Info Lengkap Air Terjun Bidadari Palembang Tempat Wisata Dengan Sejuta Pesona

Info Lengkap Air Terjun Bidadari Palembang, Tempat Wisata Dengan Sejuta Pesona!

Mengunjungi objek wisata alam memang memberikan kesan tersendiri pada saat liburan. Selain dapat menikmati keindahan alam, kita juga dapat mengenal lebih jauh mengenai alam bebas yang tidak bisa kita temukan pada hari-hari biasa.

Bagi kamu yang ingin mencoba mengunjungi objek wisata alam, kamu dapat mengunjungi Provinsi Sumatera Selatan yang memiliki keindahan alam yang tidak dapat kamu temukan di daerah lain. Sumatera Selatan merupakan provinsi yang terdiri dari 11 kabupaten dan 4 kota, dengan banyaknya kota dan kabupaten yang terdapat di provinsi tersebut tentunya juga terdapat banyak tempat wisata yang dapat kamu kunjungi disana.

Salah satu tempat wisata alam di Sumatera Selatan yang menyajikan keindahan alam yang luar biasa adalah Air Terjun Bidadari. Air terjun ini merupakan salah satu air terjun yang sudah banyak dikunjungi oleh para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Jadi, bagi kamu yang memiliki rencana berlibur ke Sumatera Selatan tepatnya Kota Palembang, wajib banget mengunjungi Air Terjun Bidadari ini. Tetapi, Sebelum mengunjungi tempat wisata tersebut, terdapat beberapa informasi yang perlu kamu ketahui, seperti dibawah ini.

Alamat lengkap wisata Air Terjun Bidadari

Air Terjun Bidadari atau bisa juga disebut Air Terjun Ayek Asam terletak di Desa Karang Dlam, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat, Palembang, Sumatera Selatan. Jarak yang harus kamu tempuh apabila ingin menuju tempat wisata ini sekitar 231 Km dari Kota Palembang.

Walaupun menempuh jarak yang cukup jauh, rasa lelah selama perjalanan menuju lokasi air terjun akan terbayarkan ketika kamu sudah melihat keindahan alam Air Terjun Bidadari ini.

Akses menuju Air Terjun Bidadari

Untuk menuju Air terjun bidadari kamu dapat menggunakan kendaraan umum seperti bis atau travel dari kota Palembang menuju Lahat di terminal Karyajaya Palembang kemudian turun di Desa Karang Dalam.

Jika kamu menggunakan kendaraan bis maka kamu perlu menempuh waktu kurang lebih 7 jam perjalanan untuk sampai di lokasi.

Selain dapat menggunakan kendaraan umum seperti bus atau travel, kamu juga dapat menggunakan transportasi kereta api dengan rute Palembang – Lahat melalui stasiun Kertapati Palembang dengan waktu tempuh kurang lebih 6 jam perjalanan.

Ketika kamu sudah sampai di kota Lahat kamu harus menaiki bis lagi untuk menuju ke Pagaralam kemudian turun di Desa Karang Dalam.

Dari Desa Karang dalam, kamu harus berjalan kaki melewati Jalan setapak serta perkebunan karet dan kopi milik penduduk dengan waktu tempuh kurang lebih 45 menit untuk sampai di lokasi.

Selama melakukan perjalanan dari Desa Karang Dalam menuju lokasi Air Terjun Bidadari, kamu tidak perlu khawatir akan tersesat karena ada warga setempat yang akan menjadi pemandu wisata yang sangat baik bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi Air Terjun Bidadari.

Baca Juga :  Informasi Lengkap Wisata Taman Hutan Punti Kayu Palembang Yang Wajib Kamu Kunjungi!

Harga tiket masuk dan jam operasional Air Terjun Bidadari

Untuk memasuki wisata Air Terjun Bidadari, para pengunjung diharuskan membayar tiket masuk sebesar Rp. 5000/orang. Harga ini tentunya cukup terjangkau untuk menikmati keindahan alam yang mempesona tersebut.

Sedangkan untuk jam operasi Air Terjun Bidadari, air terjun ini beroperasi mulai pukul 08.00 sampai dengan 17.00 WIB. Untuk mengunjungi air terjun ini, sebaiknya kamu memulai keberangkatan pada pagi hari agar dapat bermain di tempat wisata ini lebih puas.

Daya tarik Air Terjun Bidadari

Air terjun Bidadari biasa disebut Air Terju Ayek Asem oleh warga yang menetap disekitar lokasi air terjun ini. Air yang mengalir di Air Terjun Bidadari ini bermuara menuju Sungai Lematang.

Air Terjun Bidadari merupakan air terjun paling tinggi di aliran Sungai Asam dengan ketinggian mencapai 30 meter dengan lebar atas kurang lebih 10 meter dan lebar bawah kurang lebih 15 meter.

Air terjun ini dinamai Air Terjun Bidadari bukans serta merta tanpa alasan. Terdapat beberapa kepercayaan yang mengatakan bahwa air terjun ini merupakan tempat mandinya para bidadari. Tetapi, terlepas dari kepercayaan tersebut, air terjun ini memang memiliki keindahan yang menyejukkan mata.

Di sekitar lokasi Air Terjun Bidadari, kamu juga dapat menemukan 3 air terjun lainnya seperti Air Terjun Bujang Gadis yang berjarak 30 meter dibawah Air Terjun Bidadari dengan ketinggian 4 meter, kemudian ada Air Terjun Sumbing yang terletak dibawah Air Terjun Bujang Gadis dengan jarak kurang lebih 80 meter dengan ketinggian kurang leibh 35 meter. Yang terakhir ada Air Terjun Naga yang berjarak sekitar 50 meter dari Air Terjun Sumbing dengan ketinggian mencapai 10 meter.

Air Terjun Bidadari tentunya memiliki daya tarik tersendiri yang tidak bisa kamu temukan di lokasi lainnya. Di Air Terjun Bidadari ini, para pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang luar biasa sembari menyegarkan tubuh dengan berenang atau berendam di danau yang terletak di bawah Air Terjun Bidadari. Kamu juga dapat menemukan batu koral disekitaran danau yang tertata secara alami.

Air Terjun Bidadari ini sangat cocok bagi kamu yang ingin menenangkan diri dari hiruk-pikuk kota karena air terjun ini memiliki suasana alam yang masih asri serta suasananya yang mampu menyejukkan hati para pengunjungnya.

Karena memiliki pesona alam yang sangat indah, Air Terjun Bidadari disebut-sebut sebagai bidadari-nya Sumatera Selatan. Di air terjun ini, kamu juga dapat melakukan aktivitas berfoto-foto untuk mengabadikan moment liburanmu dengan background pemandangan alam yang sangat indah serta adanya hamparan bebatuan yang tersusun rapi secara alami menjadikan tempat ini sangat cocok untuk dijadikan spot selfie yang keren dan unik.

Waktu terbaik untuk mengunjungi air terjun ini adalah pada saat musim panas. Pasalnya, apabila kamu mengunjungi air terjun ini pada saat musim hujan, pemandangan alam yang tersedia tidak terlalu nampak karena tertutup oleh kabut disekitar lokasi. Selain itu, debit air terjun juga menjadi lebih deras daripada hari-hari biasanya sehingga akan sulit bagi kamu jika ingin berenang didanau yang terletak dibawah Air Terjun Bidadari ini.

Dengan semua daya tarik yang telah disebutkan diatas, tak heran jika banyak pengunjung yang tertarik mengunjungi Air Terjun Bidadari ini.

Baca Juga :  10 Destinasi Wisata Sabang Terkeren yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Berlibur ke Kota Sabang

Tips mengunjungi Air Terjun Bidadari

Bagi kamu yang ingin mengunjungi air terjun ini, terdapat beberapa tips yang dapat kamu terapkan yaitu:

  1. Membawa bekal atau makanan ringan dari rumah karena tidak adanya warung makan di lokasi air terjun ini
  2. Jangan membuang sampah sembarangan
  3. Membawa baju ganti
  4. Berangkat ketika cuaca cerah
  5. Jika tidak ingin membawa baju ganti, kamu dapat membawa payung atau jas hujan
  6. Berangkat pagi hari

Itulah tadi beberapa informasi yang perlu kamu ketahui sebelum mengunjungi Air Terjun Bidadari, jangan lupa untuk selalu menjaga etika dan sopan satun kita saat mengunjungi daerah orang lain. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

Check Also

pesona lokal indonesia yang mendunia

3 Pesona Wisata Lokal Yang Mendunia Hingga Saat Ini

Jika ingin wisata Anda menyenangkan sebenarnya tak perlu harus ke luar negeri untuk mencari keindahan …