Tuesday , December 10 2019
Home / Irian Jaya / Wajib Kamu Ketahui, Ini Dia 7 Destinasi Wisata Irian Jaya yang Terkenal di Dunia
Wajib Kamu Ketahui Ini Dia 7 Destinasi Wisata Irian Jaya yang Terkenal di Dunia

Wajib Kamu Ketahui, Ini Dia 7 Destinasi Wisata Irian Jaya yang Terkenal di Dunia

Sudah tidak diragukan lagi kalau Indonesia memang mempunyai kekayaan alam yang melimpah. Setiap daerah di Indonesia pun kita akan menjumpai keindahan alam  yang luar biasa. Tak heran kalau banyak wisatawan asing yang datang ke Indonesia dengan tujuan ingin menikmati keindahan alam Indonesia. 
 
Kamu jadi tidak perlu ke luar negeri lagi karena di Indonesia pun kamu bisa menemukan objek wisata yang mirip dengan yang ada di luar negeri. Nah kali ini, kita akan membahas khusus objek wisata dari bagian timur, yaitu pulau Irian Jaya atau yang sekarang bernama Papua. Pulau Papua tak hanya terkenal dengan kekayaan alamnya, namun banyaknya budaya yang masih bertahan dan dilestarikan sampai sekarang. Nah kali ini kita akan membahas lebih lanjut apa aja sih objek wisata di Papua yang sudah terkenal di dunia? Simak penjelasannya dibawah ini ya.
Wajib Kamu Ketahui Ini Dia 7 Destinasi Wisata Irian Jaya yang Terkenal di Dunia
 
1.      Kepulauan Raja Ampat
Mungkin kamu sudah tak asing lagi dengan tempat wisata indah yang satu ini, meskipun kamu belum pernah mengunjunginya. Kepulauan Raja Ampat merupakan pulau yang sudah sangat terkenal baik wisatawan lokal, maupun wisatawan mancanegara. Kepulauan Raja Ampat termasuk dalam rangkaian empat gugusan pulau yang letaknnya berada di bagian barat Pulau Papua. Raja Ampat  terdiri dari empat pulau besar yaitu Waigeo, Misool, Salawati, Batanta, dan pulau-pulau kecil disekitarnya. 
 
Nah tempat ini pun temasuk dalam 10 tempat terbaik unuk menyelam di dunia lho! Maka dari itu Raja Ampat pas banget untuk kamu yang ingin menelusuri keindahan alam bawah laut. Kurang lebih ada 450 jenis terumbu karang indah, 700 jenis moluska, hingga 1500 jenis ikan penyu. Diantara banyaknya jenis ikan di Raja Ampat, ikan Eviota raja lah yang menjadi ikan endemik di Raja Ampat.  Waktu terbaik untuk menyelam yaitu pada bulan Oktober-November, karena pda bulan-bulan ini kondisi air sedang sangat jernih sehingga kamu bisa lebih jelas melihat biota-biota bawah laut.
 
 
 
teluk cendrawasih
 
 
2.      Taman Nasional Teluk Cendrawasih
Kawasan Taman Nasional Cendrawasih terkenal  dengan banyaknya jenis flora dan fauna yang tinggal di tempat itu. Hampir 90% wilayahnya adala peraian. Keanekaragaman faunanya meliputi 200 jenis terumbu karang, 196 jenis moluska,  209 jenis ikan, 37 jenis burung, 5 jenis reptil, dan 3 jenis mamalia. 
 
Disini juga terdapat beberapa pulau kecil, yaitu pulau  Yoop, pulau Numfor, dan  pulau Mioswaar. Walaupun tempat ini merupakan kawasan yang dilindungi pemerintah, kamu masih bisa mengunjunginya untuk melihat keaneragaman ekosistem disini. Disini juga terdapat sebuah goa yang menghasilkan sumber air panas.  Untuk itu, banyak wisatwan asing yang mampir kesini untuk menikmati keindahan alam Teluk Cendrawasih.
 
 
Taman Nasional Lorentz
 
 
3.      Taman Nasional Lorentz
Taman Nasional Lorentz merupakan taman nasional terbesar di Asia Tenggara yang menjadi warisan dunia UNESCO sejak tahun 1999. Taman ini terletak  di sebuah kawasan yang mempunyai gletser di daerah tropis yang membentang di puncak gunung setinggi 5.030 mdpl.  luas taman ini bahkan mencapai 22,4 juta ha. Luas banget kan? Ditambah di tempat ini terdapat 34 tipe vegetasi seperti hutan, rawa, hutan sagu, hutan gambut, padang rumput, tepi sungai, lumut kerak, pantai pasar,hingga hutan hujan lahan datar. 
 
Di tempat ini banyak ditumbuhi aneka jenis tumbuhan dan hewan langka. Kamu bisa berkunjung ke Taman Nasional Lorentz melalui kota Timika, lalu kebagian utara menggunakan helikopter dan kebagian selatan menggunakan kapal laut. Waktu yang paling pas untuk berkunjung  kesini yaitu  pada bulan Agutus-Desember.
 
 
Pulau Rumberpon
 
 
4.      Pulau Rumberpon
Terletak di sebelah utara Kabupaten Telok Wondama serta perbatasan dengan Manokwari, Papua Barat, pulau ini sangat menarik dikunjungi banyak wisatawan. Pantai ini sangat terkenal dengan keindahan pasir putihnya yang menghampar luas di tepi-tepi pantai. Banyak kegiatan seru yang bisa kamu lakukan disini seperti snorkeling, surfing, scuba diving, berenang, memancing, hingga jet sky. Pengalaman langka yang tidak kamu dapati di tempat lain yaitu menelusuri padang alang-alang. Di tempat itu kamu akan melihat spesies burung rusa. Untuk bisa sampai ke tempat ini dibutuhkan waktu 5 jam perjalanan dari Manokwari dengan menaiki kapal.
 
 
Danau Paniai
5.      Danau Paniai
Danau Paniai diakui sebagai danau terindah yang ditetapkan  pada konferensii Danau Sedunia India pada tanggal 30 November 2007 yang diikuti oleh 157 negara. Dengan permukaan laut seluas 24.500 hektar serta ketinggian 1700 mdpl, danau ini memiliki pesona alam yang membuat siapa saja yang mengunjunginya terpukau akan keindahannya. Sambil menikmati keindahan  danau, kamu akan melihat burung-burung  yang berterbangan di sekitar danau. 
 
Kegiatan asyik yang bisa kamu coba disini adalah memancing bersama perempuan-perempuan suku Mee dan Moni.  Ikan yang akan kamu temui disini adalah jenis ikan air tawar seperti ikan nila, ikan mujair, ikan mas, dan masih banyak lagi. Fasilitas disini juga lengkap, ada pemandu wisata, perahu yang disewakan, perlengkapan memancing, hingga warung-warung makan khas Papua yang tidak perlu diragukan lagi rasanya. Untuk penginapan belum tersedia disini, sehingga jika ingin menginap kamu bisa bermalam di rumah-rumah warga yang ada di sekitar danau.
 
 
Lembah Baliem
 
 
6.      Lembah Baliem
Lembah Baliem merupakan kawasan sejuk yang terletak pada  ketinggian hingga 1600 mdpl di  pegunungan Jayawijaya. Setiap tahunnya, disini diadakan sebuah festival rutin yang bernama festival Lemba Baliem. Acara inilah yang menjadi daya tarik wisatawan lokal hingga wisatawan asing. Pada bulan Agustus, festival ini diadakan dalam waktu 3 hari yang merangkai sebuah cerita tentang perang antar suku. Lembah ini ditinggali oleh suku yani, lani, dan suku dani. Jadi selain kamu menikmati keindahan disekitar Lembah Baliem, kamu bisa sekalian belajar tentang budaya masyarakat suku asli papua.
 
 
Desa Wisata Sauwandarek
 
 
7.      Desa Wisata Sauwandarek
Desa wisata yang satu ini menghadirkan wisata-wisata budaya serta wisata alam yang unik dan indah. Desa ini berada di bagian barat Pulau Waisal yang lokasinya juga masih satu kawasan dengan wisata Raja Ampat. Disini kamu akan menemui masyarakat asli suku papua yang tinggal di pesisir pantai. Kegiatan yang bisa kamu lakukan di desa ini yaitu berenang, snorkeling, dan memancing. Di desa ini juga terdapat sebuah danau berair asin yang bernama Danau Yenauwyau. 
 
Selain menikmati keindahan alam, kamu bisa berburu cindera mata khas Papua, ada topi, dan tas yang semuanya merupakan hasil dari kerajinan tangan penduduk desa Wisata Sauwandarek. Bahan-bahan kerajinannya pun juga berasal dari bahan alami seperti daun pandan laut. Nah untuk bisa sampai ke desa ini kamu harus melalui perjalanan udara ataupun darat ke kota Sorong. Kemudian menggunakan jalur laut dengan menaiki speed boat. Nah  perjalanan ini ditempuh kurang lebih 2 jam.
Itu dia 7 destinasi wisata Irian Jaya yang sudah terkenal hingga ke mancanegara. Semoga informasi diatas bisa kamu jadikan referensi saat berlibur ke Pulau Papua.

Check Also

puncak becici

Wisata Baru Yang Populer Di Tahun 2020 Di Yogyakarta

Jogjakarta, sebuah kota yang memiliki julukan kota pelajar ini selalu ada di hati para wisatawan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *