Home / Jawa Timur / Hutan Pinus Kare Madiun, Objek Wisata dengan Beragam Spot Foto Menarik di Madiun
Hutan Pinus Kare Madiun

Hutan Pinus Kare Madiun, Objek Wisata dengan Beragam Spot Foto Menarik di Madiun

Wisata yang bernuasakan hutan pinus kini memang menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat hits di Indonesia. Hampir setiap daerah di Indonesia yang menyajikan destinasi wisata bernuansa hutan pinus ini. Begitu pula dengan kota Madiun. Madiun merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang juga menyuguhkan panorama alam berupa hutan pinus yang bernama Hutan Pinus Nongko Ijo. Kebanyakan masyarakat sekitar sering menyebutnya dengan nama Hutan Pinus Kare Madiun. Sering disebut begitu karena lokasinya di Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Lokasinya memang cukup strategis karena masih berada di tengah-tengah kota, tak heran jika setiap hari objek wisata ini selalu dipenuh para wisatawan entah itu yang berasal dari dalam kota, ataupun luar kota. Ingin tahu lebuh lanjut mengenai objek wisata yang satu ini? Langsung saja simak penjelasan di bawah ini.

Asal Mula Dinamakan Hutan Pinus Nongko Ijo

Hutan pinus yang satu ini sejatinya terletak di kaki Gunung Wilis yang sejak 1981 sudah mulai ditanami pepohinan. Awalnya tempat ini dijadikan sebagai Hutan Lindung. Namun akhirnya berubah nama menjadi Hutan Pinus Nongko Ijo. Dinamakan Nongko Ijo karena ada yang melihat pohon nangka hijau besar tumbuh di sekitar hutan pinus. Dari situ lah asal mula dinamakan Hutan Pinus Nongko Ijo.

Daya Tarik  Hutan Pinus Nongko Ijo

Pepohonan pinus menjadi daya tarik utama tersendiri bagi pengunjung  yang berkunjung ke objek wisata yang satu ini. Panorama alam yang indah membuat tempat ini sangat cocok sebagai spot foto maupun selfie bagi para pengunjung di semua kalangan entah itu anak-anak, remaja, ataupun orang dewasa. Banyak pula fotografer yang rela berkunjung kesini dengan tujuan menambah koleksi fotonya. Sama halnya dengan salah satu Hutan Pinus Lumajang yaitu Hutan Pinus Penanggal, Hutan Pinus Nongko Ijo juga sering dijadikan sebagai spot foto prewedding. Tidak sedikit calon pengantin yang mengadakan sesi foto prawedding tentunya dengan latar berfoto deretan pohon pinus yang membuat hasil foto terkesan eksotis dan romantis. Nah yang menarik lainnya ialah di bawah lokasi hutan pinus ini terdapat dua mata air sungai yang saling bertemu satu sama lain sehingga bersatu  menjadi satu sungai, yaitu sungai catur dan sungai juweh. Hutan Pinus Nongko Ijo juga termasuk ke dalam tempat bersejarah di Jawa Timur sebab  di kawasan hutan pinus terdapat sebuah bendungan yang merupakan peninggalan pada masa penjajahan Belanda. Bendungan ini lah yang menjadi sumber kebutuhan air masyarkat yang tinggal di sekitaran hutan.

Baca Juga :  Tempat Wisata Di 3 Kabupaten Di Bali Ini Sanggup Menghilangkan Kepenatanmu

Fasilitas yang Tersedia di Hutan Pinus Nongko Ijo

Hutan Pinus Nongko Ijo kini dilengkapi fasilitas yang lengkap dan nyaman. Terdapat area parkir yang berjarak sekitar 100 meter dari lokasi wisata hutan pinus. Disediakan juga kamar mandi yang bisa digunakan semua pengunjung. Kalau merasa lapar, jangan khawatir sebab di kawasan hutan pinus terdapat banyak warung makan dan minum. Jika belum merasa puas menikmati keindahan alam Hutan Pinus Nongko Ijo, tidak ada salahnya mencoba berkemah di tempat khusus yang disediakan untuk berkemah. Fasilitas spot foto yang ada disini berupa ayunan, gardu pandang, rumah pohon, latar pepohonan pinus, sampai figura-figura foto. Bagi pengunjung yang merasa lelah, bisa mengistirhatkan diri dengan duduk di kursi-kursi kayu yang disediakan pihak pengelola.

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Nongko Ijo

Untuk bisa menikmati keindahan alam Hutan Pinus Nongko Ijo , setiap pengunjung diwajibkan membayar tiket masuk seharga Rp2.000 saja. Dengan harga segitu, kamu suda bisa menikmati pesona alam Hutan Pinus Kare Madiun ini. Untuk biaya parkir kendaraan roda dua dikenakan tarif sebesar Rp3.000 sedangkan kendaraan roda empat dikenakan tarif sebesar Rp5.000.

Jam buka Hutan Pinus Nongko Ijo

Objek wisata Hutan Pinus Nongko Ijo buka setiap harinya mulai pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore. Waktu terbaik berkunjung kesini ialah  pada waktu pagi dan sore hari sebab hawa pada saat itu terasa sejuk.

Rute Menuju Hutan Pinus Nongko Ijo

Jika dari pusat kota Madiun, perjalanan menuju lokasi wisata bisa menghabiskan waktu perjalanan sekitar 40 menit. Di perjalanan, kamu tak akan merasa bosan sebab di kiri dan kanan jalan matamu akan dimanjakan dengan pemandangan hijau berupa hamparan sawah. Ketika sudah sampai di Desa Kare, kamu akan menemukan pentunjuk jalan yang akan membawamu menuju lokasi objek wisata Hutan Pinus Nongko Ijo. Jika masih bingung, kamu bisa meminta bantuan penduduk sekitar.

Sekian infromasi menarik mengenai objek wisata Hutan Pinus Nongko Ijo atau biasa disebut dengan Hutan Pinus Kare Madiun. Tertarik berkunjung kesini? Jika iya, atur jadwal berkunjungmu sebaik-baiknya ya! Selamat liburan teman-teman!

Check Also

wisata jawa tengah

9 Destinasi Wisata Favorit Semarang Jawa Tengah yang Lagi Hits dan Sayang Kalau Dilewatkan!

Destinasi wisata favorit Semarang Jawa Tengah yang lagi hitstentunya membuat banyak orang  tertarik  untuk  mengunjungi  …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *