Home / Sumatera Selatan / Informasi Lengkap Wisata Taman Hutan Punti Kayu Palembang Yang Wajib Kamu Kunjungi!
Informasi Lengkap Wisata Taman Hutan Punti Kayu Palembang Yang Wajib Kamu Kunjungi

Informasi Lengkap Wisata Taman Hutan Punti Kayu Palembang Yang Wajib Kamu Kunjungi!

Salah satu aktivitas yang menarik untuk dilakukan pada saat liburan tiba adalah dengan mengunjungi tempat wisata yang berada di luar daerah tempat tinggal kita. Salah satu kota di Indonesia yang menarik untuk dikunjungi adalah Kota Palembang.

Di Kota Palembang, kamu dapat menemukan dan juga mencoba berbagai macam sajian kuliner, menikmati keunikan budayanya serta mengunjungi berbagai macam tempat wisata yang berada di kota tersebut.

Salah satu tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi di Kota Palembang adalah Taman Hutan Punti Kayu yang sudah banyak menarik perhatian para wisatawan.

Taman Hutan Punti Kayu merupakan salah satu tempat wisata yang memungkinkan para pengunjungnya untuk melakukan berbagai macam aktivitas seru untuk mengisi liburan mereka. Selain itu, terdapat banyak daya tarik yang membuat para wisatawan tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini.

Bagi kamu yang tertarik untuk mengunjungi wisata Taman Hutan Punti Kayu, berikut beberapa informasi penting mengenai wisata Taman Hutan Punti Kayu yang perlu kamu ketahui.

Lokasi wisata Taman Hutan Punti Kayu

Sebelum mengunjungi wisata Taman Hutan Punti Kayu tentunya kamu perlu mengetahui lokasi tempat wisata itu terlebih dahulu.

Wisata Taman Hutan Punti Kayu terletak di Jl. Kol. Burlian. Km 6,5, Karya Baru, Alang-alang Lebar, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Rute menuju lokasi wisata Taman Hutan Punti Kayu

Untuk menuju lokasi wisata Taman Hutan Punti Kayu kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, kamu dapat memulai perjalanan dari pusat Kota di Masjid Agung Palembang. Setelah itu, lanjutkan perjalanan menuju ke arah Jl. Jendral Sudirman sampai ke KM 7.

Sedangkan bagi kamu yang ingin mengunjungi tempat wisata ini dengan menggunakan kendaraan umum, kamu dapat menggunakan angkutan umum dari Masjid Agung dengan menaiki angkutan umum jurusan KM 5. Setelah itu, turun dan naik lagi angkutan umum dengan jurusan Talang Betutu. Tetapi sebelum itu, kamu dapat meminta kepada sopir angkutan umum tersebut untuk stop di depan Punti Kayu.

Baca Juga :  Wisata Air Di Jawa Barat Sebagai Destinasi Wisata Keluarga

Harga tiket masuk wisata Taman Hutan Punti Kayu

Untuk memasuki wisata Taman Hutan Punti Kayu, para pengunjung diharuskan membayar biaya tiket masuk sebesar Rp. 10.000 bagi orang dewasa dan Rp. 5.000 bagi anak-anak.

Jam operasional wisata Taman Hutan Punti Kayu

Wisata Taman Hutan Punti Kayu buka setiap hari mulai hari Senin sampai Jumat mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB. Sedangkan, pada hari Sabtu dan Minggu, tempat wisata ini beroperasi mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB.

Aktivitas dan wahana menarik yang ada di wisata Taman Hutan Punti Kayu

Terdapat banyak hal menarik yang dapat kamu lakukan di wisata Taman Hutan Punti Kayu. Perlu diketahui bahwa wisata Taman Hutan Punti Kayu memiliki suasana yang dikelilingi oleh pohon rindang sehingga membuat udara di sekitar kawasan tersebut menjadi sejuk. Dengan suasana seperti ini, kamu dapat bersantai-santai di bangku-bangku taman atau gazebo-gazebo yang telah tersedia di beberapa titik tempat wisata tersebut. Kamu juga dapat menggelar tikar di atas rerumputan dan bercakap-cakap bersama sanak keluarga sembari menikmati makanan yang telah dibawa dari rumah.

