Desa wisata Raja Ampat
3.bp.blogspot.com

Desa Wisata Di Kepulauan Raja Ampat yang Menambah Keeksotisan Alam Papua

Raja  Ampat  adalah  sebuah  pulau  yang  memiliki  keindahan  alam  bawah  lautnya,  dan  menjadi  tempat favorit  bagi  para  penyelam. Namun  ternyata  selain  itu,  Raja  Ampat  juga  menyimpan keelokkan  lainnya yaitu terdapat beberapa desa wisata yang sayang untuk di lewatkan. Di desa wisata tersebut, kamu dapat mendalami  kehidupan  masyarakat,  berinteraksi  secara  langsung  hingga  membeli  souvenir  khas  Raja Ampat.

Primadona penyelaman ini disebut sebagai surga dunia, banyak titik titik penyelaman yang di dalamnya terdapat sebuah kehidupan bawah laut yang bisa dikatakan sempurna. Selain itu, desa wisata yang ada di Raja Ampat juga menjadi wisata andalan yang tak kalah indah dengan pemandangan lautnya. Berikut ini adalah beberapa desa wisata yang ada di Kepulauan Raja Ampat yang wajib kamu kunjungi.

 

Desa Arborek
awsimages.detik.net.id

Arborek adalah sebuah desa percontohan yang ada di daerah Raja Ampat,Papua dan menjadi pelopor di antara 18Desa dalam konservasi lokal kekayaan laut dengan basis masyarakat. Bantuan dari pemerintah pusat,pemerintah daerah,pusat penelitian dan organisasi non pemerintah,masyarakat desa ini berhasil merumuskan sebuah peraturan daerah penanaman kawasan konservasi mereka yaitu Mambarayub dan Indip.

Kata  Arborek dalam  bahasa  masyarakat  setempat  berarti  duri,  konon  ketika  nenek  moyang mereka berasal  dari  wilayah  Biak untuk  tinggal  di  pulau  ini,  kondisi  di  permukaan  Pulau hampir keseluruhan tertutup dengan semak duri. Nenek moyang mereka pun membersihkannya,membangun komunitas dan menjadikan Pulau ini sebagai tempat tinggal mereka,hingga kini desa tersebut menjadi desa wisata yang bernama Arborek.

Desa Arborek2
media-cdn.tripadvisor.com

Desa ini menjadi salah satu desa wisata yang ada di Kepulauan Raja Ampat. Dan untuk menuju ke desa ini kamu memakan  waktu sekitar  satu  setengah  hingga dua jam  perjalanan  dari  pelabuhan  Waisai  dengan menggunakan perahu motor cepat. Banyak hal menarik yang bisa kamu explore di desa wisata ini dan alasan itulah yang membuat pemerintah menetapkan Desa ini sebagai kawasan wisata.

Saat menginjakkan kaki di wilayah perairan Arborek yang memiliki  ukuran  kurang  lebih  7  hektar  ini,kamu  akan  disambut  hamparan  Pasir  Putih  yang  ditumbuhi pohon kelapa pada sisi-sisi pasir Putih. Desa Arborek adalah sebuah pulau dengan jumlah penduduk 80 orang, berarti Pulau ini tidak lebih dari 300  orang penghuninya.  Namun  jika  dilihat  dari  fasilitas,desa  ini  sudah  tergolong  lengkap  dengan infrastruktur  yang  cukup  memadai  seperti  Sekolah  Dasar,gereja,kantor  pemerintahan  dan  beberapa warung yang menjual barang-barang kebutuhan sehari hari bisa kamu temukan di desa Arborek.

Desa Arborek3
i0.wp.com

Desa ini pun juga tidak akankesulitanuntuk mencari air tawar dan listrik,karena telah di fasilitasi oleh pemerintah  setempat.  Hanya saja  untuk  telepon  genggam  mungkin  kamu  akan  kesulitan  mendapatkan sinyal,  bahkan  untuk mendapatkan  sinyal  kamu harus  menggantungkan  telepon genggam  pada  sebuah pohon,itu pun terkadang sinyal yang kamu dapatkan muncul dan hilang.

