Tuesday , December 10 2019
Home / Sulawesi Utara / Danau Linow, Danau Belerang yang Menyimpan Keindahan Luar Biasa
danau 2Blinow 2Byang 2Bmempesona

Danau Linow, Danau Belerang yang Menyimpan Keindahan Luar Biasa


Danau-danau yang ada di Indonesia memang memiliki keindahan yang menajubkan. Salah satunya Danau Linow yang terletak di Kelurahan Lehendong, Kecamatan Tomohon Selatan, Kabupaten Tomohon, Sulawesi Utara. Danau  ini letaknya kurang lebih 40 km dari pusat kota Manado dan dapat ditempuh selama 1 jam perjalanan. Nama Danau Linow berasal dari bahasa minahasa, yang memiliki arti tempat berkumpulnya air.

Yang unik dari danau ini adalah warna airnya terdiri dari tiga warna, yaitu kuning kecoklatan, hijau, dan biru. Maka dari itu Danau Linow juga dikenal dengan nama danau tiga warna oleh penduduk setempat. Airnya pun bisa berubah-berubah warna tergantung tingkat keasaman air danau.  Karena danau ini memiliki sifat asam, maka kamu tidak boleh sembarangan mencelupkan tangan ataupun kaki, apalagi kalau sampai nyebur ke dalam danau. Kalau kamu nekat terjun ke dalam danau, tubuhmu bisa terluka parah lho!

Oh iya warna-warna air danau ini berasal dari hasil endapan belerang dari sisa letusan Gunung Mahawu. Kalau kamu memerhatikan danau ini dari dekat, kamu akan melihat banyak gelembung-gelembung air yang muncul di atas permukaan danau. Jadi wajar saja saat datang kesini kamu akan mencium bau belerang. Memang objek wisata danau ini belum terlalu banyak yang tahu, tetapi nggak bakal rugi deh kalau kamu datang kesini! Pengunjung yang datang tidak hanya berasal dari dalam negeri saja, ada juga wisatawan mancanegara yang datang ke danau ini
.
Aktivitas Menyenangkan yang Bisa Kamu Lakukan di Danau Linow
Walaupun kamu dilarang berenang , jangan khawatir karena kamu bisa menikmati keindahan Danau Linow dengan berfoto-foto ataupun membuat video-video keren. Selain itu, di tepi danau juga banyak aktivitas melukis diatas kanvas dan menggambar, cocok banget bagi kamu yang suka melukis atau menggambar.

Di ujug jalan danau, terdapat banyak perahu kayu atau kano yang disewakan. Kamu bisa menyewanya untuk berkeliling ke seluruh bagian danau, seru banget kan? Nggak seluruh bagian danauh sih,ada bagian danau yang dilarang untuk dilewati karena dialiri sumber air panas. Danau ini juga pas banget buat tempat santai dan nongkrong-nongkrong.

Jika kamu ingin berjalan-jalan di sekitar area danau, disini terdapat tempat tracking untuk para pejalan kaki. Kamu bisa berjalan-jalan deh sambil melihat sekumpulan burung belibis yang terbang kesana kemari. Aktivitas warga seperti menanam jagung, padi, dan rempah-rempah juga bisa kamu lihat disini. Di dekat pintu masuk menuju Danau Linow, kamu akan disuguhkan indahnya bunga sakura dan bunga kamboja yang tumbuh di area gerbang Danau Linow. Panorama alam yang indah juga menjadikan Danau Linow sebagai tempat foto prawedding .

Sejarah Unik Danau Linow
Ada yang mengatakan kalau Danau Linow terbentuk dari sebuah kawah alam yang dihasilkan dari letusan 500 ribu tahun yang lalu. Nah hasil dari letusan inilah menghasilkan sebuah danau yang bernama Danau Linow. Dan sampai sekarang objek wisata danau ini menjadi wisata favorit kota Tomohon.

Harga Tiket Danau Linow
Untuk bisa masuk ke objek wisata Danau Linow,dikenakan tarif 25 ribu rupiah per orangnya. Sehabis kamu membayar tiket, kamu akan mendapatkan sebuah karcis yang bisa ditukarkan dengan makanan atau kopi yang ada di café pinggir danau. DI café-cafe pinggir danau kamu bisa menikmati aneka makanan khas minahasa tintuan dan pisang goreng yang hangat.

Untuk biaya parkir, kendaraan roda dikenakan tariff 2000 ribu rupiah sedangkan kendaraan roda empat dikenakan tarif 5000 rupiah. Untuk harga sewa perahu kayu sendiri, dikenakan tarif 50 ribu rupiah per jamnya yang bisa memuat empat orang. Nah untuk harga sewa kano, dikenakann tariff 60 ribu rupiah per jamnya.

Fasilitas yang tersedia di Danau Linow
Fasilitas di danau ini sudah sangat lengkap, ada hotel, penginapan, foodcourt, café, kamar mandi, tempat parkir yang luas,dan spa massage. Untuk hotel dan penginapan pun banyak, mulai dari yang biasa saja hingga yang berbintang lima.

Itu dia beberapa informasi tentang keindahan Objek Wisata Danau Linow. Nggak bakal rugi deh kalau kamu mengunjungi tempat wisata yang satu ini! Jangan lupa ajak teman, pacar, atau keluarga biar liburanmu tambah seru. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat !

Check Also

puncak becici

Wisata Baru Yang Populer Di Tahun 2020 Di Yogyakarta

Jogjakarta, sebuah kota yang memiliki julukan kota pelajar ini selalu ada di hati para wisatawan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *