wisata pantai bali
https://2.bp.blogspot.com/

Daya Tarik Pesona Wisata Yang Ada Di Tiap Kawasan Bali

Bali merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia, yang memiliki daya tarik pariwisatanya yang sangat indah. Tempat wisata pemandangan alam di Bali antara lain pantai pasir putih bersih, daerah pegunungan dan juga danau yang dilengkapi dengan udara sejuk, dataran tinggi serta gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini, serta air terjun alami yang menjulang tinggi serta masih adanya hutan lindung yang sangat di terjaga.

Pulau Bali juga memiliki kreativitas serta karya seni masyarakat Bali dalam berbagai bidang seperti pertanian, di mana lahan pertanian dibentuk dengan sistem tanah berundak atau terasering. Ada juga karya seni arsitektur yang sudah nampak dari bentuk pura Hindu yang ada di Bali, selain itu juga Bali terkenal memiliki keindahan lautan serta kedalaman laut yang dihuni oleh banyak biota laut serta terumbu karang.

Hal tersebut membuktikan, meskipun Pulau Bali tidak memiliki areal seluas pulau Jawa tetapi wisata dan aktivitas liburan seru di alam sangat banyak yang bisa dilakukan hanya dengan satu kali liburan ke Bali. Sudah menjadi rahasia umum bahwa Bali memang salah satu surga wisata alam yang ada di Indonesia, dan yang menjadi ikon wisata alam terkenal di Bali adalah Pantai Kuta. Pantai Kuta adalah salah satu tempat wisata Bali Selatan yang selalu dipadati oleh pengunjung baik domestik ataupun wisatawan mancanegara.

Pantai Kuta memang sangat terkenal sebagai destinasi wisata alam yang sangat diunggulkan di Bali, dan  hal tersebut membuat kamu tidak mengetahui banyaknya tempat wisata alam menarik lainnya yang ada di Pulau Bali. Berikut ini adalah tempat-tempat ada di Bali Selatan yang wajib kamu kunjungi saat berlibur ke Bali.

 

Pantai Pandawa
https://natantransport.com/

 Pantai Pandawa

Pantai Pandawa berada di kawasan Bali Selatan yang sangat terkenal memiliki keindahan pantai dengan tebing dan bukit yang mengelilinginya adalah salah satu surga dunia yang sangat nyata, dan meskipun tersembunyi tetapi pantai ini mampu menyajikan suasana berbeda jika dibandingkan dengan objek wisata lainnya.

Pantai Pandawa sangat populer karena akses lokasi yang cukup unik dan iconic dan kita dapat puas berkeliling menggunakan kendaraan hingga ke pinggir pantai. Pantai Pandawa berada di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Badung juga dinamakan Pantai Kutuh atau Secret Beach karena letaknya yang tersembunyi berada di bukit yang penuh dengan pohon dan semak belukar. Tetapi kini Pantai Pandawa telah nampak dan menjadi salah satu objek wisata di Bali yang selalu di padati oleh para pengunjung setiap harinya, baik wisatawan domestik ataupun wisatawan yang berasal dari luar negeri.

Dikenalnya Pantai Pandawa sejak adanya akses jalan masuk yang dibuat membelah Bukit dan jalan tersebut akan tembus langsung menuju pantai. Bahkan untuk memarkir kendaraan seperti mobil, bus ataupun motor bisa langsung di lokasi. Dulu objek wisata Pantai Pandawa ini mungkin sangat asing didengar, karena tempatnya yang terletak di tempat tersembunyi dan sulitnya akses untuk menuju ke pantai ini. Namun sekarang telah ada akses yang sangat mudah untuk menuju lokasi, sehingga dapat menikmati panorama di pantai ini dan menjadi tujuan favorit untuk dikunjungi oleh para wisatawan.

Pantai pandawa masih sangat asri karena belum banyak dijamah, hamparan pasir putih yang bersih serta air laut yang terlihat jernih akan membuat setiap pengunjung tidak menahan godaan untuk segera menikmati segarnya air laut, ditambah lagi dengan suasananya yang sangat tenang yang membuat pengunjung sangat leluasa untuk berenang. Ombaknya pun cukup besar dan terletak agak ke tengah yang dapat menantang para peselancar untuk menaklukannya, tepian pantai yang aman bagi pengunjung untuk mandi berenang ataupun main kano. Benar benar sebuah pantai yang lengkap untuk di nikmati.

Baca Juga :  Wisata Bali Yang Paling Hits Di Kalangan Wisatawan

 

Pantai Dreamland
https://i1.wp.com/tafakur.id

Pantai Dreamland

Pantai Dreamland memiliki ombak yang besar dan cukup populer di kalangan para peselancar dari luar Bali ataupun mancanegara, dan menjadi sebuah paket lengkap ditambah dengan adanya pemandangan matahari terbenam yang sangat eksotis yang akan memancarkan sinar berwarna oren saat hari menjelang malam.

Pantai Dreamland adalah pantai yang berada di kawasan Pecatu dan merupakan salah satu pantai yang terpopuler di kalangan wisatawan. Mendapat nama pantai Dreamland memiliki sejarah yaitu, konon di pantai ini sempat didirikan sebuah proyek perumahan dan juga objek wisata, tetapi akhirnya terbengkalai karena mengalami hambatan. Padahal para penduduk sangat berharap proyek tersebut terselesaikan, warga setempat ingin merasakan pekerjaan di bidang lain selain sebagai petani. Itulah alasan pantai ini dinamakan pantai Dreamland.

Pantai memiliki pesona eksotis tak terlepas dari adanya batu karang besar yang terletak di sekitar, tebing yang terjal mengelilingi pantai yang membuat pantai ini memiliki satu ciri khas tersendiri. Belum lagi terdapat spot yang unik yaitu sebagian besar tebing ditutupi oleh pepohonan dan semak belukar yang tentunya sangat keren untuk mengambil foto.

 

Pantai Sanur 1
https://wisatapro.com/

Pantai Sanur

Pantai Sanur juga termasuk pantai yang sangat terkenal di Pulau Bali, di sebelah timur kota Denpasar kota Bali. Pantai ini memiliki ombak yang cukup tenang, sehingga kamu tidak bisa melakukan surfing di pantai ini. Tetapi jangan khawatir karena kamu dapat melakukan snorkeling di pantai ini, terutama bagi kamu yang baru saja belajar olahraga menyelam.

Pantai Sanur juga dikenal sebagai pantai matahari terbit karena lokasinya pantai ini adalah lokasi yang tepat untuk menikmati pemandangan matahari terbit. Daya tarik tersebut menambah lengkap wisata ini menjadi menarik.

 

Pantai Legian
https://www.pantainesia.com/

Pantai Legian

Pantai Legian memiliki pesisir pantai yang sangat luas serta bentangan pasir yang panjang dari sisi utara pantai Kuta sampai ke selatan pantai Seminyak. Di pantai ini juga terkenal dengan ombaknya yang banyak diminati oleh peselancar, bahkan di pantai ini sering dijadikan tempat untuk lomba selancar. Selain berselancar banyak wisatawan yang bermain permainan pantai di Bali seperti main bola di pasir. Kamu juga akan menemukan banyak wisatawan yang berjemur di bawah sinar matahari dan juga bermain.

Terdapat perbedaan antara pantai Kuta dan pantai Legian yaitu Legian memiliki suasana yang lebih tenang karena perbedaan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pantai ini, banyak wisatawan yang betah berlama-lama berada di Pantai ini sekedar untuk berjemur atau bersantai. Pantai yang terletak di Balik Selatan ini sangat cocok untuk tempat bersantai ataupun melakukan aktivitas lain, karena telah tersedia payung payung pantai yang disediakan oleh pengelola sebagai tempat santai. Sebagai pelengkap juga ada para pedagang pedagang kaki yang menjual minuman dingin yang membuat suasana alam yang indah menunggu matahari tenggelam sebagai pemandangan yang sangat instagramable.

Pantai yang terletak di Desa Legian, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali juga diapit oleh 2 pantai lainnya yaitu Kuta dan Seminyak ini sangat cocok masuk daftar destinasi wisata untuk menghabiskan liburanmu.

Setelah Bali Selatan, kini kita akan beranjak tempat wisata yang ada di Bali utara. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Bali Utara yang sangat recommended dan akan mendapat kembali datang.

 

Pantai Lovina
https://1.bp.blogspot.com/

Pantai Lovina

Pantai lovina adalah salah satu objek wisata yang populer di Bali yang berlokasi di Desa Kalibukbuk, kurang lebih 10 km ke arah Barat Kota Singaraja. Pantai ini memiliki ombak yang cukup tenang yang cocok bagi kamu jika ingin berenang atau sekedar bermain air dipinggir pantai tanpa takut ombak yang datang manghantam.

Banyak hal yang bisa kamu dapatkan di pantai ini yang akan membuat liburanmu semakin seru. Pada umumnya kamu hanya dapat melihat atraksi lumba lumba di kebun binatang, tetapi di pantai ini kamu akan melihatnya secara nyata. Pantai Lovina adalah habitat mamalia laut ini, sehingga kamu akan sering melihat lumba lumba yang lalu lalang dengan bebas di dalam air. Lumba lumba di pantai ini dalam pengawasan pemerintah, karena telah dilindungi oleh pemerintah setempat sehingga dilarang untuk ditangkap atau di perjualbelikan.

Jika ingin menyaksikan lumba lumba muncul  maka sebaiknya datang sekitar pukul 06.00-09.00, terutama pada musim kemarau sekitar bulan April hingga Oktober. Kamu juga dapat melihat pemandangan matahari terbit , sebaiknya kamu datang lebih awal lagi sekitar pukul 05.30-06.00, jadi kamu tak hanya dapat menikmati matahari terbit saja, tetapi juga dapat menyaksikan mamalia laut muncul di pantai Lovina.

Beberapa aktivitas yang dapat kamu lakukan selain menyaksikan lumba lumba dari dekat dan pemandangan matahari terbit, kamu juga dapat melakukan snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut. Kamu juga bisa terumbu karang lengkap dengan ikan hias beraneka warna warni di dalamnya. Memancing ikan di pantai Lovina juga dapat kamu lakukan, tetapi kamu harus berlayar ke tengah laut dengan menggunakan perahu yang dapat disewa. Berjemur atau bersantai di pinggir pantai juga dapat kamu lakukan saat berada di pantai ini sekedar untuk membuang kepenatan dari aktivitas keseharianmu. Terkadang pada hari-hari tertentu juga ada beberapa musik yang tampil di café café dan di tempat makan di sekitar pantai.

Baca Juga :  Seribu Wisata Di Propinsi Terkecil Di Indonesia, Daerah Wisata Jogjakarta

 

Air panas Banjar
https://picture.triptrus.com/

Air panas Banjar

Air panas Banjar sangat terkenal di Bali Utara, tak jarang kamu akan menemui wisatawan domestik maupun asing yang datang ke pemandian untuk merasakan sensasi berendam di air hangat. Memang sudah sejak ratusan tahun lagi tempat ini di gunakan sebagai tempat pemandian, dimana kamu juga akan merasakan kucuran air panas yang keluar dari Pancuran Pancuran berbentuk kepala naga.

Kolam di air panas Banjar ini  memiliki 3 buah kolam dengan lebar, panjang dan kedalaman yang berbeda dimana pengunjung dapat memilih satu dari antara 3 kolam yang ada dan tak ketinggalan kolam yang diperuntukkan untuk anak anak.

Objek wisata air panas Banjar ini sudah memiliki fasilitas penunjang yang cukup lengkap seperti area parkir kendaraan, ruang ganti dan Bilas, toilet, warung-warung makan, restoran dan tak ketinggalan toko toko souvenir sebagai oleh-oleh.

 

Air terjun Cinta
https://www.jurnalissiberindonesia.com/

Air terjun Cinta

Air terjun Cinta merupakan salah satu objek wisata yang memberikan beragam penawaran menarik dari keindahan alamnya hingga fasilitas yang disediakan seperti spot foto menarik yang sangat instagrammable yang menjadi incaran para muda-mudi. Sehingga tak heran jika banyak wisatawan yang datang, karena tempat ini berhasil menarik perhatian para wisatawan untuk menikmati panorama yang disuguhkan.

Belakangan air terjun Cinta semakin populer di kalangan masyarakat, karena beberapa alasan seperti tersedianya berbagai fasilitas spot foto dan mengunggah foto pengalaman keindahan berada di tempat ini. Di lokasi ini, kamu juga akan menemukan sarang burung manyar buatan yang berukuran sangat besar serta menggantung pada sebuah pohon.

Spot paling ikonik di air terjun cinta yang selalu menarik perhatian wisatawan adalah Spot foto yang terbuat dari bambu yang dianyam serta penutupnya yang berasal dari daun kering yang tersusun rapi. Spot foto lain yang dapat kamu temukan di lokasi ini adalah spot yang berbentuk kupu-kupu yang dikelilingi oleh tanaman hijau, sebuah tempat yang sangat menarik untuk mengambil foto dengan background air terjun Cinta.

Banyaknya foto menarik yang ada di air terjun Cinta membuat banyak sekali pasangan calon pengantin yang melakukan foto prewedding di tempat ini, ada juga pasangan muda mudi dalam mengambil gambar untuk mendapatkan gambar dengan nuansa yang sangat romantis.

Selain spot foto di atas, kamu juga akan menemukan sebuah sarang burung yang dibangun dengan mengedepankan kontruksi yang kuat, dengan kekuatan yang dapat menahan beban hingga 500 kkal tentu saja sangat aman untuk dijadikan tempat berfoto. Dan sug,uhan yang paling utama adalah kamu dapat mandi atau bermain basah basahan menikmati segarnya air terjun di bawah derasnya air yang jatuh dari tebing.

Baca Juga :  Benteng Belgica, Benteng Unik Peninggalan Bangsa Portugis yang Menyimpan Banyak Sejarah

 

Danau Tamblingan
https://tehsusu.com/

Danau Tamblingan

Danau Tamblingan adalah sebuah danau yang memberikan banyak pesona serta daya tarik dengan cerita sejarah yang bermula pada abad ke-10. Dulu danau Tamblingan adalah sebuah perkampungan di Gunung Lesung sebelah selatan danau serta penduduk tersebut berpencar dan membagi wilayah ke dalam beberapa kelompok. Saat berpindah tempat lokasi yang dipilih masih berada di sekitar danau Tamblingan Bedugul. Dan keempat desa baru yang ada di sekitar danau Tamblingan bernama desa Munduk desa Gobleg, desa Gesing dan desa Umerejo. Meskipun tinggal di desa yang berbeda, tetapi secara bergotong-royong 4 Desa ini berkesinambungan dari waktu ke waktu untuk bertanggung jawab menjaga danau Tamblingan yang meliputi dari kebersihan, kelestarian alam serta menjaga wilayah melalui cara spiritual yaitu kegiatan upacara keagamaan.

Kamu tak usah ragu untuk datang mengunjungi danau Tamblingan karena di danau ini kamu dapat melihat keindahan alam sekitar, dataran tinggi pegunungan yang berhawa sejuk di mana memang danau Tamblingan berada di kawasan Taman wisata yang memiliki suhu udara sangat dingin pada malam hari.

Kita juga dapat menikmati wisata religi di danau Tamblingan yang tak asing lagi bagi umat Hindu Bali. Di sekitar danau Tamblingan terdapat banyak sekali pura-pura yang disakralkan seperti Pura Dalem Tamblingan, Pura Endek, Pura Ulun Danu, Sanghyang Kangin, Pura Sanghyang Kawuh, Pura Gubug, Pura Tirta Mengening, Pura Nagaloka, Pura Pengukiran, Pengukusan, Pura Embang, Pura Tukang Timbang, dan Pura Batu Lepang.

Daerah Bali di bagian timur juga memiliki pesona alam yang sangat eksotis di mana juga terdapat tempat wisata yang nggak kalah indahnya dengan tempat wisata lain yang ada di Bali. Berikut ini adalah tempat wisata Bali Timur yang dapat kamu kunjungi untuk menikmati Bali dengan pemandangan yang berbeda.

Baca Juga :  Wisata Menarik Di Serambi Mekah Aceh Yang Wajib Kamu Kunjungi

 

Kerta Gosa Klungkung
https://i.pinimg.com/

Kerta Gosa Klungkung

Berada di Kerta Gosa Klungkung kamu akan melihat bangunan bersejarah yang dipenuhi ornamen arsitektur khas Bali. Objek wisata taman Kerta Gosa dulunya adalah bagian dari Kompleks bangunan Kerajaan Klungkung yang dibangun pada tahun 1686 oleh Ida I Dewa Agung Jambe sebagai pemegang kekuasaan pertama. Tetapi sayangnya pada tahun 1908 hampir seluruh bangunan Kerajaan Klungkung hancur karena invasi dari kolonial Belanda.

Tersisa 3 bangunan dari Komplek Kerajaan Klungkung yang lolos dari invasi kolonial Belanda yaitu,

Bangunan Medal Agung atau pintu gerbang utama Kerajaan Klungkung

Bale Kambang atau bangunan yang dikelilingi kolam yang disebut Taman Gili

Bangunan atau Bali Kerta Gosa

Pada akhir abad 18, Bali Kerta Gosa kembali dibangun yang lokasinya berada di ujung timur laut kawasan Kerajaan Klungkung. Dulu Bali Kerta Gosa berfungsi sebagai tempat diskusi permasalahan situasi keamanan, keadilan serta kemakmuran wilayah kerajaan Bali dengan fungsi lain juga sebagai pengadilan di Bali.

Daya tarik utama di taman Kerta Gosa terletak pada arsitektur bangunan yang sangat kental dengan arsitektur khas Bali di abad ke-17, terutama pada bangunan Bale Kambang yang dikelilingi oleh kolam atau biasa disebut Taman Gili. Pada bangunan Bale Kambang dan Bali Kerta Gosa terdapat keunikan pada langit-langit yang terdapat lukisan wayang sebagai penggambaran kasus yang disidangkan juga hukuman yang akan diterima jika memang melakukan kesalahan.

Lukisan wayang tersebut juga menggambarkan hukum karma pahala yaitu hukum sebab akibat dari baik buruknya perbuatan manusia semasa hidup. Lukisan tersebut juga menggambarkan penjelmaan manusia yang kembali ke dunia untuk menebus dosa dari perbuatannya atau reinkarnasi. Tak jauh dari kedua objek wisata ini juga terdapat sebuah museum yang menyimpan benda bersejarah peninggalan Kerajaan Klungkung dan juga benda-benda yang pernah digunakan oleh pengadilan adat tradisional Bali zaman dahulu.

 

Pantai Virgin
https://pix10.agoda.net/

Pantai Virgin

Pantai Virgin memang tidak sepopuler pantai Kuta ataupun pantai Tanah Lot, tetapi untuk kecantikan pantai ini juga tidak kalah jika dibandingkan dengan Pantai yang populer tersebut. Pantai ini memiliki kesamaan dengan pantai Bali pada umumnya, dengan pasir putih dan suara deburan ombak yang tidak terlalu keras. Pantai Virgin bisa dibilang masih jarang dikunjungi wisatawan, sehingga kebersihannya sangat terjaga dan sangat nyaman jika kamu ingin melepas kepenatan di pantai ini.

Di pantai ini kamu akan menemui banyak nelayan dan kapal nelayan yang tersusun di sepanjang pinggir pantai. Kamu tak hanya dapat menikmati pemandangan yang indah, tetapi kamu juga dapat melakukan banyak kegiatan di tempat ini seperti berkunjung ke Pura Bias Putih Desa Adat Bugbug, menikmati kelezatan makanan di Virgin cafe, singgah ke Bukit Asah Shed, berpetualang ke taman Harmoni Bali di Bukit Asah serta menikmati pemandangan sunrise di pantai Virgin.

Berikut ini adalah objek wisata yang ada di pantai Virgin antara lain adalah,

Pura Bias Putih Desa Adat Bugbug

Dari tempat ini kamu dapat menyaksikan pemandangan pantai Virgin secara keseluruhan, dan di tempat ini juga kamu akan mendapatkan hasil foto yang sangat menarik. Bagi kamu yang selalu berburu foto-foto unik, tempat ini sangat recommended untuk mendapatkan hasil foto yang Instagrammble.

Virgin Cafe

Kafe ini terletak di kawasan pantai yang menawarkan menu-menu yang mampu mengugah selera makan. Dan menu andalan café ini adalah berbagai olahan ikan, di mana ikan masih segar lengkap dengan sayuran sebagai serat untuk penyeimbang makanan yang dikonsumsi pengunjung. Selesai makan kamu juga dapat memesan hidangan pencuci mulut atau jus yang tersaji dalam keadaan segar, sambil menikmati pemandangan laut Virgin yang masih sangat asri.

Bukit Asah Shed

Bukit ini terletak tidak jauh dari Pantai Virgin dan sangat menarik untuk dijelajahi karena bukitnya yang tidak terlalu tinggi atau landai. Meskipun landai, dari tempat ini kamu dapat menyaksikan keindahan keseluruhan pantai Virgin.

Berjemur dan berenang

Meskipun masih sunyi karena letaknya yang tersembunyi, Pantai Virgin juga melengkapi fasilitas seperti kursi pantai untuk tempat berjemur bagi pengunjung yang datang. Kamu juga dapat berenang di pantai ini, tak jarang banyak turis yang sangat kagum dengan keindahan dan kebersihan yang dimiliki pantai Virgin.

Menikmati pemandangan sunrise

Dari pantai ini kamu dapat menyaksikan matahari terbit dengan sangat jelas. Kamu tidak akan melewatkan pemandangan matahari terbit, karena itu siapkan ponselmu atau kamera untuk mengabadikan moment yang tentunya akan sangat menarik untuk diunggah di Instagram.

Baca Juga :  10 Tempat Wisata di Kudus dan Sekitarnya yang Paling Populer!

 

tirta gangga
https://www.serumpi.com/

Tirta Gangga

Tirta Gangga adalah sebuah taman yang mengusung konsep istana air yang terlihat anggun dan jernihnya air yang bahkan kamu dapat menghasilkan cahaya karena pantulan dan sinar matahari yang terang. Wisatawan yang datang ke sini tak hanya dapat menikmati pemandangan semata atau mengabadikan momen, tetapi kamu dapat menggali lebih dalam tentang Taman Tirta Gangga. Berikut ini adalah fakta unik tentang taman Tirta Gangga yang mungkin saja belum kamu ketahui.

Kerajaan Karangasem

Didirikan pada tahun 1948 sebagai sebuah istana air, yang sengaja dibuat oleh raja Karangasem “Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung”. Dan tujuan didirikannya Tirta Gangga adalah sebagai penghormatan kepada masyarakat Hindu Bali.

Gangga India

Gangga adalah sebuah nama sungai yang terkenal di India yaitu sungai Gangga yang di dalam budaya India adalah sebuah air mata sumber kehidupan dan juga kesetaraan kesejahteraan bagi manusia. Karena berasal dari tanah, air yang ada di taman Tirta Gangga dianggap sebagai air suci yang digunakan untuk penyelenggaraan upacara adat.

Aktivitas berenang

Di taman air Tirta Gangga juga tersedia fasilitas kolam renang yang bernama kolam air Sanin. Dikolam ini kamu dapat bersantai sambil menghirup udara segar dengan airnya yang sangat jernih karena berasal dari sumbernya langsung.

Uniknya air mancur

Keunikan air mancur di taman ini yaitu adanya dua buah kolam kecil yang mengapit sisi kolam yang besar lengkap dengan patung dewa dewi yang sangat megah, yang di sebelahnya terdapat air mancur tingkat 11 yang bernama Nawa Sanga yang menjadi daya tarik dari taman ini.

Letusan Gunung Agung

Taman Tirta Gangga pernah mengalami renovasi, akibat dari meletusnya Gunung Agung di tahun 1963. Dan untuk memulihkan Tirta Gangga, pengelola membutuhkan beberapa tahun membenahi sebelum dibuka kembali.

Sumber mata air

Kejernihan air yang ada di taman karena berasal dari mata air yang mengalir ke kota Amlapura, di mana 2/3 dari pasokan air tersebut digunakan untuk mengisi kolam yang ada di Tirta Gangga.

Itulah beberapa tempat wisata menarik yang ada di kawasan Bali Selatan, Bali Utara dan Bali Timur. Tempat wisata tersebut di atas sangat recommended, jadi kamu tidak perlu ragu lagi untuk mengunjunginya. Selamat berlibur.

Check Also

pesona Papua

Souvenir Khas Papua Yang Wajib Dibawa Pulang

Keanekaragaman yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia, membuat Indonesia memiliki nama di mata dunia dalam bidang …