Di tempat wisata ini kamu juga dapat menemukan jembatan gantung yang berada diatas danau. Kamu dapat berjalan sembari menyusuri jembatan gantung tersebut. Perlu diketahui bahwa danau yang berada di bawah jembatan gantung ini merupakan rute yang dilewati oleh wahana perahu bebek, sepeda air dan juga perahu naga yang dapat disewa oleh para pengunjung.

Selain menyusuri jembatan gantung dan melihat pemandangan dari wahana-wahana yang berlalu lalang diatas danau wisata tersebut, para pengunjung juga dapat berkeliling di sekitaran kawasan hutan dengan menunggangi gajah ataupun kuda yang akan dipandu oleh pawang dari hewan tersebut.

Di tempat wisata ini juga tersedia kid waterpark yang dilengkapi dengan 3 buah kolam yang terdiri dari 1 kolam untuk orang dewasa dan 2 kolam untuk anak-anak. Ketiga kolam yang berada di tempat wisata ini juga dilengkapi dengan seluncuran.

Baca Juga :  Ingin Menelusuri Keindahan Kepulauan Sula? Baca Dulu 5 Tips Traveling Kepulauan Sula Berikut Ini

Walaupun waterpark yang berada di tempat wisata ini terbilang cukup sederhana, tetapi karena memiliki tempat yang cukup luas,  udara yang segar serta kualitas air yang jernih  membuat aktivitas berenang yang dilakukan oleh beberapa pengunjung menjadi sangat menyenangkan.

Di tempat wisata ini juga tersedia beberapa wahana permainan yang dapat dimainkan bersama anak-anak, seperti ayunan, komedi putar dan juga bianglala. Lokasi wahana permainan ini berada di dekat jembatan gantung.

Tidak hanya itu, di wisata Taman Hutan Punti Kayu juga dilengkapi dengan Mini zoo yang didalamnya terdapat beberapa koleksi jenis binatang baik berupa binatang endemik Punti Kayu seperti kera ekor panjang, biawak, musang atau beruk. Selain itu, terdapat beberapa binatang yang didatangkan dari daerah lain seperti siamang, elang, gajah, buaya dan berbagai macam jenis hewan lainnya.

Tak lupa juga terdapat area outbound seperti permainan flying fox yang dapat menjadi pemacu adrenalin. Area otubound ini juga dapat membantu untuk mengajak anak-anak agar lebih mencintai lingkungan di sekitarnya.

Di wisata Taman Hutan Punti Kayu para pengunjung juga dapat menemukan replika landmar keajaiban dunia dan juga replika bangunan-bangunan menarik lainnya seperti replika Menara Eiffel, Piramida Mesir, Patung Liberty, Menara Pisa, Opera Sydney, Kincir Angin Belanda, Red Telephon Box, Big Ben London dan berbagai macam replika unik lainnya.

Replika-replika unik yang berada di tempat wisata ini biasanya dijadikan sebagai background foto bagi para pengunjung yang ingin mengabadikan momen liburannya dalam sebuah foto. Selain menjadi spot foto yang menarik, replika-replika yang berada di tempat wisata ini juga dapat menambah pengetahuan para pengunjung karena disetiap replika tersebut terdapat penjelasan mengenai objek yang dijadikan replika.

Fasilitas yang tersedia di wisata Taman Hutan Punti Kayu

Bagi kamu yang tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini, kamu tidak perlu khawatir lagi mengenai fasilitas umum yang berada di tempat wisata tersebut. Pasalnya fasilitas umum yang tersedia di wisata Taman Hutan Punti Kayu terbilang cukup lengkap. Tempat wisata ini dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas umum seperti pusat informasi, mushola, kamar mandi dan toilet, pos keamanan, lahan parkir yang luas dan juga pondok atau kantin pedagang yang menyajikan berbagai macam menu makanan dan minuman.

Itulah tadi beberapa informasi penting tentang wisata Taman Hutan Punti Kayu. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dari tempat wisata yang kita kunjungi. Selain itu, menjaga etika ketika berada di daerah orang lain tentunya juga perlu dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

Check Also

pantai manado 1

Pantai Di Sulawesi Utara Yang Memiliki Pesona Keindahan

Kebanyakan  orang  dan  jika  membahas  tentang liburan  mereka  akan  dominan  memilih  pantai  sebagai objek   wisata   …