Home / Jawa Barat / Info lengkap tempat wisata Ranca Upas Ciwidey Bandung yang wajib dikunjungi!
wisata Bandung
i0.wp.com

Info lengkap tempat wisata Ranca Upas Ciwidey Bandung yang wajib dikunjungi!

Bandung  merupakan  salah  satu  kota  di  Negara  Indonesia  yang  banyak  menarik perhatian  para  wisatawan  baik  wisatawan  lokal  maupun  wisatwan  asing  karena keunikan kota, budaya, kuliner serta tempat wisata yang tersedia di kota tersebut.

Ranca Upas2
gsuseno.files.wordpress.com

Berbicara mengenai tempat wisata yang berada di Kota Bandung tentu tidak akan ada habisnya. Pasalanya, kota yang biasa dijuluki Kota Kembang ini memiliki banyak sekali destinasi wisata unik yang tidak dapat kamu temukan di daerah lainnya. Salah  satu  destinasi  wisata  di  Kota  Bandung  yang  selalu  ramai  dikunjungi  oleh para pengunjung adalah Ranca Upas.

Ranca Upas merupakan salah satu tempat wisata populer yang terkenal dengan kawasan Kampung Cin RancaUpas nya. Tempat wisata ini  juga  menjadi  salah  satu  tempat  wisata  favorit  para  pecinta  alam  karena  menjadi salah satu Bumi Perkemahan di Kota Bandung. Nah  bagi  kamu  yang  tertarik  mengunjungi  tempat  wisata  ini,  berikut  beberapa informasi penting yang perlukamu ketahui mengenai tempat wisata Ranca Upas.

 

Ranca upas4 1
media.guideku.com

Lokasi wisata Ranca Upas

Tempat wisata Ranca Upas terletak di Jalan Raya Ciwidey -Patengan No. KM 11, Ds Alam Endah, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Tempat  wisata  ini  terletak  di  Bandung Selatan  dan  berada  pada  ketingian  1700 meter  diatas  permukaan  laut.  Maka  tak  heran  jika  suhu  udara  ditempat  wisata  ini sangat  dingin  dan  juga  sejuk.  Suhu  udara  ditempat  wisata  ini  bisa  mencapai  17oC sampai  dengan  20oC  pada  siang  hari.  Sedangkan  pada  malam hari,  suhu  udara ditempat wisata ini bisa mencapi 0oC.

 

Rute menuju wisata Ranca Upas

Untuk mengunjungi tempat wisata ini, kamu harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 2 jam dari pusat Kota Bandung. Rute yang paling mudah untuk menuju tempat  wisata  Ranca  Upas  jika  menggunakan  kendaraan  pribadi  adalah  dari  Jalan Selatan Bandung kemudian menuju Soreang dan selanjutnya menuju arah Ciwidey.

Kawasan wisata Ranca Upas letaknya tidak jauh dari wisata Situ Patenggang dan juga wisata Kawah Putih. Jarak wisata Ranca Upas dengan 2 kawasan wisata tersebut sejauh kurang lebih 6 Km. Sedangkan bagi kamu yang menggunakan kendaraan umum, kamu dapat turun di Terminal Bus Leuwipanjang kemudian naik lagi bus jurusan Ciwidey. Setelah tiba di Terminal Ciwidey, kamu  dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkot menuju Kampung Cai Ranca Upas.

 

ranca upas 1
asset.winnetnews.com

Harga tiket masuk wisata Ranca Upas

Untuk memasuki tempat wisata ini, para pengunjung diharuskan membayar biaya tiket   masuk   sebesar   Rp.   15.000/orang.   Kemudian   para   pengunjung   juga   harus membayar  biaya  parkir  sebesar  Rp.  2.000  bagi  kendaraan  roda  2,  Rp.  5.000  bagi kendaraan roda 4 dan Rp. 20.000 bagi kendaraan roda 6. Perlu  diketahui  bahwa  biaya  tiket  masuk  tersebut  belum  termasuk  dengan  biaya untuk menikmati wahana atau fasilitas wisata yang tersedia didalamnya.

 

Jam operasional wisata Ranca Upas

Tempat wisata ini beroperasi setiap hari dan dapat diakses kapanpun untuk umum selama 24 jam penuh setiap harinya.

 

Fasilitas wisata yang tersedia di wisata Ranca Upas

Wisata Ranca Upas merupakan tempat wisata yang dibuat dengan konsep wisata terpadu   dan   telah   dilengkapi   dengan   berbagai   macam   fasilitas   sampai   dengan akomodasi wisata yang dapat memanjakan para pengunjungnya. Berikut  beberapa  fasilitas  yang  tersedia  di  wisata  Ranca  Upas yang  dapat  kamu nikmati.

 

penangkaran rusa ranca upas
cdn1-production-assets-kly.akamaized.net

1.Penangkaran rusa Ranca Upas

Fasilitas  wisata  pertama  yang  dapat  kamu  nikmati  di  wisata  Ranca  Upas  adalah fasilitas pusat konversi satwa langka rusa. Ditempat wisata ini, para pengunjung dapat melihat dengan jelas serta berinteraksi langsung dengan rusa seperti memberi makan rusa-rusa tersebut.Di  penangkaran  rusa  ini,  para  pengunjung  dapat  melihat  binatang  rusa  yang jumlahnya  ratusan  dan  hidup  secara  bebas  serta  berkembang  biak  secara  alami  di habitat aslinya ini.

Cara yang  dapat  kamu  lakukan  untuk  mendekati  rusa-rusa  yang  berada  di kawasan wisata Ranca Upas yaitu dengan menyodorkan makanan langsung dihadapan mukanya atau dengan menarik ulur makanan tersebut agar rusa tersebut tertarik, Untuk memasuki fasilitas wisata ini para pengunjung tidak perlu membayar biaya tiket  masuk  tetapi  jika  kamu  ingin  memberi  makan  rusa-rusa  tersebut  kamu  perlu membeli wortel dengan harga Rp. 5.000.

 

Ranca Upas
lh3.googleusercontent.com

2.Ranca Upas Smart Camp Adventure

Seperti  yang  telah  disebutkan  sebelumnya  bahwa  Ranca  Upas biasa  dikenal sebagai  Bumi  Perkemahan  favorit  para  wisatawan  di  Kota  Bandung.  Tempat  wisata ini  memiliki  area  camping  yang  sangat  luas  bahkan  bisa  dimasuki  oleh  peserta camping hingga mencapai 10.000 orang lebih.

Bagi kamu yang tertarik untuk melakukan aktivitas camping ditempat wisata ini, kamu tidak perlu repot-repot membawa peralatan camping dari rumah karena tempat wisata  ini  menyediakan  layanan  tempat  sewa  tenda  camping  serta  perlengkapan kemah lainnya dengan harga sewa yang terjangkau seperti:

1.Tenda Dome (kapasitas 5-7 orang) -Rp. 300.000

2.Tenda Charly (kapasitas 2-3 orang) -Rp. 150.000

3.Tenda Vango (kapasitas 10 orang) -Rp. 350.000

4.Tenda Roovi (kapasitas 12 orang) -Rp. 350.000

5.Tenda Regu (kapasitas 20 orang) -Rp. 350.000

6.Tenda Peleton (kapasitas 40orang) -Rp. 600.000

7.Tenda Pesta -Rp. 600.000

8.Tenda Panggung -Rp. 700.000

9.Matras -Rp. 4.000

10.Extra Bed -Rp. 70.000

11.Fly Sheet Rp. 10.000

12.Gas Hicook -Rp. 12.500

13.Sleeping Bag -Rp. 5.000

14.Kompor Gas -Rp.10.000

15.Pisau Lipat -Rp. 3.000

16.Nesting (RantangMemasak) -Rp. 10.000

17.Head Lamp -Rp. 5.000

Untuk   memasuki   kawasan   wisata   camping,   para   pengunjung   diharuskan membayar biaya tiket masuk sebesar Rp. 10.000/orang.

 

Ranca Upas4
lh3.googleusercontent.com

3.Waterboom Ranca Upas

Salah  satu  fasilitas  wisata  lainnya  yang  menarik  dan  tersedia  di  RancaUpas adalah  adanya  waterboom  yang  dapat  dinikmati  dengan  oleh  para  pengunjungnya dengan membayar biaya tiket masuk sebesar Rp. 10.000. Di  waterboom  ini  para  pengunjung  dapat  menikmati  berbagai  macam  wahana permainan yang tersedia didalamnya seperti sliding dan ember tumpah. Selain itu para pengunjung juga dapat melakukan aktivitas lainnya seperti berenang dan lain-lain.

 

out bond ranca upas
hargatiket.net

4.Fun Adventure, Games & Outbound Ranca Upas

Tempat   wisata   ini   juga   dilengkapi   dengan   fasilitas   wisata   Adventure   dan Outbound yang lengkap dengan berbagai macam wahana dan pastinya menarik untuk dicoba. Berikut beberapa wahana outbound yang tersedia di fasilitas wisata ini serta biaya karcis wahana tersebut:

1.Jembatan goyang -Rp. 15.000

2.Jembatan Elvis Bridge -Rp. 15.000

3.Burma V -Rp. 15.000

4.Flying Fox -Rp. 15.000

5.Paintbal -Rp. 90.000

6.Sepeda gunung -Rp. 10.00

7.Funs Games -Rp. 47.000

8.Buggle Trampoline -Rp. 15.000

 

Ranca Upas3
carispot.com

5.Kolam air panas di Kampung Cai Ranca Upas

Bagi kamu yang sedang berada di kawasan Ciwidey tentunya sangat disayangkan jika  tidak  mencoba  berendam  di  Kolam  Air  Panas  Kampung  Cai  ini.  Seperti  yang telah  disebutkan  sebelumnya  bahwa  tempat  wisata  ini  memiliki  suhu  udara  yang cukup dingin, itulah mengapa berendam di kolam air panas Kampung Cai merupakan pilihan yang tepat saat berada di kawasan wisata ini.

Kolam air panas yang tersedia di kawasan wisata ini merupakan kolam air panas alami  yang  sumber  mata  airnya  berasal  dari  Gunung  Patuha  dan  memiliki  banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Untuk  memasuki  kolamair  panas  ini,  para  pengunjung  diharuskan  membayar biaya tiket masuk sebesar Rp. 15.000Tips berkunjung ke wisata Ranca Upas.

Bagi  kamu  yang  tertarik  untuk  mengunjungi  tempat  wisata ini,  berikut  beberapa tips   liburan   ke   Ranca   Upas   Ciwidey   yang   patut   kamu pertimbangkan   untuk kenyamanan serta keamanan selama berwisata di Ranca Upas.

a.Membawa baju hangat seperti jaket atau sweater serta pakaian ganti yang kering

b.Melakukan  perjalanan  menuju  kawasan  wisata  Ciwidey  pada  siang  hari  karena pada  saat  malam  hari  biasanya  kawasan  tersebut  akan  berkabut  dan  kabutnya akan menyelimuti jalanan

c.Mempersiapkan uang tunai terlebih dahulud.Mempersiapkan obat-obatan khusus jika memiliki penyakit

 

Itulah tadi beberapa informasi penting mengenai tempat wisata Ranca Upas yang perlu kamu ketahui. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan tempat wisata yang kita  kunjungi  serta  etika  ketika  berada  ditempat  wisata  tersebut.  Semoga  bermanfaat dan selamat berlibur!

Check Also

Bandung malam hari

6 Tempat Wisata Malam Bandung Kekinian dan Hits Banget! Anak Muda Wajib Datang!

Wisata  malam  Bandung yang  selalu  ramai  dan  menawarkan  berbagai  macam keseruan  tentunya  memiliki  daya  tarik  …