

Bagaimana? Sudahkah kamu memutuskan berkunjung ke Danau Labuan Cermin? Jika sudah, yuk rencanakan liburanmu nanti untuk berkunjung ke Danau Labuan Cermin. Jangan lupa ajak keluarga atau teman supaya liburanmu tambah menyenangkan ya!

Check Also

pulau beras basah

Pulau Beras Basah, Pulau Cantik yang Ada di Kota Bontang

Sebagai pulau terbesar di Indonesia, Kalimantan juga mempunyai keindahan alam yang mengagumkan lho! Seperti hutan, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *