Home / Kalimantan Timur / Destinasi Wisata Kutai Kartanegara Sebagai Calon Ibukota Baru
wisata Kukar
3.bp.blogspot.com

Destinasi Wisata Kutai Kartanegara Sebagai Calon Ibukota Baru

Kutai  Kartanegara  memiliki  alternatif  wisata  yang  cukup  beragam  mulai  dari  gunung,  hutan,  air  terjun, Pulau, Danau, sungai hingga pantai. Sejak Presiden Jokowi menggumumkan bahwa ibukota negara pindah ke wilayah Kalimantan Timur tepatnya di area dua Kabupaten yakni Kutai Kartanegara dan Paser Penajam Utara, wilayah ini mulai menjadi perhatian. Akses Menuju TenggarongKabupaten  Kutai  Kartanegara  berada  di  tengah-tengah  sehingga  tidak  akan  sulit  untuk  menunju  ke Kabupaten ini mulai dari Balikpapan maupun Samarinda yang merupakan kota besar di Kalimantan Timur.

Transportasi udara sudah cukup memadai, bahkan berbagai penerbangan telah dilayani untuk menuju ke bandara  Sepinggan  di  Balikpapan  yang  menjadi  pintu  masuk  utama  wisatawan  ke  Provinsi  Kalimantan Timur. Terdapat beberapa pilihan rute penerbangan yang bisa langsung menuju ke Balikpapan mulai dari Surabaya,   Jakarta,   Yogyakarta,   Denpasar,   Palu,   Manado   bahkan   penerbangan   internasional   dari Singapura.

Jika  melalui  jalan  darat,  maka  wisatawan  dapat  dengan  mudah  menuju  ke  Tenggarong  menggunakan kendaraan umum seperti bis atau kendaraan charter ( taxi ) menuju ke Tenggarong, yang memakan waktu 2,5  jam  hingga 3  jam. Jika berangkat  dari  Samarinda  menggunakan  kendaraan umum  untuk menuju ke Tenggarong, dapat melalui Lojanan atau jembatan Kutai Kartanegara yang hanya memakan waktu sekitar 30 menit.

 

wisata Kutai
ghanesagroup.co.id

Wisata di Kutai Kartanegara

Sejak Presiden Jokowi memutuskan akan memindahkan ibu kota Negara ke wilayah ini, sejak saat itu juga wilayah  ini  menjadi  perhatian,  terutama potensi  wisata  yang  dimiliki.  Kutai  Kartanegara  juga  memiliki beberapa  objek  wisata  yang  dapat  menjadi  magnet  wisatawan,dan  pemerintah  terus  menggali  wisata yang  ada  di  wilayah  ini.  Dan  berikut  ini  adalah  beberapa  lokasi  wisata  yang  dapat  kamu  kunjungi  saat berada di Kalimantan Timur, khususnya Kabupaten Kutai Kartanegara.

 

Bukit Bangkirai
visitmyborneo.com

1. Bukit Bangkirai

Berada di Bukit Bengkirai, kamu akan menjumpai pemandangan yang luar biasa. Area seluas sekitar 1.500 hektare  ini  di  tumbuhi  pohon  berbagai  jenis,  hanya  saja  didominasi  dengan  pohon  bengkirai  yang  bisa mencapai ketinggian hingga 40-50 meter, dengan diameter 2,3 meter dan berusia hingga 150 tahun. Bukit ini juga dijadikan sarana edukasi dan objek penelitian, tak jarang ada anak sekolah atau mahasiswa yang datang kesini untuk melakukan pembelajaran.

Bukit Bengkirai jugamenjadi tempat tinggal beberapa hewan  liar.  Bukit  Bengkirai  juga  berfungsi  sebagai  hutan  konservasi  untuk  mengembangkan  monumen hutan alam tropika basah. Atraksi   yang   menjadi   favorit   di   tempat   ini   adalah   canopy   bridge   yaitu   sebuah   jembatan   yang menghubungkan satu  pohon ke  pohon  lainnya. Bisa dikatakan  jembatan  ini  semacam  menara  pandang raksasa.

Jika penasaran dengan lokasi wisata ini, kamu bis datang ke Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara yang dibuka setiap hari, mulai pukul 07.30-17.00. dan untuk bisa masuk ke lokasi wisata ini, kamu akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 3.500, dan tiket naik canopy bridge Rp 20.000.

 

Pantai Ambalat Samboja
borneo24.com

2. Pantai Ambalat Samboja

Pantai Ambalat atau kepanjangan dari Amborawang Laut memiliki keindahan pantai yang berpadu dengan pohon pohon pinus yang tumbuh sepanjang 7 km.menjadi sebuah perpaduan alam yang sangat indah. Pantai ini memiliki luas sekitar 3 km2 dari ujung timur ke ujung barat. Pantai ambalat memiliki kontur yang cukup landai dengan hamparan pasir yang berwarna kecoklatan dan berbatasan  langsung  dengan  pantai  Teritip  Balikpapan  hingga  Tanjung  Samboja.  Tak  jarang  wisatawan datang untuk menikmati pantai ini dengan mengisi kegiatan seperti bermain bola, bersepeda, bermain di pinggir pantai atau sekedar menikmati angin khas pantai yang bertiup.

Selain  disiang  hari,  kamu  juga  dapat  menikmati  kesejukkan  pantai  ini  di  malam  hari,  dimana  di  sekitar pantai telah tersedia rumah pantai yang mirip cottages, namun masih dalam jumlah yang sedikit. Lokasi wisata  tersembunyi  ini  berada  di  Kelurahan  Amborawang  Laut,  Kecamatan  Samboja,  Kabupaten  Kutai Kertanegara. Pantai ini buka setiap hari dengan tiket masuk Rp 15.00 untu satu mobil.

 

Museum Mulawarman
upload.wikimedia.org

3. Museum Mulawarman

Museum Mulawarman menjadi objek untuk melesatrikan peradaban agung masa lalu untuk dikenalkan pada  generasi  muda.  Museum  Mulawarman  adalah  bangunan  istana  peninggalan  sejarah  dari  raja-raja Kutai Kartanegara. Kerajaan Kutai Kartanegara ini berdiri pada tahun 1932 oleh Pemerintah Belanda, lalu di tahun 1935 Belanda menyerahkan keraton tersebut kepada Sultan Adji Muhammad Parikesit.

Fungsi kerajaan Mulawarman ini berakhir pada 25 November 1971 saat diserahkan kepada pemerintah daerah, dan oleh pemerintah daerah di  serahkan ke pemerintah nasional untuk dijadikan cagar budaya destinasi wisata. Sedangkan untuk Sultan, kini telah tinggal di Balai Kedaton tempat kediaman Sultan adjie Muhammad Salehuddin II sebagai raja Kutai pada tahun 2002.Daya tarik museum ini ada pada arsitektur gedungnya yang mengadopsiarsitektur tradisional  suku Dayak yang ada di Kutai. Pada pintu gerbang terdapat patung yang berbentuk ular lembuh, pesut dan buaya dan patung  ini  mempercantik  sekitar  museum.

Museum Mulawarman2
rizkykertanegara.files.wordpress.com

Pada  halaman  depanmuseum  juga  terdapat  patung  lembu swanayang menjadi lambang kerajaan Kutai Kartanegara. Museum  Mulawarman  memiliki koleksi  sekitar  5.373nbenda  bersejarah,  dimana  benda  benda  tersebut ada yang terbuat dari kulit, kayu, kulit kayu, kain, kuningan, besi dan lain lain. Banyaknya koleksi benda bersejarah di museum ini membuat museum ini menjadi museum terlengkap di indonesia. Koleksi yang paling  poipuler  di  museum  ini  adalah Singgasana  rajayang  terbuat  dari kayu, yang  dibuat  dengan  gaya Eropa dan dibuat oleh Ir. Vender Lube yang berkebangsaan Belanda pada tahun 1935.

Baca Juga :  Ini Dia Rekomendasi Wisata Kota Langsa Paling Menarik yang Wajib Kamu Kunjungi!

 

Borneo Orangutan Survival2
img.jakpost.net

4. Borneo Orangutan Survival

Borneo Orangutan Survival merupakan daya  tarik wisata di Kutai Kartanegara, di  mana wisata ini tidak akan  kamu  temukan  di  tempat  lain  di  Indonesia  bahkan  hingga  ke  penjuru  dunia.  Borneo  Orangutan Survival  adalah  sebuah  organisasi  yang  bertujuan  untuk  melestarikan  orangutan  yang  memang  saat ini keberadaannya  semakin  berkurang.  Organisasi  ini  telah  berhasil  menyelamatkan  dan  merehabilitasi hewan  langka  ini  lebih  dari  1000  orang  utan  dari  berbagai  ancaman  kepunahan  yang  sebagian  besar disebabkan oleh manusia.

Borneo Orangutan Survival
borneotourgigant.com

Samboja menjadi tempat perlindungan satwa liar terutama bagi orang utan dan beruang madu, di mana kedua binatang yang hampir punah ini tidak dapat di lepaskan secara liar ke alam karena faktor penyakit usia yang sudah tua atau cacat. Wisata Kutai Kartanegara ini menawarkan daya tarik wisata yang cukup unik, di mana wisatawan bisa ikut langsung proses reintroduksi atau dilepaskannya orang hutan kembali ke habitat asalnya. Paket wisata ini tak hanya menjadi rekreasi saja,namun juga memberikan pengalaman serta pengetahuan tentang  program  rehabilitasi satwa.

Kamu  dapat  membuktikan  sendiri  wisata  yang  satu  ini  ke  Jalan Balikpapan–Handil,Km  44,  Margomulyo,Kecamatan  Samboja,Kabupaten  Kutai  Kartanegara.  Jam operasional  wisata  ini  dimulai  dari  pukul  8  hingga  pukul  15  sore  dengan  biaya  tiket  masuk  sebesar rp550.000. Cukup mahal, namun pengalaman serta pengetahuan yang kamu dapatkan menjadi tak ternilai dibandingkan dengan an biaya untuk masuk ke lokasi ini.

 

Museum Kayu
sukanyasar.com

5. Museum Kayu

Museum  kayu  yang  terletak  di  Kutai  Kartanegara  ini  bernama  museum  Tuah Himba,di  mana  museum yang dibangun pada tahun 1990 an ini menggunakan bahan kayu sebagai bahan dasarnya. Museum kayu  ini  memiliki  semboyan  Tuah  Himba  Untung  Langgong  yang  dalam  bahasa  Indonesia  adalah  menjaga kekayaan  hutan  dan  alam untuk  mendapatkan  manfaat  yang  Langgeng  dan  lancar.  Museum  kayu  ini memiliki beberapa koleksi seperti kerajinan Kutai berbahan rotan yang berupa lemari kursi,lampu,tempat tidur.

Tak  ketinggalan  juga  ada  kerajinan  Dayak  seperti  anjat,  mandau,  ukiran  Dayak  yang  terbuat  dari kayu ulin,miniatur rumah khas Dayak. Kamu juga dapat melihat jenis-jenis kayu hutan daerah Kutai Kartanegara 200 buah, 200 buah jenis-jenis daun  kayu  yang  sudah  dikeringkan,  biji-bijian,  potongan  log  atau  batang  pohon  yang  ada  di  hutan Kalimantan. Museumini juga menyimpan koleksi buaya muara yang diawetkan dan kepiting pemakan Sari kelapa.

Jadi saat kamu berada di Kutai Kartanegara jangan lewatkan untuk mengunjungi museum kayu yang berada di Jalan  Anggana,  Panji,  kota  Tenggarong,  Ibukota  Kabupaten  Kutai Kartanegara  yang  mulai  dibuka  setiap hari pukul 8.00sampai pukul jam 17.00dengan cukup membayar Rp5.000 untuk bisa menikmati koleksi museum kayu.

Baca Juga :  Cinderamata Khas Kalimantan Yang Wajib Dibawa Pulang Sebagai Oleh-oleh

 

Pulau Kumala
res.cloudinary.com

6. Pulau Kumala

Pulau  Kumala  adalah  sebuah  pulau  kecil  yang  berada  di  tengah  sungai  Mahakam  yang  melintasi  kota Tenggarong. Pulau Kumala memiliki luas lahan ke besar 76 hektar yang kini menjadi daya tarik wisata kota Tenggarong.  Pulau  Kumala  berbentuk  mirip  Perahu  yang  membelah  arus  sungai  Jika  dilihat  dari  udara.

Untuk menuju ke Pulau Kumala,pengunjung dapat melalui jembatan repo-repo di mana pada beberapa tempat  disediakan  tempat  duduk  untuk  memasang  gembok  cinta  yang  dalam bahasa  lokal  gembok disebut repo, karena itulah jembatan ini diberinama repo-repo. Terdapat  berbagai  objek menarik di  Pulau  Kumala seperti bersepeda, dan beberapa  tempat  permainan anak-anak.  Kamu  juga  dapat  melihat  patung  raksasa  Lembuswana  yang  merupakan  lambang  Kerajaan Kutai di masa lalu, selain itu di dalam kawasan Pulau Kumala juga terdapat candi pura Pasak yaitu sebuah bangunan bercorak Hindu yang menjadi agama masyarakat Dayak sebagian.

Pulau Kumala2
upload.wikimedia.org

Kamu juga dapat masuk ke rumah Lamin yang juga berfungsi sebagai pusat informasi kebudayaan Dayak. Objek wisata Pulau Kumala ini berada di Jalan Kyai Haji Ahmad Muksin, Timbau,Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, kamu bisa datang setiap hari mulai dari jam 8 Hingga jam 6 sore dengan harga tiket Rp7.000 per orang.

 

Ladaya
3.bp.blogspot.com

7. Ladaya

Ladaya adalah sebuah objek wisata yang sebenarnya bernama Ladang Budaya dan baru dibuka Juni 2015. Objek wisata Ladaya terdapat berbagai wahana menarik seperti outbond, mini zoo, paint ball, aula hingga Rumah Odah Rehat yaitu sebuah penginapan. Mini  zoo  di  Ladaya  berisi  koleksi  hewan  khas  Kalimantan  Timur  yang  jarang  kita  temui  di  tempat  lain seperti burung enggang, uwa uwa,burung merak, beruang madu, dan masih banyak lagi jenis binatang lainnya.

Selain mini zoo, lokasi wisata Ladaya juga menawarkan sebuah permainan yang menguji adrenalin seperti flying fox, atau ingin mencoba tantangan lain seperti berjalan di atas papan dengan ketinggian 4 meter. Masih  ada permainan lain  lagi  yang  menantang  adrenalinmu  seperti  menyusuri titian diatas  tali yang terbuat dari baja.Permainan yang tak hanya bisa dimainkan oleh orang dewasa ini, tetpi anak anak juga bisa mencobanya, berada di Jl. H. Bahrin Semen Kelurahan Mangkurawang, Kabupaten Kutai Kartanegara. Wisata ini dibuka tiap hari mulai jam 09.00 –18.00 dengan biaya masuk Rp 10.000per orang.

 

Itulah  informasi  tentang  beberapa  objek  wisata  yang  bisa  kamu  jadikan  pilihan  untuk  mengisi liburan bersama  keluarga  atau  saudara  terdekat.  Mulai  dari  wisata  alam,  edukasi,  sejarah  dan  budaya  semua lengkap  kamu  dapatkan  di  Kutai  Kartanegara  ini.  Pemerintah  daerah  terus  mengembangkan  potensi wisata yang ada di Kutai Kartanegara, apalagi sejak Presiden Jokowi akan memindahkan Ibukota negara ke wilayah ini.

Check Also

pesona lokal indonesia yang mendunia

3 Pesona Wisata Lokal Yang Mendunia Hingga Saat Ini

Jika ingin wisata Anda menyenangkan sebenarnya tak perlu harus ke luar negeri untuk mencari keindahan …