Home / Yogyakarta / Destinasi Wisata Jogjakarta Terbaru Hingga Malioboro
keindahan Jogja
agussas.files.wordpress.com

Destinasi Wisata Jogjakarta Terbaru Hingga Malioboro

Jogjakarta  didirikan  di  tahun  1756  sebagai  ibukota  Kesultanan  ngayogyakarta  Hadiningrat,  dan hingga kini  Yogyakarta  masih  menjadi  pusat  ilmu  dan  kebudayaan  Jawa.  Berada  di  Jogjakarta  kita  akan merasakan  seperti  masih  berada  di  tradisi  Jawa  yang  kental, suasana  yang  cukup  tenang  dan  juga keramahan warga setempat yang menciptakan pesona tersendiri dan membuat wisatawan yang datang merasa   nyaman   berada   di   Jogjakarta.

Tujuan   utama   di   Yogyakarta   adalah   Kompleks   Keraton Ngayogyakarta  Hadiningrat  tempat  tinggal  Sultan  dan  juga  keluarga.  Candi  Borobudur  adalah  candi Budha terbesar di dunia, yang masuk daftar situs warisan dunia UNESCO yang ikut mengharumkan nama propinsi Yogyakarta.  Yogyakarta  kini  menjadi  kota  pelajar  yang  bisa  dibilang  merupakan  paket  lengkap karena, selain sebagai Kota pelajar Yogyakarta juga memiliki segudang paket  wisata eksplore destinasi wisata liburan di jogja kota terbaru 2020.

Wisata yang cukup lengkap baik wisata alam ,wisata kuliner,edukasi,belanja,semua  dapat  ditemukan  di  sini.  Jika  memang  Anda  berencana untuk  berkunjung  ke Jogja maka berikut ini adalah tempat-tempat wisata yang recomended.

 

Bukit Panguk Kediwung2
s3.ap-southeast-2.amazonaws.com

Bukit Panguk Kediwung

Menikmati Jogja di pagi hari merupakan satu kenikmatan tersendiri, karena suasana pagi di Jogja sangat tenang  dan  terasa  adem, terutama  saat  anda  berada  di  Bantul,tepatnya  daerah  Dlingo.  Saat  Anda menuju   ke   Bukit   Panguk   Kediwung anda   akan merasa   bahwa   tempat   tersebut   hanya   kawasan perkampungan  yang  biasa  saja, yang  yang  dikelilingi  oleh  pohon  jati  yang  berbatasan  dengan  jurang yang  mengaliri  sungai  Oya.

Pada  pagi  hari, di  tempat  ini  anda  sudah  menemui  beberapa orang masyarakat yang sibuk dengan aktivitasnya di antara kabut kabut yang menyelimuti kawasan ini, kebun Buah  Mangunan.  Pada  setiap  pagi  lembah  Sungai  Oya  yang  tak  jauh  dari  perkampungan  warga  yang selalu  dipenuhi  kabut  putih  seperti  lautan  kapas,  dan  Sejak  saat  itu  bukit  Panguk  Kediwung  mulai dilakukan  pengembangan  sebagai  tempat  wisata  baru.

Bukit Panguk Kediwung4
non-indonesia-distribution.brta.in

Di  lembah  ini  terdapat  kebun  jati  yang  yang menghadap  ke  jurang,  dibangunlah  anjungan  dan  juga  jembatan  bambu  yang  menjorok  ke  tebing.  Di anjungan  ini  anda  dapat  menyaksikan  mentari  yang mulai menampakan  sinarnya,  yang  sayang  jika dilewatkan dan tidak mengabadikan momen indah tersebut yang dihiasi dengan lautan kabut menutupi permukaan  lembah.  Saat  matahari  menuju  tempat  tertinggi, perlahan  kabut  akan  menghilang  dan berganti denganhamparan lembah hijau.

Bukit Panguk Kediwung
i2.wp.com

Pada musim kemarau biasanya kabut tidak akan terlalu tebal,bahkan tidak muncul tetapi jika musim penghujan tiba kabut akan selalu hadir di pagi hari. Bukit  Panguk  Kediwung  resmi  dibuka  untuk  umum  pada  bulan  Mei  2016,  oleh  karena  itu  Bukit Panguk Kediwung masih terbilang baru dan belum sepopuler destinasiwisatalain di sekitarnya. Berada di Bukit Panguk  Kediwung,anda  akan  disuguhkan  keindahan  sunrise  di  atas  awan  yang  terlihat  sangat  jelas karena bukit ini memang langsung menghadap ke arah timur.

Bukit Panguk Kediwung3
cdn1-production-images-kly.akamaized.net

Jika anda ingin menikmati sunrise di Bukit Panguk Kediwung datanglah pada pukul 05.00pagi terutama pada bulan bulan musim kemarau. Keindahan panorama Bukit Panguk Kediwung saat matahari terbit yang beradu dengan gumpalan kabut merupakan  perpaduan yang  sangat  sempurna  yang  menjadi  fenomena  alam  yang  sangat  diburu  oleh wisatawan, dan  suasananya  juga  bagaikan  berada  di  negeri  Diatas  Awan.

Di  Bukit  Panguk  Kediwung tentu anda tidak akan menyia-nyiakan untuk berfoto, pengelola juga telah menyediakan beberapa spot foto yang dapat digunakan oleh pengunjung. Anda akan menemui gardu pandang yang terbuat dari kayu dan juga bambu berbentuk jembatan yang menjorok dari bibir tebing. Hal ini bertujuan agar pengunjung dapat menikmati secara puas pemandangan alam yang tersaji di Bukit Panguk Kediwung.

Di  Bukit  Panguk  Kediwung,anda  akan  menjumpai  sebuah  gardu  pandang  yang  di  buat  oleh  pengelola berbentuk  cukup  unik,  ada  yang  berbentuk  sayap  kupu-kupu, berbentuk  Bintang,  kereta  kuda  terbang, perahu origami dan juga gardu pandang pada umumnya.

 

Ayunan Langit Watu Jaran
66.media.tumblr.com

Ayunan Langit Watu Jaran

Ayunan  Langit  Watu  Jaran  berada  di  desa  Purwosari,  kecamatan  Girimulyo,  kabupaten  Kulon  Progo, Jogjakarta yang merupakan destinasi wisata yang baru diresmikan pada16 Mei 2017. Ayunan yang ada di  sini  memang  terbilang  berbahaya,tetapi pengelola  mengatakan keamanan itu  terjamin  karena  telah dapat  pembinaan  dari  SAR Yogyakarta.  Tetapi  bagi  Anda  yang  takut  atau  bernyali  kecil  sebaiknya  tidak mencoba ayunan ekstrimini,anda dapat menikmati wisata lainnya,salah satunya adalah  pemandangan perbukitan  Menoreh.

Banyak  Spot  selfie  yang  dapat  anda  jumpai  dengan  keunikan  yang  tak  kalah dengan Kalibiru atau Mangunan.  Ayunan  Langit  Watu  Jaran  akan  menguji  adrenalin  anda dengan  berayun  di  atas  ketinggian  800  m dan berada  di  pinggir  tebing  dengan  pemandangan  perbukitan  yang  cukup  indah.  Meskipun  ayunan  ini hanya terikat  pada  ujung  sebuah  palang  dan tersambung  dengan tiang  vertikal, permainan ini  terjamin keamanannya  ditambah  lagi  petugas  memberi  pengaman  tambahan  yaitu  mengikat  Andadengan  tali pengaman  sebelum  anda  berayun.

Setiap  pengunjung yang  ingin  mencoba  ayunan  ini diberi  waktu selama  10  menit  untuk  berayun  di  ayunan  ekstrim  ini,  meskipun  hanya  10  menit  tetapi  karena permainan  ini  sangat  menegangkan  maka  10  menit  bukanlah  waktu  yang  singkat.  Anda  pasti  ingin mengabadikan momen Anda saat berada di ketinggian, petugas akan membantu untuk mengambil foto Anda saat sedang berayun.

 

Hutan Mangrove Pasir Kadilangu
dolandolen.com

Hutan Mangrove Pasir Kadilangu

Objek wisata Hutan Mangrove di sekitaran Pantai Pasir Kadilangu Kulon Progo kini menjadi tujuan wisata baru  favorit  para  wisatawan.  Hutan  Mangrove  Pantai  Pasir  Kadilangu  berada  di  desa  Jangkaran, kecamatan Temon, kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Keberadaan lokasi ini tak jauh dari  hutanWana  Tirta  Pasir  Mendit,  Pantai  Congot  dan  Pantai  Glagah, dan  untuk  menuju  ke  lokasi  ini juga  cukup  mudah  karena  akses  jalan  dapat  dilalui  menggunakan  bus, mobil  ataupun  motor.

Hutan Mangrove  Pantai  Pasir  Kadilangu  ini  adalah  objek  wisata  unggulan  di  Kulon  Progo,  di  tempat ini menyuguhkan  keunikan  yaitu ekowisata,  apalagi  kini  hutan  mangrove  Kulonprogo  telah  berada  di  atas popularitas   dan   semakin   dikenal   banyak   wisatawan.   Keberadaan   lokasi   objek   wisata   ini   cukup tersembunyi, di aliran sungai Bogowonto.

Hutan Mangrove Pasir Kadilangu3
1.bp.blogspot.com

Tak hanya satu spot yang dimiliki oleh objek wisata ini, sungai yang  mengalir  juga  menjadi  spot  utama, dan  yang  lebih  menarik  lagi  terdapat  jembatan  bambu  yang menjadi penghubung lokasi satu dengan yang lainnya yang memudahkan pengunjung untuk menelusuri setiap  lokasi  di  kawasan  hutan  mangrove.  Keunikan  lainnya  adalah  pada  tiap  lokasi  diberi  sentuhan dekorasi cantik denganbentuk yang beragam dan cukup unik dan memiliki penamaan kekinian pada tiap lokasi.

Salah  satu  lokasi  yang  paling  terkenal  adalah,objek  wisata  alam  hutan  mangrove  jembatan  api-api yang merupakan jembatan utama penghubung. Yang menjadi favorit para wisatawan untuk mencari latar  berfoto  saat  berkunjung  ke  hutan  mangrove  Kulon  Progo  adalah  jembatan  berbentuk  hati.  Spot lain yang dapat anda temui berupa menara ikonik dalam bentuk tower kerucut tinggi yang dapat dinaiki.

Hutan Mangrove Pasir Kadilangu2
4.bp.blogspot.com

Daya  tarik  lain  selain  keindahan  hutan  mangrove  adalah  pengunjung  dapat  menikmati  atraksi  seru menaiki  kapal  perahu,berlayar  keliling  Sungai  Bogowonto  kawasan  hutan  mangrove  Kulon  Progo, banyak  nilai  inspiratif   yang   kita   dapatkan   seperti   fungsi  hutan   mangrove   yang   dapat   mencegah terjadinya abrasi pantai agar keseimbangan alam tetap terjaga.

Baca Juga :  Tempat Yang Sangat Recommended Untuk Bulan Madu Di Jogja

Jembatan Gantung Pantai Timang
cdn.statically.io

Jembatan Gantung Pantai Timang

Lokasi Pantai Timang berada di Gunung Kidul yang memang terkenal memiliki pantai pantai cantik yang berjejer.  Salah  satu  pantai  yang  mengalami  pengembangan  untuk  dijadikan  tujuan  wisata  dan  cukup pesat  adalah  Pantai  Timang  Tepus  Gunung  Kidul.  Pada  awalnya  Pantai  Timang  terkenal  bukan  karena daya   tarik   pantai   yangmemiliki   pasir   putih,tetapi   karena   Pantai   Timang   menyimpan   cerita perjuangannya.

Pantai  Timang  ini  sangat  identik  dengan  bukit  karang  yang  besar,dan  para  nelayan sering mencari lobster di tempat ini. Keunikan yang ada pada Pantai Timang adalah gondola atau kereta gantung  untuk  menyebrang  menuju  ke  Karang  besar.  Tetapi  sayangnya  peralatan  dan  keamanan juga sangat minim bagi nelayan jika menyebrang menggunakan gondola, mereka rela bertaruh nyawa untuk menghidupi   keluarga.

Jembatan Gantung Pantai Timang2
cdn.idntimes.com

Sejak   saat   itu   gondola   tersebut   kemudian   menjadi   populer,dan   banyak pengunjung yang datang karena penasaran dengan gondola di pantai Timang. Alasan tersebut membuat ide untuk membuka wisata pantai Timang yang mengunggulkan gondola atau kereta gantung  sebagai  daya tarik  utama di  pantai  ini.  Di  luar  dugaan,  ternyata kehadiran  objek wisata ini disambut sangat baik dan antusias oleh para wisatawan yang penasaran untuk mencoba naik gondola Pantai Timang.

Meskipun  tiket  untuk  naik  kereta gantung  ini  terbilang  mahal, tetapi  tidak  menghalangi wisatawan untuk datang ke pantai ini. Setelah sukses dengan gondolanya, pantai ini mulai memperbaiki dan  berbenah  untuk  menambah  Wahana  baru  seperti  jembatan  gantung  Pantai  Timang  dan  juga spot selfidi Bukit Karang.

 

Wisata Seribu Batu Songgo Langit2
kartanesia.com

Wisata Seribu Batu Songgo Langit

Wisata Seribu  Batu  Songgo  Langit  adalah  objek  wisata  yang  memiliki  nuansa  alam  sangat  asri  dengan spot  foto  yang  menarik  seperti  rumah  Hobbit, kincir  angin,rumah  serbuk  kayu  dan  masih  banyak  lagi. Sejarah  nama  dari Songgo  Langit  karena  di  kawasan  ini banyak orang  bisa  melihat  awan  seolah-olah dekat maka dengan alasan  itulah  tempat ini dinamakan daerah Songgo Langit ditambah lagi banyaknya ditemukan  batu  batu  besar  dan  kemudian  disebut  dengan  sebutan  seribu  batu  dan  lama-kelamaan tempat ini pun menjadi Seribu Batu Songgo Langit.

Objek   wisata   ini   bernama   seribu   batu   tetapi   tak   hanya   batu   semata   yang   dapat   anda   nikmati pemandangannya.  Ada  beberapa  Spot  rumah  unik  seperti  rumah  Hobbit, rumah  seribu  kayu, Negeri dongeng  yang  sangat  unik  untuk  dijadikan  tempat  foto anda.  Wisata  Seribu  Batu  Songgo  Langit  baru terkenal sekitar tahun 2016, tetapi panorama alamnya membuat banyak wisatawan ingin berkunjung ke tempat  ini.

Wisata Seribu Batu Songgo Langit
piknikasik.com

Anda  dapat  menemukan  beberapa  gardu  pandang  untuk  menikmati  pemandangan  secara luas.  Di tempat  ini  punditata  layaknya  negeri  dongeng  dengan  jalan-jalan,  ada  juga  sebuah  Spot berbentuk bunga teratai raksasa dan juga kupu-kupu yang menambah kental nuansa negeri dongeng. Di tempat  ini  bagi  Anda  yang  hobi  menikmati  tempat  wisata  yang  ekstrem  tersedia  rumah  pohon, jembatan kayu yang menuju dari pohon ke pohon hingga wahana flying fox.

Adanya  wisata  wisata  baru  yang Anda temukan  di  Jogjakarta, bukan  berarti  anda  melupakan  objek wisata  yang  lebih  dulu  hadirdi  Jogjakarta  terutama  adalah  Malioboro.  Malioboro  merupakan  pusat keramaian  di  kota  Jogja, sehingga  tidak  lengkap  rasanya  jika  anda  pergi  ke  Jogja  tanpa  melakukan perjalanan wisata ke Malioboro. Di sekitar Malioboro pun kita dapat menemukan tempat wisata, berikut ini adalah destinasi wisata Yogyakarta dekat Malioboro yang hits dan bisa anda kunjungi.

Baca Juga :  Objek Wisata Ini Bisa Menjadi Tempat Yang Asik Di Jogja

 

Keraton Jogjakarta2
sitinurrohmahweb.files.wordpress.com

Keraton Jogjakarta

Keraton   Ngayogyakarta  Hadiningrat   adalah   istana   yang   dimiliki   oleh   Kesultanan   Ngayogyakarta Hadiningrat  yang  letaknya  di  kota  Yogyakarta,  Daerah  Istimewa  Yogyakarta.  Kesultanan  di  Jogjakarta sudah  menjadi  bagian  dari  Republik  Indonesia  sejak  tahun  1950,  meski  begitu  kompleks  bangunan Keraton  ini  Hingga  kini  masih  berfungsi  untuk  tempat  tinggal  Sultan  dan  juga  rumah  tangga  istananya dan  tak  lepas  dari  tradisi  kesultanan  di  Yogyakarta.

Keunikan  yang  dimiliki  oleh  Jogjakarta  ini,  kini menjadi  salah  satu  objek  wisata  di  Jogjakarta.  Kompleks  Keraton  bisa  dibilang  sebagai  museum  yang memiliki  berbagai  koleksi  kesultanan,  termasuk  pemberian  dari  raja-rajaEropa, replika  pusaka  keraton dan  juga  alat  musik  tradisional  berupa  gamelan.  Bangunan  yang  dimiliki  oleh  keraton  Yogyakarta merupakan  salah  satu  contoh  arsitektur  istana  Jawa  yang  yang  sangat  istimewa,  dengan  balairung balairung mewah dan juga lapangan beserta Paviliun yang cukup luas.

Keraton Jogjakarta
2.bp.blogspot.com

Sejarah  berdirinya  Keraton  Yogyakarta  ialah,keraton  Yogyakarta  didirikan  oleh  Sultan  Hamengku Buwono  I  setelah  beberapa  bulan  terjadinya  perjanjian  Giyanti  tahun  1755.  Menurut  cerita,lokasi Keraton  ini  dahulu  adalah  bekas  sebuah  Pesanggrahan  Garjitawati  yang  digunakanuntuk  beristirahat iringan-iringan jenazah raja-raja  alarm  yang  akan  dimakamkan  di  Imogiri.

Keraton Jogjakarta3
cdn0-production-images-kly.akamaized.net

Tetapi  ada  cerita  lain  yang menyebutkan  bahwa  lokasi  Keraton  adalah  sebuah  mata  air,  umbul  pacethokan  di  tengah  hutan beringan. Sultan HamengkuBuwono Iawalnya tinggal di Pesanggrahan Ambarketawang yang kini masuk ke ke wilayah Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman, sebelum menempati Keraton Yogyakarta.Keraton  Jogjakarta  memiliki  7  kompleks  inti  yaitu  Siti  Hinggil  ler (balairung  utara),  Kamandungan  ler (Kamandungan utara),   Siti   Manganti,   Kedaton,   Kamargangan,   Kamandungan   kidul (kamandungan selatan) dan juga Siti Hinggil kidul (balairung selatan).

Keraton Jogjakarta5
joss.co.id

Keraton Yogyakarta juga memilikibanyak warisanbudaya dalambentuk upacara ataupun benda-benda yang bersejarah. Keraton Yogyakarta juga sebagai lembaga adat lengkap dengan pemangku adatnya, sehingga nilai-nilai filosofi dan mitologi menyelubungi Keraton Yogyakarta. Bahkan di tahun 1995, kompleks Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat pernah masuk nominasi untuk dijadikan salah satu situs warisan dunia UNESCO.

 

Titik Nol Kilometer
dolanyok.com

Titik Nol Kilometer

Tak  sedikit  Orang  beranggapan  saat  ditanya  titik  nol  km  berada  di  Keraton  Jogjakarta,  ada  juga  yang mengatakan berada di Tugu Jogja atau Tugu Pal Putih, sebagian orang lain menganggap titik nol berada di  alun-alun  atau  bahkan  di  antara  dua  pohon  beringin  yang  berada  di  tengahnya.  Tetapi  semua anggapan  itu  salah  karena  letak  titik  nol  kilometer  ada  di  lintasan  antara  alun-alun  utara  hingga Ngejaman  di  ujung  selatan Malioboro.

Hingga akhirnya  sebuah papan  peringatan  resmi di  depan bekas bangunan seni sono menjadi petunjuk titik nol berada. Dulu  sekitar  tahun  70-an  hingga  80-an  di  tengah  perempatan  tersebut  terdapat  air  mancurkota  yang diperkirakan menjadi titik nol km, yang kebetulan kawasan ini adalah kawasan bersejarah. Pada kiri dan kanan terdapat bangunan-bangunan atau biasa disebut Loji yaitu bangunan tua peninggalan Belanda.

Titik Nol Kilometer2
cdn-image.hipwee.com

Di kawasan  ini  juga  menjadi  sentra  perekonomian  bagi  masyarakat  Yogyakarta  hal  itu  dikarenakan  faktor letaknya  yang  cukup  strategis.  Di  sekitar  kawasan  ini  banyak  ditemukan  aktivitas  ekonomi  masyarakat Yogyakarta  seperti pasar  Beringharjo,  jalan  Kyai  Ahmad  Dahlan  dan  juga  Jalan  Wijilan  yang  tak  pernah sepi  dari  pengunjung. Dan  di  malam  hari  berubah  menjadi  tempat  nongkrong  yang  asik  di  sepanjang trotoar  sekitar  perempatan  jalan  Jenderal  Ahmad  Yani  dan  Kyai  Haji  Ahmad  Dahlan.

Berbagai  macam komunitas   juga   menjadikan   tempat   ini   untuk   tempat   nongkrong,sembari   mencari inspirasi   dan mengekspresikan bakat yang dimiliki. Dan dan anda dapat menyaksikan konser musik di area Monumen Serangan Umum 1 Maret yang biasa diselenggarakan oleh masyarakat.

Baca Juga :  Wisata Baru Yang Populer Di Tahun 2020 Di Yogyakarta

 

Tugu Jogja
dejogjaadventure.com

Tugu Jogja

Tugu Jogja termasuk salah satu simbol bersejarah kota Jogja,dan juga memiliki beberapa fakta menarik mulai  dari  filosofi  hingga  bangunannya.  Tugu  Jogja  juga  memiliki  cerita  dan  juga  filosofi  yang  menarik untuk di ulas,serta muncul juga mitos yang mengatakan jika berfoto di Tugu Jogja maka suatu saat pasti akan kembali lagi.

Fakta-fakta Tugu Jogjaakan kami ulas seperti dibawah ini, Tugu Golong Gilig Di  zaman  Belanda,Tugu  Jogja  pernah  disebut  dengan  Tugu  Golong  Gilig  karena  pada  bagian  atas tugu tersebut berbentuk seperti bola. Yang semula tugu ini berbentuk silindris atau giligdan menyangga bola pejal  atau  golong  sehingga  diberi  nama  golong  gilig  yang  artinya  menyatukan  hubungan  antara  dua Kesultanan Jogja dengan rakyatnya.

Runtuh tahun 1867 Di  tahun  1867,Jogja  pernah  dilanda  gempa  hebat  dan  meruntuhkan  Tugu  Golong  Gilig.  Tugu  pun kembali dibangun pada zaman Sri Sultan Hamengku Buwono VIIpada 3 Oktober 1889. Tinggi Tugu berkurang Awalnya  Tugu  Golong  Gilig  atau  Tugu  Jogja  memiliki  tinggi  25  meter, dan  pada  saat  dibangun  kembali tingginya  punberkurang  sekitar  10  meter menjadi  15  meter  dan  diresmikan  oleh  Sri  Sultan  HamengkuBuwono VII.

Tugu Jogja2
4.bp.blogspot.com

Simbol bintang 6 sudut Tugu Pal Putih atau Tugu Jogja memiliki beberapa simbol danjuga tulisan dalam aksara Jawa, dan simbol yang  paling  terlihat  adalah  lambang  bintang  yang  memiliki  6  sudut.Tugu  Jogja  memiliki  bentuk  yang menyerupai  bintang  David,  di  bagian  ujung  Tugu  Jogja  memiliki  bentuk  seperti  tanduk  Seekor  kuda putih.

Miniatur Tugu Jogja Tugu  Jogja  merupakan icon  kota  Jogja  yang  menarik  para  pengrajin  untuk  membuat  miniatur  sebagai oleh-oleh  khas  jogjakarta. Jadi bagi Anda yang  mencari  oelh  oleh  khas  Jogja, miniatur  Tugu Jogja dapat mengobati kerinduan Anda dengan Yogyakarta.

 

Benteng Vredeburg2
eksotisjogja.com

Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg terletak tak jauh dari Malioboro, yang merupakan objek wisata edukasi yang sangat menarik untuk   dikunjungi.   Museum   inibangunannya   memiliki   sejarah   panjang   serta   seringkali digunakan  sebagai  latar  untuk  berfoto, dan  di  musium  ini  juga  menyajikan wisata  edukasi  berupa diorama.  Wisatawan  akan  diajak  berkeliling  di  ke  4  diorama  di  mana  sejarah  perjuangan  Indonesia  di masa  penjajahan  hingga  pasca  kemerdekaan  disajikan, Benteng  Vredeburg  juga  merupakan  saksi  bisu dari perjuangan negara Indonesia.

Museum  ini  dibangun  pada  tahun  1760  atas  perintah  Sri  Sultan  HamengkuBuwono  Ikarena  diminta diminta  oleh  pihak  Belanda.  Pada  awalnya  bentuk  benteng  Vredeburg  masih  sederhana,  hanya  berupa tembok  tanah  dengan  tiang  beratap  ilalang.  Di  tahun  1767–1867,Belanda  mengusulkan  untuk bangunan  benteng  dibuat  permanen  dan  diberi  nama Resterburg atau  benteng  peristirahatan.

Benteng Vredeburg
kebudayaan.kemdikbud.go.id

Dan ditahun  1867  setelah  gempa  yang  meruntuhkan  tembok  benteng  pun  direnovasi  dan  berganti  nama Vredeburg   atau   perdamaian.   Pada   zaman   dahulu   Benteng   Vredeburg   digunakan   sebagai   markas Komando hingga gudang senjata, benteng Ini juga pernah digunakan untuk penjara bagi orang Belanda, indo-Belanda  dan  politisi di  masa  kependudukan  Jepang.

Setelah  Merdeka  benteng  ini  sempat  diambil kembali  oleh  Belanda,tetapi  indonesia  pun merebut  dan  dikelola  APRI  atau  Angkatan PerangRepublik Indonesia.  Di  tahun  1987  Benteng  Vredeburg  dibuka  untuk  umum  masih  dalam  status  tanah  milik Keraton,  dan  Tahun  1992  Mendikbud  RI  mengesahkan  museum  Benteng  Vredeburg  sebagai  museum khusus perjuangan nasional hingga saat ini.

Baca Juga :  Inilah Candi Yang Hits Di Jogja Layak Untuk Dikunjungi

 

Pasar Beringharjo
gudeg.net

Pasar Beringharjo

Malioboro  bisa  dibilang  adalah  surganya  para  penggila  shopping,  karena  banyak  kita  dapat  temukan pertokoan, pedagang kaki lima hingga tempat wisata yang ada di Jalan Malioboro. Tetapi belum lengkap rasanya  jika  belum  berburu  oleh-oleh  di  pasar  yang  cukup  terkenal  yaitu  Pasar  Beringharjo,  yang merupakan pasar terbesar di Jogjakarta yang menjajakan berbagai produk khas Jogja.

Pasar Beringharjo3
cdn.medcom.id

Dulu  lokasi  Pasar  Beringharjo  hanya  berupa  hutan  pohon  beringin  yang  akhirnya  dijadikan  pusat perekonomian   warga   Yogyakarta,dan   didirikanpada   masa   kejayaan   Kesultanan   Ngayogyakarta Hadiningrat.  Nama  Pasar  Beringharjo  diberikan  oleh  Sultan  Hamengku Buwono  VIII pada  tahun  1925 yang  memiliki  makna “bering” adalah hutan beringin dan “harjo”adalah  kesejahteraan.

Di  tahun  2013 pasar   tradisional   terbesar   di   Jogjakarta   ini   sempat   mengharumkan   nama   Yogyakarta   karena mendapatkan  penghargaan  berskala  nasional  sebagai  pasar  tradisional  terbaik  nasional  yang  yang membuat Pasar Beringharjo semakin populer di kalangan wisatawan lokal bahkan mancanegara.

Seru  berada  di  Pasar  Beringharjo  yang  ramai  oleh  pengunjung, apalagi  di  pasar  ini  terdapat  berbagai macam  produk dengan  harga yang  sangat  menggoda. Saran paling  penting  adalah, prioritaskan belanja anda karena berada di pasar Bringharjo yakinlah bahwa anda akan lapar mata. Pasar  Beringharjo  terdiri  dari  4  lantai  yang  tersentralisasi.

Pasar Beringharjo2
bukalapak.com
Pasar Beringharjo4
sewamobiljogja.id

Di  lantai  1  banyak  terdapat  pedagang  batik. Beraneka macam jenis bahan dan motif batik tersedia di tempat ini dengan model  pakaian yang sangat variatif. Batik cap hingga batik tulis,mulai dari harga yang murah meriah hingga harga ratusan ribu ada di  lantai  1.  Selain  pedagang  batik, Anda  juga  dapat  menemui  banyak  penjual  aksesoris  hingga  pakaian adat Jogja seperti blangkon, baju surjan dan kain tenun. Tak ketinggalan penjual tas dan sepatu dengan motif batik serta souvenir juga ikut meramaikan pasar Beringharjo.

Pasar Beringharjo5
tagar.id

Di lantai 2 dua banyak terdapat aneka rempah-rempah dan bahan baku untuk membuat jamu, selain itu beraneka macam bahan baku makanan juga dijual di sini seperti beras,mie kering, kerupuk kering dan lain-lain.

Pasar Beringharjo6
cdn-2.tstatic.net

Pada lantai 3 Anda akan menemukan aneka barang-barang antik. Selain Pasar Kuncen, Pasar Beringharjo juga  terdapat  barang-barang antik yang  dapat  anda  temukan  seperti  mesin  ketik  tua,  hingga  jenis pedang  dan  keris  peninggalan  zaman  dahulu  yang  tentunya  sangat  diburu  oleh  para  kolektor  barang antik.

Pasar Beringharjo7
live.staticflickr.com

Di lantai 4 beraneka macam kerajinan tangan tradisional dapat anda temukan dengan harga dan kualitas yang  bervariasi  seperti  prabotan  dari  anyaman  bambu,  bunga  dari  tanaman  kering  dan  juga  aksesoris yang terbuat dari bahan bambu ataupun rotan. Beringharjo memang dipenuhi oleh pedagang pedagang yang menjajakan oleh-oleh khas tetapi kita tetap dapat menemukan beberapa penjual sayur mayur dan juga kebutuhan sehari-hari.

Check Also

jalanan Jogja

Objek Wisata Yang Instagramable Di Jogjakarta

Jogjakarta  adalah  salah  satu  kota  yang  tak  akan  habis  jika  kita  berbicara  tentang  wisata.  Yogyakarta …