Terlepas dari masalah sinyal telepon genggam, tradisi dan kesenian yang dimiliki oleh masyarakat sangat luar  biasa  mulai  dari  tari  tradisional,  kerajinan  ayam  khas  Arborek hingga  kuliner  tradisional  seperti papeda dan sinole. Itulah alasan pemerintah daerah untuk memilih desa ini sebagai pelopor pengelolaan desa dan menjadi contoh nyata untuk 18 desa wisata lain yang sedang berkembang. Banyak  keindahan  yang  bisa  kamu  dapatkan  di  Raja  Ampat  terutama masyarakat nelayan  Desa  ini.

Desa Arborek4
s3.ap-southeast-2.amazonaws.com

Kebiasaan  warga  setempat adalah  saat laut  surut,  maka  istri  para  nelayan akan  melakukan  berburu teripang  atau  biota  laut  yang  bisa  dikonsumsi  atau  dijadikan  Kerajinan  tangan  noken  khas  daerah  ini. Noken  adalah  sebuah  tas  yang  bertali-tali  sudahterkenal  hingga  mancanegara.  Hal ini  menjadi  simbol bahwa masyarakat sudah memiliki kehidupan yang baik, perdamaian dan juga kesuburan. Selain itu juga ada kerajinan pembuatan anyaman daun pandan khas Arborek dan menjadi produk unggulan Kabupaten Raja Ampat.

Desa Arborek 1
indonesiakaya.com
Desa Sauwandarek3
indonesiakaya.com

Anyaman ini bisa berupa topi,tas, tempat handphone dengan kualitas yang cukup sempurna untuk dijajakan. Raja  Ampat  juga  terkenal  karena  wisata  alam  bawah  lautnya,  di  desa  ini  kamu  juga  dapat  melakukan kegiatan snorkeling  atau  menyelam,dimana  kamu  juga  akan  menemui  ikan  pari  manta  yang  tidak berbahaya. Bahkan kamu juga dapat memancing di tempat ini, namun tetap mentaati peraturan dengan tidak menggunakan bahan peledakdan pembiusan untuk berburu ikan.

senja di desa Arborek
hitput.com

Pemandangan di sore hari di mana Matahari mulai tampak menenggelamkan diri, terlihat para wisatawan yang mulai berkemas untuk menyudahi aktivitasnya. Menjelajahi desa kecil menjadi sebuah pengalaman dan  bukti  bahwa  desa  kecil  bukan  berarti  sebuah  desa  terpencil  dengan  pengetahuan  seadanya  dan fasilitas  minim.  Desa  Arborek  sebuah  desa  kecil  yang  dihuni  kurang  dari  300  orang,namun  memiliki fasilitas yang sudah cukup dan tak lepas dari perhatian pemerintah, sehingga Desa ini terbilang maju oleh karena itu pemerintah daerah memutuskan kawasan ini sebagai desa wisata.

Baca Juga :  6 Rekomendasi wisata Jogja 2019 yang wajib banget kamu kunjungi!

 

Desa Sauwandarek
i2.wp.com

Desa Sauwandarek

Desa wisata yang ada di Kepulauan Raja Ampat adalah Desa Sauwandarek yang terletak di bagian barat Waisai, ibu Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat yang masih menjadi bagian dari Kabupaten Mansar Meos. Desa wisata ini dihuni sebanyak 46 keluarga atau sekitar 179 penduduk yang masih hidup di dalam rumah yang beratapkan jerami. Selain menawarkan pesona alam bawah lautnya, desa ini juga sebagai penambah keeksotisan Raja Ampat.

Kamu dapat menemui berbagai jenis biota laut seperti kuda lautmini,udang mantis,blue ring octopus, ikan  mandarin,kakap  dan  ekor  kuning  yang  tidak  sulit  untuk  bisa  ditemukan  di  sekitar  Desa.  Dan  jika beruntung, penyelam   bisa   bertemu gerombolan   ikan tuna   dan   barakuda   yang   menjadi   sebuah pemandangan unik, jadi jangan sia siakan kesempatan untuk snorkeling di pantai Sauwandarek. Letak Desa yang berada di Selat Dampier, sehingga terdapat beberapa Spot penyelaman.

Desa Sauwandarek2
i.ytimg.com

Budaya di desa ini sangat tradisional dan sangat terasa kental,salah satunya adalah masih adanya arsitektur rumah kayu beratapkan jerami. Di  desa ini,  para kaum  ibu  memiliki  aktifitas  yaitu memproduksi kerajinan yang  berbahan daun  pandan laut  berupa topi dan tas. Hasil  kerajinan tersebut  dijual dengan  harga mulai dari Rp  25.000-Rp  50.000, tergantung besar kecilnya barang. Daya tarik yang ditawarkan desa ini adalah karangnya yang sangat indah, dan adanya sebuah danau asin lokal yang disebut Telaga Yenauwyau yang ada di belakang desa.

Desa Sauwandarek 1
3.bp.blogspot.com

Air asin tersebut dikarenakan dulu ada gua yang menghubungkan telaga ini dengan laut. Mereka juga percaya bahwa terdapat penyu putih yang tinggal di telaga itu, dan jika kamu bertemu maka kamu akan memperoleh keberuntungan.Tak  jauh  dari  telaga  juga  terdapat  sebuah  dermaga  sebagai  pelepas  lelah,  kamu  akan  terhibur  melihat maleo waigeo yang merupakan burung endemik dari pulau ini.

maleo waigeo
goodnewsfromindonesia.id

Untuk bisa sampai ke desa ini, kamu dapat menggunakan jalur udara atau darat. Ambillah penerbangan menuju Sorong yang merupakan pintu gerbang daerah Raja Ampat agar lebih mudah. Kamu dapat memilih beberapa penerbangan  menuju  ke  Sorong  seperti  Merpati  Air,  Express  Air,  dan  Lion  Air.  Dan  untuk transportasi laut, ada beberapa kapal yang transit ke Sorong seperti Dorolonda, Labobar, Gunung Dempo, Sinabung dan Tatamailau.`

 

Desa Sawinggrai
kunkun59.my.id

Desa Sawinggrai

Masih  ada satu desa lagi yang wajib kamukunjungi yaitu Desa Sawinggrai, dimana kamu dapat melihat burung  cendrawasih  secara  jelas.  Di  desa  ini  kamu  bis  melihat  4  jenis  cendrawasih  yaitu  cendrawasih merah, cendrawasih wilson, cendrawasih lesser, dan cendrawasih greater. Biasanya burung cendrawasih akan beraksoi di pagi hari sekitar pukul 06.30-07.30 WIT dan pukul 16.30-18.00  WIT.  Burung  ini  akan  bernyanyi  menghibur  siapapun  yang  menyaksikannya,  dan  terkadang  akan memamerkan bulu bulu indah yang melekat pada sayapnya. Kesempatan untuk bisa berkunjung ke desa ini tentu sangat sayang untuk di lewatkan, apalagi berjumpa pada burung langka yang menjadi ikon Papua.

 

Itulah    desa  wisata  yang  ada  di  Kepulauan  Raja  Ampat.  Kedua  desa  itu  membuktikan  bahwa penghuninya yang sedikit bukan berarti desa tersebut tidak bisa maju, kedua desa ini adalah contoh untuk membuat  desa  yang  maju. Patut  di  jadikan  contoh  tak  hanya  untuk  desa  desa  yang  ada  di  Raja  Ampat, tetapi juga untuk desa desa lain yang ada di Indonesia. Selamat berlibur!

Check Also

World of Wonders Citra Raya

Dengan Budget Murah Dapat Menikmati 7 Keajaiban Dunia di World of Wonders Citra Raya

Selama ini Tangerang yang kita kenal sebagai pusat Perindustrian di nusantara ternyata juga memiliki beragam …